Molar, Massa Molar, Volume Molar

Molar sering disingkat dengan huruf M (m besar). Kata molar secara umum jika tidak diikuti kata lain artinya adalah satuan konsentrasi larutan yang menyatakan banyaknya mol zat setiap  satuan liter larutan. Satuan molar ini kebanyakan diperkenalkan kepada siswa ketika memasuki pokok bahasan laju reaksi di kelas 11 semester 1.

Tidak sulit untuk membahas satuan molar ini, hanya saja sering siswa menjadi bingung menentuan volume mana yang dijadikan pijakan untuk menghitung molar suatu larutan. Kalau melihat definisi satuan maka volume yang dimaksud adalah volume larutan, bukan hanya pelarut saja. Ini akan lebih nyata ketika proses pembuatan larutan dengan konsentrasi tertentu dan volume tertentu pula.

Misal kita akan membuat larutan NaOH 1 M sebanyak 250 mL. Secara singkat prosesnya adalah menimbang NaOH sebanyak 10 gram, dengan anggapan NaOH yang tersedia murni, kemudian melarutkannya ke dalam air hingga volumenya menjadi 250 mL. Perhatikan kata hingga, yang artinya volume air yang diperlukan tidak sampai 250 mL.

Nah apa hubungannya dengan massa molar dan volume molar. Ini tidak ada kaitannya secara langsung. Massa molar artinya massa setiap zat yang sama dengan 1 mol zat itu. Menurut wikipedia.org massa molar suatu atom diartikan sebagai berat atom dari unsur dikalikan dengan konstanta massa molar, (1 × 10 kg -3/mol = 1 g/mol), demikian pula dengan massa molar suatu molekul. Misalnya pada NaOH tadi massa molarnya adalah 40 g/mol, artinya dalam satu mol NaOH diperlukan 40 g NaOH. Jadi 40 g itu sama dengan 1 mol untuk NaOH.

Sering siswa dan guru juga (termasuk saya) salah konsep memberikan arti yang sama antara massa molar dengan Mr (massa molekul relatif) untuk senyawa, atau Ar (massa atom relatif) untuk unsur. Walaupun ini hanya terkesan sekedar  penamaan namun secara dimensi satuan ini akan punya implikasi yang luas.

Animasi tentang molaritas dari PhET.Colorado.edu

Bagaimana dengan volume molar? Hehehe yah mirip-mirip saja dengan massa molar tetapi ini diaplikasikan untuk volume suatu gas. Definisinya adalah volume gas setiap 1 mol. Jadi akan diperoleh ketetapan berapa sih volume setiap 1 mol gas itu. Berdasarkan kalkulasi bahwa 1 mol gas ideal sama dengan 22,414 L atau sering dibulatkan menjadi 22,4 L.

Pada keadaan STP (1 atm, 273 K) volume gas ideal 1 mol-nya ~ 22,4 L. Angka tersebut di dapat dari:

Rumus gas ideal PV = nRT, kita dapat menghitung volume molar. n = 1 mol; P = 1 atm; T=273K dan R = 0,08206 L.atm/(mol.K)

(1 atm) (V) = (1 mol) (0.08206 L atm/(mol.K) (273 K)                 
          V  = 22.414 L ~22,4 L

Demikian semoga menjadi lebih jelas

Urip.wordpress.com

About these ads

2 thoughts on “Molar, Massa Molar, Volume Molar

  1. Massa molar tidak sama dengan Mr, pak. Ada penelitian menarik mengenai pemahaman konsep mol , meskipun kelihatannya sepele ternyata bisa berurusan dg miskonsepsi. Bisa diunduh disini artikelnya : isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/271075257_0215-9392.pdf

Komentar ditutup.