Berburu Media Pembelajaran di Web Penerbit Terkenal

Maaf jangan pikir situs penerbit terkenal yang saya maksud adalah penerbit terkenal dari Indonesia. Mereka mah masih pelit, dan belum didukung tenaga yang bisa menyediakan media pembelajaran yang menarik dan bagus. Jadi mari menghayal lebih dahulu mendapatkan media pembelajaran gratis dari situs penerbit Indonesia. Mereka masih takut tidak dapat untung. Kalaupun beli buku yang disertai suplemen dalam bentuk DVD atau CD ROM itu pun hanya bisa berjalan via cakram bawaan mereka.  :)

Ok saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya berburu mencari baik file powerpoint media pembelajaran berupa flash (animasi) maupun movie (film) seperti demonstrasi dalam suatu percobaan yang mendukung bab-bab dalam buku yang mereka terbitkan.

Langkah pertama biasa saya cari dengan google, menggunakan kata kunci yang jadi bidang saya (saya ketik – chemistry), kemudian dikhususkan tipe file tertentu, mau pdf, ppt, mov, atau swf (saya tambahkan – filetipe:”tipe file yang saya kehendaki”. Saya tahu file-file tipe seperti itu sering disediakan oleh penerbit terkenal.  Jika dapat satu maka akan saya buru lewat satu tautan yang berhasil saya dapat dari taut unduhan itu.

Lebih jelasnya saya contohkan saja sebagai berikut, misal saya dapat link http://wps.prenhall.com/wps/media/objects/4974/5093961/emedia/ch19/U-238DecaySeries.swf, maka akan saya potong seperti http://wps.prenhall.com/wps/media/objects/4974/5093961/emedia/, dan ini saya tuliskan dalam kotak browser google menjadi seperti “site:http://wps.prenhall.com/wps/media/objects/4974/5093961/ filetype:swf”. tentu saja tanpa tada petik. Dengan begitu saya dapati tautan lebih banyak tentang animasi yang berkaitan dengan apa yang saya cari sebelumnya. Ini pernah saya ulas di tulisan saya di sini.

Screenshoot File Powerpoint

Saya memanfaatkan google dengan string umum yang pernah saya tulis di sini. Di sini saya akan menunjukkan hanya linknya dan silahkan praktikkan sendiri. Dan siapkan alat penyimpanan yang memadai, Jangan lupa buatkan forlder khusus sehingga file tidak berantakan.

Screenshoot Film Demonstrasi

Ketika saya akan mengajar dan atau ketika mengajar biasanya suka membaca dan menggunakan referensi seperti buku-buku “General Chemistry” (kimia umum). Buku seperti itu biasanya diperuntukkan untuk mahasiswa tahun pertama yang mengambil mata kuliah kimia. Menurut saya itu relevan dengan pelajaran kimia jenjang pendidikan SMA. Karena dukungan media pembelajaran itulah salah satu alasannya dan juga karena kualitas tampilan bukunya yang wah, meskipun saya hanya menggunakan versi elektroniknya saja :)

Screenshoot Flash Animasi

Kali ini saya akan tunjukkan tautan dari buku Chemistry: A Molecular Approach, 1st edition by Nivaldo Tro Penerbit Prentice Hall tahun 2008.

  • Powerpointnya klik di sini
  • Animasi – flash (swf) dan movie demonstrasi klik di sini

Satu lagi hal serupa pernah saya tulis di Buku Kimia & Suplemennya (Film + Gambar) Gratis.

Urip.wordpress.com

3 thoughts on “Berburu Media Pembelajaran di Web Penerbit Terkenal

  1. Pak, Kalau tips mencari textbook pdf ada ? saya sedang mencari Chemistry : Molecular Approach Nivaldo tro, punya linknya ?

  2. Greetings from Idaho! I’m bored to tears at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I enjoy the info you present here and can’t wait to
    take a look when I get home. I’m shocked at how fast your blog loaded on my cell phone .. I’m
    not even using WIFI, just 3G .. Anyhow,
    great site!

Tinggalkan Balasan

