Peraturan Pemerintah 74-2008 tentang Guru

Klik kanan (Save as…) untuk mengunduhnya dari sumber resminya. Tipe pdf: 237,74 KB

Saya dan juga mungkin saudara yang berprofesi guru tentu menginginkan kepastian dari ketidakjelasan terkait profesi kita. Tentang hak dan kewajiban akan profesi guru mengingat telah diundang-undangkannya profesi guru dan dosen (UU Nomor 14 Tahun 2005). Lama dinanti akhirnya terbit juga meskipun saya mengetahui sudah telat.

Di antara hal yang banyak dipertanyakan rekan guru selama ini antara lain: banyak pihak yang kurang mendapat kejelasan akan beban kerja minimal (jam wajib mengajar) selama 24 jam tatap muka, bagaimana jika guru di suatu sekolah sudah tidak lagi mendapat kuota jam mengajar minimal dan sebagainya. Selama ini soal beban kerja guru diterjemahkan oleh pihak pimpinan di sekolah atau pejabat yang lebih tinggi sesuai pemahamannya (yang mungkin dia sendiri kurang jelas juga). Akhirnya banyak guru yang merasa dirugikan padahal dirinya sendiri juga belum tahu persis teknis kewajiban mengajar selama 24 jam itu.

Soal profesionalisme yang hanya dinilai dari portofolio, kalau tidak lulus cukup diklat beberapa hari saja lalu mendapatkan sertifikat sebagai guru yang profesional. Hal ini sudah banyak diperdebatkan dan menjadi tanda tanya besar bagi beberapa orang… mungkin saudara juga.

Semoga dengan adanya PP Nomor 74 Tahun 2008 pertanyaan-pertanyaan yang menggantung selama ini tidak lagi menimbulkan multitafsir. Mestinya ada petunjuk teknis sehingga semuanya menjadi gamblang, tanpa menimbulkan multitafsir yang kadang bisa dimanfaatkan oleh oknum. Kita tunggu aturan main lebih lanjut dari Pak Mendinas untuk soal ini.

About these ads

11 gagasan untuk “Peraturan Pemerintah 74-2008 tentang Guru

  1. Ping-balik: blog kopas » top post wp 24 jan

  2. walau negara ini ini menganut rechstaan bukan manstaat, tapi pada kenyataannya peraturan tinggal peraturan. sosialisasi dan aplikasi tidak relevan sebanding dgn tuntutan pada umumnya. so what?

  3. Ping-balik: kuliinternet » top pos

  4. apakah yang dimaksud 24 jam mengajar itu tatap muka atau sekaligus sesuai dengan petunjuk , maslahnya kalau 24 jam bagaimana dengan guru swasta yang lulus sertifikasi tetapi ternyata mengajar kurang dari 24 jam

  5. As…
    Lam kenal. Beban mengajar 24 jam klo sesuai petunjuk termasuk persiapan seperti membuat perangkat, proses dan tugas tambahan jg msk dalam tatap muka tp sayang 1000 x sayang u sekolah pelosok seperti kami blm dpt info scr resmi tmsk kep sek kami yg jg br lls sertifikasi. Mlh katanya kebijakan sekolah krn ada gr honor jg yg lulus.
    Parahnya yg honor malah tdk di honor ya jdnya bkn 1 x gj pokok tp 0 x gj pokok

  6. Dedikasi dan Kinerja guru sebagai insan pendidikan yang profesional dituntut secara totalitas. Semoga profesi guru menjadi profesi yang membanggakan di dunia terlebih lagi di hari akhir nanti. majulah guruku. majulah pendidikanku. saya bangga karena pernah menjadi guru di pedalaman Kotabaru

Komentar ditutup.