Input Praktis Nilai Sekolah di Aplikasi Pendataan Nilai Sekolah 2011

Wou melelahkan kalau kita diminta menginput satu-satu hasil nilai olahan Nilai Sekolah (NS). Bagaimana tidak kita sudah melakukan pengolahan di excel ternyata hasilnya (SAYA) belum bisa mengkonvert ke file dengan extensi DBF. Sementara menu inportnya di Aplikasi Pendataan Nilai Sekolah (APNS) tidak bisa berfungsi (ini di versi offline loh). Tapi dengan sedikit triks ternyata bisa kita akali (apa iyah buktikan sendiri).

OK. Saya melakukan trik ini di APNS 2011 (versi – 2c) hasil kopian dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran kabupaten saya. Di mana setiap sekolah sudah diberikan kopian APNS tersebut termasuk data siswa dan blanko nilai kosong yang harus diisi secara manual lewat APNS tersebut. Versi terbarunya adalah v-3e dapat diunduh dari sini.

File utama tersebut berekstensi *.DBF.

D:\Nilai Sekolah MAN Pangkalan Bun 2011\PROGRAM NILAI SEKOLAH SMA\14-02\US\U11_1402013U.DBF

14 = kode propinsi saya;
02 = kode kabupaten saya;
013 = kode sekolah saya;
U = kode jenjang SMA

Nah file itulah sepertinya yang bersisi data-data nilai hasil inputan kita (kalau kita input satu-satu).

Saya sudah lakukan menginput tapi hanya saya kopi-paste saja data hasil olahan di excel (capek-banget kalau mesti menginput satu-satu).

CARANYA?

Untuk bisa membuka file DBF tersebut saya gunakan LibreOffice Calc. Kalau belum punya bisa unduh dari sini (214 MB) dan lakukan penginstallan.

Setelah terinstall coba buka file ekstensi DBF tadi (U11_1402013U.DBF) maka akan terbuka lah file tersebut laksana terbuka di excel. (lah kan memang mirip, LibreOffice Calc ini pecahan OpenOffice.Org Spreadsheet). Oh yah dengan OOo Spreadsheet mestinya bisa juga terbuka kok file DBF tadi.

Setelah terbuka silahkan menuju data nilai olahan (Nilai Sekolah (NS)) di Excel, lakukan konversi data angka menjadi format teks. Saran saya sebelum mengkonversi tadi sebaiknya tanda pemisah desimal koma (,) sebaiknya diganti menjadi desimal titik (.)

Perintahnya:

=TEXT(W88;”0,00″)

W88 adalah cell di mana data (angka) yang akan kita konvert menjadi data (teks).

Setelah semua data yang akan diinput terkonversi, silahkan copy paste ke file DBF yang kita buka dengan LibreOffice Calc tadi untuk mata pelajaran dan nama siswa yang bersesuaian.

Kemudian simpan dan pilih Keep Current Format.

Setelah tersimpan tutup file DBF tadi.

Buka APNS (Nilai Sekolah 2011) maka hasil kopian ke file dbf tadi sudah muncul di data APNS tadi.

Jadi intinya menurut pengamatan saya yang tidak mengerti soal pemrograman yang jadi dasar APNS ini, ternyata nilai hasil olahan kita tak akan terbaca kalau berformat angka (number), tapi jika hasil nilai sekolah berformat text bisa terbaca dengan baik.

Jika di Excel tanda ketikan berformat angka maka akan otomatis rata kanan, kalau ketikan berformat text maka otomatis menjadi rata kiri dan tidak akan dilakukan operasi hitung.

Demikian semoga bisa meringankan tugas kita dalam input nilai yang semestinya tidak perlu memakai aplikasi yang “BIKIN REPOT” ini. Tanya mengapa harus pakai APNS ini? Tapi ada hikmahnya dengan adanya APNS ini kerja “praktis” juga dan mengharuskan saya mempelajarinya.

Update:

Dengan kopian file program dari dikjar kabupaten saya memang tidak login sebagai admin, makanya untuk import nilai dengan format excel tifak aktif.

Untuk file versi terbaru (v-3e dapat diunduh dari sini.) Silahkan kopi file tersebut ke folder aplikasi sebelumnya dengan replace file.

Agar bisa login sebagai admin (kalau yang dari dikjar loginnya hanya pakai UN bukan admin dengan password 2011) maka kita perlu menghapus file AKSES.Y2K di folder DATAPRG terlbih dahulu.

Kemudian silahkan login:

user ID : admin

Passwordnya: Admin

Selamat bekerja.

 


About these ads

10 thoughts on “Input Praktis Nilai Sekolah di Aplikasi Pendataan Nilai Sekolah 2011

  1. Ini pak Urip ? Khusus MA/SMA saja atau semua ? kami di Mts nggak tahu sama sekali infonya.. sukses selalu dan selamat memepelajarinya .. :)

  2. Saya juga pernah mengalami hal serupa, ketika itu disuruh input data peserta UAS BN, saya akali menggunakan open office, karena di open office kita bisa save as ke *.*DBF

  3. makasih kang petruk, (malah wis lali yen pernah bikin gravatar Petruk..)
    tapi kok gede banget donlotnya,..coba ta cari jalan lain lagi

  4. aslinya gak praktis sih hehehe. Yg praktis itu kalau makai import file excel. Harus login as admin. Biar bisa import file excel. Jauh lebih praktis itu kang. Gak usah download yg 200 MB itu, makai excel sj.

  5. Ping balik: Membuat Nomor Peserta UN di Excel « Tentang GURU

  6. Terima kasih pak Urip, mau coba kita pakai buat isikan data nilai. Makasih.
    Titip Salam dari Bapak Ahmad Taufik Kurnia

  7. Terima kasih banyak atas tutorialnya.Berkat tutorial ini saya bisa memperbaiki file DBF yang membuat aplikasi ini menyatakan invalid file biodata, Namun setelah diedit dengan LibreOffice Calc dan mengikuti petunjuk dari tulisan anda.saya sudah bisa menggunakan untuk mengentry nilai.Terima kasih banyaaaaakkkkkk ya..sukses selalu dengan berbagi ilmunya di sini.

Komentar ditutup.