Hikmah Penginstallan Stardict – Kamus Offline Smart

Saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam penginstallan kamus yg smart, Stardict. Pertama saya tahu adanya kamus ini secara kebetulan baca tulisan Wadehel yg ia dapat dari tulisan Jay. Tanpa pikir panjang langsung saya turuti langkah-langkahnya dan alhamdulillah saya mendapati masalah… ๐Ÿ™‚

Karena dengan menemui masalah maka kita akan berusaha untuk dapat menyelesaikannya, entah dengan cara bagaimana, bertanya kepada siapa, dengan bahasa apa. Yang penting kita selalu berusaha. Seandainya selama proses penginstallan itu mulus tanpa aral melintang dipastikan saya tidak akan tahu tentang beberapa hal.

Ceritanya seperti yg saya tuliskan pada postingan sebelumnya. Masalahnya adalah hilangnya file *.ifo pada saat peng-ekstrak-an file stardict-quick_eng-ind-2.4.2.tar dan stardict-quick_eng-eng-2.4.2.tar menggunakan software ALZIP andalan saya selama ini. Saya coba lontarkan masalah saya itu kepada pihak2 yg saya anggap berpengalaman karena telah memakai sebelumnya dan juga saya kemukakan di milis Google Group yg ternyata ada rekan yg emang udah malang melintang dalam perkamusan ternyata belum juga membawa hasil juga. Tapi tetep saja berusaha sampai akhirnya install-uninstall berulang-ulang saya lakukan entah sampai berapa kali, sampai akhirnya mendapatkan file *.ifo dari temen yg akhirnya berhasil setelah melakukan pekerjaan install-uninstall lagi.

Kemudian karena hobi saya adalah suka mencoba-coba software baru yg mungkin menyebabkan kacaunya registry OS saya karena keseringan install-uninstall softaware baru itu akhirnya OS tersebut saya habisi, di format ulang dan dipasangi OS lagi hingga terasa fresh kembali.

Kembali akhirnya saya menghadapi masalah penginstallan Stardict pada file yg sama seperti yg saya tuliskan di atas. Akhirnya mencoba untuk melontarkan masalah lagi ke milis google Group lagi cuma masalahnya agak lain. Namun terselesaikan juga. Herannya perlakuan saya sebelumnya tidak mempan untuk diterapkan pada kesempatan kali ini. Akhirnya puas hanya menggunakan Stardict dengan isi translate english to english Longman dictionary dan translate indonesia english.

Suatu ketika mencoba untuk mencari solusi terhadap masalah saya itu, akhirnya saya masuk ke forum yg empunya Stardict. Yah akhirnya masalah saya selama ini karena kesalahan saya terlalu fanatik terhadap software ALZIP yg saya kira tangguh untuk mengekstrak file-file terkompresi. Ternyata saya baru sadari bahwa setiap software pasti memiliki keterbatasan. Ternyata pembongkaran file kamus untuk stardict ini juga akan menghadapi masalah yg sama jika menggunakan software 7-Zip seperti yg dikemukan rekan di forum Stardict itu. Rupanya masalah saya itu selama ini adalah akibat keterbatasan tadi, sehingga file *.ifo tidak bisa muncul yg menyebabkan kamus english-indonesia dan english-english gak bisa dijalankan. Sampai saya disarankan untuk menggunakan Winrar, dan berhasil. Alhamdulillah….

Disini-lah saya mendapatkan ilmu bahwa segala yg fanatik itu tidak akan membawa kebaikan buat diri sendiri, tidak hanya fanatik kepercayaan atau aliran keimanan, tetapi dalam fanatik menggunakan software. Jadi tidak ada untungnya orang yg bersifat fanatik, karena selain menyusahkan diri sendiri juga merepotkan orang lain. Yah seperti tingkah saya itu akhirnya merepotkan diri saya sendiri dan juga merepotkan orang yg saya tumpahi keluhan dan masalah saya itu tadi. hehehehe maaf yah… semoga dibalas Yang Maha Kuasa Untuk Membalas Dengan Kebaikan.

Itulah pengalaman saya dalam rangka memenuhi rasa keingintahuan demi memperoleh kemudahan dalam memahami bahasa orang asing. Bagi anda yang ingin menggunakan Stardict saya sarankan mengunjungi blognya Wadehel atau Jay di atas, karena di sana tersedia langkah-langkah penginstallannya.

4 responses

  1. Kalau kemelekatan pada microsoft windows bisa disebut fanatisme ga ya?

  2. ah…Bisa aja… gak sejauh itu lah, sampai ngasih tambahan isme ๐Ÿ™‚ Toh suatu saat lepas juga dari M$, tungga saatnya saja deh

  3. wah kalo sampai kaya gitu (sampai re-install OS), gak brani aku, “urung nyandak ilmune” ๐Ÿ™‚
    Kok pake fanatisme segala seperti Agama saja…(brani tarohan waktu sampeyan habis buat mikirin software drpada Agama hehehe.) ๐Ÿ™‚

  4. @ kang dhitos
    Sebenernya gak mesti sampai kayak gitu kang… itu karena ketidaktahuan saya saja. Kalo mau tinggal ikuti petunjukknya trus unrar-nya pakai winrar, insyaallah lancar, jangan pakai 7Zip atau Alzip. Komen akhir itu bisa ya dan tidak-lah.