Ikatan Kimia Cinta

Ikatan cinta kimia atau ikatan kimia cinta yah yg tepat? Tulisan ini agak relevan dengan bahasan yang lagi INN akhir-akhir ini (poligaminya AA Gym dan perselingkuhan YZ dan ME itu). Bukan-nya mau ikut-ikutan sih. Jika pembaca sedikit paham tentang kimia ini akan sangat menarik untuk dibaca. Menurut saya isinya bagus, kreatif maka saya letakkan di blog untuk berbagi, untuk dinikmati bersama. Dan mungkin ini ada rekan lain bisa bikin semacam itu?

Ini adalah hasil kopi paste dari forum kimia upi…. e…alah…. kopi-pas-teh toh?! wis gak popo sing penting terhibur. 🙂

Telah ditemukan ikatan kimia baru. Lebih kuat daripada ikatan kovalen, ikatan hidrogen, bahkan ikatan ionik. Kalau atom Lk dengan Wn sudah berikatan kimia cinta, walaupun jarak antar atomya berjauhan bahkan ratusan kilometer lintas kota lintas benua, ikatannya tetap terasa dan sulit dipisahkan antar keduanya. Hal ini tidak bisa dijelaskan oleh hukum mekanika Newton bahkan mekanika kuantum sekalipun. Menurut hukum gaya elektrostastik besarnya gaya tarik antar partikel berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar partikel. Tetapi pada ikatan kimia cinta, jarak partikel tidak mempengaruhi besarnya gaya tarik antar partikel.

Atom Lk kerap kali mengirimkan foton dengan panjang gelombang tertentu, sehingga atom Wn tergetar dan tereksitasi dari keadaan normalnya. Ketika berdekatan dengan atom Wn, inti atom Lk berdegub kencang serasa ingin meluruh dan gemetaran sehingga membebaskan sejumlah radiasi sinar gamma. Padahal atom Wn hanya melintas sesaat.

Pada situasi dan kondisi tertentu diperlukan suatu katalis sebagai mak comblang untuk menyatukan atom Lk dan Wn yang malu-malu.

Kalau atom Wn sudah resmi menerima atom Lk sebagai calon pasangan untuk membentuk sebuah molekul rumah tangga, berarti tinggal satu tahap mekanisme reaksi lagi agar reaksi selesai.

Tahap selanjutnya adalah proses yang yang sangat menentukan laju reaksi. Keluarga isotop atom Lk akan bersama-sama menuju kediaman keluarga isotop atom Wn. Setelah proses serah terima elektron sebagai maskawin selesai dan penyatuan keduanya oleh secara resmi oleh penghulu partikel. Maka, Lk dan Wn sudah berikatan kimia cinta. Keduanya akan berikatan selamanya sampai akhir hayat, ketika waktu paruh mereka berdua telah mencapai limit tak hingga.

Akan tetapi, sebelum habis meluruh, keduanya akan membentuk kompleks teraktivasi, sehingga tercipta sebuah partikel baru yaitu, Lk junior dan Wn junior.
Mekanisme pembentukan ikatan cinta ini belaku untuk setiap isotop Lk dan Wn lainnya, sehingga selalu ada keberlangsungan generasi.

Gimana…. masih mau lanjut ada sambungannya nih….

Kali ini akan dijelaskan mengenai mekanisme reaksinya, karena pada thread sebelumnya kayanya reaksi pembentukan senyawa LkWn tidak sesederhana penjelasan itu, karena pada kenyataannya jarak (bahkan ketika tidak ada jarak sekalipun) banyak hal yang dapat mempengeruhi pada kekuatan ikatan pada molekul LkWn. terutama jika ada interferensi dari ion Lk ato ion Wn lain yang memiliki spektrum energi atraktif yang lebih tinggi dan foton (bermuatan materi) yang lebih banyak.

Bahkan untuk molekul LkWn yang sudah terbentuk dengan stabil dan telah menghasilkan derivat dan memiliki waktu paruh yang lama pun masih bisa dipengaruhi oleh interferensi tersebut.

Sehingga bukan tidak mungkin atom Lk yang pada keadaan normal bervalensi satu akan menggunakan valensi diatasnya untuk mengikat 2 atau lebih atom Wn (baca: nyandung) membentuk senyawa poligami yang merupakan hasil dari proses nyandungisasi, yaitu Lk(Wn)2, Lk(Wn)3 dst, senyawa kompleks LkWn atau polimer LkWn dengan kompleksitas permasalahannya.

Atau secara empiris dapat ditulis dengan Lk(Wn)x, dimana x merupakan bilangan bulat antara 1 sampai dengan tak terhingga. hal ini sangat memungkinkan terjadi, karena dibeberapa institusi hukum pp-10 sudah tidak dipakai lagi karena sudah dianggap tidak relevan.

Meskipun x tidak terhingga, valensi atom Lk yang banyak ditemukan adalah 1 atau 2. di alam, pada keadaan normal sukar sekali menemukan atom Lk yang bervalensi 3, 4 atau diatasnya. tetapi menurut jurnal jawa pos yang saya baca minggu lalu, di sragen-solo telah ditemukan atom Lk yang bervalensi 12 dalam bentuk senyawa Lk(Wn)12. setelah diamati oleh para ahli ternyata atom Lk trsebut pada spektrumnya jika diamati panjang gelombangnya memang memiliki lamda diatas 900 A° (mendekati infra merah, sehingga memiliki energi tinggi), dan jika diamati muatannya ternyata memiliki foton (materi) yang banyak juga.

pada keadaan STP (ideal) reaksi normal antara atom Lk dan atom Wn adalah sbb:

Lk + Wn —– LkWn
LkWn —– Lk(Jr) dan/atau Wn(Jr)

tapi berdasarkan tingkatan energi ikatan, jika kita asumsikan ikatan antara atom Lk dan atom Wn pada pembentukan molekul LkWn adalah ikatan sigma yang terbentuk dari proses meritisasi, kemudian ikatan pi adalah ikatan siri, dan ikatan n adalah ikatan sephia, dimana ikatan pi dan ikatan n terbentuk dari proses selingkuhisasi, maka hasil reaksi antara atom Lk dan atom Wn dengan interferensi dari ion Lk+, ion Wn- dan radikal bebas Lk° atau Wn° kemungkinan akan menghasilkan senyawa anomali, yaitu :

Lk + Wn + interferensi ion Wn- —– Lk(Wn)x
atau
Lk + Wn + interferensi ion Lk+ —– (Lk)yWn
atau
Lk + Wn + interferensi ion Lk+ dan Wn- —– (Lk)y(Wn)x
atau
Lk + Wn + interferensi ion Lk+ dan Wn- —– [(Lk)y(Wn)x]z
atau
Lk + Wn + dengan/tanpa interferensi ion Lk+ dan Wn- —– Lk° + Wn°
atau
Lk + Wn + dengan/tanpa interferensi ion Lk+ dan Wn- —– (Lk)2 + (Wn)2 ==> ini yang bahaya… cheesy cheesy cheesy

keterangan :
x = valensi atom Lk
y = valensi atom Wn
z = jumlah “mer” dari polimer LkWn
(dimana x, y, z adalah bilangan bulat random)
Lk° dan Wn° = radikal atom jomblo
LkWn = senyawa monogami
Lk(Wn)x = senyawa poligami
(Lk)yWn = senyawa poliandri
(Lk)y(Wn)x = senyawa kompleks LkWn
[(Lk)y(Wn)x]z = senyawa polimer LkWn
nyandung = memiliki pasangan lebih dari satu, bisa poligami atau poliandri

Tahapan/mekanisme reaksinya adalah sbb:

a. Reaksi Normal

1. eksitasi
atom Lk dan atom Wn sejalan dengan waktu paruhnya (biasanya 17 – 40 tahun) akan melepaskan satu elektron dari pasangan elektronnya menjadi tereksitasi dari ground-state ke excited state sehingga keduanya akan mengalami exciting membentuk ion Lk+ dan ion Wn-

Lk —– Lk+
Wn —– Wn-

2. interaksi
ion Lk+ dan ion Wn- yang sedang exciting akan saling mendekati dan membentuk senyawa dengan ikatan sigma LkWn melalui proses meritisasi dengan/tanpa katalis comblang.

Lk+ + Wn- —– LkWn

3. derivatisasi
susah jelasin teknisnya, pokoknya reaksinya akan menghasilkan atom Lk junior dan/atau Wn junior yang masih labil.

LkWn —– Lk(Jr) dan/atau Wn(Jr)

4. siklisasi
atom Lk(Jr) dan Wn(Jr) yang masih labil pada waktu paruh 17 akan matang dan mengalami eksitasi sehingga reaksi berulang membentuk siklus reaksi looping dari reaksi tahap 1 sampai tahap 4.

Lk(Jr) —– Lk
Wn(Jr) —– Wn

b. reaksi anomali

5. centilisasi
ion Lk+ atau Wn- yang belum juga bereaksi mengalami over-exciting karena kelamaan tereksitasi sehingga mengalami centilisasi, yaitu tereksitasi dari keadaan excited-state ke centil-state.

Lk+ —– Lk*
Wn- —– Wn*

6. interferensi
molekul LkWn yang sudah terbentuk disadari atau tidak, diakui atau tidak dan disengaja atau tidak, akan mengalami interferensi dari ion Lk* atau ion Wn* yang over-exciting.

6.1 proses pembentukan senyawa poligami
atom Lk pada molekul LkWn akan menyisihkan/mengalihkan (bukan melepasan) foton atau mencari foton tambahan. jika tidak kuat atom Lk akan mengalami kelebihan foton bebas atau lone-pair foton (emang ada?) sehingga mengalami proses centilisasi membentuk LkWn tercentilkan.

LkWn + foton —– *LkWn

molekul LkWn tercentilkan bereaksi dengan ion Wn over-exciting membentuk senyawa Lk(Wn)2 dengan bentuk ikatan sigma-sigma atau sigma-pi atau sigma-n. reaksi 5.1 ini akan looping sampai membentuk senyawa Lk(Wn)x, dimana x bilangan bulat dan tak terhingga.

6.2 proses pembentukan senyawa poliandri
atom Wn pada molekul LkWn melepaskan emisi centil berlebihan. jika tidak kuat atom Wn akan mengalami kelebihan elektron bebas atau lone-pair electron sehingga mengalami proses centilisasi membentuk LkWn tercentilkan.

LkWn —– LkWn*

molekul LkWn tercentilkan bereaksi dengan ion Lk* over-exciting membentuk senyawa (Lk)2Wn dengan bentuk ikatan sigma-n. reaksi 5.2 ini akan looping sampai membentuk senyawa (Lk)yWn, dimana y bilangan bulat dan tak terhingga.

7. polimerisasi
proses polimerisasi adalah proses gabungan antara proses poligami dan proses poliandri. reaksi dapat berjalan secara paralel maupun seri. reaksi terjadi antara sesama LkWn tercentilkan, dimana Lk tercentilkan akan berikatan n dengan Wn tercentilkan membentuk polimer [(Lk)y(Wn)x]z.

*LkWn* + *LkWn* + *LkWn* dst —– *Lk-Wn-Lk-Wn-Lk-Wn* dst

kemungkinan ikatan yang ada pada senyawa poligami adalah ikatan sigma, ikatan pi dan ikatan n. sedangkan kemungkinan ikatan yang ada pada senyawa poligami adalah ikatan sigma dan ikatan n, karena hampir tidak mungkin atom Wn memiliki dua atau lebih ikatan sigma. bentuk kristal senyawa kompleks dan senyawa polimer LkWn adalah amorf, karena valensi Lk (x), valensi Wn (y) dan jumlah mer (z) bisa berapa saja.

8. teu-puguhisasi
belum ada teori mendukung yang bisa menjelaskan kenapa proses teu-puguhisasi ini bisa berlangsung. karena ion Lk+ dan Wn- tidak membentuk senyawa hetero atom LkWn, tetapi membentuk senyawa homo atom.

2Lk+ + 2Wn- —– (Lk)2 + (Wn)2

Konklusi :
1. kalo waktu paruh dan foton dah cukup sebaiknya gancang merit.
2. atom Lk dan Wn pada molekul LkWn harus selalu berada dalam kondisi proses percayaisasi.

Capek dah kalau mbaca semua-nya… tapi asyik aja bagi yg ngerti 🙂 .

Sumber :

http://forum.upi.edu/v2/index.php?topic=755.0 http://forum.upi.edu/v2/index.php?topic=1547.0

Iklan

12 responses

  1. Kalau dulu guru saya mengajar seperti ini, mungkin nilai saya dulu ga bakalan jeblog jeblog amat ya.. 🙂

  2. Cukup Kreatif juga anak kimia UPI, apa anda salah satu korban dari ikatan kimia cinta???sebenarnya saya merupakan salah satu korban ikatan kimia cinta, memang sih banyak sekali terjadi ikatan kimia cinta di kimia UPI, entah kenapa, mungkin karena selalu bersama baik dalam kuliah+praktikum yang super sibuk, di tambah lagi kegiatan di HMK, jadi mungkin mata ini ga sempat lihat dunia lain yang ada di sekelilingnya…., Baru-baru ini tepatnya minggu kemarin telah terjadi lagi ikatan kimia cinta UPI yaitu teman kita Priangga S (kimia non-dik 99)dengan Maula Eka (kimia non-dik 00), tapi yang saya rasakan sampai saat ini hapy fun saja menjalani ikatan kimia cinta.

    Helgeduelbek: 😀 kok tahu?!! tapi bukan di UPI, dan bukan antar mahasiswa kimia tapi dengan mahasiswi lain yg kebetulan belajar kimia, dilab saya yg bimbing praktikum. Selamat saja yang sudah menemukan pasangannya melalui ikatan cinta kimia. 🙂

  3. Sangat kreatif dan saya kagum sekali. setelah mbaca ada juga gelitik untuk komentar kok Lk menjadi ion positif dan Wn menjadi ion negatif (ini perlu kesepakatan dahulu kayanya), kemudian ada juga loh elemen Lk dan Wn yang tidak pernah tereksitasi sehingga tetap stabil he..he..he..dan yang terakhir sedang diusahakan oleh semua scientis adanya sebuah Teori yang bisa menjelaskan seluruh fenomena di Alam semesta ini…semoga berhasil dan pendekatan yang dipake adalah pertukaran dan konversi energi tentunya.

    Helgeduelbek: Yah dia mahasiswa tulen makanya kreatif. Kalau ada unsur Lk dan Wn yg tidak pernah bisa tereksitasi itu penyimpangan kali 🙂

  4. Wah..wah…keren ini ceritanya, makasi ya om boleh bagi2 cerita ini 🙂

  5. Wah asyik bgt yach.. klo blajar Q-3A pake pendekatan seperti ini..
    besok murid2 ku bakal tak ajarin “ikatan Cinta Kimia” ah… biar Semangat blajar…. 🙂

  6. Wah keren bgt…. asyeeek bgt ni..
    coba klo dulu pas aku skul ngajar kimianya kayak gini.. seru kalii yee..
    beok murid2 ku aku ajarin “ikatan Kimia Cinta” biar pada Semangat Blajar…. 🙂

  7. apakah Lk dan Wn berbagi elektron pak?
    masing2 punya elektron valensi berapa?
    zat radioaktif kah?
    atau justru lebih kuat dari radioaktif?

    wah, pasti radiasinya melebihi radiasi gamma

    ketika radiasi gamma tidak bakal mungkin dihilangkan,
    tapi masih bisa dikurangi
    mungkin radiasi dari molekul (ups!ada ya?)ini tidak dapat dihilangkan atau dikurangi sekalipun

    *wwwh kirain nemu ikatan baru beneran pak…*

  8. pxw9v1lto5jognem world snooker championship 2005 world snooker championship 2005

  9. huahahaha…
    lk=laki2 yah
    wn=wanita
    kok bisa dibuat seperti itu sih
    prof dari mana tuh yg buat rumusnya ?:D

  10. ha.ha.. TOP BGT keren deh..
    lam kenal yach.

  11. wah asyiiiiik banget pelajaran kimianya ni??? cocok banget ……..

    pak tolong saya ….

    saya kirimkan artikel tentang bab ikatan-ikatan kimia tapi yang ada cinta cinta juga biar enak bacanya