Alasan Pilih Theme (Tema) Tertentu

Yang pertama karena banyak pilihan. Setiap theme yang ditawarkan wp.com pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Dan ini sudah pasti subyektif. Setiap ada yang baru pasti ingin merasakan “sensasi”-nya. Hampir semua theme yg tersedia sudah pernah saya coba.

Simpla adalah yang saat ini dipakai (08 Desember 2006) rasanya lumayan srek dengan sensasi minimalis. Tapi mungkin nanti berubah lagi tergantung mood.

Yang paling sy suka dari Simpla adalah pilihan warna pada judulnya itu soft banget pas dengan selesera saya (kayak iklan honda oleh sibutet dari yogya). Jarak antar postingan cukupan tidak terkesan rapat dan ramai, jadi terlihat terkelompokkan dan tentu rapi jali.

Cuman sayang ukuran font untuk tanggal dan bulannya… teramat gede, jadi terkesan bersaing dengan headline-nya. Model font sebenarnya saya suka Verdana karena tingkat keterbacaannya sangat tinggi dibandingkan standar bawaannya simpla. Sebenarnya sih bisa saja diganti cuman agak ribet karena CSS tidak diijinkan untuk WP.com yg gratis ini. Yo wis apa adanya.

Terus sidebarnya tertata rapi dengan dibantu garis pembatas, sebenarnya gaya sidebar yg ku-favorit-kan adalah standar bawaan theme Thirteen.

Barusan muncul theme Fadtastic… cool habis dah, apalagi ada foot-bar (di bagian dasarnya) dengan warna2 yg cocok dengan seleraku. Tapi sayangnya Postingan yg di pampang adalah hanya postingan akhir sisanya hanya headlinenya saja. Padahal pembaca khan setidaknya ingin tahu sedikit apa sebenarnya isi postingannya. Kemudian yg kurang dari Fadtastic adalah terlalu sempitnya kolom postingan, karena hampir separoh lebar kolom di isi oleh sidebar ganda.

7 responses

  1. saya awalnya suka 3 kolom, terus ganti 2 kolom
    skrg balik lagi ke 3 kolom, tapi ada bottom barnya

  2. Saya pengen ganti theme, tapi apa ya? Hmmm… ada saran?

  3. aku juga pengen ganti theme, yang header nya ditambih links kayak cring punyanya mas (misal–> home, profil, atau lain2) gmana ya mas…
    suwun

  4. @ Luthfi & Wadehel
    Rasanya masih belum ada yang sesuai selera dari theme yg tersedia. Katanya sih kita bisa request tuh… cuma mesti didukung banyak blogger dari yg ditawarkan… atau malah kita yg menawarkan. Saya coba ajukan pertanyaan di forum ini

    @ khuclukz
    Pilih aja theme yang menyediakan customasi semacam itu, masuk presentasi >> theme. Kalau seperti itu biasanya kita bikin halaman baru, maka otomatis menu semcam itu akan muncul kok. Tentu tidak semua theme menyediakan, makanya kita perlu pilih.

  5. […] Kimia (dan TIK) Urip aka (yang terkenal) dengan HelgeDuelbeK (moga gak salah ketik..) yang berjudul Alasan Pilih Theme (Tema) Tertentu di WordPress, Tips-Trik Ngeblog (Do-Blog) di WordPress.com tuk Pemula, dan tulisan dari Wadehel […]

  6. Di blogger.com, bisa otak atik CSS termasuk HTML di blospot lama, XML diblogger baru …

    Cocok bagi yang suka eksperimen sama CSS dan XML.