Memahami Persen Volum (Satuan Konsentrasi)

Pemahaman mengenai satuan konsentrasi menjadi hal penting ketika kita berkutat dengan bahasan-bahasan yang ada sangkut pautnya dengan larutan. Misalnya dalam bahasan sifat koligatif larutan, larutan asam-basa, kesetimbangan kimia, dan lain-lain. Karena sedikit salah mengerti tentang satuan konsentrasi maka vital bagi kegiatan di laboratorium kimia terutama yang bersifat kuantitatif. Sebagai upaya menghindari kesalahan kecil namun berdampak “global” dalam aktivitas belajar kimia, perlu kiranya saya tulis secara berseri tentang satuan-satuan konsentrasi yang digunakan dalam dunia kimia.

Tulisan ini terinspirasi dari artikel yang ada di chemistry.about.com.

Ok, satuan konsentrasi yang pertama dan sering digunakan dalam berbagai soal kimia maupun aktivitas lab adalah persen volum-volum (v/v %).  Satuan konsentrasi ini sangat sederhana namun sering kurang dipahami oleh banyak siswa sehingga banyak dijumpai kesalahan dalam menyelesaikan soal terkait satuan ini.  Sebenarnya membuat larutan dengan satuan konsentrasi persen volum ini sangatlah mudah, tetapi kesalahpahaman dalam pendefinisian ini menjadi masalah lainnya.

Persen volum didefinisikan sebagai:

v/v % = [(volum zat terlarut)/(volum larutan)] x 100%

Kuncinya adalah bahwa persen volum ini relatif  terhadap volum larutan bukan volum pelarut (ditentukan berdasarkan perbandingan zat terlarut terhadap volum larutan). Ingat terhadap volum LARUTAN.

Sebagai contoh, “parfum-Q” mengandung sekitar 15% v/v alkohol. Ini artinya bahwa terdapat 15 ml alkohol dalam setiap 100 ml  “parfum-Q”. Jika kita mencampurkan 15 ml alkohol hingga volume campuran 100 ml “parfum-Q”, maka kita mendapatkan 15% v/v alkohol dalam parfum tersebut.

Jika kita mencampurkan 15 ml alkohol dengan 100 ml parfum-Q maka persen volumnya tidak lagi 15% v/v, tetapi menjadi [(15/(100+15)) x 100% atau lebih rendah dari 15% v/v.

About these ads