Memahami Pengaruh Temperatur pada Kesetimbangan Reaksi Kimia

Siswa sering bingung ketika diminta menentukan arah pergeseran kesetimbangan pada sistem kesetimbangan dilakukan perubahan temperatur.

Konsepnya adalah ketika temperatur ditambah maka pergeseram kesetimbangan akan menuju ke reaksi zat yang bersifat endoterm. Sebaliknya ketika temperatur diturunkan maka pergeseran kesetimbangan akan menuju ke reaksi zat yang bersifat ekosterm.

Perhatikan persamaan reaksi antara gas nitrogen dengan gas hidrogen yang menghasilkan gas amoniak dan berada pada keadaan yang setimbang dinamis.

N2(g) + 3 H2(g)   \rightleftharpoons   2 NH3(g) ∆H= – 92 kJ/mol

Yang perlu dipahami pada tahap awal menghadapi persamaan reaksi itu adalah kemana ketika zat itu bereaksi secara eksoterm dan secara endoterm.

Dari reaksi tersebut bisa diuraikan menjadi dua persamaan sebagai berikut:

Reaksi Eksoterm

N2(g) + 3 H2(g)  →  2 NH3(g) ∆H= – 92 kJ/mol

boleh dituliskan

N2(g) + 3 H2(g)  →  2 NH3(g) + 92 kJ/mol

Dan satu reaksi lagi

Reaksi Endoterm

N2(g) + 3 H2(g)  ←  2 NH3(g) + 92 kJ/mol

Atau boleh dituliskan

2 NH3(g) + 92 kJ/mol →  N2(g) + 3 H2(g)

Dengan menguraikan reaksi seperti di atas diharapkan siswa tidak lagi mengalami kesulitan untuk menentukan arah pergeseran kesetimbangan ketika temperatur diubah.

  • Ketika temperatur dinaikkan maka kesetimbangan bergeser ke zat yang bereaksi secara endoterm, artinya jumlah konsentrasi NH3 berkurang sementara itu konsentrasi N2 dan H2 bertambah. 2 NH3(g) + 92 kJ/mol →  N2(g) + 3 H2(g)
  • Ketika temperatur diturunkan maka kesetimbangan bergeser ke zat yang bereaksi secara eksoterm, artinya jumlah konsentrasi NH3 bertambah sementara itu konsentrasi N2 dan H2 berkurang. N2(g) + 3 H2(g)  →  2 NH3(g) + 92 kJ/mol

Perlu diingat bahwa adanya pengaruh temperatur tersebut berlaku dengan catatan faktor lainnya konstan alias tidak berubah (seperti tekanan atau volume dibuat konstan).

Urip Kalteng

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s