Cara Mengisi Ulang Toner Printer HP Laserjet P1102

Pengalaman memang sangat berharga. Ada yang sudah lebih dahulu punya pengalaman tapi sayang tidak segera dibagi ke orang yang memerlukan. Saya semenjak punya printer HP Laserjet P1102 sudah lama mencari tutorial bagaimana cara mengisi ulang toner printer tersebut tapi tidak juga kunjung ketemu. Namun akhirnya ada juga yang berbaik hati membagi tutorialnya untuk hal tersebut, meskipun bahasanya tidak saya mengerti. Tapi jangan khawatir meskipun bahasa tidak kita mengerti langkah-langkahnya sangat mudah diikuti. Tutorial tersebut berupa video yang bisa kita lihat atau kita download pada youtube. Pranala (link) bisa anda lihat pada bagian akhir tulisan ini.

Sebelum saya lanjutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mengisi ulang toner itu. Pertama siapkan alat berupa obeng +, vacum cleaner (atau kuas), kertas koran (sebagai alas), dan serbuk toner.

Jangan sampai merusak bagian karet yang menempel di plat logam yang ada pada bagian pembuangan serbuk toner.  Ini saya ingatkan karena ini adalah salah satu bagian yang sangat mudah rusak, terlepas atau robek. Membuka dan membersihkannya harus hati-hati. Jangan juga sampai serbuk hitam itu terhirup saat membersihkannya. Partikel serbuknya sangat halus dan sepertinya tidak larut dalam air. Dikhawatirkan menempel di paru-paru kita dan ini jelas berbahaya menurut saya.

Sebagai tambahan info, untuk chip saya tidak lakukan penggantian seperti yang ada pada video tutorial itu, dan sampai hari ini belum ada masalah.

Berikut video tutorial cara mengisi ulang toner printer HP Laserjet P1102:

atau yang satu ini:

68 gagasan untuk “Cara Mengisi Ulang Toner Printer HP Laserjet P1102

  1. Ping-balik: Cara Mengisi Ulang Toner Printer HP Laserjet P1102

  2. Thanks atas video tutorialnya pak Urip.
    Kebetulan saya baru beli printer 1102 ini 2 bulan yang lalu
    Pada saat habis saya agak bingung karena ternyata cukup berbeda dengan catridge seri 1200 milik sekolah yang biasa saya isi.
    Beberapa pertanyaan pak Urip…
    1. Pada catridge seri 1102 ini ada chipnya, dan pada video tersebut chipnya juga diganti jadi tidak hanya mengisi toner. Apa pak Urip juga mengganti chip tersebut?
    2. Serbuk toner type apa yang pak Urip gunakan, bagaimana hasilnya.
    Thanks atas berbagi-nya pak Urip…
    Saya sangat menunggu jawabannya (sebagai sesama pemilik HP 1102)

    • Toner Superior utk 12A/35A/85A/49A hanya 115rb/kg (harga promo ) khusus bulan mei

      Hasil cetak tebal dan tidak merusak komponen lain.

      Call :
      021 372 55539 / 0817 633 0537

  3. Oh yah beberapa kali saya lakukan itu tanpa mengganti chip-nya ternyata gak masalah.
    Soal serbuk saya gak ingat, nanti saya cek, hasilnya bagus sih. :) ini sdg di sekolah jd gak bisa ngecek

  4. sebagai sesama pengguna produk HP 1102,saya beritahukan bahwa SERBUK TONER bisa diganti dengan merk lain. ada satu hal yg perlu diperhatikan yaitu tingkat kelembutan dari toner,jika terlalu tinggi akan menghasilkan ROL KARET CEPAT KOTOR dan jikka terlalu rendah HASIL CETAKAN KURANG TAJAM. yang terlalu tinggi contohnya TONER SAMSUNG,yang terlalu rendah contohnya TONER FOTOCOPY. tetapi keduanya bisa dipakai,walaupun demikian tetap saya anjurkan menggunakan toner HP original. harga sekitar Rp. 125.000,-/Kg

  5. Mas, tolong minta video tutorialnya dong. Atau linknya saja, karena di artikel yang saya baca linknya tidak terbaca atau mungkin sudah dihapus. Sebelumnya terima kasih.

    • @Wastu, mungkin koneksi yg kurang lancar sehingga linknya gak terbuka atau add in browsernya belum support, nih barusan saya cek lancar saja. Coba lagi yah.

  6. saya lagi nyari printer laser,hp 1102 dengan canon LBP 2900 bandelan mana ya mas?biar ga sering ganti2 fuser/drum nya

    • Nunut urun rembug, maslah perbandingan nya dengan HP 2900.Setahu saya film sleeve heating keduanya sama ukuran dan kualitasnya. Kira kira serupa gitu. Beda antara keduanya pada ukuran dan kapasitas toner cartridge nya. HP 2900 kapasitasnya dua kali lebih besar. Bisa diisi hingga 150 gram sedang HP 1102 isi kira-kira 80 gram. Kapasitas cetak untuk HP 2900 kira-kira 2500 lembar, sedang HP 1102 hanya 1500 an lembar.

  7. Mas,kok tiba2 HP Laserjet p1102 sya mati ya,sya kira kabel powernya,tapi pas kabelnya dicoba ke monitor gak masalah,mohon infonya

  8. Semoga ada rekan bisa membantu saya.

    HP laserjet P1102 saya… nge Jam alias nyakut. Soalnya kemarin saya menyuruh adik saya ngeprint untuk buat film stampel dengan menggunakan bahan plastik (bukan kertas)
    tapi adik saya salah menggunakan bahan ( dia menggunakan plastik sampul ) akibatnya plastik tersebut mengulung di pemanasnya dan tidak bisa keluar lagi . yang ingin saya tanyakan bagaimana cara membuka cover printer tersebut ( tahap-tahapnya pembukaannya dan yang mana di dahulukan)
    terimakasih atas segala informasi dan bantuannya…

    • Mas E Syaputra: maaf saya sendiri belum pernah bongkar covernya, masih baru sih, takut garansi hilang :) . Saran saya dibawak ke service centernya sj.

    • saya sarankan mas, jika masih garansi bawa ke servis center saja.
      tapi jika garansi sudah habis, langkah berikut dapat anda lakukan (kebetulan saya juga pernah ngalami hal yg serupa) :
      1. buka sekrup yang ada dibagian belakang.
      2. buka dari bawah (bukan sekrup) hanya kancingan yang bisa dibuka dengan menggunkan obeng minus.
      3. lepaskan cover dengan cara mengangkat keatas (toner harus dilepas).
      4. lepaskan sekrup2 yang ada dibagian atas kiri dan kanan sampai plastik yang meleleh bisa diambil.
      5. jika sudah selesai kembalikan semuanya seperti semula. semoga sukses

  9. 1 cartride Printer HP 1102 itu apabila mencetak di kertas A4 dapat mencetak sampai berapa ratus lembar Pak, sampai toner habis. Saya beli printer baru 1102, baru mencetak 650 lembar tonernya sudah habis. Kalau isi ulang apa bisa lebih banyak jumlah cetaknya. Trims

  10. maaf mas, mau ikut nanya juga nich,,, kalo hasil print outnya ada noda hitam,,,, itu kenapa ya,,, sudah saya besihkan tapi paling bisa print out cuma 1, setelah itu ada noda hitam lagi, itu kenapa ya? mohon pencerahannya

    tnhxxx

  11. Salam Pak..barusan juga baru beli P1102..ternyata pake chip juga ya..awalnya saya sempet ragu, apakah karena menggunakan chip, tidak bisa diisi ulang, tapi setelah membaca tulisan bapak, kayak’nya tidak masalah ya Pak? Thanks infonya Pak..

  12. Mau tanya mas Urip, saya baru mau beli printer P1102, yang mau saya tanya harga tintanya itu berapa ya mas?
    Klo diliat dr coment2nya semoga gak susah ya ganti tintanya….

  13. maap mas…saya affan saya mau tanya ni mas saya baru beli printer hp p1102 tapi baru 3 minggu hasil prinnya kotor!! dan kalau boleh tau penyebabnya apa ya pak?

  14. mau tanya @Mr. Urip refill toner yang bapak pakai yang harganya sekitar Rp.125 ribuan itu refill hp yang tipe apa pak?
    thx

  15. mau tanya @Mr.Urip saya kan baru refill tooner, kok setelah di diisi kok hasil cetakannya kurang hitam………..
    apa Mr.Urip tahu solusinya??

    • Saya mengalami hal yg sama dan itu katanya karena serbuk yg kita pakai tidak asli. Tapi sy bisa atur untuk kualitas hasil cetak dari menu printer option. Hasil lebih hitam.

  16. maaf saya cuman sharing,,, saya ingin memberikan perencanaan masa depan untuk keluarga temen-temen, saya adalah agen prudential saya akan membantu membuat perencanaan financial anda,, mungkin dalam hidup anda pernah mengalami atau melihat keluarga,sodara bahkan orang lain mengalami kesulitan keuangan karena mereka tidak mempersiapkan perencanan financial untuk masa depan, misalnya mereka kesulitan pada saat terjadinya resiko atau kebutuhan mendadak seperti untuk biyaya (pendidikan,sakit,kematian,kecelakaan, dan bencana alam).
    Saya sebagai agen akan membantu kebutuhan masa depan anda.

    bila anda ingin menanyakan tentang konsep perencanaan masa depan ini silahkan Hub :

    Sarif (021 92154668)

  17. pak urip terimakasih infonya…tenteng pengisian toner printer laser jet !
    semoga bermanfaat ,bagi pembelajaran di dunia pendidikan khususnya IT
    salam :)

  18. salam kenal Mr.Urip
    saya mau tanya nih?
    kalau printer P1102 memangnya tonernya cuman satu warna (Black) saja ych, kalau semisal toner yang warnanya kira2 ada ndak ych, maklum baru.

  19. pak urip klo mau menebalkan hasil printer bagaimna?
    saya udah isi ulang toner sesuai video alhamdulilah berhasil,, tp hasilnya kurang tebal,,
    terima kasih,,,,

    • Mas Urip, kalau hasil cetakannya kurang tajam masalahnya apa ya, padahal toner nya udah saya isi penuh, trimakasih

    • Ya saya mengalami hal sama ketika menggunakan serbuk yg tidak original. So saya akali dengan pengaturan kualitas cetakan, yg dikorbankan adalah waktu print sedikit lebih lama.

    • klo untuk menebalakan hasil printnya caranya gimana ya? saya coba otak atik… tapi blum ketemu juga…

      trus klo tinta original belinya dimana ya?
      saya udah tanya-tanya ke cervice center yang ada di malang tapi katanya gak ada/kosong?
      saya cari di tempat lain juga gak ada…..

  20. Payah….!!! terlalu banyak kata maaf kalau ditanya….. kalau tidak menguasai jgan upload… apalagi cuma ngopi video orang….

  21. Udah bagus Mr.Urip mau bagi2 ilmu ke kita2 gan,,,,
    kalo mau detil ya tanya langsung ama Mbah GOOGLE…
    heheheheheh

  22. @ythoni….jauh mendingan Mr. Urip yang mau habis waktu,searching dan share video orang lain, dibanding ente yang marah2 stress nga jelas.

    • Ngeceknya kalau normal, ya kalau di pakai ngeprint sudah tidak menunjukkan hasil print-print-nan. Atau bisa dilihat dari indikator yang ada di properti printer.

  23. Mr Urip.. klo untuk pembelian toner ori HP yang ori di mana ya?
    apakah di service center hp juga tersedia?
    thanks sebelumnya..

  24. saya sudah mengisi toner dengan mengikuti langkah-langkahnya, tetapi setelah dicoba negprint ko hasilnya kurang begitu bagus, kurang jelas apalagi untuk ukuran hurup kecil. kecuali kalau huruf bold atau ukurannya besar memang ga masalah..mohon solusinya, thank…..

  25. >>>coba toner yang di tempat pembuanganya di buang…mudah2n kembali bersih hasil cetakknya. Hp p1102

    Yang jadi pertanyaan cara buka atau buangnya dimana Pak Urip?, mohon penjelasannya saya penasaran mau cek bagian pembuangan karena ahir2 ini sering ada hitam di laserjet saya,
    Terimakasih sebelumnya

  26. pak laserjet p1102 saya setelah tambah tinta kok hasilnya kotor selkali trus tulisanya bertumpuk-tumpuk kenapaya

Komentar ditutup.