Memanfaatkan Demonstrasi untuk Pembelajaran dari Wolfram Demonstrations Project

Sebagai seorang guru yang sudah seharusnya berprinsip belajar tiada henti, melihat, mencari, mengamati, memanfaatkan yang sudah ada. Kini jamannya teknologi informasi, internet adalah ruang seolah tiada batas untuk dijadikan media belajar dan membelajarkan diri dan orang lain (siswa). Mungkin tidak keliru 100% di kala kepepet keadaan karena tidak tersedianya sarana laboratorium atau alat pegara untuk menemani siswa belajar kita bisa menggunakan layanan via internet yang jauh lebih murah dan mungkin bisa efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Demonstrasi baik dilakukan sendiri oleh siswa (melalui penugasan) atau di peragakan guru bisa jadi jalan “aman” untuk memuluskan pembelajaran dan memberikan pemahaman yang cukup bagi siswa.

Salah satunya adalah dari web http://demonstrations.wolfram.com/index.html ini. Beragam topik bahasan yang mereka sediakan. Silakan simak sekilas apa yang bisa kita eksplor antara lain: matematika, komputasi, fisika, kimia, astronomi, geografi, biologi, farmasi, ekonomi, bisnis, keuangan, fraktal, model, pemodelan, aktuarial sains, teknik mesin, teknik sipil, nanoteknologi, game anak-anak, geografi, linguistik, musik, arsitektur, disain grafis dan lain-lain. Yang jelas semua ada asal memang memungkinkan dibuat demosntrasinya. Semua itu berkat sumbangsih dari para kontributor secara sukarela.

Bagaimana cara memanfaatkannya silahkan lanjut membacanya :)

Dari wolfram itu sampai dengan saya menulis ini terdapat 8368 demonstrasi interaktif yang meliputi semua mata pelajaran yang digunakan di dunia persekolahan. Mantap kan?!

Cara menggunakannya:

Unduh aplikasi Wolfram CDF Palyer yang disediakan web tersebut yang akan teringrasi dengan mesin penjelajah (seperti internet explorer, firefox, dll) dan juga bisa bersifat berdiri sendiri. Jangan lupa isikan beberapa data yang diminta (deskripsi diri dan alamat email). Setelah itu silakan install Wolfram CDf Palyer itu dengan klik file exe hasil download tadi.

Berbagai demonstrasi itu bisa diunduh (download) sehingga bisa digunakan secara luring (offline) atau bisa juga digunakan secara daring (online). Saran saya sebaiknya kita menyeleksi sesuai dengan keperluan kita kemudian diunduh semua itu. Perhatikan bagian kanan agak atas seperti gambar di bawah ini untuk mengunduh demonstrasi yang disediakan yang sudah kita pilih.

Kalau punya blog atau web kita pun diperkenankan untuk memasukkan demo-demo yang ada itu ke dalam blog atau web kita, dengan catatan web atau blog kita mengijinkan penggunaan kode javascript. Sayang sekali blog wordpress.com ini tidak mengijinkan hal itu.

Selamat memanfaatkan fasilitas yang disediakan wolfram demonstration project. Mari lakukan eksplorasi bersama siswa semoga menyenangkan, menarik dan dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran.

Wassalam

Urip Kalteng

About these ads