Mailing list dan Forum

Tulisan ini hanya untuk yg baru mengenal internet.

Mau memecahkan masalah atau berbagi pengalaman atau hanya sekedar ingin membaca untuk menambah pengetahuan, ikuti aja millis dan forum2 diskusi. Kita bisa masuk sesuai dengan tema yg kita minati. Mau yg bahasa ndonesia atau bahasa asing tinggal pilih. Caranya dengan register/daftar/join/gabung di milis/forum dan kitapun jadi anggota/member-nya dan siap untuk menjelajah seisi milis/forum. Dengan menjadi anggota/member di suatu forum/milis kita punya hak akses dan menulis/membuat thread, kirim uneg2, atau membantu netter lain dalam menyelesaikan persoalan.

Pengalaman saya terkait dengan komputer dan masalah pendidikan yg semula tidak tahu apa2…sekarang lumayan… tambah terasa bodoh saja. 🙂

Saya sendiri sempat membuat mailing list namun udah lama gak saya urus akhirnya sepi, mungkin nanti-lah. Milis saya emang sangat tidak populis sebab fokusnya terlalu spesifik, pengajaran kimia sma. Saya yakin komunitas guru kimia banyak atau siapa saja yg perduli dengan pendidikan kimia namun mereka enggan atau belum tahu. Maklum pengajar seperti saya yg berkesempatan untuk bisa mendapat akses internet mungkin tidak banyak, atau saya aja yg suka ngeklaim yah…

Jika kita rajin atau mengikuti seperlunya saja sangatlah membantu mengatasi persoalan yg kesehariannya kita geluti atau mendapat pengalaman dari temen lain.

Berikut beberapa milis dan forum yg pernah saya masuki… ( narsis khan… halaaa ben-ae… sopo ngerti ono sing melu lan gelem nambahi info yg baru dan lebih baik)

Yahoo group (berbahasa indonesia):

  1. Pengajaran Kimia –> punya sendiri nih, tapi yaitu tadi masih malas ngurus.
  2. Puskur –> tentang kurikulum
  3. Jasakom-Perjuangan –> komputer tips/triks dan info baru
  4. CFBE –> Pendidikan secara luas
  5. Beasiswa –> info tentang beasiswa dan berbagai pengalaman belajar di luar
  6. Sains –> membahas tentang pendidikan sain dan pengajarannya
  7. Proyek-OOo –>proyek open office.org wong indonesia
  8. Tabloid Rumah –>bahasanberbagai persoalan rumah dan cara mengatasinya
  9. Sky to TV –> Dunia pertelevisian dan parabola
  10. Ujian Nasional –> info seputar ujian nasional
  11. Dikmenjur –> berbagai hal terkait pendidikan menengah kejuruan
  12. Dunia Wirausaha –> belajar dan info wira usaha
  13. Metode Horisontal –> metode berhitung cepat
  14. Kimia Indonesia –> kumpulan komunitas kimia

Google Group (berbahasa indonesia):

  1. Myquran –> keagamaan keseharian
  2. Teknologia –> teknologi pada umumnya dan juga komputer
  3. K-elektronik
  4. Indohacking

Macem-macem:

  1. Kaskus.us –> gado2 semua ada di sini
  2. Forum yogyafree.net –> komputer dan dunia bawah tanah (indonesia)
  3. Forum echo.or.id –> mirip dengan yogyafree.net (indonesia)
  4. Forum Openoffice.org –> pengembangan open office org internasional
  5. ForumEmpire –> komputer dan sekitarnya
  6. Service alat elektronik
  7. 4shared.com
  8. Ubuntu Forums
  9. StarDict.org –> hal ihwal kamus stardict offline yg smart itu
  10. My Quran –>bahasannya tidak sekedar keagamaan tapi juga hal lain (indonesia)
  11. WTalk.org :: Not Your Ordinary Community –> dunia bawah tanah juga

Ok itu saja dulu, untuk temen2 lain yg udah banyak memiliki jam terbang tinggi dan ngikuti berbagai forum/milis/diskusi yg menarik lainnya mohon infonya…

6 responses

  1. mas urip, artikel ini aku grab ke http://smpn5-mlg.sch.id dan http://360.yahoo.com/goeroekoe
    untuk materi pembelajaran murid2 aku
    terima kasih atas kelapangan hatinya untuk membolehkan mencomot artikel ini 😉

  2. @ sam rochman arif

    silahkan saja gak masalah… maaf saya baru cek di spam aksimet ternyata ada comment sampean yg masuk dianggap spam oleh wordpress.com dan baru saya approve tadi pagi.

    Terus barusan saya ketahui dari forumnya wordpress.com bahwa komentar yg mengandung link lebih dari satu itu dianggap spam. Termasuk komentar saya sediri yg ada link-lin-nya juga dianggap spam juga.

  3. forumponsel(dot)com >> Forum Ttg dunia seluler. Rame juga tuh dan nambah ilmu.

  4. tolong tuntun aku masuk kesini dong,aku ga bisa,help me please

  5. Bagaimana caranya menyampaikan pertanyaa di milis agar pertanyaan aku dapat terpampang di dalam group dan dapat dilihat oleh semua orang yang mengakses yahoo group tsb,?serta dapat dilihat oleh member di group itu,?Halo saudaraku sekalian. Ni aku mau tanya. Apa ada aplikasi BRUTUS buat ponsel java? Kalo ada di mana aku bisa mendapatkannya?Bagi saudaraku yang punya jawaban atas pertanyaanku tadi,tolong kirim emailnya,plizzz, alamat emailku abdi.nugroho57@yahoo.co.id ,thx aku tunggu,