Chemicalize Plugins WordPress untuk Insert Struktur Molekul secara Otomatis

REBLOG DARI URIP.INFO Jika tampilan pada blog ini tidak sesuai silahkan kunjungi pranala tersebut.


chemicalize ss by urip
Biasanya untuk menampilkan struktur molekul hanya meng-insert gambar struktur molekul pada tulisan yang kita buat di web atau blog kemudian mengaturnya sedikian rupa sehingga enak dilihat dan pas. Kini ada cara yang cukup praktis, menggunakan plugin wordpress (kalau menggunakan CMS wordpress, bukan wordpress.com). Plugins tersebut adalah Chemicalize . Plugin ini dibuat oleh tim programer ChemAxon. Tulisan Chemicalize Plugins WordPress untuk Insert Struktur Molekul secara Otomatis ini akan membantu bagaimana cara menggunakannya.

Contoh penampakannya adalah sebagaimana anda lihat di paragraf berikut. Secara langsung memang tidak ada bedanya karena tidak langsung muncul struktur molekul yang kita ingin sisipkan (insert). Coba pindahkan pointer mouse maka secara pop-up struktur molekul itu akan tertampil.

Berikut ini adalah contoh tampilannya.

  • Aspirin
  • Viagra
  • Benzene
  • Methane
  • Glucose
  • Alanin
  • Sodium borate
  • Acetic acid
  • Monosodium glutamate

Meskipun seolah mudah tentu ada syaratnya, bahwa nama senyawa yang kita maksud harus benar dalam penulisan bahasa Inggris. Juga di mesin wordpress kita harus perpasang plugin Chemicalize tersebut. Kalau kita cari di situs resmi sampai detik ini belum tersedia tapi kita bisa mengunduhnya dari situs pembuat dan penyedianya. Silakan unduh dari sini kalau mau coba (hanya 130-an kb).

Untuk menginstallnya cukup upload unduhan tersebut ke folder plugin di wordpress yang anda gunakan. kemudian masuk ke dasbor wordpress klik plugin dan aktifkan plugins Chemicalize tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya?

Ah gampang… masuk ke editor tulisan, masuk mode text (jangan mode visual). Misal saya akan menyisipkan struktur benzena, maka saya ketikkan pada mode text (kode html) seperti di bawah ini.

<span class="chemicalcompound chemicalized">benzene</span>

Itu saran yang diberikan dari pembuat plugins-nya, dan ternyata tidak menggunakan kode seperti itu, asal nama senyawa kimianya benar dia otomatis akan dibuatkan tautan untuk strukturnya juga. Tapi ingat kalau ditulis nama senyawa berbahasa Indonesia maka data tidak akan tertampil. Keuntungan lainnya adalah kita langsung bisa melihat rujukan terkait senyawa yang kita maksud itu ke situs. Caranya cukup letakkan pointer mouse di atas nama senyawa maka akan tertampil struktur molekul senyawa, kemudian silakan klik.

Sedikit masalah namun tidak terlalu mengganggu, ketika ada kata-kata dalam bahasa Indonesia biasanya kalau kata itu masuk dalam database mereka maka kata itu akan turut di konversikan menjadi senyawa dengan struktur yang sesuai, seperti kata “tulisan” ini :)

Oh ya untuk melihat atau mencari referensi terkait nama senyawa silakan kunjungin website chemicalize.org.

Keren kan?!

Urip Kalteng

About these ads

4 thoughts on “Chemicalize Plugins WordPress untuk Insert Struktur Molekul secara Otomatis

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s