Permasalahan Sidebar dengan WordPress.com

Untuk pertama kalinya aku mendapati masalah dengan sidebar WP.com (WordPress.com). Semula kupakai “Sapphire Themes” yg sebelumnya header kupasang buatan sendiri. Awalnya oke semua. Saat mengedit agar tapilan teks menjadi justify (rata kanan-kiri) entah pada postingan yg mana, tiba-tiba pada theme tsb menjadi gelap (masih kelihatan sih tulisannya) dan sidebar-nya menghilang entah kemana…. Akhirnya kuputuskan untuk mencoba ganti berbagai theme, eee ternyata hasilnya hampir sama. Hanya saja sidebarnya muncul tetapi letaknya dibagian paling bawah halaman. Terus kucoba untuk menghubungi Contact Support WP, ternyata gak bisa juga menyelesaikan permasalahan itu.

Kemudian ku coba saja buka salah satu postingan, ternyata sidebarnya normal kembali. Tetapi begitu ku klik HOME (frontpage dari blog) ternyata kondisi sider kembali ke bagian bawah front page. Waktu itu kupakai theme White Milk. Dengan themes yg lain juga tidak berbeda.

Terus kucoba lagi untuk klik “kategori” satu persatu, hasilnya sidebarnya normal semua (berada dibagian sisi kiri atas), sampai akhirnya pada kategori tertentu sidebarnya pindah lagi dibagian bawah dari frontpage!!!! Nah itu dia masalahnya mulai ketemu. Ternyata postingan dalam kategori itu memang menempati urutan ketiga dari atas yang menyebabkan ngacaunya posisi sidebar saat di HOME/frontpage. Jadi saya putuskan untuk mengecek sekali lagi kategori lain, yg nyatanya….. its ok… noproblem. Saya simpulkan masalahnya memang ada pada postingan di kategori tertentu itu.

Mulai menelusuri (hehehe di kategori yg bermasalah itu baru 2 postingan jadi gak repot). Ku coba untuk menghapus salah satunya, sebelumnya sih udah ku backup-kukopi ke office. Dan ternyata bener….. begitu postingan itu ku hapus kemudian kucek kembali ke HOME/frontpage) hasilnya NORMAL (sidebarnya tidak lagi dibawah tetapi di samping seperti biasanya)…..Ku coba lagi untuk kembali ke Theme yg sebelumnya (Sapphire) hasilnya juga normal.Jadi bisa dipastikan bahwa masalahnya ada postingan yg kuhapus tadi. …Lega dah…

Ok, selanjutnya tinggal mencari apa penyebabnya. Karena ngerti pemrograman html sedikit-sedikit, kupilih ngecek teks yang udah diback-up tadi di office. Ternyata ada border kosong yg cukup panjang. Ini mungkin yg membuat kacau posisi sidebar. Kucoba lagi mempostingnya lagi setelah border kuhapus. Hasilnya ternyata normal-normal saja.

Kesimpulannya border yg panjang itu-lah yg menyebabkan kacaunya letak sidebar. Mungkin border tadi muncul ketika saya mem-pastekan gambar saat di “Mode Editor”(bukan mode HTML) ketika menulis postingan tetapi gambar tersebut tidak terlihat. Akhirnya ya jadi border isinya kosong.Ok semua normal…..

Akhir iseng ku masuk ke forumnya WP.com dengan tag sidebar ternyata ada juga orang lain punya masalah seperti yg saya alami. Jika suatu ketika ada yang menghadapi masalah seperti yg saya alami saya sarankan untuk masuk ke forum tersebut. Tidak berlaku try and error seperti saya….(rasanya telmi juga yaaa). Ok mulai sekarang jika ada masalah lebih baik masuk forumnya WP.com, yah… sambil belajar bahasa-lah kalo belum bisa, seperti saya ini. Tinggal pilih tag yg sesuai dengan masalah yg dihadapi.Ok….

5 responses

  1. hehehehe… makei sarana tanpa pengetahuan yg cukup, begitu-lah.

  2. thanks… very useful info…

  3. Trackback saya kok ga muncul ya……????:(