Melongok Kampoeng Halaman Dengan Google Earth

Lama tidak pernah pulang ke kampung halaman, tempat kelahiran saya. Rindu juga dengan tempat-tempat di mana dulu bermain riang dengan teman sepermainan. Di sebuah desa kecil, Desa Tanjungan yang masuk dalam Kecamatan Kemlagi, terletak di bagian barat laut Kabupaten Mojokerto Propinsi Jawa Timur yang saya tinggalkan ketika berpindah ke Kalimantan Timur tahun 1987.

Kampoeng KelahiranKoe

Dengan Google Earth kerinduan itu sedikit terobati. Saya bisa melihat kampung dari atas ketinggian tertentu, meskipun hanya terlihat atap-atap rumah saja, tapi cukup jelas. Rumah saudara-saudara yg masih menetap disana pun terlihat. Terlihat pula sebuah chekdam kebanggaan desa saat itu. Bahkan sewaktu masih kecil kami sangat riang gembira bermain, berenang-renang di chekdam (waduk/bendungan air) setelah menunaikan kewajiban untuk mencari rumput untuk pakan ternak yg kami pelihara. Sayang pada saat terakhir saya berkunjung pada bulan Januari 2004 waduk itu tidak terurus lagi dengan baik. Dulu waduk itu sangat asri bahkan dijadikan tempat wisata yg cukup ramai dan dikenal oleh masyarakat Mojokerto dan sekitarnya. Pada image di atas letak waduk tidak nampak karena letaknya di sebelah utara desa dan cukup jauh.

Image Hosted by ImageShack.us

Palangkaraya Kalteng

Empat tahun menetap di Kaltim untuk menyeleaikan SMP dan SMA tepatnya di Penajam Pasir Utara (dulu sering disebut Balikpapan Seberang) yang merupakan wilayah pemekatan Kab. Tanah Grogot. Selanjut Berpindah ke Kalteng untuk studi lanjut dan Alhamdulillah 1995 kuliah selesai. Jadi hitungannya menetap di Palangkaraya selama 6 tahunan. Berikutnya lagi kerja di wilayah lain tetapi masih di wilayah Kalteng.

Tempat tinggal sementara di Kotabaru Yogyakarta

Saya juga pernah tinggal di Yogyakarta dan belajar di sana pada tahun 2003. Tinggal bersama orang tua dari istri saya, tepatnya dalam kompleks Rumah Sakit tentara (DKT) yang letaknya persis dibelakang kampus UKDW Yogyakarta. Dengan Google Earth pun saya bisa melongok tempat tinggal, kampus, dan juga saentero kota Yogyakarta yg cukup nyaman itu.

Pulau Borneo Tempat Tinggal Sekarang

Namun sayangnya detail wilayah untuk pulau Kalimantan di mana saya tinggal dan bekerja sampai saat ini tidak cukup jelas terlihat dengan Google Earth itu.

19 responses

  1. matur suwun mas, sudah maen ke blog saya…
    kalo kangen ama jogja teko wae mas, ta enteni 🙂
    saiki perubahan ne wes akeh.
    btw saya bukan dari jogja, jadi mohon maaf kalo jawa nya agak kasar, dan ngawur 🙂

  2. @ black_hack
    🙂 Maunya gitu datang ke yogya dan juga pengen melihat perubahanne tapi belum ada kesempatan lah wong saya ada diseberang pulau je… itupun kalau ada pas liburan. Saya juga bukan orang jogja aseli kok, podo ae.

  3. kangen ma kampung halaman … hmmm … kangan masakan mama …

  4. wah sering liwat kemlagi saya kalo pulang kampung……… tak dolani ya…

  5. Loh Cak Anang emangnya asli dan asalnya dari mana se? Sayang nih saya sendiri jarang ke Joker-Jatim, sebab ortu di Sepaku Kab. PPU Kaltim.

  6. wah mas ternyata arek jatim pisan ta?
    salam kenal mas

  7. omahku Trenggalek dan kalo pulang mesti lewat kemlagi.. – ploso – lengkong – kediri – trenggalek.. gituh

  8. @laks
    Iya tapi sekarang gak begitu kenal dengan jatim… jarang pulang kalau pun pulang gak bisa lama. Ok lam kenal kembali Cak.

    @Anang
    Ooo gitu…sambil nyusuri Brantas yo

  9. Pak urip ortunya di Sepaku berapa? Saya juga punya teman namanya Urip di Sepaku II Patok 8. Apa bener sampeyan?

  10. Wah Jusuf sapa nih yah… Jusuf Wibisono itu yah… Kalao yah.. bener itu saya. Gimana kabarnya dan dimana sekarang?

  11. Pak Urip, bukan Yusuf Wibisono, boleh dilihat di salah satu nama di web ini.

  12. saya sudah coba lihat kampung saya di google earth tapi ya gak terlalu jelas juga, eh malah kesasar :))

  13. wah asyik juga ya bisa liat kampung halaman dari ATAS.
    saya jg pernah baca2 artikelnya, tp belum pernah coba, tolong dong ajarin gimana caranya, mungkin banyak jg pengunjung yg pingin.
    syukur2 bisa di kirim ke email saya….
    makasih sebelumnya, and bravo buat blognya, sangat informatif.

    agung – solo

    Helgeduelbek: Download google earth yg free dari sini, kemudian jalankan komputer dengan terhubung ke internet, selamat mencari lokasi yg di kehendaki, semoga beruntung, karena tidak semua wilayah tersorot dengan jelas.

  14. sama…aku jg selama ini kalo rindu kampung halaman juga memanfaatkan ‘jasa’ google earth…
    BTW saya juga sama2 kang guru nih…dulu saya juga prnh d UNY cm bedanya sy S1 nya…
    Sekarang sy jg lg merantau demi pribadi dan semoga insya Alloh jg ada hasil perantauan saya ada sdkt manfaatnya utk pendidikan d daerah saya nantinya…

    Pokoke….Bravo Pak HelgeDuelbeK…
    semoga dengan banyaknya guru2 yg kreatif seperti Anda, masa depan pendidikan kita akan berkembang …
    salam kenal deKing…Jogja (dulunya dan insya Alloh nanti juga akan kembali ke Jogja)
    (maaf saya hanyalah perantau yg suka singgah d bbrp tempat sedangkan saya sendiri belum berencana punya ‘pelabuhan’ sendiri…blog sendiri)

    Helgeduelbek: Wadoo, ndang nge-blog dab… biar komunikasi via tulisan lancar, emang dimana nih?

  15. Hello people8bbfb7269c2fc501eb8f0353b30805de

  16. kangen ama kalimantan??
    buka aja blog saya.pasti bisa mengobati kerinduannya.
    karena di blog saya itu byk foto n info ttg kalimantan, khususnya pariwisata nya.saya tunggu ya….

  17. Misi Mas…, gmn ya mas cara menandai bangunan yg sudah kita kenali/memberi Placemark. Saya hanya bisa menandai dengan pin paku itu loo..
    Tapi gmn seperti yg lainnya hanya tanda nokta/kotak kecil putih

  18. Klu mau nambah tempat gimana ya?