Eksperimen Kimia secara Virtual

Banyak rekan guru yang tidak sependapat dengan adanya eksperimen di laboratorium (lab) virtual. Yah benar bahwa untuk memberikan penguasaan materi kimia tidak cukup hanya dengan berkicau di depan kelas. Tapi perlu juga diketahui latar belakang mengapa di beberapa sekolah hanya melakukan aktivitas seperti itu. Kebanyakan alasan di banyak sekolah di negeri ini adalah karena tidak tersedianya sarana lab kimia. Kalau sudah begitu maka ada yang menuntut guru kimia harus kreatif untuk memanfaatkan alam sekitar dijadikan alternatif lab. Tapi penggunaan laboratorium virtual juga merupakan alternatif jika suatu sekolah memiliki komputer yang memadai dan koneksi internet yang memberikan lebar pita (bandwidth) yang besar.

Kemampuan sumber daya untuk bisa membuat lab virtual juga belum banyak, maka kita bisa saja memanfaatkan keberadaan laboratorium virtual yang bisa diakses secara daring (online). Kemampuan guru membimbing dan mengarahkan siswa sangat diperlukan sehingga pembelajaran seperti itu bisa berjalan dengan baik. kelancaran penggunaan lab virtual ini ditentukan oleh lebar pita untuk akses internet yang memadai.  Karena hal ini ada tuntutan harus daring. Mungkinkah kita bisa memanfaatkan yang bersifat daring itu untuk bisa digunakan secara luring (offline). Tentu semua ada jalannya.

Sebagai contoh saya telah mengunduh web http://www.chm.davidson.edu/vce/index.html ini kemudian saya dapat melakukan percobaan secara luring.

Kalau anda bertanya bagaimana itu bisa saya lakukan, saya akan ceritakan pada tulisan ini. Prinsipnya hal ini tidak terlalu sulit. Syaratnya hanya diperlukan koneksi internet dengan kecepatan yang memadai sehingga proses berjalan lancar. Pada komputer yang anda gunakan harus memiliki aplikasi pen-download website. Saya menggunakan httrack yang gratis. Kalau perlu silahkan unduhd dari pranala ini.

Karena banyak simulasi eksperimen dijalankan berbasis java applet maka mesin penjelejah web juga harus terpasang java runtime environment setidaknya versi 1.5. Kalau belum silahkan unduh di sini dan memasangkan di komputer anada. Dia akan secara otomatis menyatu dengan penjelajah web yang ada.

Cara menggunakan httrack sudah ada di menu help program tersebut. Tapi prinsipnya saya bisa tulis di sini:

  1. Buka httrack—> klik next
  2. Tulis project name (terserah apa namanya) —> klik next
  3. Salin alamat web yang akan diunduh itu dan tempel (paste)kan di kotak web addrresses (url)
  4. Set option —>pilih tab limit
  5. Isikan maksimum mirroring deep kalau anda tidak yakin sedalam apa direktori web diletakkan
  6. Isikan angka nol pada maximum external depth (ini untuk tautan ke luar dari web yang akan kita unduh).
  7. Pada max transfer rate isikan semaksimal mungkin. Kemudian klik Ok.
  8. Kemudian klik finish, maka proses penguduhan akan berlangsung.
  9. Tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa pengunduhan selesai.
  10. Dan anda boleh klik next dan keluar dari program.
  11. Untuk melihat isi hasil pengunduhan buka folder kalau anda tadi tidak menentukan biasanya secara default diletakkan di C:// dengan nama folder My Web Sites klik folder sesuai nama proyek yang anda buat  dan cari index.html dan klik, maka anda bisa menjelajah web yang anda unduh secara luring.

Ah… Tidak mau repot dan mau terima jadi boleh mengunduhnya dari NatSim search ini.

Banyak simulasi eksperimen dijalankan berbasis java applet maka mesin penjelejah web juga harus terpasang java runtime. Kalau belum silahkan unduh di sini dan memasangkan di komputer anada. Dia akan secara otomatis menyatu dengan penjelajah web yang ada.

Ok, selamat mencoba.

Tulisan terkait bahasan ini yang ada di blog ini:

About these ads