Analogi dalam Pengajaran Kimia

Analogi atau metafora dalam pengajaran kimia ternyata sangat memudahkan pemahaman siswa, terutama konsep2 abstrak. Misalnya dalam bahasan struktur atom dan sistem periodik yg kuajarkan hari ini. Entah menyalahi konsep apa gak yang penting siswaku dapat memahaminya.

Konsep keelektronegatifan, energi ionisasi, afinitas elektron semua dapat dikaitkan dengan jari-jari atom dengan jembatan analogi. Analogi untuk menjelaskan konsep perbandingan jari2 atom yang netral dengan jari2 atom yang bermuatan dapat dianalogikan dengan orang main tarik tambang. Dua pihak dalam hal ini tarikan proton dengan elektron terdapat daya tarik. Jika elektron suatu atom netral bertambah karena menerima elektron (menjadi bermuatan negatif) ini dianalogikan sebagai tambahan anggota elektron sehingga posisi batas netral menjauh dari inti (proton) karena pasukan elektron lebih banyak dibanding pasukan proton sehingga menyebabkan jari2 lebih besar dibandingkan keadaan jika proton dan elektron sama (atom netral).

Sebaliknya jika atom netral melepaskan elektron dikulit terluarnya sehingga bermuatan positif, maka pasukan proton jumlahnya tetap sementara pasukan elektron berkurang sehingga karena kalah jumlahnya sehingga batas netral tali lebih mendekati pasukan proton. Akibatnya jari2 atom yg bermuatan positf lebih kecil dibandingkan dengan jari2 atom dalam keadaan netral.

Ini yang hari ini kuberikan ke siswaku.

4 responses

  1. Konsep yang telah anda ajarkan bagus juga, pada pembelajaran saat ini terutama untuk kimia memang dibutuhkan contoh-contoh kongkrit agar siswa dapat memehami dan menyenangi kimia yang selama ini dianggap sulit. Saya tunggu konsep-konsep lain dalam kimia yang dapat diberikan dengan contoh kongkrit dalam kehidupan sehari-hari siswa.

  2. kalau analogi tentang sifat koligatif kelarutan itu bagaimana ya? tolong dibalas ke e-mail saya ya.
    Terima Kasih.
    TATYA

  3. Saya suka sekali dengan tulisan atau ide2 anda. Beberapa pernah saya terapkan, tapi 1x lagi selalu terbentur dengan masalah kemampuan atau minat anak didik kita. Saya pernah menganalogikan konsep hibridisasi orbital elektron pada ikatan kimia dengan proses perkawinan dsb. ada yg ngerti ada jg yg masih ‘hang’. Mula-mula sih mereka tertarik, tapi ktika diberi soal contoh/latihan mulai bingung lagi. oke deh segitu aja dulu, tks.

  4. Saya sangat tertarik dengan pengajaran kimia yang menggunakan analogi… Kalau analogi tentang reaksi redoks gimana? tolong kirim ke e-mail saya ya! Thanks b4