Olimpiade Matematika, Sains, Komputer, & Ekonomi

Ajang kompetisi? Penggalian potensi? Pemaksaan? Pencerminan mutu pendidikan?

Gelaran olimpiade dari tingkat sekolah hingga tingkat internasional menjadi gelaran yang paling wah di kalangan pelajar. Namun sayangnya yang bisa menikmati hanyalah sekolah-sekolah tertentu itu saja karena yg lain kalah bersaing tidak memiliki “bibit jenis unggul” di bidang yg dilombakan. Lalu apa sebenarnya tujuan dilakukannya kegiatan perlombaan ini?

Sebagaimana olimpiade olah raga dunia yang hadir adalah peserta-peserta terbaik yang mewakili negerinya. Sebelum berangkat ke olimpiade masing-masing atlit digembleng, dilatih sesekali diuji coba tanding atau lomba. Semua itu tertuju hanya satu tujuan yaitu menjadi juara. Setiap atlet diwajibkan memiliki mental juara. Semua jerih payah, support ditujukan untuk memperebutkan gengsi sebagai juara. Setelah olimpiade ada yang bangga dan ada yang kecewa. Demikian terus berlangsung, tiada henti. Pada olimpiade matematika, sain (fisika, kimia, biologi, astronomi), komputer (pemrograman pascal), dan ekonomi sepertinya tidak terlalu berbeda. Apakah semua itu juga sekedar gengsi atau kebanggaan?

Memang untuk mencari emas tidaklah mudah, diperlukan upaya yang berat. Kecuali bila kita beruntung maka tidak perlu berpayah ria. Maka setiap tahun diselenggarakan kompetisi tingkat dunia untuk mencari manusia-manusia yang berpotensi dalam bidang tertentu ini. Setelah diperoleh potensi kelas dunia maka besar harapan tertumpu pada sang juara. Terbukti banyak mantan-mantan juara olimpiade sukses dibidangnya (salah satu di antara meraka adalah Nelson Tansu) , semua itu berkat kejeniusan yang ia miliki, ketekunan saja tidak cukup menyelesaikan soal-soal olimpiade.

Karena bahan yg berpotensi sudah ditemukan maka “pemaksaan” segera dilakukan. Penjejalan materi uji pun dilakukan dengan perlakukan khusus. Mengapa ini dilakukan? Karena materi ujian olimpiade tidak mencukupi jika mengandalkan materi pelajaran di sekolah. Materi ujian tingkatannya sangat jauh dari materi pelajaran yang diterima siswa di sekolah. Bahkan ada guru mengeluh tidak bisa menyelesaikan soal-soal olimpiade walaupun soal setingkat kabupaten. Siswa yang bisa lolos mengikuti olimpiade itu jelas siswa yang memiliki kejeniusan di bidangnya. Tidak sedikit sekolah-sekolah terobsesi untuk bisa meloloskan siswanya ke ajang ini. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari pemberian materi pelajaran, latihan-latihan dengan waktu yang khusus.

Hasil olimpiade ini tidak mungkin bisa dijadikan indikator mutu pendidikan di Indonesia. Karena itu tidak mencerminkan kebanyakan kondisi siswa-siswa Indonesia. Yang pembelajarannya dengan sarana, guru, dan lingkungan yang serba pas-pasan bahkan kadang kekurangan. Sebagai contoh adalah kondisi di daerah saya, kalimantan tengah. Setiap tahun pasti ada siswa2 yang mewakili olimpiade tingkat nasional, tapi selama itu pula belum pernah ada yang lolos sampai tingkat internasional. Lalu apakah di kalimantan tengah atau di daerah lain tidak anak yang pinter/jenius? Belum tentu, kembali kepada sarana, guru, dan linkungannya.

Pernah suatu ketika siswa saya lolos seleksi tingkat kabupaten meskipun hanya peringkat 2. Untuk pertama kalinya sekolah saya mengirimkan siswa mengikuti olmpiade matematika dan sain. Dan 1 siswa menempati posisi 2 di kabupaten untuk pelajaran kimia. Apakah itu jerih payah guru? bukan, itu adalah hasil kerja siswa saya sendiri. Karena waktu itu kami diundang secara mendadak. Siswa itu saya tahu memiliki kelebihan dibandingkan temen sekelasnya. Saya sebagai guru kimia hanya mengantarkannya dan tidak sedikitpun melakukan persiapan khusus. Modalnya hanya pelajaran selama di kelas. Setelah saya tanya kepada panitia ternyata siswa yang lolos menjadi peringkat 1-2-3 itu bukanlah berarti prestasinya bagus. Tetapi karena yang lainnya tidak lebih bagus dibandingkan mereka. Demikian pula untuk tahun-tahun berikutnya dan juga pelajaran lain. Padahal tahun belakangan ini sekolah lain dan juga sekolah saya telah melakukan persiapan menghadapi olimpiade itu. Tapi hasilnya tidak begitu banyak berubah. Kenapa kira-kira?

About these ads

110 gagasan untuk “Olimpiade Matematika, Sains, Komputer, & Ekonomi

  1. Paling minimum, ada kebanggaan. Kalau diseriusi, anak Indonesia juga kagak kalah sama anak bangsa lain. Yah, seperti kebanggaan Hitler, ketika ada pelarinya yang menang; seperti Monas, seperti Menara Petronas, seperti Eiffel, seperti tonggak sejarah lainnya. Mereka memang berbeda dan kemudian mendapatkan perlakuan berbeda.
    Tentu bukan pencerminan mutu pendidikan dimana sejarah pendidikan kita penuh dengan katabelece dan tangisan merana. Namun, keberhasilan ini patut disyukuri kan, bahwa masih ada mercusuar pendidikan yang melontarkan kebanggaan. Keberhasilan tidak turun dari langit, harus ada kompetisi dan kompetensi, harus ada standar yang diagungkan, perlu ujian standarisasi, dan lain sebagainya, dan lain sebagainya, dan lain sebagainya. Hanya pendidik yang mengerti ilmu mendidik, dan hanya pendidik yang bisa menerima kelebihan anak didiknya, hanya pendidik yang melihat kritik bukan sebagai penghinaan, tapi sebuah kewajarann dialektis.
    Ketika sekolah sampeyan, melakukan persiapan dan hasilnya tidak banyak berubah (tapi ada perubahan toh), namun relatif gagal berprestasi. Ini indikator yang bagus, semakin banyak yang terpilih dan bersaing, jadi ketika satu bagian sedang meningkatkan kualitas, yang lain juga tidak mau kalah. Secara simultan, tentu ini kian menyadarkan dan makin berkompetisi. Good, good…

    Helgeduelbek: Terimakasih supportnya.

  2. Apakah feedback hasil seleksi diserahkan kepada Guru atau Sekolah ?
    Menurut saya, hal itu perlu untuk evaluasi bersama.

    Helgeduelbek: Berdasarkan kesepakatan panitia hasilnya diberitahukan dengan skor dan peringkatnya. Iyah bisa jadi patokan tingkat keberhasilan usaha selama persiapan.

  3. Olimpiade di bidang pendidikan memang tak bisa jadi barometer pendidikan di negara ini, itu hanya menunjukan bibit unggul yang kita miliki, namun sayangnya kadang kala ketika kita tahu memiliki bibit unggul di sekolah kita, kita tidak tahu perlakuan apa yang harus diberikan kepada siswa/i unggul tadi. Jujur ketika membaca soal olimpiade fisika tingkat sma, soalnya pun saya ngak ngerti gimana menjawabnya, hehhee dasar masih bodoh kok menjadi guru ya, nasib-nasib. Hayoh belajar lagi ah…

    Helgeduelbek: Bener kangguru, selama ini ada guru bimbingan dan konseling tapi belum bisa termanfaatkan secara optimal untuk menangani masalah anak berpotensi. Yah kalau soal Kimia sayamasih bisa menyelesaikan, tapi soal tingkat internasional sepertinya ada beberapa yang harus menjawab dengan mengkerutkan jidat. Kalau soal Olimpiaade Komputer saya paling banyak gak bisa menyelesaikan soal pascal. maklum baru belajar sama saja dengan muridnya. Tapi terus pingin bisa, meskipun kemanfaatan untuk pascal saya juga belum tahu pasti.

  4. Yang penting sebenarnya adalah follow up (tapi ini juga tergantung policy dan birocracy jg jd repot), bisakah kita (mungkin lebih tepatnya para pemegang policy n birocracy) itu memberdayakan para bibit unggul itu?Jangan sampai nasib pemenang olimpiade sains dll itu berakhir sama tragis dengan banyak ‘penyumbang nama harum’ bangsa i bidang lain..
    Saya ingat salah satu siswa di SMA tempat saya ngajar dulu yang dpt medali perunggu di olimpiade sains di jerman (kalau g salah tahun 2004) mendapatkan beasiswa sampai jenjang S2…tapi bagaimana dengan pahlawan2 yang lain???
    Memang benar kl kemenangan (kita) di olimpiade tidak mencerminkan kualitas pendidikan (kita, tapi rada setuju dengan Argosilaku…at least ada kebanggaan…
    Tapi apa gunanya kebanggaan kalau hanya sekedar kebanggaan, malahan itu bisa jadi bumerang jika kita terlalu bangga n jadi takabur…
    Ya semoga saja kebanggan itu bisa menjadi pelecut motivasi bagi siswa2 dan pihak2 lain untuk ikut berprestasi
    Sebenarnya siapakah yang bertanggung jawab atas semua ini…kita (para educator), siswa, atau pemerintah???Seharusnya kita semua ikut bertanggung jawab, tapi sepertinya pemerintah kita tidak begitu concern dengan bidang peniikan (cuman gonta-ganti kurikulum dan kebijakan)…tapi apa daya kita tanpa dukungan pemerintah
    Benar2 merepotkan…saya kadang berpikir betapa memalukan dan memilukan kondisi pendidikan kita…(sama dengan kondisi bangsa n negara kita pada umumnya)
    Saya juga punya pengalaman membimbing olimpiade matematika di suatu SMA di Jogja….benar2 berat. Jadi saya setuju banget dgn Pak Urip kl kayaké keberhasilan di olimpiade lebih karena usaha dan kemampuan siswa…hahaha tapi mungkin ini gak bisa digeneralisasikan, sangat mungkin ini hanya ketidakmampuan saya sebagai seorang pembimbing.

  5. 2 minggu yang lalu univ tempat saya belajar di sini kedatangan pejabat2 dr Indonesia
    Kedatangan mereka semakin mencerminkan kebobrokan bangsa kita…
    Mereka datang utk studi banding selama 1 minggu tentang suatu approach dlm pembelajaran ….lalu kata mereka hasil studi banding itu akan diterapkan d indonesia dengan mengadakan pelatihan guru2 dalam jangka waktu 4 tahun (karena hrs ada pertanggungjawaban dana katanya)…
    Maaf saja kayaké tetap ujung2nya duit deh..dan semua itu hanya buang2 duit (rakyat)…lha di sini saja approach itu (masih) dikembangkan sejak tahun 70an kok kita bangsa indonesia mau dalam jangka waktu 4 tahun…
    KBK juga aneh…biasanya kan kurikulum baru diganti setelah iterapkan 10 tahun. Lha kok KBK masih bayi terus diganti KTSP….apa maksud semua ini?DUIT?PASTI…

  6. plg tdk nama Indo di mata internasional tetap dipertimbangkan, gak cuman ahli carding.. :D

    masih banyak yg berpotensi dan berprestasi, dan sayangnya mrk lbh dihargai di negeri org drpd di negeri sendiri.. :(

  7. Maaf pak, menurut pengamatan pak Guru selama ini penilaiannya sudah fairplay apa belum ?
    Tahun kemarin kalau tidak salah di Balikpapan ya

    Helgeduelbek: Sependek yang saya tahu sudah fairplay, karena beberapa kali saya turut serta di dalamnya sebagai panitia.

  8. hmmm.. bener mas, terkadang kebanyakan bibit2 unggul itu berasal dari daerah, cuma terkadang terkendala sama yang namanya fasilitas yang kurang memadai dan publisitas jadi mereka tidak terangkat ke permukaan.

    contoh: pernah pada sekitar tahun 2000-an di SUMSEL itu Nilai Ebtanas Murni yang tertinggi malah berasal dari kabupaten kecil dan bukan dari sekolah unggulan di propinsi.

  9. Yang penting anak2 kita sudah membuktikan dirinya bahwa dia mampu untuk itu, masalah lainnya cuek aja, yang pinter yang bisa memajukan negara ini, ynag nggak sempat blh belajar lagi ato ngasih support aja sama yang mampu ok ? :lol:

  10. bagaimana sih caranya membimbing olimpiade yang bisa dipertanggung jawabkan?!saya butuh sharing pengalamannya.soalnya untuk olimpiade komputer yang soalnya kira2 seputar bahasa pemrograman pascal,sama sekali adalah hal baru buat anak smu kelas2…..????

  11. Saya tidak setuju bahwa hanya anak jenius yang dapat memenangkan olimpiade. Pada kenyataannya, seorang anak yang tekun dapat memiliki kemampuan di luar yang bisa kita bayangkan karena setiap manusia memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal bila disertai jerih payah optimal pula.

  12. Kalau soal olimpiade sekarang menurut saya sudah tidak murni lagi, soalnya saya mengikuti seleksi olimpiade matematika tingkat bandung 2007, di ruangan saya sudah beberapa orang yang mencuri jawaban dari tetangganya (waduh koq olimpiade sekarang jadi kaya gini), pengawasnya juga tidak tegas, malah menunduk terus, gimana urusannya??
    Ada beberapa seleksi olimpiade tingkat wilayah kota yang tidak memakai sistem minus seperti matematika, kalau begini yang dinilai bukan kecerdasan lagi, melainkan hoki/untung2an. Saya punya usul bagaimana kalau dari tingkat wilayah seleksinya essay, bukan pilihan ganda.

    Kalau di sekolah saya tergantung siswa, kalau punya niat bisa ikut seleksi sekolah, kalau ga niat walaupun ditunjuk sama guru kan percuma. Lebih baik ga terlalu pintar tapi punya niat untuk belajar dan menyusul teman2 yg lebih pintar…

  13. Apakah benar anda dari TVku dari UDINUS? Jika benar, bagaimana keadaan disana? Apakah masih seperti dulu?

    Jika ada info tentang Olimpiade Sains tolong di upload ya? biar semua tau informasinya. terima kasih….

    -gsoft777-

  14. wah aku setuju banget dengan rekan-rekan semua. aku sekarang ngajar di smp harapan 1 medan. udah empat kali ikut olympiade tp kandas terus hanya sampe dipropinsi. Masalahnya kadang karena – persiapan. Trus agak susah cari ref. soal olypiade. tolong dong kalo temen2 ada yang punya ref. atau alamt webnya kasih tau aku yach. trim’s.

    salam kenal dari medan.

  15. Tidak semua anak yang berprestasi di olimpiade melulu karena usaha siswa saja. Di sekolah kami, sejak pertama ada OSN selalu dapat meloloskan anak hingga tingkat nasional tapi tak pernah dapat medali karena memang anak dilepas begitu saja. Tapi setelah secara rutin disekolah ada pembinaan materi olimpiade, 3 tahun terakhir ini anak-anak kami sudah dapat meraih medali perunggu, perak dan bahkan emas. Bagi yang memerlukan bahan untuk pembinaan olimpiade Matematika, selahkan e-mail ke: wir_mail@yahoo.com. Kami punya bahan materi pembinaan serta kumpulan soal seleksi kota, provinsi dan nasional disertai pembahasan lengkap.

  16. Bisa gak saya minta dikirimin kumpulan soal bahas olimpiade astronomi? soal nya aja juga gpp, tapi kalo ada jawabannya saya minta sekalian ya.Ini buat adik kelas saya di kisaran, salah satu kota kecamatan di Sumatera Utara.oiya, kalo soal bisa didownload melalui internet, tolong kasih tahu juga ya.
    maaf ngerepotin, makasih banyak.
    Email saya:
    fhya42@yahoo.co.id

  17. Untuk Dewa, kalau boleh saya diberi nomor tlp yang bisa saya hubungi untuk mendapatkan soal dan pembahasan olimpiade matematika tingkat SMP, atau bisa call ke nomor 085255696189. trims atas bantuannya.

  18. bung Dewa,salam kenal saya dari west borneo neeh…tlg kirimin cth soal olimpiade buat latihan donk.tgl 4 ini kami seleksi,makasih bantuannya.TQ

  19. Kepada semua rekan yth

    Untuk tempat berdiskusi mengenai soal-soal olimpiade (semua olimpiade sains) silakan anda berkunjung ke http://www.olimpiade.org.

    Anda juga dapat mendownload soal-soal, buku2, materi pembinaan yang berkaitan dengan kompetisi sains di indonesia ataupun tingkat internasional.

  20. assalamualaikum . tolong saya minta ktsp bahasa jerman, dan soal soal dan pembahasannya olimpiade semuanya kalau bisa, kalau tidak bisa soal dan pembahasan olimpiade biologi saja, dan bisa kirim di pratama_m05@yahoo.co.id.

    makasih sebelumnya, saya sangat membutuhkannya. karena ilmu yang sangat berARTI BILA DIBAGI BAGI.

    WASALAM.

  21. tolong tuliskan peserta – peserta yang lolos untuk mengikuti OSN 2007 september mendatang di Surabaya dong. Susah nyarinya nih. makasih

  22. Dengan Hormat,
    Mohon jadwal dan pengumuman hasil OSN matematika tk SMP
    pada hari Jumat akhir bulan juni kemarin,
    Situs dimana? konfirmasi ke Sekolah masing-masing?
    semua pihak tanda tanya????
    mohon balas,
    peserta OSN tk SMP surabaya
    SMP 19 sby
    Thohaku Abdul Hadi

  23. iya, setuju dengan pak thohaku, ga uma OSN metematika tapi juga astronomi dan kimia. kita nyari2 nih, tapi kayaknya blum ada pengumumannya.
    mohon panitia memperjelas dan mempermudah akses kita.
    terimakasih

    elviera
    Indramayu

  24. ngomong apaan sih loe,gua kagak ngerti boxzzzzzzzzz!!!!!!????!!!

    ohh….yaiya lah oramng gua beluummm mmmmmmbaca
    so,gua kagak ngertix gitoooooo????

  25. kok lama buuuuuuuuuaaaaangeeetsssssss pengumuman osn smp nya?????????????????????jadi g napsu ikutan lagi…soal2nya kok gitu2 doang c….???????bahasa jawanya cabe?????lombok deeh

  26. kenapa belum berubah?
    kira-kira karena persiapannya saja Pak.
    sekolah-sekolah yang menjadikan Olimpiade sebagai Target capaian sekolah, mereka mempersiapkan 6 bulan sebelumnya dengan bimbingan khusus mata pelajaran tersebut.ada yg mengundang tim LOSI langsung, ada yg mengundang Dosen d0sen…
    jadi memang persiapan harus matang!

  27. heeeyyy-
    minnta soal olimpiade matik, fisika, biologi tingkat smp tahun 2007-2008 dunnd..
    yang punya bagi bagi nnnaaah..
    kasian akuu,
    g punya nnahhh!!
    hhu-

  28. Kalau soal olimpiade fisika tingkat kabupaten masih mudah, dan saya pikir masih cukup dengan textbook di kelas.

    Kalau tingkat international itu mah pelajaran S2 (info dari temen yang juga medallist olimpiade)

  29. Mbak tlong kirimin saya pembahasan soal-soal seleksi olimpiade fisika tingkat kabupaten donk?? ke alamat email saya, byar bisa untuk dipelajari!!!!!

  30. Afwan bapa/ibu bisakah bapak ibu memberitahu saya,apakah bisa saya ikut olimpiade nasional tanpa perantara sekolah??karena disekolah saya saya didiskriminasi oleh guru saya entah apa alasannya,padahal dia belum mengadakan seleksi tapi dia hanya menunjuk orang-orang yang dibutuhkan saja,dan bila dibandingkan dengan ku orang-orang yang ditunjuknya kalau diseleki pasti kalah olehku,dan sayalah yang berjuang mengikuti pelatihan olimpiade tanpa ada blong nya tetapi dia memmutukan dngan sepihak tanpa seleksi!!!

  31. kalau ada yang mau menjawab saya kan berterima kasih skali kepada orang tersebut, karena mengikuti olimpiade merupakan salah satu cita-cita ku,tapi semua itu dihancurkan hanya oleh dikriminasi!!!tolong kirim ke zeldalegend57@yahoo.co.id

  32. tolong kirimkan soal2 olimpiade mtk dan fisika tkt kota – nasional beserta pembahasannya. cz saya mu latian neh

  33. Untuk soal olimpiade astronomi,
    gampang, search aja d google dg keywords — index of/ download “Olimpiade Astronomi”

    aq jg dah dpt, tp lupa situsnya

  34. yang 2008 kok belum masuk saya tunggu infonya pemenang olimpiade 2008 tingkat smp sumsel

  35. Kamu punya gak contoh logo olimpiade matematika, kalo ada kirimin aku dong, soalnya aku kami mau buat olimpiade matematika. kalo bisa secepatnya yah, sebelumnya terimakasih.

  36. Mm, ada yang udah tau hasil Seleksi OSN SMP tingkat Propinsi?
    Maksudnya, siapa saja yang masuk ke tingkat nasional????
    kok belum keluar?
    Padahal jadwalnya, lomba tingkat nasional bulan agustus mendatang..

  37. hai…………yang punya soal olimpiade ekonomi / akuntansi tolomg kirimin donk……..khan asyik juga ntar kalo’ dah punya latihan soal olimpiade ekonomi / akuntansi.

  38. gimana pemenang lomba olimpiade ekonomi / akuntansi yang dilaksanakan oleh Unversitas Airlangga ( Accounting Challenge)…….tolong dipublikasikan po’o………

  39. Sekarang olypiade sangat digemari oleh siswa-siswa tingkat SMP ataupun SMA. semua orang ingin mengikutinya, tapi kendala ada dimana-mana.Mungkin fasitas yang kurang memadai, kekurangsesuriusan atau mungkin tingkat kejeniusan semua orang berbeda.

    tolong kirimkan soal-soal olimpiade kimia tingkat SMA ke
    Email: kristan_fan-boy@yahoo.co.id

  40. MINTA TOLOTNG DENGAN SANGAT ,SGT, SGT, SGT DAN SGT. KALO ADA YG PUNYA SOAL DAN PEMBAHASAN OLIMPIADE MATEMATIKA (TAHUN BERAPA SAJA) TOLONG KIRIM KE :
    EMAIL :
    REY0803@GMAIL.COM

    MOHON BANTUANNYA DONG !#$%^^&

Komentar ditutup.