Download Presentasi Draft Kurikulum 2013 itu

Perubahan kurikulum yang akan diberlakukan 2013, meskipun tanpa seijin anggota dewan, dan katanya akan di uji publik itu ternyata tidak kunjung bisa kita dapati. Namun baru saja saya mendapatkannya dari slideshare, yang diuplod oleh Pak Iwan Pranoto yang beliau dapatkan dari Pak Darmaningtyas (Pengkritis Pendidikan Indonesia). Untuk keperluan publikasi yang lebih luas karena sulitnya mendapatkan draft itu maka saya reupload agar siapapun mulai tahu apa yang direncanakan pemerintah via kemdikbud tentang perubahan kurikulum itu.

Untuk mendownload silahkan klik kanan tautan ini (Presentasi Draft Kurikulum 2013 per tgl 13 November 2012 Pukul 14.00-16.00) format pptx sebesar 574 KB dan save as… Untuk file berformat pdf silahkan klik di sini sebesar 1,768 MB. Ini mencakup garis besar perubahan kurikulum untuk semua jenjang, kurikulum sd, kurikulum smp, kurikulum sma, kurikulum smk.

=====UPDATE TANGGAL 30 NOVEMBER 2012 : BAHAN UJI PUBLIK=====

Download (Unduh) File Bahan Uji Publik Kurikulum 2013

Memang seperti komentar pak Iwan Pranoto suatu keanehan jika sebuah draft yang dipaparkan hanya berupa file presentasi, paparan singkat tak terinci. Semestinya semua yang hadir dalam pemaparan draft diberik draft secara keseluruhan sehingga tidak ada yang perlu dirahasiakan. Walaupun sesungguhnya draft ini masih bisa mengalami tarik ulur selama uji publik. Hehehe memangnya kalau sudah uji publik bagaimana kalau tidak lulus? Suatu tradisi seperti yang sudah-sudah draft semacam itu “rasanya tak tergoyahkan. Mereka akan tetap jalan seperti rencana mereka, barangkali :) Namanya juga draft mestinya masih bisa dikutak-katik, tidak haram untuk diubah.

Suatu kesalahan kemendikbud kalau rencana semula akan dilakukan uji publik, mengapa tidak saja direlease draft itu, yah iseng-iseng menghidupkan websitenya puskurbuk.net lah. Masak iya website pusat kurikulum dan perbukuan tidak dijadikan rujukan untuk mendapatkan info tentang kurikulum baru itu? Kalau tidak tutup saja deh web begitu itu.

Sudah menjadi kepatutan kalau semua terkait kurikulum tersedia di website resmi pusat kurikulum, sebab itu akan jadi cara efektif. Atau kalau perlu kemdiknas bisa mempublish di situs jejaring sosial agar sesegera mungkin mendapatkan tanggapan, masukan, atau apa sajalah sebutannya agar kurikulum itu bukan jadi bahan olok-olakan dan kontroversial dikemudian hari.

Semesti kemdikbud memberikan counterattack atas tuduhan anggota dewan yang mengatakan kurikulum yang baru itu bukan program dadakan dan penuh “misi”. Sebab sebagai lembaga legislatif mereka juga harus dilibatkan dalam perumusan kebijakan yang sifatnya untuk kemaslahatan masyarakat via pendidikan.

Saya yakin pelaku pendidikan di lapangan, seperti guru, kepala sekolah, akan tahu apa yang terjadi dan tahu bagaimana cara menyelesaikan persoalan pendidikan. Mestinya mereka lebih sering diajak duduk bersama membicarakan masalah aktual dan urgen. Sebab selama ini guru seperti jadi obyek percobaan pelaksanaan kurikulum yang konon di gagas para pakar yang “tukang insiyur” di bidangnya itu :)

Selamat menunggu suguhan kurikulum baru 2013. Hore bakal banyak diklat dan pelatihan buat guru-guru nih. Jalan-jalan bagi guru yang bertugas di tengah hutan kalau ada diklat atau pelatihan dan proyek baru buat yang biasa kasih pelatihan. Sebuah ironi yang tak terbantahkan buat pendidikan di negeri ini.

About these ads

25 thoughts on “Download Presentasi Draft Kurikulum 2013 itu

  1. Lagu lama yg jadi legend “UUD is always Ujung Ujungnya Duit” – Program nggak pernah tuntas-sekedar dibahas-di awal dikatakan smart-di tengah pura2 di monev – di akhir, di evaluasi – ujung2nya diganti-paling ujung—–tetep ja judulnya DUIT (nama/model kurikulum sekolah Indonesia) asli , akan berbeda kalo DO IT

  2. mksh pak udah bisa download.. meski pada prinsipnya saya setuju dengan pandangan dan paparan bapak. belum paham kbk, dah ktsp, belum siap ktsp, lah kurikulum 2013. entah mau jadi apa pendidikan negara kita. para pakar dan insinyur memang saya akui mereka pandai. tapi sangat disayangkan yang tahu lapangan hanya para guru.

  3. Inilah Indonesia….. he he he……..aneh bin ajaib, ini gara2 banyak yg karbitan …. mungkin,…. ingat mungkin….

  4. Gimana mau profesional, para guru kerjanya hanya mempelajari apa maunya kurklm. Begitu hampir ditahu, eeeh kurklmnya udah diganti lagi….. mulai dr awal lagi belajarnya. Capek deeee…

  5. Aku setuju dengan pak Abd. Karim. Kapan guru menjadi profesional, kapan guru menguasahi kurikulum kalau sedikit sedikit diganti, belum lagi masalah pemerataan guru yang belum selesai. OK aku setuju jika kurikulum yang baru itu mengakomodasi kepentingan guru, contoh pengembangan diri termasuk matapelajaran tetapi dalam perhitungan sertifikasi tidak boleh alias tidak diakui. Trim

  6. Lah pa guru di indonesia mah orangnya pada cerdas. Pasti dengan penggantian kurikulum tahun 2013 juga cepat di pahaminya dan bisa menerapkannya di tiap jenjang pendidikan. namanya juga di indonesia mah kata pak Urip juga proyeeeek, hehehe!

    • Paham sih paham, tapi pelaksanaannya justri sering hanya diadministrasi praktiknya yah masih pakai lagu lama sih biasanya. Siapa menekan siapa, akhirnya saling kibul, hasilnya bisa kita perkirakan seperti apa pendidikan di negeri kita ini.

    • Yah mau gimana lagi, apa yang bisa kita perbuat, selain bersuara keras, namun tidak bisa membuat mereka mendengar, apakah kita salah tempat teriaknya yah :) inilah nasib guru

  7. Ya begitulah mental pejabat kita , senang bikin sensasi. Kl nggak gitu mendikbud muh nuh nggak ngetop, siapa tahu bisa jadi presiden. Kl dipikir ngubah kurikulum kok serabutan. Biaya triyunan dampaknya nggak jelas. Yang jelas cuma 1 bikin repot semua.

  8. Seharusnya kurikulum itu dibuat bottom up bknnya kebalik gini, yg tau masalah pendidikan kan guru2 di daerah. Org lapangan. Turut berduka atas pendidikan di indonesia.

  9. Ok, pak Bozz.. saya setuju akan semua komentator kita sebelumnya. Pendidikan Indonesia ujung-ujungnya hanya proyek belaka biar dikatakan para pejabat terkait punya rencana kerja dalam bid. pendkk. mereka ga tahu… sikon di bawah…wah…wah…mengerikan benar…! ketika pendidikan tidak berhasil mereka ramai-ramai berkicau bahwa hal tersebut bukan kesalahan sistem pendidikan Nasional, trus katanya para guru yang tidak profesional padahal para guru selalu berusaha menambah pengetahuannya dan berusaha melaksanakan program-program kurikulum walaupun sangat berat bebannya, habis dikatakan tidak berat gimana, kita lihat saja SMA diganti SLTA diganti lagi SMU bentar aja diganti lagi SMA apa manfaatnya tehadap mutu pendidikan? kurikulum A belum tuntas diganti kurikulum B terus ganti… tolok ukurnya dan program pendidikan jangja panjangnya mana? aduh… mudah-mudahan pendidikan kita tidak hancur pak….dan saling menjadikan pelaku pendidikan sebagai kerbau hitam…eh.. salah kambing hitam, gitu lho!!!!!

  10. Udahlah, pak guru nurut aja ya ? yang penting gajinya gede kan ?
    kurikulum berubah tiap tahun juga nggak apa.
    Coba, liat pa menteri kurikulum (maaf kemendikbud ) beliau hebat kan ?
    tanyaian, beliau dulu waktu sekolah pake kurikulum apa ?

  11. Eh… lupa aku mau nyambung ….
    Aku yakin, walaupun banyak yang protes,
    kurikulum ini tetap di digunakan ….
    gengsi dong, nanti dikatain menteri nggak punya ide ?

  12. kurikulum 2013 adalah kurikulum para pejabat negara, tdkpernah lht apa yg terjadi di pelosok negeri ini yang tidk layak terapkan kurikulum 2013

  13. Para pakar pendidikan kayaknya cuma tahu bahwa Indonesia itu hanya Jakarta atau Jawa, gak pernah (mau) tahu bahwa Indonesia itu dari sbang sampe merauke.
    Kalau mau mengubah kurikulum mestinya tanya sama guru, bukan sama kiyai atau pakar. Karena yang paling tahu persoalan pendidikan di lapangan ya para guru.
    Wong KaTeSiaPe alias Kurikulum Tidak Siap aja belum mudeheng, kapan gurunya ngajar kalau sedikit-sedikit mempelajari aturan baru. Weh-weh-weh, guru yang kayak saya tugasnya di pedalaman mumet.

  14. saya nilai kurikulum 2013 simpel bukunya, sebab 1 buku semua tema ada, seperti makan pecal guru-guru jadinya, bagaimana dengan murid ? yaah seperti minum es campur…….a.. ujungnya jadi teler. gaji 13, kurikulum 13, sekolah 13 tahun ………lamaaaaaakaaaan? tapi dapatnya gitu-gitu juga

Komentar ditutup.