Penjelajahan untuk Printer HP Laserjet P1102

Maaf ini bukanlah bahasan cara mengisi toner cardtridge printer HP laserjet P1102. Ini adalah tulisan mengenai apa yang saya dapati ketika saya menjelajah  dunia maya terkait bagaimana cara mengisi ulang toner cardtridge. Ok?!

Printer merupakan alat vital bagi kita yang bekerja untuk menyelesaikan tugas kantor. Apapun pekerjaan kantor, cetak-mencetak belum bisa ditinggalkan mungkin hingga sampai kapanpun. Mungkinkah kita menjumpai era paperless (tanpa menggunakan kertas).

Beberapa model printer pernah saya gunakan. Mulai dari dotmatrik yang memakai pita, inkjet yang memakai tinta hingga laser jet yang memakai serbuk (toner). Masalah pun selalu menghadang selama pemakaian printer-printer itu. Terakhir merasa jenuh dan capek menghadapi permasalahan printer inkjet, akhirnya diputuskan membeli printer laserjet. Pilihan jatuh pada HP Laserjet P1102. Sewaktu membeli ditawari jika hendak isi ulang toner ada jasa untuk itu dengan membayar 100 ribu rupiah. Sampai kini printer HP tersebut masih bagus-bagus saja. Tapi mesti siap-siap antisipasi untuk bisa mengisi ulang sendiri toner.

Bermula dari rasa ingin tahu terkait cara pengisian ulang toner pada cartiridge printer laserjet, saya mendapati banyak hal baru terkait printer laser. Pertama saya kunjungi situs resmi HP. Saya jumpai beberapa how to dan solve a probem. Hal ini sepele namun jika ada petunjuknya akan membuat alat kita aman.

Barang yang relatif baru  (seperti printer HP P1102 ini) belum banyak yang memberikan tutorial terkait barang tersebut.  Justru karena itu kita bisa menjumpai hal yang baru, pengalaman baru buat diri kita. Misalnya saya jumpai bagaimana prinsip kerja toner pada printer laser. Juga hal cara mengisi toner pada printer laserjet HP 1005 dari youtube.

Meskipun dalam video itu menggunakan refill kit tertentu, setidaknya kita bisa mengerti prinsipnya. Selebihnya kita bisa mencari cara lain ala macgiver. Prinsip pengisian ulang toner juga ada di teknisi printer, ini secara umum mungkin bisa diterapkan pada model printer lain. Selain itu beberapa model printer lain tekniknya juga ada penjelasannya pada referensinya situs fixyourownprinter, mulai dari printer merek Brother hingga Xerox. Tentu saja di dalamnya juga tersedia merek lain (kan saya tulis awalan abjad terawal dan terakhir :) ).

Masih di forum fixyourownprinter saya juga menikmati serunya forum terkait pengisian ulang toner cardtridge printer di sini. Termasuk soal bahasan hukum rekondisi berbagai cardtrige printer di luar sana. Kalau dalam negeri mah yang seperti ini lewat saja :D .

Selain menjumpai hal-hal tersebut, saya juga bertemu dengan situs yang luar biasa isinya, tentang bagaimana sesuatu itu bekerja, yaitu di How Stuff Work.com. Ini saya akan saya ulas pada kesempatan berikutnya. Saya menunju situs tersebut karena saya melihat tulisan alamat situs itu pada gambar bagaimana prinsip kerja toner pada printer laser.

Sungguh mengasyikkan aktivitas jelajah hari ini, sambil mengisi waktu di hari libur pada bulan Romadhan. Selamat berpuasa bagi saudara yang menjalani. Semoga tulisan ini bermanfaat.

4 gagasan untuk “Penjelajahan untuk Printer HP Laserjet P1102

  1. mo tanya…..isi ulang printer HP laser jet tipe P 1102 bagaimana? isinya memang serbu utk foto copy, trs adakah alatnya utk memasukkan serbuk tersebut?trims atas infonya…

    • serbuknya beli aja di toko printer, kalau sy lakukan seperti di video tutorial itu, saya bongkar, sy isikan langsung gak pakai alat kan tinggal tuang ke wadahnya. Jangan lupa bersihkan bagian pembuangan.

  2. maaf saya mau tanya…

    bagaimana memperjelas hasil cetakan dengan menggunakan HP laser jet tipe P1102..
    karena sebelum saya isi ulang toner hasilnya agak buram..lalu saya fikir karena tonernya habis…
    setelah saya isi ulang toner hasil cetakan masih buram…

    terima kasih infonya

    • Ok coba di setting printernya di ubah. Masuk control panel -> devive and printer -> klik kanan printer hp laser jet -> pilih printer properties -> klik tab device setting ubalah print density menjadi lebih tinggi, skalanya 1 – 5, kemudian klik OK.
      Saya pernah mengalami hal serupa kok. dengan begitu hasil cetakan menjadi lebih bagus. Selamat mencoba.

Komentar ditutup.