Boraks, Rumus Kimia, Rumus Struktur, dan Cara Menggambarkannya

Boraks di masyarakat sangat terkenal, semenjak banyaknya orang yang menyalahgunakan benda ini pada makanan untuk tujuan pengawetan pada makanan. Bahkan boraks jauh lebih terkenal dibandingkan nama kita :).

Boraks adalah nama dagang dari natrium tetraborat dekahidrat (Na2B4O7·10H2O).
Juga dikenal sebagai: B4-Na2-O7, disodium [oxido(oxoboranyloxy)boranyl]oxy-oxoboranyloxyborinate. Rumus Molekulnya: B4Na2O7.   Berat molekulnya: 201.219339

Reaksi antara boraks (natrium tetraborat dekahidrat) dengan asam seperti asam klorida menghasilkan asam borat.

Na2B4O7·10H2O + 2 HCl → 4 B(OH)3 [atau H3BO3] + 2 NaCl + 5 H2O

Berikut cara menggambar bentuk molekul boraks menggunakan Chemsketch. Kalau menggunakan alat tulis biasa mah semua juga sudah bisa asal gores saja dan mencontoh gambar tadi selesai pasti :), teknologi itu dibuat bukan untuk menyulitkan, tetapi kita lebih sering tidak mau memanfaatkannya dan justru mengambil jalan pintas, gak usah memanfaatkan teknologi, toh hasilnya sama. Sama?! Oh my God…! Hari gini menghindari penggunakan teknologi seperti software berikut?!

  1. Buka ChemSketch, klik unsur B di menu samping, klik sekalidi layar kerja dan tambahi dengan menyeret pointer dari BH3 hingga terbentuk seperti gambar di bawah ini.
  2. Tekan tombol keyboar Ctr+Shift 3 (untuk melakukan 3D optimization)
  3. Dari menu Tools klik Add Explicit Hydrogens hingga molekul gambar di atas terbentang seperti gambar berikut.
  4. Berikutnya kita gantikan beberapa B dengan O. Caranya klik atom O pada menu samping kemudian persis pada atom B di-klik-kan hingga B tergantikan O dan hasilnya seperti gambar berikut.
  5. Seleksi beberapa atom H yang tidak perlu muncul dan lakukan penghapusan dengan klik tombol del.
  6. Buat ikatan rangkap antara O-B yang di ujung, dengan cara klik toolbar Draw normal lalu klik sekali pada garis ikatan yang dimaksud. Lakukan pada ujung yang lain juga.
  7. Hapus atom H di ujung yang dekat O ikatan rangkap tadi (blok dulu atom H-nya kemudian klik tekan tombol del) sehingga hasilnya seperti berikut.
  8. Hapus 2 atom H didekat atom B yang bermuatan negatif itu. Klik atom H-nya untuk memblok, kemudian del.
  9. Ganti atom H yang tersisa dengan atom O caranya sama dengan di langkah no 4, klik lebih dulu bar O yang ada di menu samping, terus klik-kan pada atom H yang hendak digantikan itu.
  10. Bentangkan ikatan O dengan H dengan cara klikmenu Tools >> Add Explicit Hydrogen (atau tekan Ctrl+Shift+y) sehingga hasilnya seperti berikut.
  11. Ganti atom H yang ada itu dengan atom Na, klik bar Na pada menu samping, lalu klik-kan pada atom H, sampai H tergantikan oleh Na.
  12. Terakhir lakukan 3D Structure Optimition dengan menekan Ctrl+Shift+3, diharapkan akan dihasilkan bentuk 3D yang paling optimum secara komputasi, tetapi ini sering tidak sesuai secara teori karena dipengaruhi oleh cara awal menggambar stuktur tadi.
  13. Untuk bentuk 3D-nya silahkan aktifkan 3D Viewer. Klik Start >> All Programs >> ACDLabs 12.0 >> 3D Viewer.
  14. Tekan tombol Alt+1 untuk kembali ke ChemSketch 2D, kemudian tekan Alt+2 untuk mengkopi gambar 2D ke 3D. Berikut hasilnya
  15. Silahkan ubah tampilan ke mode yang lain seperti ball and stick dll.
  16. Untuk mengubah warna  atom dll struktur 2D silahkan gunakan palet warna yang ada di bagian bawah layar kerja ChemSketch.

Wujud boraks itu selengkapnya bisa dilihat-lihat di sini :)

Tulisan terkait dengan ChemSketch:

About these ads