Ubuntu = Pikiran-mu Buntu???

Karena tidak mengerti/tidak tahu sama sekali tentang Ubuntu/Linux maka saya lontarkan saja di forum dan milis… karena tulisan saya posting dini hari (karena nunggu sejak sore PLN padam) maka belum satupun yg terjawab oleh member lain. Dan iseng saja saya kopi paste di blog.

Pertanyaan saya:

Antara GUI dan command line di Ubuntu

Saat ini umumnya Linux udah pakai GUI khan…Jadi para pemula (seperti saya yg berniat untuk migrasi) khan tidak mesti perlu tahu perintah2 yg semacam DOS itu.

Bener gak pendapat seperti itu?
Sebab menurut pengalaman saya untuk bisa menggunakan windows dulu …saya BUTA yg namanya DOS, toh enjoy aja pakai windows yg hanya cukup klik sana sini. Tapi emang akhirnya saya paham juga tentang DOS setelah sekian lama makai windows.

Apakah pengalaman saya itu juga bisa berlaku untuk Ubuntu/Linux? Kalau iya… berarti noproblem khan… dan saya segera saja migrasi ke Linux-Ubuntu.

Bagaimana?


Adakah alternatif BeTwin di Ubuntu/linux?
Saya udah pakai BeTwin cukup lama, jika mau migrasi pakai linux/Ubuntu ada gak sih software alternatif pengganti software BeTwin. Tau BeTwin khan…. itu yg untuk kloning PC… sebab di tempatku PC dikloning untuk penghematan biaya… lumayan khan 1 CPU bisa dipakai bersama-sama.
OK ada yg punya info untuk alternatif pengganti BeTwin ini?
Kalo gak ada alternatif… itu berarti mesti mengeluarkan biaya lebih banyak donk…karena mesti beli CPU lagi, sebab sebelumnya khan dikloning.

Pertanyaan tersebut saya lontarkan untuk menyemangati diri dan meyakinkan diri, sebab kiriman CD Ubuntu 6.06 LTS alias “Dapper Drake” dari CANONICAL Netherlands sudah di tangan. Yah lumayan-lah meskipun saat ini Ubuntu 6.10 muncul. Oh ya enaknya lagi 10 CD yg saya pesan tersebut saya terima dengan membayar 7 ribu saja ke pihak POS Indonesia setelah memesannya 3 minggu-an lalu.

Image Hosted by ImageShack.us

Nah bagi yg pingin tahu lebih lanjut tentang Ubuntu ada PANDUAN Ubuntu nih berbahasa Indonesia yang jelas cukup lah untuk mengerti tentang Ubuntu dan cara memakainya. Ini untuk Panduan Ubuntu format PDF (2.3MB). Ini saya temukan setelah saya melontarkan pertanyaan di forum dan milis tadi.

Kalau anda ngerti banyak tentang bahasa inggris bisa tuh mbantuin nerjemahin ke bahasa kita di Launchpad tapi jangan lupa gabung di sini, agar orang Indonesia cepet pinter dan segera demam LINUX/Ubuntu. Sebab gratis dan HOOOALAL.

Nambah Berita:
Bagi yg ingin mendapatkan CD Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu GRATIS

Cara memesan CD-Ubuntu, CD-Kubuntu, CD-Edubuntu

  1. Register dulu di sini
  2. Masuk ke Inbox email sodara
  3. Ikuti (klik) link yg dikirimi dari launchpad itu
  4. Selanjutnya isikan data yg diminta, (email, password) ini digunakan untuk log in.
  5. Pilih salah satu atau klik semua link jika menghendaki semua pada berikut:

#Untuk pesan CD-Ubuntu klik disini (isikan identitas dan alamat lengkap)
#Untuk pesan CD-Kubuntu klik disini (isikan identitas & alamat lengkap)
#Untuk pesan CD-Edbuntu klik disini (isikan identitas & alamat lengkap)

Pilih jumlah CD yg dikehendaki dari pilihan yg ada.

Pastikan mengklik change request sekali lagi, hingga di bagian atas halaman muncul tulisan “Request changed successfully” dengan high light kuning.

Selesai…

Tunggu +- 4 – 6 minggu barang pesanan InsyaAllah akan sampai dan tinggal bayar tagihan pak pos (tenang aja gak mahal paling banter Rp 10.000 untuk semuanya).


(Tulisan ini terakhir diedit 30 Nov 2006 5:53WIB)

18 responses

  1. sepakat ubuntu adalah pikiran buntu hehehehe

  2. Untuk linux sepertinya wajib bisa memakai terminal deh, tidak harus ngerti sih, hanya perlu logika minimal kok, yang penting bisa copy paste perintah2 ke terminal. Karena bagi tukang ngoprek seperti bapak, pasti akan segera bertemu kasus-kasus yang harus dilakukan lewat terminal.

  3. pak, salam kenal sebelumnya,
    saya juga pemaskai betwin. Saya pengan tanya nih dikit, bisa nggak tuh bitwin dijalanin di komputer yang tersambung dengan LAN ?
    ditempat saya kok gak mau yah ?

  4. @ Anang
    O saya gak bilang gitu lho

    @ Wadehel
    Iya deh sudah mulai ngerti khan dah ada panduan Ubuntu meskipun tidak semudah makai yg udah kita pakai selama ini. Udah nyoba nginstall dan ngrasain Ubuntu, tapi sepertinya lebih asyik Kubuntu, cuma nunggu kiriman Canonical lagi sebab sebelumnya gak tahu kalau bisa minta Kubuntu.

    @ Hasbullah
    Yup makasih dah mampir, salam kenal juga…
    Saya udah lama pakai betwin dan bisa saja di pakai di LAN kok. Settingnya gak beda dengan komputer biasa. Sama saja, cuma mencari pengganti betwin ini agak sulit dan lebih ribet settingnya kalau pakai Kwartet.

  5. saya may tanya apakan punya driver printer canon ip1600 untuk linux mandriva ? kalo ada saya bisa download gratis atau bayar ?

  6. Pak guru, sekedar masukan, sepertinya link buat CD Ubuntu gratisnya salah…
    Setelah saya coba, link yang benar adalah sebagai berikut :

    https://shipit.ubuntu.com/

    Saya juga pengen nyoba Ubuntu, soalnya selama ini saya baru nyoba Mandrake, SuSe, XandrOs, Solite (Distro lokal Semarang), Knoppix, DSL, dan Kanotix. Hehe…

    Helgeduelbek: Makasih, maklum sudah gak pernah mengecek lagi. tapi untuk kubuntu dan edubuntu bener khan… Mungkin ada perubahan domain kali, lah seingat saya dulu akhirannya semua dot org.

  7. kebetulan baru nemu nih….

    Multiseat computer with Ubuntu
    http://netpatia.blogspot.com/2006/09/multiseat-computer-with-ubuntu.html

    untuk command2 di linux, bisa aja dengan membiasakan diri dulu di modus grafisnya. nanti secara bertahap mulai belajar command line nya.
    tp klo saya, mulai dari command line dulu. jd skr walau dimodus grafis, tetap aja ada “terminal” selalu tampak di panel 😛

    Helgeduelbek: Mungkin inilah kelemahan kita untuk mengenalkan linux ke pengguna baru. Semestinya gak usah di kenalkan command line. MAlah trauma gak mau pakai linux. Pengalaman saya dulu sewaktu makai windows, dos gak tahu sama sekali, tapi karena suatu ketika perlu maka pembelajaran berlangsung dengan sendirinya. Sekarang udah paham dos tanpa trauma dengan dos.

  8. Saya juga pertama serius belajar Linux dari command line dulu, hehe… waktu itu sih pengen kelihatan keren kayak hacker gitu kalo pas dilihat temen-temen di kampus. Dan belajar command line juga gampang kok, bahkan menurut saya jauh lebih mudah dinalar daripada command2 di DOS. Meskipun sekarang saya belum hapal semua command di konsole Linux…

  9. Mungkin ketinggalan komentarnya…
    Sebenarnya mo tanya (jawabnya pake japri juga gak papa), mengapa Anda milih pake ubuntu?

    Selama ini saya pake serial mandrake (8, 9.1, 10.1, dan terakhir 2006).
    Tapi kok kayaknya ada demam ubuntu, what the heaven is going on? Jadi agak tertarik (sebenarnya lebih tertarik edubuntu-nya..istri saya guru TK), tapi saya lihat di distrowatch kok komponennya ubuntu tidak lebih lengkap dari distro lain.
    Terimakasih atas jawabannya

  10. Adakah yang tau dimana bisa saya download BeTwin & cracknya ^_^. Tertarik pingin nyoba ni

  11. Pak tolong kasih tau donk. Gimana caranya me-reset printer canon. Saya bingung gimana caranya. Printernya sebagai berikut Pak :
    1. Canon IP1000
    2. Canon IP1500
    3. Canon IP1600
    dah itu aja pak. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Pak.

  12. kalo ip1500, ngeresnya .. eh nge-resetnya :
    dalam kondisi on, tombol power ditekan (jangan dilepas) sambil melepas kabel power untuk beberapa saat (jangan sampe 1 tahun), lalu kabel power dipasang kembali, baru tombol power dilepas.
    Setelah itu tombol power ditekan (untuk menghidupkan printer). Cara ini udah dipake hampir 8 bulanan dan sukses, cuman belum pernah dicoba buat ip1000 dan 1600.

  13. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Vandoyo yang sudah memberikan tanggapan atas pernyataan saya tanggal 29 Maret 2007. Thanx ya Pak.

  14. Pak, gimana cara mendapatkan panduan belajar Ubuntu atau Kubuntu yang menggunakan format PDF ya Pak? Saya sekarang lagi antusias belajar OS tersebut lo Pak. Mungkin Bapak bisa bantu. Sebelumnya diucapkan terima kasih banyak.

  15. tanks atas infonya saya jadi bisa memesan cd ubuntu lewat shipit

  16. ubuntu fiturnya masih terlalu sedikit,,

    saya bingung waktu uda nginstall os nya.,,

    ni mau diapain,,

    bdw klu mau pesen gratis ko,,

    q malah tanpa biaya pengiriman,,

    tapi lama banget,,2 bulan lah,,

    baca aja artikel q,:)

  17. mas saya mau tanya gimana setting monitor ke 3 da ke 4 di betwin, koq di device managernya tanda pentung terus yah padahal klo jadi dua monitor aja ga da masalah, thanks yah

  18. Info menarik. Mohon maaf apabila ada yang membutuhkan VGA PCI 32mb bisa kontak email saya pak.hanung@gmail.com terima kasih