Cara Alternatif Menyetarakan Reaksi Redoks

Bi2O3 by urip kaltengBanyak jalan menuju Roma. Selalu ada alternatif untuk melakukan sesuatu guna menghasilkan sesuatu yang sama bahkan mungkin lebih praktis atau simpel. Demikian pula pada proses menyetarakan reaksi redoks. Cara yang umum selama ini adalah dengan metode bilangan oksidasi dan metode setengah reaksi serta metode aljabar yang sangat matematis. Kemudian ada cara penyetaraan reaksi redoks dengan memodifikasi metode setengah reaksi itu. Saya juga mendapatinya dengan cara berbeda tepatnya pada perubahan langkah penyelesaian.

Memang tujuan utama dalam penyetaraan reaksi redoks adalah menyamakan, atom dan muatan yang terlibat dalam reaksi redoks. Apapun caranya boleh-boleh saja dalam upaya menyetarakan itu.

Untuk metode yang sudah umum di sini tidak dibahas.

METODE SETENGAH REAKSI YANG DIMODIFIKASI

Metode setengah reaksi yang dimodifikasi seperti bahasan yang ditulis Sukisman Putardi, UNY. Bisa dilihat artikelnya berikut “Modifikasi Metode Setengah Reaksi untuk Menyetarakan Reaksi pada Pembelajaran Konsep Reaksi Redoks dan Elektrokimia di SMA” kemudian simak bahasannya mulai halaman 105. Cara ini dikatakan merupakan cara (relatif) mudah untuk menyetarakan reaksi redoks meskipun masih perlu dilakukan pembuktian di lapangan.

Modifikasi ini ditulis oleh Pak Sukisman Putardi dengan memodifikasi bagian penyamaan jumlah atom O (oksigen) dengan menambahkan ion OH- dan menambahkan ion H+ pada ruas yang kekurangan atom H. Hal ini dilakukan tanpa perlu memperhatikan suasana reaksi berlangsung dalam suasana apapun (asam, basa, atau netral untuk sementara tidak diperdulikan). Harapannya siswa tidak dipusingkan terlalu banyak aturan. Kemudian pada tahap akhir baru dilakukan penyesuaian suasana, jika reaksi redoks berlangsung dalam suasana asam maka kedua ruas pada tahap akhir ini ditambahkan ion H+, kalau berlangsung dalam suasana basa kedua ruas ditambahkan ion OH-.

Contoh penerapannya penyetaraan reaksi redoks Bi2O3  + ClO– → BiO3  +  Cldengan metode setengah reaksi yang dimodifikasi dapat dilihat atau diunduh dari pranala ini.

METODE KOMBINASI (BILOKS DAN SETENGAH REAKSI)

Metode ini adalah metode setengah reaksi tetapi pada proses penyetaraannya hanya memperhatikan atom yang mengalami perubahan bilangan oksidasi (biloks) saja.

Tahapan penyataraannya adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi dan memasangkan sebagai dua persamaan setengah reaksi
  2. Menyamakan jumlah elektron yang dilepas dan yang diterima dengan mengalikannya dengan bilangan bulat yang sesuai jika diperlukan
  3. Menyamakan jumlah unsur yang terlibat sesuai persamaan reaksi semula dengan mengalikannya dengan bilangan bulat yang sesuai
  4. Menjumlahkan semua spesi yang ada pada ruas yang bersesuaian
  5. Menyesuaikan setiap zat yang terlibat seperti dalam reaksi semula.
  6. Untuk reaksi berlangsung dalam suasana basa pada ruas yang kelebihan O tambahkan H2O sebanyak lebihnya jumlah O–nya kemudian setarakan jumlah H dengan menambahkan OH- pada ruas lainnya.
  7. Untuk reaksi berlangsung dalam suasana asam pada ruas yang kekurangan O tambahkan H2O sebanyak kekurangan jumlah O–nya kemudian setarakan jumlah H dengan menambahkan H+  pada ruas yang lainnya.

Contoh soal:

Setarakan reaksi

Demikian dan wassalam,
Urip Kalteng

Berikut ini tulisan terkait dengan postingan ini:

About these ads

5 thoughts on “Cara Alternatif Menyetarakan Reaksi Redoks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s