Perangkat Pembelajaran di Dunia Maya

Perangkat pembelajaran di internet cukup banyak, bahkan saya katakan bertebaran. Mulai dari silabus, program tahunan, program semester, kkm, bahan ajar, rancangan pelaksanaan pembelajaran (rpp). Untuk pelajaran kimia di blog-nya pak Fahmi – SMA 1 Pekalongan terbilang cukup lengkap. Bagi rekan yang rajin berburu namun malas membuat perangkat pembelajaran dapat mengunduhnya dan tentu harus memodifikasinya.

Sah-sah saja kita melakukan hal seperti itu untuk memenuhi kewajiban sebagai guru. Tetapi perlu dipikirkan kembali patutkah kita mendapat julukan guru profesional? Sebenarnya hanya diperlukan sedikit kreativitas untuk dapat mempersiapkan pengajaran selama setahun ke depan. Tentu tidak mesti menyalin habis perangkat pembelajaran orang lain. Ini namanya tidak kreatif.

Sesungguhnya kita memang diuntungkan dengan adanya orang seperti pak Fahmi ini. Kita bisa memperbaiki apa-apa yang perlu diperbaiki sehingga kita sendiri menjadi semakin baik dalam mempersiapkan pembelajaran di kelas. Banyak hal yang di suatu sekolah melakukan ini itu, tapi di tempat kita bekerja tidak bisa diterapkan. Inilah yang perlu dilakukan modifikasi agar ada kesesuaian. Tidak asal ada perangkat pembelajaran saja. Memang kemampuan tugas pengawasan kepala sekolah harus dilakukan secara benar dan sungguh-sungguh. Jadi para guru dapat bekerja dengan benar, sekali lagi tidak asal ada saja.

Dari sinilah keseriusan seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang yang profesional. Bukanlah beban untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk pengajaran di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Namun bagi kebanyakan guru di mana kontrol dari supervisor lemah akhirnya banyak hal yang semestinya dilakukan awal tahun tidak dilaksanakan. Jadi masih ada saja sekolah yang guru-gurunya tidak membuat perangkat pembelajaran untuk tugas mengajarnya. Andai pun ada maka itu hanya digunakan untuk pelengkap belaka. Padahal kita semua tahu itu adalah amunisi awal untuk bisa mengajar dengan baik. Manajemen pengajaran tidak jalan semestinya. Gaya mengajar kuno masih tetap dijalankan. Tidak ada revolusi diri untuk menjadi lebih baik. Akankah pendidikan kita bisa menggeliat, bangun jadi tidur?

Ok-lah… untuk rekan guru kimia, berikut ini tautan perangkat pembelajaran miliknya pak Fahmi kalau memang masih diperlukan. Jangan lupa dilakukan modifikasi. Itu hanya sekedar contoh, pembanding.

RPP KIMIA SMA

  1. Rancangan pelaksanaan pembelajaran kimia kelas 10
  2. Rancangan pelaksanaan pembelajaran kimia kelas 11
  3. Rancangan pelaksanaan pembelajaran kimia kelas 12

BAHAN AJAR KIMIA SMA

  1. Bahan Ajar Kimia SMA kelas 10 semester 1
  2. Bahan Ajar Kimia SMA kelas 10 semester 2
  3. Bahan Ajar Kimia SMA kelas 11 semester 1
  4. Bahan Ajar Kimia SMA kelas 11 semester 2
  5. Bahan Ajar Kimia SMA kelas 12 semester 1
  6. Bahan Ajar Kimia SMA kelas 12 semester 2

Tetaplah kreatif!!! ————————————————————————- Terimakasih pak Fahmi SMA 1 Pekalongan yang sudah membantu menyediakan kebutuhan guru kimia di Indonesia. Semoga dengan adanya salinan tautan tadi semakin mudah ditemukan oleh rekan guru kimia lain, sebagaimana niat pak Fahmi meng-uploadnya di ziddu.com. Sekali lagi termakasih telah berbagi.

About these ads

22 thoughts on “Perangkat Pembelajaran di Dunia Maya

  1. Baik pak Urif Silahkan berkarya terus untuk kemajuan pendidikan khususnya pendidikan kimia untuk generasi kita.

  2. Assalamualaikum. pak Urip dapatkah mengisi pelatihan di Sampit? Untuk tanggal 18-19 Oktober 2010. Terima kasih banyak.

  3. Jumpa lagi Pak, meski berjauhan …
    Terima kasih berkenan berbagi, smoga tidak bosan berbagi ilmunya …
    Lapor aja koq link Bahan ajar Kimia SMA kelas X semester 1 bermasalah … smga segera dibenahi.

    Selamat berkarya,

    • Laporan diterima… Memang sepertinya tautan tersebut bermasalah, saya belum bisa menghubungi pak Fahminya. Nanti akan di beritahukan kalau ada perbaikan. Terimakasih.

  4. Semoga amalan ilmu yang bermanfaat bagi guru kimia dan siswa dapat mengalirkan pahala kepada paka Fahmi selama-lamanya … Amien

  5. Terima kasih Pak Urip, blognya bagus sekali, sangat membantu ….
    Saya mencoba download soal-soal UN kimia kok susah sekali. Bagaimana caranya ya Pak?

  6. saya guru kimia di SMk tipikal teknologi dan industri. berbeda dengan teman2 di SMA sepertinya kami agak sulit mengajar siswa-sisw kami..ada yang bisa bantu

  7. Pa blog bagus sekali…..tapi saya masih bingung membuat RPP yg berbasis karakter…….tolong dong pa…………

  8. blogx uda bagus nih, tp link downloadx jangan menggunakan ziddu nih biar downloadx nda ribet n link ziddux uda ngak bisa di unduh nih
    “This web page at http://www.ziddu.com has been reported as an attack page and has been blocked based on your security preferences”
    Apa nda ada link lainnya nih

Komentar ditutup.