Modul Pembelajaran Kimia SMK (UPDATE 30 Oktober 2012)

Belum lama ini saya menemukan link yang memuat modul pembelajaran kimia untuk siswa SMK bidang adaptif. Bukan barang baru, namun cukup untuk menambah refensi dan sekedar bahan bacaan buat yang memerlukan. Materinya cukup lengkap, meskipun modul ini disusun tahun 2004. Pada kurikulum baru kita bisa melakukan adaptasi dari modul tersebut untuk bisa dimanfaatkan oleh siswa di sekolah. Bukan hanya untuk siswa SMK, tapi juga siswa SMA kelas awal.

Tautan ini saya dapatkan pada awalnya ketika mencari bahasan struktur atom dan sistem periodik. dengan tautan lengkapnya http://dartosaripan.fileave.com/3_struktur_atom_dan_sistim_periodik_unsur.pdf. Karena biasa rasa penasaran dan ingin tahu lebih banyak jangan-jangan ada materi lain dalam tautan tersebut. Ini kebiasaan saya dalam menjelajah suatu situs. Caranya saya hilangkan alamat level rendah, kemudian saya masukkan alamat level di atasnya lagi. Akhirnya, benar saya mendapatkan tautan lain yang lebih lengkap dari situs tersebut.

Misalnya ada tautan http://aaaaaaaa.com/bbbbbb/cccccc/dddddd.html

Salin atau ketik ulang tautan tadi dengan menghapus bagian dddddd.html, kemudian enter. Jika situs tersebut memberikan otoritas kita membuka atau membacanya maka kita bisa melihat level setingkat di atasnya. Kalau tidak diijinkan maka coba untuk menghapus bagian cccccc, tidak bisa juga hapus tingkatan bbbbbb, maka kita akan dibawa ke situs utama dari tautan itu. Ini adalah modal untung-untungan dengan harapan mendapatkan informasi lebih lengkap dari suatu tautan semula.

Seperti yang saya lakukan saya coba untuk menghapus bagian /3_struktur_atom_dan_sistim_periodik_unsur.pdf sehingga tersisa alamat tautan utamanya saja (http://dartosaripan.fileave.com). Akhirnya saya dapatkan tautan yang isi lebih lengkap.

Berikut ini tautan untuk modul-modul tersebut. Jika suatu ketika tautan di bawah ini tidak aktif saya bersedia bantu mengirimnya via surel (email) Insya Allah.

Silabus Kimia 2009.doc

  1. Lambang unsur dan persamaan reaksi.pdf
  2. Struktur atom dan sistim periodik unsur.pdf
  3. Ikatan kimia.pdf
  4. Larutan asam dan basa.pdf
  5. Reaksi oksidasi dan reduksi.pdf
  6. Pencemaran lingkungan.pdf
  7. Termokimia.pdf
  8. Laju reaksi.pdf
  9. Hidrokarbon dan minyak bumi.pdf
  10. Senyawa karbon.pdf
  11. Polimer.pdf

Modul praktikum kimia.pdf

Demikian semoga bermanfaat.

==============UPDATE 30 Oktober 2012 pukul 21.00 WIB=============

Maaf untuk pengunjung yang tersesat ke postingan ini, ternyata saya baru tahu bahwa tautan yang saya tulis sudah tidak eksis lagi. Oleh karena itu jika masih diperlukan saya upload ulang. Link/tautan/pranala untuk downloadnya saya tulis di bawah ini:

  1. Lambang unsur dan persamaan reaksi (file pdf 1,231 MB)
  2. Struktur atom dan sistim periodik unsur (file pdf 4,124 MB)
  3. Ikatan kimia (file pdf 1,575 MB)
  4. Larutan asam dan basa (file pdf 2,026 MB)
  5. Reaksi oksidasi dan reduksi (file pdf 1,289 MB)
  6. Pencemaran lingkungan (file pdf 1,829 MB)
  7. Termokimia (file pdf 1,583 MB)
  8. Laju reaksi (file pdf 1,674 MB)
  9. Hidrokarbon dan minyak bumi (file pdf 1,423 MB)
  10. Senyawa karbon (file pdf 1,321 MB)
  11. Polimer (file pdf 1,941 MB)

Demikian.

Wassalam

Urip.wordpress.com

34 gagasan untuk “Modul Pembelajaran Kimia SMK (UPDATE 30 Oktober 2012)

  1. Terimakasih modulnya, saya guru kimia sma tetapi dengan adanya modul kimia smk menambah wawasan saya tentang pembelajaran kimis di smk

  2. Aslkm. Mohon bantuannya pak, saya butuh modul pembelajaran Kimia untuk SMK kelas X, XI dan XII. Trimakasih atas perhatian dan bantuannya…

  3. Pak Urip, tolong saya dikirimi file gambar SISTEM PERIODIK UNSUR full colour (format jpg) seperti yang ada pada lembaran tabel SPU yg biasanya pada lampiran buku kimia.
    Rencananya akan kami berikan pada siswa2 kami agar lebih mudah memahami unsur2 kimia.

  4. tolong kirimi saya semua yang berkaitan dengan rumus molekul aldehida, eter, ester dsb donk ke email saya. terima kasih

  5. pak,, saya juga minta tolong di kirim via email.. karena tidak bisa di download disini.. terima kasih sebelumnya.., mhon bantuanya ya pak

Komentar ditutup.