XMGRACE – Membuat Grafik Skala Axis Berbeda

Kenali dan gauli, agar lebih akrab, tulis agar tidak lupa dengan harapan dapat memberi manfaat lebih untuk orang lain. Seperti itulah kebanyakkan isi posting di blog saya ini.

Untuk keperluan interpretasi data perlu tampilan berupa grafik. Banyak aplikasi yang bisa digunakan. Salah satu yg saya kenal adalah XMGRACE. Aplikasi ini berjalan di bawah operating sistem Linux, yg saya pakai saat ini adalah opensuse 11.1. Bisa juga di pasang pada distro linux yg lain.

Jika terdapat data-data yang jika di plot akan menghasilkan dua kurva hasil plotting, dan kita ingin membuat masing-masing sumbu Y kiri kanan berbeda skala dan lengendnya maka bisa menggunakan XMGRACE. Prinsipnya adalah dengan cara membuat layer pada satu data.

Contoh

  1. Akan dibuat grafik dari data A versus D (sebagai set pertama), dan data A versus R (sebagai set kedua). keduanya akan ditampilkan dalam satu grafik. Maka sediakan data dengan extension *.DAT untuk kedua data tersebut.
  2. Buka XMGRACE
  3. Import data dengan klik menu Data > Import > ASCII. Ini akan membaca data yang berkestensi *.Dat tadi untuk diterjemahkan atau diplot menjadi kurva-grafik.
  4. Setelah tampil hasil plotting data yg berupa kurva, lakukan pengaturan seperlunya, misalnya rentang pada sumbu X dan Y, skalanya dll.
  5. JIka langkah 4 sudah selesai lanjutkan untuk klik menu Edit > Overlay Graph…  disini akan muncul menu pop up.Gambar-Layar-Grace: Overlay graphs
  6. Pada kotak Overlay graph klik kanan (+) G0 (i set) pilih duplicate
  7. Pada bagian smart axis hint secara default ter-disable. Pilih untuk membuat bagain axis mana yg akan di buat sama dan mana yg akan dibuat beda.
  8. Jangan lupa setelah buat duplicate pindahkan bagian yg terbloh agar beberda antara kotak di atas onto graph dengan yg di bawahnya. Kemudian klik apply dan accept.
  9. Kembali ke layar kerja XMGRACE, grafik belum berubah… tapi itu sudah jadi 2 layer. Coba klik Y axis sekali atau dua kali untuk membuat perubahan skalanya sehingga yg kiri dan kanan berbeda.
  10. Klik kanan kurva yang akan di tampilkan (show) atau di sembunyikan (hide)  pada “Set Apperance”. JIka set data yg akan diubah tidak sesuai dengan yg diinginkan coba klik lagi set data tadi.
  11. Selanjutnya tinggal melakukan pengaturan lain seperlunya.

uploadUntuk menghasilkan gambar berbagai format silahkan atur pada print setup dengan resolusi setinggi mungkin. kemudian print. KATA print DI SINI adalah untuk membuat gambar bukan mencetaknya ke kertas.

Demikian.

About these ads

5 gagasan untuk “XMGRACE – Membuat Grafik Skala Axis Berbeda

  1. duh sory kalo komen saya ga nyambung sama postingan,,saya siceptea, mau nawarin kerjasama, saya mau pasang iklan di blog bpk ini bentuknya cuma link doank, disimpen di blogroll atau side bar,,harganya saya nawar 10rb/bulan (br penawaran) per link,,jd kalo saya pasang 10 link, maka dalam satu bulan bpk saya bayar 100rb/bulan (baru penawaran, masih bisa nego)…itupun kalo bpk bersedia,,,kalo tertarik, email saya di siceptea@gmail.com
    iklan nya gakan berhub, sama adult ataupun gambling kok,,kalem
    regards

  2. luar biasa pak urip. hasil narsisnya ngefek tuh pak.
    terima kasih info dan tips “Kenali dan gauli, agar lebih akrab, tulis agar tidak lupa dengan harapan dapat memberi manfaat lebih untuk orang lain.” menginspirasi pak.

Komentar ditutup.