Antara Kejujuran, Kepatuhan, dan Ketidakpatutan

Suatu ketika kepala sekolah pada saat sibuk2nya “melayani” siswa ujian nasional, sibuk kasak-kusuk untuk membuat “gerakan baik dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi sambil malu-malu”. Gerakan yg bertujuan membantu siswa yg ujian agar bisa menuliskan jawaban yg benar pada lembar jawab komputer (LJK) yg “kuno” itu.

Bahasan mengenai ujian nasional untuk sekolah di Indonesia tak akan pernah berhenti. Karena semua dalam masa pendewasaan. Jadi mesti banyak belajar, “berkesperimen” entah try and error apa nggak. Akibatnya banyak korban bergelimpangan… karena ketidaksiapan. Ngomong masalah ujian nasional gak akan habis dah… sulit untuk diluruskan…. kayak benang kusut. Saya tidak akan membicarakan keruwetan benang kusut ujian nasional. Yg saya bahas saat ini adalah potret disebuah sekolah terkait ketidakpatutan penyelenggaraan ujian nasional yg sering terjadi.

Ujian nasional dengan hanya 3 mata pelajaran sebagai penentu itu membuat banyak pihak yg kelimpungan. Buktinya banyak sekolah yg siswanya akhirnya dinyatakan tidak lulus, bahkan dibeberapa sekolah 100% tidak lulus. Anehnya dari yg dinyatakan tidak lulus itu terdapat siswa yg semestinya lulus.

Suatu ketika di suatu sekolah terjadi suatu gerakan seperti yg saya tuliskan di awal tulisan ini. Kepala sekolah yg sedang menjaga citra, menjaga kekokohan kedudukannya melakukan tindakan yg sangat tidak patut.

Semacam apa sajakah ketidak patutan itu atau dengan kata lain bagaimanakah modus eperandinya? Pertama, setelah LJK terkumpul semua di atas meja panitia ujian, maka dilakukan pengecekan. Yah bisa dijadikan alasan memang, kepala sekolah beserta “tim suksesnya” memperbaiki beberapa LJK berdasarkan jawaban dari guru dari tim sukses itu. Anehnya kontral yg semestinya dilakukan tidak dilakukan. Modus lain adalah dengan memberikan kode2 khusus kepada siswa yg sedang mengerjakan soal ujian. Hal ini didukung oleh pengawas ujian yg ternyata kebanyakan tidak mau perduli juga melihat tim sukses yg sedang bergerilya itu. Bisa jadi karena jamuan/suguhan serta janji tambahan uang saku untuk sang pengawas… beah.

Kemudian modus lain yg juga sempat saya jumpai adalah pe-mark-up-an secara berjamaah di level panitia tingkat kabupaten/kotamadya. Dalam hal ini yg berkepentingan adalah Kepala kantor departemen pendidikan, dan juga kepanitiann yg notabene adalah juga para kepala sekolah.

Suatu ketika saya turut serta dalam koreksi dan rekap data hasil ujian terdapat kejanggalan terhadap beberapa nilai siswa, kemudian saya konfirmasikan untuk mengecek kebenaran atas nilai siswa yg saat saya koreksi nilai tidak sebesar seperti saat saya rekap. Begitu saya tanyakan kepada ketua panitia tingkat kabupaten itu untuk melihat LJK untuk cek ulang dan memastikannya, ternyata jawabannya “Lembar Jawaban Siswa sudah dibakar”. Wah…gimana nih, saya berkesimpulan bahwa dengan jawaban itu mereka bermaksud menghilangkan jejak. Tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa saat itu…. yo wis.

 

Dari sedikit ulasan tersebut sangat banyak terjadi ketidakpatutan dan pembohongan dalam ujian/hasil ujian. Hal yg saya ulas tadi kemungkinan juga terjadi ditempat lain. Lebih2 di daerah yg jauh dari kontrol (daerah pelosok). Kepatuhan “tim sukses” baik di sekolah maupun dijenjang yg lebih tinggi jelas adalah kepatuhan yg mementing kesenangan pimpinan saja tanpa sedikitpun rasa idealis. Di duga pe-mark-up-an nilai juga terjadi di tingkat yg jauh lebih tinggi. Motif-nya jelas bermacam-macam. Mungkin inilah salah satu penyebab jeleknya kualitas pendidikan di negeri ini.

 

Bahkan suatu ketika (waktu itu jamannya ebtanas) pernah juga menjumpai bahwa skala nilai yg diberikan dari “pusat” untuk pelajaran matematika di smp sangat aneh. Entah teori penilaian mana yg dianut. Soal matematika jumlah 40 soal pilihan ganda (multiplechoice). Rentang nialinya 0-10. Logikanya jika benar 20 soal, maka nilainya adalah 5,00. Nyatanya tidak demikian tetapi lebih dari itu. Kemudian jika hanya benar 2 jawaban nilai matematikanya tenyata sudah mencapai angka 2 koma sekian. Padahal saat itu tidak dipakai rumusan jika jawaban salah dihukum dengan nilai minus, dan tidak juga dilakukan pembedaan soal sulit dan mudah. Jadi di situlah letak ketidakpatutan yg memang dilakukan secara sengaja secara sistematis mulai dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas.

Satu hal lagi… mengapa sih LJK yg digunakan dari dulu sampai sekarang tetep begitu2 saja. Tidak ada inovasi sedikitpun. LJK yg model ujian nasional (dan juga yg dipakai SPMB) sangat rentan terjadinya kekeliruan dan ketidakakuratan pembacaan data. Yang padanya siswa dituntut ekstra hati2 (merugikan siswa donk) dalam menuliskan jawaban (dengan menghitamkan lingkaran). Itupun diwajibkan dengan menggunakan pensil khusus. (Jangan2 ada bisnis nih dengan pengusaha pensil 2B). Sudah lama ada teknologi alternatif dengan berbagai kelebihannya baik dari kemudahan buat si siswa dan efisiensi dana. Mengenai hal ini bisa di baca lebih lanjut tentang teknologi Digital Mark Reader.

Sampai kapan ketidakpatutan itu berakhir….

 

72 responses

  1. Kok dibocorin sih mas Urip, apa gak takut ketangkep kepala sekolah.
    Jadi kesimpulannya kebanyakan sekolah hanya cari identitas kulitnya saja yaa? sementara kwalitas pengajarannya tidak lagi diperdulikan. Sudah tiap habis ganti menteri, kok ganti kurikulum melulu gimana tuh. Ada saran nggak buat para wali murid ?

  2. Yg saya tulis itu adalah potret kecil yg motretnya di “wilayah burem”, jadi tidak juga terjadi di setiap sekolah. Mungkin masih banyak yg kondisinya lebih baik…Kali… Yah kalo kami move dari dalam sudah gak berhasil, dan nyolok banget kadang malah siapa yg menohok dari dalam pasti “tidak aman”. Mestinya ada “indonesia education watch” bukan dewan pendidikan yg kerjanya memble. Atau pengawas intern yang kebanyakan gak kompeten yg cuma menang senior dari segi masa kerja saja.

  3. Ga bisa terus mengharapkan perubahan yang datang dari “atas” . Semua harus mau terlibat dalam perlawanan.

  4. Setuju… Yg terbaik memang dimulai dari diri sendiri, kemudian mengajak yg lain untuk mau memulai dari dirinya masing2.

  5. Betul sekali, di sekolah saya juga begitu. Sampai mau muntah melihatnya. :((

  6. alah alah….wios atuh di bocor ken oge,da moal rugi ieuh.muhun?kalo bs thn ini 2007 ada bocoran lg SOAL UJIAN NASIONAL SMA 2007.AMIIIIIIINN.DI ANTOS BOCORANA…..AMEH SADAYANA LU2S.

  7. kalau ada yang tau bocorannya e-mailin ke aku ya.
    mail aku vis_ta_comp@yahoo.com

  8. iya niy klo msalnya ada bocoran dikit2 ksi tau y.ntar jga ada blas budix jga lowwwwwwwwwww…………

  9. @tamy, ley, RICHarD
    🙂 bocoran-nya ada di buku pelajaran masing-masing, tinggal nunggu ilham saja untuk dapat petunjuk bagian mana yg muncul jadi soal itu kalau tidak mau belajar. Maaf yaa… belum bisa bantu. Mungkin ada yg lain yang bisa bantu?

  10. boleh ngga minta bocoran soal smp thn 2007????

    pliss bantulah,, pusing banget nich

  11. boleh minta bocoran soal UAN smp thn 2007 ngga,,,

    klo boleh kirim ke email saya..

    retna_cutegirl@yahoo.com

  12. kirimin kisi – kisi soal uan sma 2007 dunk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. mas,klo ada bocoran soal uan SMA 2007 tolong kirim ke e-mail ku doooooonkkk.

  14. e-mail sipur:kakang_sipur@yahoo.co.id

  15. hI,,HI
    mIntA BoCoRaN sOaL sMp TaHuN 2006-2007
    YaCh PLeAse
    kiRiM yAcH seCEpEtnYa Ke EMaIL kU
    KeYzzzzzzz,,,,TRimZzz

  16. tolong kami donk tentang kebodohan negara qta dengan adanya uan……

    hanya orang yang tidak tahu betapa susahnya mengerjakan uan….

    mengapa harus ada uan???????

    buakankah uan menambah pengangguran di negara qta…??????

  17. jangan bergantung pada bocoran donx.!yang penting kita tuh harus belajar dg giat.kalo lulus tapi dg cara kharam, apa kita bisa bangga.berusahalah utk berjuang sendiri!Semoa Allah membantu kita…Amien………

  18. tolong kirimkan soal uan sma sederajat kelas ipa tahun 2006/2007 khusus kota magelang, atau kalau tidak ya kisi-kisinya saja tidak apa-apa karena mau buat aku belajar.cepet ya tolonglah saya ya.saya sangat butuh banget nih.

  19. >> Semua
    Untuk adik-adik semua, ini adalah blog pribadi dan saya justru tidak setuju dengan tindakan yang adik-adik mau, jadi mohon maaf, keliru kiranya adik-adik pada berharap untuk berbuat curang. Saya pribadi sebagai guru malah menyarankan dan menentang keras prilaku yg mempermainkan masalah ujian. Ujian adalah sarana menyaring kemampuan, bukan pembohongan. Jadi sebaiknya belajar lebih giat dan benar, waktunya masih cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk Ujina Nasional.
    Semoga Adik-adik yg sudah menulis di blog ini menjadi orang yg pinter dan bisa lulus dalam UN nanti. Amin…
    Terimakasih.

  20. tlg donk prediksi soal uan 2007 sama spmbnya plzzzzzzzzzz

  21. naPa siY SoAl UAN 2007 pAkEaCaRa dIbEdA2in siY,BikiN StREs,,mO bLjR TmBh sTreS,He2,,,

    tOloNG KaSIh pReDIksi UAN aMa SoAl2 UM nyA Ya,,,,

  22. Knapa ce berubah truz sistem, yang lama ja blom kelar udh mo ganti yg baru!!!! gx jelas bgt ce pemerintah ne……

  23. Bikin malu aja tanya2 soal uan 2007
    Gw juga anak di sebuah SMA di Jakarta Jurusan IPA
    Gw juga stres sama UAN,Nilai Jblok naek,jblok naek

    TAPI,DI INDO masih mending ,Nilai UAN ADa yang dikatrol pemerintah :p bocoran..
    Gw denger dari temen gw Di JEPANG Tidak lulus adalah Hal wajar,yang penting Berusaha Sekuat tenaga
    Jadi Di jepang Yang lulus Adalah YANG BAKALan JADI MANUSIA BENERAN,Bukan asal2 lulus dan jadi Tikus2 kae DI Pemerintahan GITU DE.

    Saran BUAT lo PADA:
    Beli Soal2 Uan Tahun lalu2 ma bahasannya ,belajar deh dari sekarang !!
    BUKAN LO Yang buat aturan,kita yang ikut aturan..

    Helgeduelbek: Begitulah semestinya anak indonesia, salut dengan semangatnya… semoga sukses.

  24. Tlg krim kisi kisi UN2007 SMA donk……!!!!!!!
    PLIIIIIIIZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ…………..

  25. eh klo loe2 semua dapet bocoran soal uan smp 2007 bagi2 gw kirimin aja ke yogie_lds@yahoo.co.id
    gw butuh banget nih ato ga kirm ke 081384642312

  26. numpang tanya nih om….koq pesan saya ilang ya? kayanya saya pernah naruh pesan disini?…udah2 uan gak usah dianggap susah,,anggap gampang aja tpi jangan diremehin….jgn ngarepin contekan,lw belajar aja yg tekun,yang rajin…msa’ sih tuhan gak mau kasih qta kecerdasan klo qta udah belajar,,bTul tidak? banyak2 berdoa,,jgn mikirin kuliah n kerja dulu…kayanya kalian semua nganggep klo uan itu killer bgt,jgn begitulah,gw anak ipa,gw akui uan itu emang sulit,tapi jangan kepikiran sampe ngebebanin diri kita sendiri,,santai aja…..ok!!!!

  27. gw anak ipa budi mulia tanggerang(sekalian promosi)^_^ 1 lagi neyh,,soal2 uan memang sulit,,qta bilang sulit karena qta tidak bisa,,bisa karena biasa!!! ngerti,jdi soal2 materi uan itu bukannya qta TIDAK bisa mengerjakan,tapi BELUM bisa mengerjakan…depdiknas juga gak mungkin ngasi soal yang belum dipelajarin sma lw2 semua….belajar yang rajin ya!!! gw juga harus belajar agar cita2 gw menjadi dosen/jenderal polisi bisa tercapai…doain ya!!!! amiiiin,,,

  28. Kejujuran dan Kepatutan itu tidak ada harganya di negeri ini di hampir seluruh bagian kehidupan, termasuk di lingkungan yang dinilai (dianggap paling dekat dengan Tuhan). Kejujuran itu biangnya susah. Ibadah itu untuk Allah saja. Urusan manusia adalah persaingan. Mengapa?. Tidak tahu. Rasanya kita sudah biasa membuat ukuran-ukuran secara fisik saja. Orang menjadi terhormat karena kaya, tapi tidak menjadi terhormat kalau menjadi jujur. Orang dikagumi kalau kaya dan jujur, hilang jujurnya tidak ada yang hilang. Hilang kayanya… semua hilang.

    Kemudian muncul kesadaran bahwa etika diperlukan untuk mengemban tugas ini, karena ternyata agama juga gagal memberikan kualitas manusia yang diharapkan.

    Itu datang dari diri kita sendiri. Menurut saya, ini salah besar. Manusia itu sama dengan segerombolan kambing. Kalau pemimpin ummat dan pemimpin pemerintahan jujur dan patut, maka cahayanya akan cepat menyebar ke seluruh pernik bangsa ini. Sedihlah bangsa yang pemimpin agama dan pemimpin pemerintahannya zalim. Karena cahaya yang keluarnya juga cahaya hitam dan kotor, bukan terang benderang dan menentramkan. Semua?, tentu tidak. Tapi warna sebuah kelompok atau bangsa, atau keluarga, atau sekolah, sangat ditentukan oleh pemimpinnya (bukan oleh pimpinannya = jamak) baik dalam satuan kecil, maupun skala yang lebih besar.
    Kapan ketidakpatutan ini akan berakhir?. Sebentar lagi, when the end of the day is coming….

  29. kasih bocoran soal uan dok pleaseeeeee……
    tolong kirimin ke email ku
    AKU TUNGGU

  30. PlIsZZZZZZZZZ Doank om kasih tau/BoCoRaN ulng umum thn 2007.
    Tolong kirimin ke email ku
    I await
    msyaran@yahoo.co.id

  31. Pleaseeeeeeeeeeeeeee! donk soal uan smp 2007! oke i await

  32. Aslmkm. Saya siswa kelas XII SMA di Bandung. Kalau ada kisi-kisi atau soal IN 2007 mohon kirim ke e-mai saya! Terima Kasih

  33. percuma…sekarang kan soal uan sistemnya a b….klo lw dpt soal bocoran a,,tpi gmana klo pas ujian lw dpt soal b??? kan gak ketauan kan?? drpd gak lulus gara2 gituan…mending lw belajar aja yang rajin!!! bener gak om???

  34. kirim dunk soal prediksi ujian nasional smp + sma, thanks.

  35. ya tp klu ada soal a & b plizzz bgt…coz skrg peraturannya ketat bgt…klu ada kisi @ nya jg boleh..tlg kirim ke e_mail saya ya om …thank”s bgt///,…..

  36. mm… klo ada yang mu kasih bocoran UAN 2007 jurusan IPA daerah Jogja k aku se…fu..fu… dengan senang hati kuterima….

    rada parno juga se ngelita sistem UAN nyang sekarang…
    tapi mu gimana lagi…kita kan idup d negeri ini, sebobrok”nya aturan yang uda dibuat kita mu bisa apa lagi cuba, kita cuma bisa berusaha ngelakuin apa yang kita bisa n dekatin ama Sang Pencipta ;P

    tahun maren sempet se ngerebak modus contek”an pake HP n beli soal…tapi ya itu…
    kita maen taruhan juga…
    maen resiko…

    iya klo bocoran yang d kasi k kita itu beneran itu jawabannya, klo g?prinsip hemat temenku tuw satu saingan tu berharga banget…makanya klo ada orang yang mu masuk fak sama kek dia d PT ntar, uda dia propaganda dari sekarang biar mundur

  37. SMA ngeri ga lulus

    eh eh minta dunk klo ad bocoran soal uan 2007 sma ipa
    minta plssssssssssssss
    kirim ke email g ya mechcomander2002@yahoo.com
    klo ad yg punya jgn plit2 ya 😛 kan kita senasib harus saling membantu hehehehe

  38. TLG DONK KIRIMIN PREDIKSI UAN UNTUK SMA OR SEDERAJATNYA.

  39. gak penting lw ngemis2 buat dpt kisi2 uan!!! hare gene pusin mikirin uan…makanya belajar yang pinter,,

  40. duh..mas, pusying banget ne………………………..
    kenapa seH Hrs da UN???
    kenapa hasil kerja krs qt selama ne sia2 hanya karena klo ntar UN gk lulus.
    Ntu kan gk adil???????????????
    gimana nasib org2 yg bnr2 dah berusaha tuk bljr slm ni n sia2 hanya Krn UN…

    Plzzzzz kasih tau aq dunk kisi2 soal UN SMK…
    kirin ke e-mail q ya,…..
    plzzzzzzzzzzzzzzz bgt

  41. mas saya michael anak islamic…. kemarin say tidak lulus Tryout perih rasanya loh mas padahal tes itu menurut saya masih di kategorikan gampang karena tidak mencakup materi kls2 dan kls 1 secara sepenuhnya n saya minta tolong ama mas tolong kasih tauk gambaran dan predikasi soal agar saya istilahnya bisa bersiap2 untuk menghadapi UAN T_T PLease….

  42. alow mas tlg prediksi unas smp donk!!!!!!!!!!pliiiiiiiiiiiiiiiz

  43. Ni soal UAN Th. 2006/2007nya;

    1+1=…

    Leo maunya yang instan aja sie….
    makanya dari sekarang loe mesti belajar yang rajaiiiiinnnn banget!!!
    Jangan pake cara ilegal.

    Key met berjuang ja…!!!

    Moga kita sama – sama lulus.

    Amin

  44. untuk apa minta soal uan
    untuk apa minta bocoran…….
    untuk apa?????
    itu sma ja kita menjerumuskan diri kita sndiri
    memding kita blajar ja….
    n smbil blajar kita berdoa….
    psti kita sukses d….

    “Setuju ini pelajar yang bener-bener belajar, semangat…!”

  45. Ya Alloh, semoga kami kelas XII dapat diberi kemudahan di UAN nanti. Semoga semua bisa berjalan sesuai harapan kita, LULUS UAN n masuk PTN amien….

  46. hai kalo ada kisi-kisi uan sma 2007 kirimin ke aku y?
    aboy_gelo@yahoo.com

  47. hai smua dah dapat kisi2 blom ? kalo sudah kirimi aku ya.

  48. hi tmn2 gimana kisi2nya kirimin aku dong!

  49. plzzzzzzzzzzz kslh tau

    kisi kis i spmb dan uan 2007

  50. Tolong kirimin kisi-kisi soal-soal UAN dunx….biar semua anak bogor bisa LULUS….tolong kirim ke e-mail qu yuph!!!!Pliiiiizzzzzzzzzz……

  51. plzz kirimin aq kisi2nya soal UN jursn IPS donk..thx ya…krm na ke mail aq ok?thx

  52. kirimin aq jg ya……….!spy nanti qta bs lulus sama”! klo ad yang taw……….kirim ke e-mail aq ya…!anna_ms.lonely@yahoo.co.id

  53. Tolong dong segera kirimi aku Prediksi/kisi2 soal UAN SMA (IPA/IPS) tahun 2007. ke E-mail saya ya.. biar sya bisa lulus ujian kali ini

  54. Please….. kirim soal-soal UN SMP matematika donk!!
    kirim ke e-mail ku yach!!!!!!!!!!!!!!!

  55. Tolong kirim soal UAN 2007 ke hen_she@telkom.net donk…Thank You dah kasih…Tuhan memberkati kamu…

  56. O iya gwa IPA lho…Soal A dan B ya…

  57. woi smuanya klo da yang punya bocoran soal uan bwt wilayah cilegon mnta dunk………….kirim ke imel gw otre………nak banten lulus smua

  58. woi smuanya klo da yang punya bocoran soal uan bwt wilayah cilegon mnta dunk………….kirim ke imel gw otre..satria13_kucing@yahoo.com…….nak banten lulus smua

  59. kirimin aku kisi-kisi UAN SMA donk.. plzzz

  60. Tolong kirimin soal UAN 2007 ke inter_2910@yahoo.co.id donk…Thank You dah ngasih…ya. God Bless You

  61. Om tolong kirimi kisi-kisi soal UN SMA donk, please ke ignore_oem@yahoo.com

  62. Hi guyz… bantu aq lewat doa ya… moga2 bisa ngerjain uan dengan baik dan aq n temen2 aq bisa lulus semua… amen… thankz… GBU All…

  63. Bahasan mengenai ujian nasional untuk sekolah di Indonesia tak akan pernah berhenti. Karena semua dalam masa pendewasaan. Jadi mesti banyak belajar, “berkesperimen” entah try and error apa nggak. Akibatnya banyak korban bergelimpangan… karena ketidaksiapan. Ngomong masalah ujian nasional gak akan habis dah… sulit untuk diluruskan…. kayak benang kusut. Saya tidak akan membicarakan keruwetan benang kusut ujian nasional. Yg saya bahas saat ini adalah potret disebuah sekolah terkait ketidakpatutan penyelenggaraan ujian nasional yg sering terjadi.
    ===========

    IDEM saja…. Saya mendengarkan saja ah….

  64. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  65. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  66. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  67. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  68. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  69. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  70. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]

  71. Soal UAN 2008 akan segera dapat diakses di : uan.uni.cc.
    Ingat,Tidak ada ujian ulang untuk tahun ini.Sebarkan pesan ini ke teman-teman anda
    yang membutuhkan , demi terwujudnya angka kelulusan 100%
    “Komunitas Hecker Indonesia”

  72. […] dan kecurangan tetep saja terjadi di mana-mana. Seperti potret kecil yg saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, bahwa hal2 seperti itu tidak akan bisa dihilangkan. Jika memang berniat untuk memperbaiki sistem […]