Soal Multiple Choice Pokok Bahasan Garam Terhidrolisis

Semester ini pelajaran kimia kelas XI-IPA pokok bahasan-nya di dominasi tentang Larutan terutama terkait konsep asam dan basa yang hampir setiap bab di kaitkan dengan derajad keasaman atau pH.

Hampir setiap buku pelajaran kimia setiap akhir bab selalu disajikan cukup banyak soal-soal latihan terutama soal mutiplechoice (pilihan ganda). Pada soal-soal pilihan ganda untuk pelajaran kimia ada beberapa kelemahan, yaitu mudah ditebaknya suatu jawaban atau setidaknya dieliminir sehingga hanya menyisahkan 2 atau 3 jawaban yang berpeluang untuk dipilih. Ini tentu bagi siswa yang mengerti tentang konsep-konsep dengan baik sedangkan yang tidak memahami tentu tetap menjadi hal yang menyulitkan.

Misalnya pada kosenp garam-garam terhidrolisis, ada soal dengan jawaban 5 pilihan seperti berikut:

Jika harga Kb NH4OH = 1 x 10-5, maka 100 mL larutan NH4Cl 0,1 M mempunyai pH….
a. 3
b. 5
c. 9
d. 11
e. 13
Pada soal tersebut karena diketahui bahwa garam NH4Cl itu terususun dari ion NH4+ (dari basa lemah) dan ion Cl- (dari asam kuat). Maka dipastikan pH-nya kurang dari 7, sehingga jawaban c, d dan e tidak mungkin benar. Jadi tersisa 2 alternatif pilihan jawaban yang mungkin benar yaitu a dan b. Lalu apa perlunya soal pilihan ganda model berhitung kimia semacam itu?

Bahkan ada soal yang jika siswa paham konsep maka soal itu tidak perlu dilakukan perhitungan yang sebenarnya, jika dihitung memakan waktu juga. Soalnya seperti berikut:

Dalam larutan terdapat natrium asetat 0,1 mol/L yang mengalami hidrolisis berikut ini:
CH3COO- + H2O <===> CH3COOH + OH-
Jika tetapan hidrolisis (Kh = 1 x 10-9) maka larutan mempunyai pH….
a. 9
b. 7
c. 6
d. 5
e. 1
Karena diketahui garamnya adalah garam yg berasal dari basa buat dan asam lemah, maka pH-nya pasti di atas 7 (larutan garam bersifat basa). Jika pilihan hanya itu maka penyelesaian soal itu terdapat 1 pilihan yang tepat yaitu pH = 9. Soal seperti ini jika tidak disediakan jawaban (bukan soal pilihan ganda), maka untuk menyelesaikannya perlu dihitung terlebih dahulu Kb asam asetat, kemudian baru dihitung konsentrasi H+ atau pHnya.

Contoh soal lain:

Lakmus biru akan berubah menjadi merah apabila dicelupkan ke dalam larutan garam….
a. MgCl2
b. NH4Cl
c. Na2SO4
d. CH3COONa
e. KCN
Konsep dalam penentuan pH garam terhidrolisis tergantung jenis ion penyusunnya, jika gara tersusun dari asam kuat dan basa lemah maka larutan garam akan bersifat asam (pH di bawah 7), sebaliknya jika tersusun dari asam lemah dan basa kuat maka garam cenderung bersifat basa (pH di atas 7). Lakmus biru yang berubah menjadi merah menandakan larutan garam yang bersifat cenderung asam. Pada soal ini larutan garam yang cenderung bersifat asam (memerahkan lakmus biru) hanya jawaban b. Tentu untuk bisa menjawab siswa harus tahu klasifikasi asam kuat/lemah, basa kuat/lemah.

Pembuatan soal pilihan ganda tentu tidak mudah harus memenuhi beberapa kriteria sehingga soal itu layak untuk dijadikan pengukur kemampuan penguasaan suatu bahan pelajaran oleh siswa. Berlu banyak berlatih untuk yang ini. Selama ini soal justru tidak dibuat, tapi hanya disusun dari yang ada. Mengapa kok tidak dibuat, karena membuatnya gak gampang.

Apakah pada pembuatan soal ujian nasional juga demikian, saya tidak tahu. :)

About these ads

19 gagasan untuk “Soal Multiple Choice Pokok Bahasan Garam Terhidrolisis

  1. Anda ternyata guru Kimia ya Pak :)
    dulu waktu saya SMA juga gurunya kasih soal multiple choice. Kelihatannya gampang tapi sebenernya gak juga. Karena soal pilihan berganda butuh banyak parameter yang diketahui siswa. Siswa harus bisa menganalisis dari semua teori yang dia punya..kecuali dia main tebak kancing Pak :D

  2. Salah satu cara untuk menyelesaikan soal seperti itu adalah menyederhanakan pilihan, sperti yang pak urip contohkan. Memang, kimia tidak melulu menghitung dan menghafal, pengertian tentang konsep dan logika adalah sangat penting (sepanjang yang saya alami sih).
    Makasih ya pak, saya jadi inget tentang teori hidrolisis, padahal mah tiap hari saya bergelut dengan proses produksi dan lab.

  3. Biasanya soalnya disusun menurut tingkat kesulitan kan pak ? Setahu saya memang begitu. Jadi ada soal yang sangat mudah sampai yang sangat sulit (tentunya dalam persepsi siswa).

  4. @ teddytirta: YAh seperti pengakuan saya di image header itu. kimia perlu kombinasi kemampuan, logika, matematika, analisa, dan bahasa.
    @ Abahapis: Pelajaran kalau sudah diaplikasihkan seolah2 hilang yah?
    @ Ndarualqaz: Yah kadang sering begitu
    @ Fertobhades: Bener, cuman masalahnya kimia atau soal berhitung apa gunanya dikasih pilihan

  5. @ Evy: yah lebih banyak isian paling2 latihannya pakai pilihan ganda kemudian dibahas.
    @ deKing: Yah gak popo to, sing penting bisa membagi pengetahuan yang sedikit untuk siswa di sekolah. Semua punya bidang masing2 kok.

  6. tips pilihan ganda ini memang bisa untk hampir semua mapel, tapi tetap saja yang menguasai konsep yang bisa yaaa? yang tidak terus bagaimana?
    sama saja pusssssssssing! kimia? ah nyerah saja lah..

  7. bapak guru kimia ya pak?
    saya suka kimia pak walopun ndak bisa
    yg paling saya suka organik n analisis

    asal pengetahuannya ga terhidrolisis aja ya pa

  8. masalah saya waktu SMA ngga afal yang mana basa yang mana asam, jadi ya judi pas ujian… apalagi pas kelas satu, wuih eRDeBe… ra dhong blas! untun’nya ada tante baik hati mau ngajarin saya… trus diajarin ngapalin SPU yang katanya penting banget buat golongan A aja….

    gini pa’..
    Gol 1 : HaLiNa Kepingin Rabi Caesar Ferri (H Li Na K Rb Cs Fr)
    Gol 2 : Bebek mangan cacing seret banget rasane (Be Mg Ca Sr …lali)
    Gol 3 : Balga Inti (B Al Ga In Tl)
    Gol 4 : sing ini saya lupa pak… besok tak liat lagi yang jelas ada C
    Gol 5 : Naksir pacar, asal sabar, bisa (N P As Sb Bi)
    Gol 6 : Ossetepo (O S Se Te Po)
    Gol 7 : Fani cleleken (klelegen) barang ireng atos (F Cl Br I At)
    Gol 8 : He! Nek areke krasa Xeneng(seneng) Renea! (He Ne Ar Kr Xe Rn)

  9. masalah saya waktu SMA ngga afal yang mana basa yang mana asam, jadi ya judi pas ujian… apalagi pas kelas satu, wuih eRDeBe… ra dhong blas! untun’nya ada tante baik hati mau ngajarin saya… trus diajarin ngapalin SPU yang katanya penting banget buat golongan A aja….

    gini pa’..
    Gol 1 : HaLiNa Kepingin Rabi Caesar Ferri (H Li Na K Rb Cs Fr)
    Gol 2 : Bebek mangan cacing seret banget rasane (Be Mg Ca Sr …lali)
    Gol 3 : Balga Inti (B Al Ga In Tl)
    Gol 4 : Cesi Genit seneng plembungan (C Si Gn? Sn Pb)
    Gol 5 : Naksir pacar, asal sabar, bisa (N P As Sb Bi)
    Gol 6 : Ossetepo (O S Se Te Po)
    Gol 7 : Fani cleleken (klelegen) barang ireng atos (F Cl Br I At)
    Gol 8 : He! Nek areke krasa Xeneng(seneng) Renea! (He Ne Ar Kr Xe Rn)

  10. kimia membuat saya gila sampai-sampai saya remedial. akhirnya saya di suruh mencari 5 soal tentang hidrolisis.

  11. kimia emang moooy!!! situs ini sangat membantu peserta didik kami mempelajari ilmu kimia. SMA NEGERI 1 LUWUK KABUPATEN BANGGAI SULTENG

Komentar ditutup.