Tabel Periodik Unsur dengan Gambar 3D

Ilustrasi dari theodoregray.com

Tabel periodik unsur yang tersedia saat ini sangat bervariasi. Tujuannya hanya satu agar lebih menarik, mudah dipahami. Ada yang berfokus pada informasi yang ingin diberikan ada yang berfokus pada tampilan visual unik. Membuat tabel periodik yang menarik bukanlah pekerjaan mudah, perlu tenaga ekstra. Namun berkat adanya pihak yang rela berbagi secara “ikhlas” di internet kita dengan mudah mendapati, dan mengunduhnya.

Salah satu tabel periodik unsur yang sangat lengkap karena dibuat oleh sebuah tim dengan disokong (kontribusi) banyak pihak akhirnya tabel periodik itu menjadi benda yang sangat bagus.

The Wooden Periodic Table

Yah di situlah tempatnya. Kalau berminat boleh memesannya (hehehe saya kira pada enggan kan?!) Ok-lah kalau begitu ayo sedikit bercapek-capek dulu, intinya bagaimana mendapatkan gratisannya!

Saya sudah mencoba untuk men-download gambar setiap unsur seperti yang ada di poster yang ditawarkan itu satu-persatu (terpaksa). Tapi belum fix menjadi tabel periodik secara utuh. Anda pun bisa melakukannya sendiri, silahkan unduh satu persatu gambar yang ada, boleh pilih dan ambil ukuran kecil, sedang atau besar. Kemudian silahkan tata dan cetak sendiri menjadi model banner dengan kualitas yang sesuai keinginan untuk dipajang di kelas. Kalau gak mau ambil satu persatu boleh deh nanti saya kirim via email hasil donwload-an gambar 2-D-nya.

Sebenarnya kita juga bisa mengambil gambar 3 dimensi (3-D)-nya. Untuk mengamati gambar unsur (senyawaannya) secara 3 D kita tinggal memutarnya. Format berkas untuk gambar 3D itu adalah movie yang dapat dilihat dengan menggunakan aplikasi Quick Time. Kita bisa memutar gambar 3D tersebut untuk diamati. Sekali lagi tujuannya yang utama adalah menarik minat siswa.

Sayang sekali ukuran berkas 3-D tersebut relatif besar. Tapi kalau mau bersabar kita bisa saja mendownloadnya satu per satu. (Capek Deh :) ). Harus begitu kalau ingin mendapatkan hal bagus secara gratis. Lagian modalnya “hanya perlu” tersedia koneksi internet yang cukup dan kesabaran serta kemauan. Lakukanlah demi siswa hebat kita.

Bagaimana dan di mana bisa mendownload gambar 2-D dan 3-D yang dapat diputar itu? Perhatikan cara berikut kalau belum bisa:

Klik pranala ini, maka akan muncul tampilan web dimana ada tabel priodik model kayu berikut.

Kemudian pilih gambar unsur (atau senyawaannya) yang dikehendaki dan pilih gambar yang ingin dilihat dan didownload. Misalnya saya pilih Ni.

Pranala (link) gambar tadi adalah hasil jika kita membuka http://theodoregray.com/periodictable/Elements/028/index.s7.html#sample9. Jika sudah masuk seperti contoh link yang saya berikan tadi silahkan klik pada ikon yang saya tandai dengan kotak merah (360 Frame 72 Frame). Pilih 360 Frame untuk mendapatkan  gambar 3 D  lebih detil tapi ukuran filenya lebih besar dibanding dengan 72 Frame (lebih kecil ukuran filenya dan lebih cepat mendownloadnya pasti).

Prinsipnya setiap sampel unsur yang tersedia di web tersebut asal ada tanda seperti ikon dalam gambar yang saya beri kotak merah itu maka gambar di sebelah kiri itu tersedia juga gambar 3-D-nya. Silahkan unduh!

Ilustrasi tampilan 3-D dengan Quick Time

Untuk unsur lain silahkan kembali ke pranala (link) utama kemudian pilih unsur yang dikehendaki dan pilih gambar yang ingin dilihat dan di-download.

Dapat juga mengunduh lewat The Photographic Periodic Table of the Elements.

Selamat mengunduh… !

 

About these ads

10 thoughts on “Tabel Periodik Unsur dengan Gambar 3D

  1. Ping balik: Tabel Periodik Unsur dengan Gambar 3D

Komentar ditutup.