Sekolah/Madrasah Model?

Ada banyak istilah yg dimunculkan pemerintah terkait sekolah/madrasah. Di diknas ada istilah sekolah unggul, di depag ada istilah madrasah model.

Arti-nya sih masih tidak jelas, malah kadang dijadikan bahan tertawaan. Ini jika mengambil analogi yang ada yaitu model peragawan/peragawati. Semua penuh kebohongan (mbesar-besarin nih), hasilnya gak siginifikan, dan yg paling tepat adalah tidak “fair”.

Kata model mestinya menjadi acuan bagi madrasah/sekolah yg ada disekitarnya. Nah kalo semua di istimewakan apakah sekolah lain mestinya ya juga diistimewakan. Karena keberadaan sekolah model tidak berjalan apa adanya, tetapi ada skenario yg sengaja di buat dengan aliran dana dan tenaga yang memadai bahkan berlebih. Kalo model semacam itu hasilnya adalah keberhasilan semu, itupun kalo berhasil.

Lalu perlukah digunakan istilah2 semacam itu? Sepertinya gak perlu-lah. Semestinya setiap sekolah dibiarkan aja bersaing secara sehat dan wajar, maka kelak pasti akan ada yg bisa menjadi unggul dengan sendiri-nya. Nah lalu sekolah lain bisa mencontoh langkah2 yg ditempuh suatu sekolah itu hingga sekolah tesebut sampai di derajat unggul yang sebenarnya. Kalo hal ini dilakukan kiranya relatif tidak terlalu sulit sekolah lain menirunya. Tidak seperti sekarang ini… dibuat-buat, penuh kepalsuan, hasilnya-pun tidak begitu berarti…

Sekolah atau madrasah model kalau dianalogikan yah seperti model peragaan busana itu. Kesehariannya tidak memakai busana seperti yg ia pakai ketika memeragakannya, jalan-nya pun dibuat. Jadi????

3 responses

  1. hmm..kayaknya perlu dikaji ulang tuh kenapa depag mesti bikin istilah ini, kalau kenyataannya pendidikan kita masih tertinggal, buat apa dijadian “model” ???

  2. aaaah itu khan proyek….bener gak yah?

  3. Assalamua’laikum
    Mo nanya nich yang di maksud Madrsah Model itu apa ya????
    n apa kah ada kaitannya denan kualitas guru nantinya

    makasih sebelumnya ……