Window Live Writer Alternatif nDo-Blog Off Line untuk WP.com

Gak tahu tulisan ini sudah basi apa belum, yg penting saya nulis di blog saya sendiri. Yah setidaknya kalo diperlukan gak jauh2 nyarinya. Aktifitas Do-Blog memang mengasyikan apalagi bagi yg punya akses internet gratis kayak saya…(memanfaatkan k-se-4-an/fasilitas aja sih). Tapi kebosanan segera terasa begitu blog ini semakin banyak isinya, karena lambatnya akses/terbatasnya bandwidth, baik pada saat editing maupun posting 😦 Nah ini nih salah satu alternatifnya…WLW

Alternatif selalu ada, tadinya pakai Performancing-FireFox (PFF) ternyata masih lambat juga. Njla-la (secara kebetulan) ketemu yang namanya Windows Live Writer alias WLW (hehehe… yg alergi ama microsoft dilarang pakai). Klaim dari beberapa hasil review WLW ini: jauh lebih mudah, pengeditan cepat. Mendukung untuk multiple blog dan cross posting. Editing dilakukan secara offline, bila sudah siap tinggal posting. Memiliki fleksibiltas yg lebih, misalnya untuk sisip “emotion”, Technorati tags, Google maps, Youtube videos, Odeo dll. Dan lain-lain lagi. Baca sendiri ah… di sini. Eh WLW bisa juga dipakai untuk WP.com, kalo nggak ngapain sy tulis ini heheheh.

Cukup simpel emang, tapi kalo OS Windows yg kita pakai belum terinstall dot NET Framework pas mau nginstall WLW pasti di taggih tuh. Klik disini untuk download WLW = 3,675 MB). Kalau diperlukan dokumentasi dan contoh2 mesti download juga WLW SDK (klik di sini downloadnya = 248 KB).

Untuk cara installasi gampang kok, tapi kalo mau lihat langkahnya gimana klik di sini. Untuk konfigurasi posting ke wordpress.com klik di sini. Penjelasan option2 editor, pengeditan dan posting klik di sini. Oh iyo… plugin untuk WLW juga lumayan banyak lho. Plugin-plugin itu bisa dilihat di sini dan sebelah di sini.

Plus minus setelah saya coba untuk editing tulisan ini, saat dibuka dengan WLW ternyata tulisan yg panjang dengan potongan (pakai tag<!–more–>) tidak semua muncul. Yah cuman sampai di tag itu saja selebihnya belum tahu gimana memunculkannya… baru kenalan sih. Kemudian untuk plugin insert marque (teks berjalan) tidak bisa berjalan. Tapi untuk kopi paste gambar emang cepet banget. Kemudian kelebihannya lagi kita bisa melihat hasil tulisan itu dengan web previewnya meskipun tulisan belum disimpan. Plugin nya oke-oke saja. Kekurangan yg pasti untuk saya tidak tersedianya format tulisan untuk rata ki-ka yg saya sukai. Juga shorcut atau toolbar untuk memotong postingan yg panjang juga tidak tersedia. Yang menjadi pertimbangan kita mau pakai WLW emang bisa kerja offline itu loh… mungkin kalau udah di publish kita bisa sedikit memperbaiki postingan dengan Rich Text Editornya WP.com ini.

Gimana rekan2 yg udah pakai WLW, bagi2 pengalaman dong…

 

Iklan

12 responses

  1. Bung Prakoso, artikel ini nggak basi. Cotohnya, saya belum melihat review tentang WLW, juga baru sekali ini. mmm Kelihatannya sih oke, maklum belum coba.

    Namun, agak merepotkan kalau harus instal yang namanya .Net Framework. Maklum, saya kan pengunjung setia warnet. Meskipun tidak ketahuan bila instal apa pun di komputer warnet tetapi rasanya kurang etis. Apalagi yang sering berpindah-pindah warnet.

    Program yang independen lebih praktis dan diminati. Selain .Net Framework juga terdapat Java Framework (mungkin namanya salah, mohon dicek) yang sama kurang praktisnya.

    Mohon dibahas dong tentang keduanya di artikel lain di blog (yang saya rasa isinya berguna) supaya kita-kita jadi lebih paham.

    Thanks juga untuk mampir di Munggur.

  2. wah iyah yah… kalau di warnet yah jadi sulit, maklum udah 3 bulan ini nge-net-nya gratis makai fasilitas (daripada gak ada yg pakai).
    Makasih juga Munggur wis mampir, btw saya suka gaya tulisan sampean di Munggur. Nulis terus yah…

  3. Coba blogdesk pak prakoso 🙂 … *blogdesk.org … aku seneng dan puas banget makenya, cuman rada terlalu malas bikin reviewnya hihihihi…

  4. Ngomong-ngomong saat ini saya gak pernah lagi makai WLW atau PFF atau yg lain tapi sekedar incip-incip. Udah merasa nyaman dengan bawaannya WP.com ini. toh akses gratis juga. 🙂

  5. gak basi kok mas, ni aja aku baru tau n mau nyoba. solanya aku masih blogger baru. tolong di kasih pengarahan ya? terima kasih….

  6. maaf mas mau nanya lagi mengenai WLW
    aku suda coba, tapi kok pas publish kok ndak bisa trus pas publish kok gak bisa..
    tempat aku ngenet kan ada proxynya. lah sudah saya set di preferences>web proxy.
    tapi kok tetep gak bisa. apa ada cara2 lain atau trik2 lain.
    trus gunanya ping server pada preferences itu apa?
    makasih ya mas..

  7. Publish bermasalah mungkin karena lalu lintas data terlalu sibuk (koneksi lagi jelek). Kalau WLW di komputer saya lancar2 saja, begitu di-install langsung pakai… lancar saja.
    Wah saya gak punya pengalaman ngatur proxy…

  8. thanks ya? sampai saat ini kok belum bisa ya? tapi ada baiknya tak coba ditempat laen yang gak pakek proxy. ok

    hidub blogger

  9. Hmm gimana kalo kita yang pakai WP sering-sering kirim Feedback ke pengelola WP. Isinya meminta dengan sangat fasilitas ‘blogging via e-mail’ seperti fitur yang disediakan oleh Blogger.com.

    Kan, asyik tuh! Kapan ya WP bisa ‘blogging via e-mail’? Beberapa kali saya sudah memohon supaya fitur tersebut diadakan…

    Namanya juga usaha… Biar blogging lebih mudah, gitu!

  10. >> khuclukz
    Mestinya sih kudu udah bisa kalau udah diinstall dulu Net Framework. Yah selamat mencoba

    >> munggur
    Yah monggo ikut aktif di forum-nya WB >> Ideas
    Sepertinya hal ini pernah diajukan juga sih, tapi masih ada pertimbangan lain dari WP.com

  11. aku ketinggalan banget nih soal WLW. tapi pepatah bilang lebih baik terlambat dari pada tida. Barusan aku baru baca bukunya do gramedia. Browsing ketemu deh disini.. Kulo nuwun postingan ini saya post di blog saya

  12. Yups… bagi aku sich gak ada ilmu yang basi, aku juga udah wira-wiri mencari tutorial kayak gini, but baru ketemu di sini…
    Yang pasti thnk atas infonya, aku tak nyoba juga…
    (sama seperti sampeyan, pake fasilitas perusahaan… tapi legal lho, wong diijinin sama bosnya… wakakaka)