Inilah Kurikulum 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK Selengkapnya

kurikulum 2013====(* Pembaharuan Agustus 2013 )====

Kurikulum 2013 akhirnya telah resmi dan final, tapi mungkin akan tetap dilakukan perbaikan seiring masukan dan kritik, baik secara redaksional maupun isinya. (Untuk mengunduh (download) silahkan mengunjungi pranala di blog ini dengan meng-klik link ini untuk semua kurikulum SD, SMP, dan SMA),

Tulisan di bawah ini adalah draft yang kini sudah difinalisasi, jadi saya sarankan untuk mengunduh yang sudah final di link di atas itu :) .


Berikut ini adalah draft kurikulum 2013 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK (segera). Silahkan unduh langsung dari sumber resminya kalau sudah ada atau bisa langsung klik kanan dan Save As… dari tautan berikut ini:

Draft lengkap kurikulum 2013 untuk sekolah dasar (SD) hasil rapat tanggal 22 November 2012

Untuk perbagian silakan unduh di pranala/tautan berikut ini:

Kompetensi Inti SD

Peta Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SD

Draft kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama (SMP)

Kompetensi Inti SMP

Peta Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SMP

Peta Kompetensi Dasar Pendidikan Agama_SMP

Draft kurikulum 2013 untuk sekolah menengah atas (SMA) menyusul

Draft kurikulum 2013 untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) menyusul

===============Update tanggal 30 November 2012===============

Inilah bahan uji publik kurikulum 2013 yang baru di upload (30 Novenber 2012) oleh kemdikbud di alamat http;//kurikulum2013.kemdikbud.go.id, ini hanya berupa file tayangan berbentuk pdf, dan tidak memberikan isi yang utuh.

Sebagai alternatif dapat juga diunduh dari tautan ini atau Pranala bahan Uji Publik_Kurikulum2013 yang ini. Yang jelas isinya semua sama. Meskipun dari bahan uji publik itu tidak utuh bisa kita cermati namun begitulah adanya, yang dikehendaki kemdikbud.

===Update dari paparan uji publik di Surabaya tanggal Desember 2012===

Klik di sini untuk bahan uji publik modifikasi 9 Desember 2012 di Surabaya

Mari simak dan mari kita kritisi, sambil berharap semoga ini adalah awal perubahan yang membawa wajah pendidikan di negeri ini lebih baik. Tidak terpuruk seperti berita bahwa Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia lagi.

Draft kurikulum SMA, SMP, dan SD edisi terakhir 9 Februari silakan lihat pada tulisan http://urip.wordpress.com/2013/02/16/update-draft-kurikulum-2013-untuk-sdmi-smpmts-smama/

Wassalam

Urip Kalteng

131 thoughts on “Inilah Kurikulum 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK Selengkapnya

  1. pak, ini buat kurikulum SD alternatif pertama ya? alternatif kedua untuk IPA dan IPS dibuat tersendiri di kelas 5 & 6, memang gak jadi?

    • Iya betul pak Urip, saya pun khwatir draft ini nantinya akan difinalkan tanpa ada revisi padahal saya melihat ada potensi masalah dlm draft Kurikulum SD tersebut. Masalahnya adalah Tematik integratif Agama dan Penjas di kelas 4,5 dan 6. Akan ada kesulitan implementasi di banyak sekolah ttg Guru yg mengampu tema tertentu. Apakah akan diampu oleh guru kelas, guru Agama atau guru Penjas…

  2. ya teman2 guru tik ayo perjuangkan pelajaran tik mau dikemankan pa apalagi mereka baru saja mengikuti sertifikasi jalur plpg seharusnya pemerintah langsung memberi solusi agar guru tik tidak bertanya-tanya gitu pa urif maksh

  3. Pak urip, sebenarnya keinginan pemerintah kita maunya apa, karena kurikulum KTSP saja belum sempurna diselesaikan para guru, eh malah muncul lagi kurikulum baru, mau jadi apa negara ini yang penuh dengan sensasional kurikulum………….

    • Emang begitulah kurikulum yang dinamis, selalu berubah disesuaikan dengan perkembangan IPTEK dan lain-lain. jangan pesimis dengan kurikulum baru ini. dulu kita juga ragu setiap ada kurikulum baru, setelah kita jalani ……. eh enak nenan……

  4. Gonta ganti kurikulum terus menerus tidak akan banyak menyelesaikan masalah di Dunia Pendidikan yang dach kadung merosot baik dai segi kualitas apalagi dari segi mentalitas…. karena …. Lebih mengutamakan peningkatan kecerdasan Hard Skill ( IQ ) dari pada Soft Skill..( Mentalitas, kepribadian, kedisiplinan, tinggkat lakiu, semangat dll )… Buktinya dengan menuntut pelaksanaan UN yang bisa mem Vonis Siswa Lulus atau tidak Lulus…begitu pun Guru… Dengan UKG… bisa menyatakan Guru Kompeten atau tidak Kompeten… Uedaaaaaannn

    • Biasanya Guru tidak mudah pesimis dalam menanggapi persoalan. kurikulum pendidikan dirancang oleh para ahli di bidangnya. pakar pendidikan di indonesia hebat-hebat lho, buktinya dosen-dosen Malaysia dulu belajar di Indonesia. hanya mereka cerdas mengembangkan ilmu yg diperolehnya….. jadinya sekarang mereka lebih “hebat”.

  5. mari kita cermati dulu apa yang mendasar pada kurikulum 2013, baru kita beri masukan yang membangun. kita jangan alergi adanya perubahan. sebab tanpa perubahan tidak ada kemajuan. semampang perubahan demi kemajuan, kenapa tidak?

  6. maaf pak urip,sy dengar utk kurikulum baru SMK 2013,pelajaran IPS dan Kewirausahaan tidak ada,padahal kami baru saja plpg….yg dituntut harus memenuhi jam mengajar 24 jam…..,bagaimana nasib kami pak kalo begini jadinya

  7. aduuuuh ini kurikulum pendidikan kita, satu belum dikuasai dah muncul lagi yang baru bagaimana mau kompeten di tingkat core curriculum? paling materi penataran lagi yang ditingkatkan

  8. Kurikulum kok ganti terus…………. belum kelihatan hasilnya, ganti, trus pendidikan ini akan diapakan ? apa hanya sebagai uji coba ? kalau begini terus, jelas ketinggalan dengan negara lain, coba merdeka sudah 67 tahun, Menurut saya : Begini yang ditingkatkan profesional gurunya, yang tidak bener-bener profesi adakan pembinaan khusus kalau tidak ada peningkatan alihkan fungsi, profesinya bidang apa ? jangan dipaksakan jadi guru, karena kondisi sekarang guru yang tidak profesional menjadi hambatan bagi guru yang bener2 profesi

    • yah kalau menurut saya sih ……………seharusnya jangan gonta ganti kurikulum dan sistem muluk…… yang perlu diperbaiki adalah yang pertama TENAGA PENDIDIKNYA, karena sebagian besar, gurunya gak kompeten sama sekali……….. kejaannya ngobrol di dalem kantor atau duduk diam di kantor,,, karena mereka orang yang berduit yang daftar jadi pns guru,,,,,,, banyak duit bisa jadi guru pns,,,, padahal peduli juga gak ama pendidikan….. muatan materi pelajarannya , taroklah kompetensi dasarnya lah + bahan ajarnya yang di tingkatkan. sesuai perkembangan jaman

      maaf mungkin ini pendapat yang paling bodoh yang pernah anda baca….

      tapi tau gak mungkin buuuaaannnyaaak sekali dari sekolah atau guru yang belum mudeng juga ama KTSP kemarin dan belum juga di terapkan dalam pembelajaran ……..

      ketidak suksesannya adalah karena TENAGA PENDIDIKNYA,, dari semua kurikulum yang pernah ada kayak kurikulum 94 bisa menumbuhkan generasi yang hebat,,, padahal kurikulum nya ketinggalan tapi GURUNYA HEBAT2………COBA SEMUA PLAY BACK KE MASA KITA MASIH SD/ SMP/ SMA

  9. Salam. Pak, kira2 kurikulum 2013 ini sudah bisa diteliti belum? Saya sdang proses pencarian judul untuk skripsi. Jika bisa, untuk skrng ini krna msh launcing, saya neliti dr sudut apanya ya? Trims

  10. trims Pak Urip semoga amalnya tambah banyak, apakah kurikulum ini menyiapkan RPPnya juga ya? kita tunggu kelanjutannya

  11. Pak , gimana nasib guru honor yang di negeri kalo kurikulum di ganti …. ?
    banyak mata pelajaran yang berkurang , kemudian guru PNS ambil alih .. lah nasib kami gimana pak .. kami para honor di negeri …. ya Allah aku bingung :(

    • Mbak anita , saya juga sama guru honor di negeri , jika kurikulum 2013 di jalankan berarti akan kemanakah nasib kita jika jam mengajar kita di kurangi ????

  12. Jangan takut perubahan karena kemajuan itu adalah perubahan, kalau kita gak mau berubah maka kita gak akan maju…..Gali terus potensi pendidikan asal jangan berpolitik dalam pendidikan, maturnuwun.

  13. pak Rokhim , kami tidak takut perubahan tapi kami khawatir jam mengajar kami hilang terus kami di kemanakan …. karena kami juga guru honor di negeri :(

  14. Terima kasih Pak Urip Kalteng, Kurikulum 2013 memang sangat diperlukan sebagai bahan uji dan evaluasi untuk terus meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia yang dibilang masih sangat rendah, tak juga Guru-guru yang lebih utamanya harus diberi pelatihan, karena masih banyak Guru-guru di Indonesia SDM nya masih kurang, belum lagi mengalami kekurangan Guru, dan ribuan Guru-guru yang jauh dibawah kesejahteraan ekonominya. semua menjadi PR bersama juga Pemerintah, semoga kedepan jadi lebih baik..,Salam Super Pak Urip Kalteng.
    Agus Priyanto, S.Pd.I
    Guru SDN Sirahan 1, Salam, Magelang, Jawa Tengah

  15. Kurikulum apa dan bagaimanapun bentuk serta namanya, kuncinya terletak pada pelaksana kurikulum tsb, yaitu para guru sebagai ujung tombak pendidikan dan pengajaran di sekolah,,bila yang disebutkan terakhir ini tidak memiliki kompetensi dan pemahaman yang utuh terhadap aneka bentuk kurikulum,, hasilnya pasti nihil,,,

  16. Untuk mapel agama, apakah juga harus disajikan berdasrkan tema Pak? Sebab contoh jaringan tema yg dipublikasikan pemerintah itu hanya pada 5 mapel saja. Trmakasih

  17. perubahan kurikulum , saya setuju aja . kalau memang di pandang perlu , harus berubah . Namun pada kurikulum 2013 y.a.d. ini, bahasa daerah ( jawa ) kiranya sudah tidak diperlukan lagi . Benarkah demikian ?

  18. terima kasih prof, kami sebagai guru sd sangat memahami hal itu agar sistem pendidikan kiita tdk tertinggal dengan negara-negara tetangga ….. amin…. semoga terwujud cita-cita bangsa ini

  19. Ass Pak Urip , bagaimana kurikulum 2013 untuk SMK / SMA
    .. jadi lounching ga ya ?
    soalnya kami para guru banyak khawatir untuk pembuatan RPP ataupun sejenisnya karena kami dengar di kurikulum 2013 banyak mata pelajaran yang di gabung , misalnya Kimia … untuk kimia tidak berdiri sendiri tetapi harus disesuaikan dengan mata pelajaran produktif nya ….
    tolong penjelasannya pak Urip yang terhormat . makasih – Wassalam

  20. Mksh Banyak pak, smg slalu sehat dan succes, sehingga sy kebagian berita – berita yg update,,izin unduh artikel nya,,,, tks ,,

  21. Ping balik: Inilah Draft Kurikulum 2013 PAI untuk SD, SMP | MGMP PAI SMP KABUPATEN WAY KANAN

  22. MATUR NUWon pak Urip., semoga bermanfaat buat smua yg satu profesi ! inilah termasuk salah satu kurikulum yg mengedepankan cinta tanah air., tpi adakah yg d korbankan? he.he.he..

  23. sudah waktunya kurikulum mengikuti perkembangan kalau tidak ya dunia pendidikan kita akan tertinggal jauh dengan negara tetangga (Malaysia) malu donk, , hidup pak Urip, sukron

  24. Umpama adalah seni berkomunikasi Suku Batak. Di bawah ini ada beberapa umpama yang dapat digunakan untuk memberi semangat dan nasihat. Sapala na mardalani, unang olat ni sigalangan. Sapala naung ditobus Debata, bah… unang ma diparalangalangan. Alai gabe berkata:

    tolong . . . . untuk SMP dan SMA kurikulum untuk Agama Kristen Protestan. . . . . . apa bisa kami dapatkan

  25. Oke terima kasih, mudah-mudahan para guru se Indonesia cepat memahami kurikulum baru ini sehingga hasilnya lebih baik dari sebelumnya, kasihan guru yang akan melaksanakan ….

  26. Pak Urip,

    Saya melihat petikan kompetensi dasar SMA mata pelajaran KIMIA kelas X.
    Sungguh menggelitik dan terasa terlalu mengada-ada.

    Apa coba hubungan antara menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai kompetensi inti dengan menyadari keteraturan konfigurasi elektron sebagai kompetensi dasar.

    Agama di indonesia yang sudah diakui adalah 6 plus aliran kepercayaan, apakah sang penyusun kompetensi ini menggunakan kacamata ke 6 agama plus aliran kepercayaan dalam memandang keteraturan konfigurasi elektron atau semata menggunakan kacamata agamanya saja?

    Sungguh sudah sangat bias, bukannya kemajuan yang kita peroleh akan tetapi pengkerdilan konsep berpikir berlandaskan agama tertentu

    Yang saya takutkan adalah upaya sistemik dari golongan agamais membunuh golongan saintis. Mudah-mudahan kita semua tidak terperangkap dalam perang tersebut dengan mengorbankan anak kita semuanya

    Ikwan – orang tua murid

  27. apapun bentuknya kurikulum itu (kur 2013), guru,murid dan orang tua akan tetap terbawa oleh sistem mencoba-coba, yang akhirnya menimbulkan keragu-raguan untuk meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia.

  28. mohon untuk diteliti karena menurut pembelajaran bertahun2 ke belakang plajaran Al Qur’an kls 6 itu surat AL MAIDAH AYAT 3 ( bukan ayat 2 ) dan SURAT AL HUJURAT AYAT 13
    mohon utk dibalas ataukah memang ada perubahan ayat ? trm kasih
    kkg pai purwakarta

  29. TIK terintegrasi dg mapel lain…lha guru yg bersertifikasi TIK dikemanakan ? maka, tdk semuanya serumpun latar blkg pendidikanya dg MIPA (rumpun MIPA-TIK). Kasihan siswa, jadi ajang proyek…kurikulum yg dahulu belum matang, eh diganti …mana kompetensi intinya terkesan “mengada-ada / dipaksakan”. Pengamatan sy di lapangan, mayoritas guru tidak menyusun silabus,,,,mending kalo di MGMP menyusun…kebanyakan ngeprint dari CD yg dijual orang (Pak Urip, peluang bisnis pula nich pian….RPP and etc dr kurikulum 2013…Mendikbud dpt proyek, pian iya jua :-) )

  30. Mr. Urip, perubahan memang Tan Kena Ora(TKO) sy pun tdk alergi asal konstruktif. Tapi apakah sdh di analisa akan mampu berapa thn. berlakunya kurikulum 2013. Seorang tokoh penddkn negeri Cina mengatakan”Bila memprihatinkan suatu bangsa seratus tahun yang akan datang, maka tanamlah pendidikan”. Jadi pendidikan kita harus bisa menjawab tantangan 100 tahun yang akan datang. maka menurut sy Draf Kurikulum dibuat utk 100 th ke depan. utk perubahannya bisa periodik tiap 10 thn atau kondisional, jadi berkesinambungan tdk parsial. Setiap akan ada perubahan guru didiklat dulu, selama ini kan kurikulum baru sdh berlaku baru ada diklat beradaptasi dg kurikulum baru. berarti mengalami stagnan. Sekedar urun rembug. (Sujendro,S.Pd.I GPAI SDN 1 Tambaksogra, Sumbang Banyumas).

  31. Terima kasih infonya sangat berharga, terus untuk bahasa daerah dan TIK di mana posisinya, padahal sekarang lagi digalakkan bahasa daerah serta siswa sangat perlu memahami komputer (TIK) sebab kalau diintegrasikan dengan mata pelajaran lain kayaknya kurang serius

  32. TERIMA KSIH PAK urip, tapi saya mau tanya, kurikum pendidikan agama kristen pada smp kok gak dimuat pak? terima kasih…

  33. capek deh…… bentar-bentar ganti coba saja renungkan dari 2004 sudah berapa kali kita ganti kurikulum trus apa yang di dapat secara segnifikan oleh siswa-siwi kita ????

  34. Banyak hal yang cukup rumit untuk dipahami filosofis pemikiran kurikulum 2013 yang digulirkan Kemendiknas. Mulai dari sikap seakan-akan memaksakan harus tetap dilaksanakan pada tahun pelajaran 2013-2014 yang akan datang walaupun belum siap, sapai dengan ketidak jelasan organisasi kurikulum yang dianut.

    Saya mencoba mempelajari Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar, beberapa mata pelajaran untuk SMA/MAN tampak seakan-akan mengada-ada dan menjeneralisasi serta tidak menghargai karakteritik masing-mqsing agama yang diakui Indonesia, sungguh sangat tidak elok untuk berkomentar terbuka dan jujur disini.

    KTSP konsepnya sudah cukup cocok dengan kondisi keragaman budaya, agama, bahasa dan keluasan wilayah kita. Barangkali perubahan konsep belum diperlukan, penyempurnaan dan peningkatan pola aplikasi betul diperlukan. Kecuali perobahan ini dilakukan untuk pengumpulan dana pada 2014. maaf kalau terlalu fulgar.

  35. Saya melihat lelucon dalam perumusan KD matematika, misal:
    2.2 Menunjukkan kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis sebagai hasil mempelajari persamaan dan pertidaksamaan linier

    Terkesan dipaksakan untuk memasukkan unsur nilai karakter budaya bangsa. Dari perumusan tsb saya memaknai ada 3 tujuan yang harus dicapai, yaitu 1) dapat menunjukkan kesadaran hak dan kewajiban 2) dapat menunjukkan toleransi 3)dapat memahami persamaan dan pertidaksamaan linear.

    Untuk yang nomor 1) dan 2) gimana cara ngukurnya?

  36. biar kurikulumnya diganti juja sama saja, itu semua dari cara seorang guru untuk mendidik siswanya, jdi menurut saya kurikulumnya tidak usah diganti saja, pendidikan itu bukan dari kerikulum baru seorang siswa itu bisa mengenal pendidikan, tpi dari guru yang membimbingnya.

  37. Kurikulum sangat penting bagi satuan pelaksana pendidikan
    namun untuk menyusun suatu kurikulum …….
    perlu SDM…………..perlu waktu………. perlu biaya
    sedangkan biaya operasional setiap satuan pendidikan sangat berbeda-beda
    perbedaan disamping masing-masing sekolah, tapi setiap daerahpun menganggarkan dana pendidikan yang sangat jauh berbeda…………. apalagi denga sistim otonomi daerah

  38. Pak informasikan lebih jelasnya dong…kurikulum smk bagaimana? apa bener IPS untuk SMK dihapus, terus bagaimana nasib saya yang sudah PNS dan bersertifikasi, gimana rencana pak menteri terhadap guru-guru PNS (SMK) yang mata pelajarannya dihapus seperti saya.

  39. Menurut pendapat saya kurikulum manapun tidak akan berjalan baik dikala pelajaran agama dikesampingkan,kalau nilai keimanan manusianya rendah maka tunggulah kehancurannya

  40. Terima kasih Bapak Urip telah berbagi informasi. Saya mohon bila draft resmi Kurikulum 2013 untuk SMK sudah ada kirim ke alamat email saya.

  41. Guru ga bisa disalahkan! mereka pasti pintar…yg bodo itu pemerintah yg salah urus negara ini..ga bisa milih menteri Pendidikan sesuai keilmuan di bidangnya..jadi mentrinya ga ngerti pendidikan …buat kurikulum aja ga bisa….payah….percuma lulus…kalau jadi pengangguran juga….he he he lulusan SMA Pengangguran…Sarjana Pengangguran…Negara ini punya pemimpin pemimpin mungkin nilainya jeblok semua waktu lulusnya…sampai ngga ada pembangunan yg kita rasakan…cuma bisanya ribut mulu…..ribeeet!!!!!!

  42. Yaaa, semoga nasib Kurikulum 2013 ini tidak “dibatalkan demi hukum” oleh “yang berwenang” seperti nasib “almarhum RSBI”, dan segera ditemukan “virus orang pinter yang keblinger dan mumpung bisa minteri” Ya, Allah berikanlah yang terbaik buat bangsa ini. Amin.

  43. Ping balik: Shering Information Of Education » Blog Archive » Inilah Kurikulum 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK Selengkapnya

  44. Kurikulum apapun yang dibuat untuk siswa-siswa kita…………………. pada akhirnya yang sangat dibutuhkan adalah skill atau keterampilan….. sementara kurikulum yang selama ini diluncurkan masih mencari jati diri kearah mana ????? yang mau dituju….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s