Kalkulator Molaritas, Kalkulator Pengenceran, dan Kalkulator Kosentrasi Larutan Lainnya

Untuk mengerjakan soal-soal kimia tentang penghitungan konsentrasi larutan dengan variasi tentu sangat menjemukan. Jemu karena itu-itu saja. Apalagi kalau kita sudah menguasai caranya, yang diperlukan hanyalah alat saja. Seperti halnya kalkulator biasa, jika diperlukan perhitungan berulang-ulang tentu kita tidak perlu lagi melakukannya secara manual. Kita bisa dan boleh menggunakan alat hitung asal tersedia. Sekali lagi dengan menggunakan alat itu bukan berarti kita mau cara instan tanpa mengetahui konsep dan caranya kan?!

Demikian pula dengan kalkulasi dalam bidang kimia. Misalnya jika ingin membuat suatu larutan dengan konsentrasi tertentu dan volume tertentu pula kita seharusnya harus menghitungnya dengan benar terlebih dahulu. Siapapun yang bekerja untuk membuat larutan dan itu merupakan rutinitas, diperlukan alat praktis meskipun tidak perlu canggih dan mahal. Cukup dengan meng-input beberapa data yang diperlukan, maka takaran yang diperlukan bisa diketahui tanpa perlu harus menghitung satu per satu.

Secara online model kalkulator-kalkulator seperti kalkulator untuk menghitung molaritas dari data massa zat, mr (massa molekul relatif) atau ar (massa atom relatif), volume, dan beberapa data lain-nya sudah tersedia. Seperti pada web http://www.graphpad.com/quickcalcs/Molarityform.cfm atau di web produsen bahan-bahan kimia juga ada seperti dari SIGMA-ALDRICH.

Kalkulator pada graphpad.com tampilannya seperti di bawah ini:

Screeshoot Graphpad Molarity Calculator

Kalkulator sederhana dari Graphpad di atas, cukup membantu dalam menghitung beberapa variabel dalam penghitungan konsentrasi, seperti menghitung massa jika diketahui data volume dan konsentrasi, menghitung volume dari data massa dan konenstrasi, menghitung molaritas dari data massa dan volume, serta menghitung pengenceran suatu larutan dengan konsentrasi dan volume tertentu.

Tampilan kalkulator molaritas di web Sigma-Aldrich seperti di bawah ini:

Screenshoot kalkulator molaritas-normalitas sigma-aldrich

Kalkulator terkait kalkulasi kimia rutin di produsen bahan kimia dan alat laboratorium kimia ini lebih lengkap. Jelas ini membantu sekali untuk para laboran (orang yang bekerja di laboratorium dengan tugas menyiapkan alat dan bahan).

Dari Sigma-Aldrich terdapat beberapa kalkulator, baik secara online maupun yang bisa diinstall pada gadget semacam Android, Ipad, Iphone dan iPod-touch.

Beberapa kalkulator dari Sigma-Aldrich bisa bisa diakses dari pranala berikut ini.

Kalkulator molaritas dan normalitas
Kalkulator pengenceran larutan
Kalkulator molaritas-massa

Kalkulator molaritas untuk android.

Kalkulator molaritas untuk iPad, iPhone, iPod-Touch.

Kalau mau iseng membuat sendiri dengan ms. excel pun kita bisa lakukan, rumus yang sederhana bisa kita input dan kita pun punya kalkulator buatan sendiri. Manfaatkan rumus: Molaritas = jumlah mol : volume, M1.V1 = M2.V2 (pengenceran), (M1.V1+M2.V2)/V1+V2 (untuk pencampuran)

Selamat mencoba dan menjelajah.

urip.wordpress.com

About these ads

One thought on “Kalkulator Molaritas, Kalkulator Pengenceran, dan Kalkulator Kosentrasi Larutan Lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s