Menggambar Struktur Molekul 2D dan 3D secara Daring

Begitu ketemu, aha…! Ini dia, alternatif cara praktis yang bisa dimanfaat guru kimia untuk membuat model molekul secara simpel. Cukup sediakan koneksi internet yang memadai dan klik situs yang ada di paragraf kedua tulisan ini. Simpel karena hanya dengan beberapa kali klik saja model yang diharapkan untuk dibuat segera jadi, tentu tidak asal sembarang jadi menggambar karena melalui tahap optimise (optimasi). Bebeda sekali kalau dibandingkan dengan menggunakan aplikasi luring yang cenderung relatif berat, meskipun tetap ada fleksibilitasnya.

Saudara yang segera ingin tahu, boleh langsung menuju ke TKP: biomodel.uah.es. Situ ini aslinya berbahasa Spanyol, tapi jangan kuatir khusus untuk SketchEl yang dikombinasi dengan JMol ini ada dalam bahasa antarmuka berbahasa Inggris.  Berikut tampilannya:

Apa keuggulan pembuatan model molekul di situs ini? Jika ingin menampilkan molekul hanya dengan JMol untuk beberapa molekul sekaligus agak sedikit ribet kalau tidak menguasai scriptnya. Namun dengan aplikasi online ini kita dengan mudah bisa menggambar beberapa molekul sekaligus.

Contoh script model 2 molekul air yang bisa diedit ke dalam JMol, …CMIIW

Misalnya kita akan menggambarkan  molekul-molekul air dan ingin pula menunjukkan adanya ikatan hidrogen kepada siswa, baik secara 2 dimensi atau 3 dimensi. Cukup hanya menggambar beberapa molekul air dan melakukan optimise di situs ini (pada langkah ke-3 ) maka molekul molekul tersebut akan tertata dengan sendirinya. Meskipun hal ini masih tergantung dari cara menggambar molekul tersebut benar atau tidak :). Berikutnya kita bisa salin script Jmol-nya untuk kemudian kita buka dengan JMol standalone di komputer secara luring dan mengeditnya untuk beberapa parameter.

Oh ya bagi yang ingin mengunduh JMol standalone silahkan diunduh dari situs ini, tidak perlu diinstall, cukup download, ekstrak, dan jalankan file JMol dengan ekstensi JMol executable jar file-nya.

Selamat mencoba :)

urip.wordpress.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s