Tips, Cara Mencari Bahan Presentasi, Animasi Kimia dan Lain-lain di Internet

Pak bagaimana sih cara mencari materi-materi presentasi atau animasi-animasi untuk bahan belajar kimia di internet seperti yang pak Urip tulis di blog itu?

Begitu pertanyaan rekan guru dan juga beberapa siswa suatu ketika. Mungkin karena banyak tautan atau link sumber belajar yang saya tulis dan saya letakkan di blog ini. Saya kira ini adalah hal mudah, tidak sulit, kalau sudah tahu caranya. Wajar bagi yang masih belum terbiasa melakukan, kemudian ingin tahu sehingga lebih mudah mencari sendiri kalau perlu sesuatu dari internet.

Baik, saya akan tuliskan tipsnya, meskipun sesungguhnya di internet via google.com hal itu semua bisa terjawab. Namun begitu ada cara yang sedikit tidak biasa dilakukan orang lain dalam cara mencari sesuatu di internet yang biasa saya lakukan :)

Pencarian bahan-bahan belajar kimia dan juga bahan belajar yang lainnya sangat banyak tersedia bertebaran di berbagai web atau situs. Meskipun banyak ternyata perlu sedikit tips untuk mendapatkannya dan mengunduhnya.

Gunakan bahasa internasional, Bahasa Inggris. Jika tidak bisa berbahasa Inggris, manfaatkan kamus, bisa kamus online atau memanfaatkan translate.google.com. Mengapa  tidak menggunakan bahasa Indonesia saja, kita tahu keberadaan sumber seperti yang akan kita cari dengan bahasa kita jumlahnya terbatas.  Dengan Bahasan Inggris tentu diharapkan hasil pencariannya lebih banyak, lebih variatif, dan lebih wouw :)

Kalau pencarian dengan google, gunakan kata pencarian yang tepat disertai dengan tipe file apa yang hendak kita cari.

Misal saya akan mencari animasi tentang ikatan kimia (berformat swf~flash) maka di kotak pencarian di google.com saya ketikkan: filetype:swf chemical bonding, kalau yang ingin kita cari file berformat powerpoint maka ketikkan filetype:ppt chemical bonding. begitu dan seterusnya. Jadi filetype itu adalah jenis format file yang kita cari, kalau yang ingin dicari berbentuk doc (ms.word) maka ketikkan filetype:doc chemical bonding.

Andai kita dapatkan file-file yang bagus di suatu situs tertentu dan kita ingin mencari lagi yang serupa tetapi hanya yang ada di situs itu juga maka perlu ditambahkan kata kunci site:www.blablabla.bla atau kalau mau mencari apa saja tanpa terbatas file tertentu cukup ketikkan site:alamat web ditambah kata kunci yang ingin kita cari.

Kemudian kalau kita ingin mencari sesuatu di situs suatu negara ketikkan saja site:*.kode negara. Daftar kode negara ada di sini. Misal kita akan mencari sesuatu di situs dari negara Jepang, maka ketikkan site:*.jp, dengan begitu semua pencarian akan diarah ke situs dengan domain jp (kemungkinan besar situs dari Jepang :) )

Itu yang sering saya gunakan untuk menjelajah internet secara spesifik.

Saran saya baca juga tips lain untuk mendapatkan info lebih dari suatu situs selain dengan menggunakan cara-cara di atas, berikut ini pranalanya: Tips-Trik Menjelajah di Internet untuk Mendapatkan “Lebih Banyak”.

Demikian

Urip.wordpress.com

About these ads