Kepala Sekolah PKI, Sekolah Tidak Maju

Semua lembaga baik mulai dari tingkat bawah sampai atas, tidak akan maju jika pimpinan kurang inovatif/inisiatif alias (PKI). Inovatif dalam segala hal. Demikian juga dengan lembaga yang namanya sekolah. Biasanya dengan keterbatasan apapun jika kepala sekolahnya memiliki pemikiran-pemikiran yang kreatif inovatif cepat atau lambat suatu sekolah pasti akan maju. Maju dalam arti positif dan luas.
Tentu tidak sebatas pemikiran tetapi juga implementasinya, meskipun tidak harus semua kepala sekolah yang melakukan. Karena inovatif tadi juga meliputi kelihaian-nya dalam memanaj seluruh personil yang ada di intitusi yang dipimpinnya.

Tidak sedikit kepala sekolah yang kurang berani dalam mengambil inisiatif karena tidak adanya peraturan. Ini adalah salah satu penyebab mandulnya kretivitas berpikir, dan mandulnya kreativitas. Keberanian untuk “tampil beda” juga merupakan salah satu inovasi, sehingga institusi sekolah itu memiliki ciri khas positif. Selama ini banyak sekolah yang keberadaannya seperti “pakem” yang ada, sehingga kesan beda tidak ada. Keberanian untuk tampil beda mungkin pada awalnya mungkin dipandang oleh pihak lain kurang patut. Namun jika pandangan tersebut akan sirna dengan sendirinya apabila dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa mengubah keadaan yang lebih baik.

Jadi keterbatasan apapun itu bisa diatasi dengan hanya pemikiran pimpinan yang inovatif. Karena dari situlah semua bisa bermula…

Iklan

5 responses

  1. Gimana kalau bapak saja jadi kepala sekolah? Saya dukung 1000%. Lalu bikin aturan setiap guru dan siswa harus mampu memanfaatkan komputer dan internet dalam proses belajar mengajar, dan masing-masing harus memiliki blog!
    Dan nanti, kalau siswi-siswi bapak yang cantik-cantik itu sudah punya blog, linknya ditulis disini 😛 YMID nya aja jg gpp deh.

  2. wah… rasanya gak mungkin deh jadi kepsek. jadi guru aja lebih enjoy. Sebab ternyata kepsek itu kebanyakan tidak fair mulai dari pencalonan sampai pengangkatannya. Dan maaf lebih deket dengan hal yg sifatnya kkn, manipulasi. Dalihnya macem2-lah. Itu terjadi di daerah sekitar saya lho.

    Kalo siswa suruh ngeblog sudah sih kebetulan kemarin ada waktu luang jadi saya sarankan buat. Lah wong saya sendiri gak begitu ngerti cara ngeblog. Asal tulis aja. Makanya terkesan semrawut.

    Yah nanti akan saya bikin link-nya, seperti punya pak budi raharjo yg mewajibkan mahasiswanya ngeblog. Tidak jelek saya kira.

  3. wah setojo banget neh pak, kl siswa bisa ngeblog pasti byk tulisan berkualitas ygmuncul, apalagi kl mereka dah kuliah pasti semakin maju…saya dukung deh…..kl perlu bantuan, hehehehe

  4. to: Rahmat Z
    Wah bisa nih, kapan2 minta bantu yah….

  5. dananya mas nggak ada………………