WAN – Media Perpustakaan Alternatif

“Wide-Area Network (WAN) adalah jaringan (network) komputer yang luas secara geografik. Maksudnya, satu WAN terdiri dari dua atau lebih Local-Area Networks (LAN). LAN adalah jaringan komputer yang tidak luas, misalnya kebanyakan LAN terbatas di satu gedung atau beberapa gedung saja.”

“FTPFile Transfer Protocol. Protokol (seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem) standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan menggunakan login tertentu.”

Demikian definisi yg saya kutip dari beberapa sumber.

Di daerah saya saat ini sudah terhubung dalam satu jaringan yang terdiri dari lebih 10 LAN di sekolah-sekolah. Menurut saya WAN merupakan media yg bisa digunakan untuk menyediakan sarana buku2 elektronik yang bisa relatif murah. Bisa saja berupa buku/bahan bacaan/bahan belajar-mengajar. Dalam hal ini diperlukan “gudang buku/bahan bacaan” yang bisa diakses siapa saja dalam WAN itu. Sayangnya pemerintah daerah belum begitu peduli atau tidak tahu mungkin, atau ada pertimbangan lain.

FTP merupakan protokol untuk transfer data (dalam hal ini bahan perpustakaan). Dengan memanfaatkan FTP ini maka tidak perlu lagi diperlukan akses ke internet. Yang dibutuhkan adalah LAN dan WAN saja sehingga pusat data bisa diakses siapa saja dalam WAN. Data2 bahan kepustakaan itu tentu dalam bentuk softcopy. Kelebihannya adalah buku berbentuk soft-kopi dapat dimiliki masing2 individu, karena tinggal download dari pusat data kepustkaan itu. Dan tidak dikenal istilah buku diantri untuk dipinjam. Tidak diperlukan akses internet yang memakan biaya mahal.

Karena WAN sudah tersedia sebelumnya maka biaya yang perlu dikeluarkan tidak akan mahal bila harus membeli buku bergudang-gudang. Hanya saja perlu melakukan kerja sama dengan pihak terkait sehingga diperoleh kata sepakat yg menguntungkan kedua belah pihak baik penerbitan maupun pemakainya. Lho…siapa yang bertanggung jawab nih. Untuk kalangan pendidikan tentu saja ada lembaga yg mestinya perduli, dalam hal ini pemda tingkat II atau tingkat I, sehingga keberadaan WAN bener2 dapat dimanfaatkan.

Kendala lain yaitu kurang terbiasanya tenaga pendidik di wilayah saya itu untuk memanfaatkan serta berbagi berbagai sumber kepustakaan. Hal ini tentu tidak terlalu sulit, karena untuk sosialisasinya sebenarnya bisa ditangani/dibantu beberapa tenaga pendidik yg sedikit banyak telah mulai terbiasa memanfaatkan kepustakaan digital di masing2 LAN.

Manfaat lain yg bisa dipetik adalah LAN dalam WAN bisa melakukan ujian bersama, penerimaan siswa baru, dan yg lainnya seperti keperluan administrasi terkait pengumpulan data dll. Cuman sampai saat ini masih dalam angan-angan.

Jadi saat ini di WAN tempat kerja saya tinggal menunggu kemauan pemerintah untuk memberikan kemudahan, yang untuk itu mesti disodori proposal saja.

Bagaimana pemanfaatan WAN di daerah anda…?

Mohon koreksi jika ada yg kurang tepat dalam tulisan ini. Terimakasih

Iklan

12 responses

  1. gmana kalo bikin sistem informasi penerimaan siswa baru lwt internet?byk nih cms nya..

  2. @ Rahmat Z
    Wah ide bagus tuh… tapi mengingat lingkungan/daerah Kobar sepertinya masih kurang kondusif, sebab banyak pihak yg belum “siap” untuk itu, ada kepentingan “tertentu”. Jadi gmn mau maju. Membuat stakeholder ngerti ini kesulitan kami. Gimana yah caranya?

  3. yach…. jika semuanya punya manajmene yang jelas & dikelola dengan profesional yach bagus juga sich….. demi untuk kemajuan bersama tapi yach itu dia ga profesional dalam menangagi semua hal…….ga gitu dechhhhh

  4. Tolong bantu aku sekarang okey…!
    Apa Definisi dari WAN ?
    Tolong secepatnya dikirim ke email saya okey…!

  5. Assalamu’alikum wr wb…
    Aku insya Allah kan penelitian untuk Tugas Akhirku yg berkaitan dg pemanfaatan WAN. Di kotaku (Tegal) juga sebenarnya udah dibuatkan infrastrukturnya, tiap2 sekolah menengah sudah tergabung dalam satu jaringan. Tapi pemanfaatannya masih minim jg. Ada pandangan tuk membuatkan aplikasi BANK SOAL nih. gimana komentarnya?

  6. Bagus itu… tinggal pelaksanaannya aja khan. Bank saol belum terpikir, tapi untuk tes/ujian online sedang dikembangkan temen syarif winata

  7. minta contah proposal pengadaan sarana dan prasarana,ntuk perpustakaan digital

  8. Dear,

    Saya sangat prihatin dengan keadaan sekolah adik saya, yang belum memiliki fasilitas IT.

    maka saya berniat untuk mengajukan pengadaan untuk Lab Komputer.

    Saya harap anda berkenan mengirimkan, contoh Proposal Pengadaan Komputer.

    Terima kasih Banyak

  9. Maaf, jika tidak merasa terbebani, Kalau bisa saya juga minta contoh proposal pengadaan untuk pengembangan bidang IT Sekolah-sekolah yang belum mempunyai fasilitas LAb. Komputer (terutama)

  10. apa maksud KTSP, dan apa pengertiannya?

  11. dear….

    saya mau mengajukan proposal pengadaan komputer
    untuk lab komputer di smk negeri rajadesa
    saya tidak punya referensinya
    mohon untuk dikirimkan contoh proposalnya

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih….

    wasalam

  12. Ass….
    Semoga bisa memberikan apa yang saya inginkan yaitu saya ingin contoh proposal tentang sarana prasarana perpustakaan untuk perguruan tinggi swasta.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wass…