Tips Mencetak pada Blanko SKHUAMBN atau Blanko Lainnya

urip.wordpress.com

Di madrasah tahun ini siswa yang lulus akan mendapatkan SKHUAMBN (Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Madrasah Nasional). SKHUAMBN ini dibuat dan dikeluarkan oleh madrasah penyelenggara UAMBN. Jadi pihak madrasah sendiri yang mengisi SKHUAMBN tersebut. Alasan karena demi kepraktisan dan menghindari kesalahan tulis maka di madrasah saya bertugas diputuskan untuk tidak ditulis manual, tidak ditulis dengan tangan, tetapi dicetak dengan menggunakan printer.

Tapi jangan dikira mencetak SKHUAMBN itu mudah, ternyata tidak. Mencetak diperlukan kehati-hatian dalam mengatur presisi penempatan karakter akar tepat berada pada kolom dan baris yang tersedia pada blanko yang tersedia. Konon jumlah blankonya terbatas, kalaupun terjadi kesalahan diperlukan waktu cukup lama untuk mendapatkan gantinya. Oleh karena itu diperlukan persiapkan yang matang agar tidak terjadi kesalahan sedikit pun

Sabtu kemarin saya telah selesai mencetak SKHUAMBN itu, alhamdulillah tak satupun terjadi kesalahan.

Yang perlu diperhatikan dalam mencetak SKHUAMBN antara lain:

  1. Siapkan data siswa yang valid-sah-tanpa kesalahan sedikitpun dan juga daftar nilai siswa pada format xls atau format spreadsheet lainnya.
  2. Buatlah mailmerger dari file dokumen atau word dengan menggunakan data yang telah disiapkan sebelumnya sebagai basis data
  3. Kenali karakter printer yang akan digunakan mencetak, lakukan head clean bila perlu, isikan tinta secukupnya dan jangan sampai habis. Gunakan jenis tinta yang baik, yang tidak mudah luntur dan mudah lepas ketika mengering.
  4. Lakukan uji coba pencetakan pada lembar kosong berkali-kali hingga peletakannya tepat pada baris dan kolom yang akan diisikan dengan cara mengepaskan pada blanko aslinya. Lakukan penerawangan di tempat yang cukup cahaya.
  5. Jika menggunakan microsoft word dengan mailmerger, lakukan pencetakan hanya dari menu Mailings kemudian Print Documents dari dalam tool (ikon) Finish & Merge. Jangan lupa mengaktifkan Previews Result.
  6. Munculkan tanda paragraf seperti nampak pada contoh hasil isian yg mirip tanda phi itu.
  7. Lakukan pencetakan sebagian demi sebagian, misalnya per 5 lembar (dari record data ke sekian sampai sekina), untuk menghindari kekeliruan yang fatal (misalnya tak disangka tinta habis, atau hasil cetak kurang baik). Lakukan hingga selesai.
  8. Jangan tinggalkan pekerjaan saat sedang mencetak.

Tips mengatur tata letak karakter tulisan pada blanko yang tersedia.

  1. Gunakan pengaturan spasi 1, 1,5 atau 2,
  2. Mainkan mengaturan yang presisinya kurang sedikit dengan mengatur pada bagian Spacing Before, dan Spacing After. Gunakan angka 1, 2, 3 dst untuk mendapatkan ketepatan (presisi) baris dan kolomnya. Lakukan ini pada bagian atas baris sebelum tulisan yang hendak di geser itu.
  3. Sekali lagi coba berulang-ulang hingga tidak terjadi kesalahan penempatan tulisan.

Bagaimana menkonversi nilai angka menjadi huruf pada data di excel?

Saya tidak menggunakan cara merepotkan, cukup kopi nilai angka ke kolom lain seperti di contoh data saya. Lakukan dengan cara me-replace saja.

  1. Blok semua angka hasil pengkopian tadi
  2. Klik toolbar Find & Select dan plilih Replace.
  3. Ketikkan angka 0 pada baris Find what, ketikkan huruf nol dan beri jarak spasi (agar tidak nempel hasil konversinya nanti) pada bagian Replace with,
  4. Klik tombol Replace all.
  5. Lakukan untuk semua angka dari 0, 1, 2, 3,….9 dan juga tanda koma (Find what : , ; Replace with: koma plus spasi.)

Jangan terlalu pede untuk segera menggunakan blangko aslinya, coba hingga betul-betul hasil cetakan berpresisi tinggi kalau di terawangkan (tempel kertas hasil cetak uji coba dengan kertas blangko aslinya)

Semoga bermanfaat bagi yang memerlukan.

About these ads

3 thoughts on “Tips Mencetak pada Blanko SKHUAMBN atau Blanko Lainnya

  1. aslm..trimaksh.. murid madrasah kami mash bisa dihitung manual..jd tulis tgn mdnggnakn tinta khusus

  2. Asslm..
    Subhanallah, hebat.. Kreatif..
    utk skhuambn sklh kami msh pake cara manual, mgkn krn lbh sedikit datanya jd relatif cpt ya.. Sy suka cara di atas, tp klo utk ijazah gmn? Ijazah skrg kan lmyn agak mrepotkn krn tlalu bnyk data nilai yg hrs diisi..

Komentar ditutup.