Membuat "Kancing" Instan

Button kalo kita lihat di kamus Inggris-Indonesia punya John M Echols & Hassan Shadily punya arti: 1. kancing (biasa untuk baju) 2. tombol, kenop. Kalo di bahasanya komputer tentu yg pas arti ke dua.

Emang bentuknya kecil, tapi manfaatnya besar seperti kancing baju itu. Kalo gak pengalaman nggambar pasti repot juga khan. Mesti buka pengolah grafis, bikin gambar, upload ke file hosting generate code kopi paste dan seterusnya. Ada cara yang praktis nih…

Semalam saya mencoba buat dengan corel draw dan photosop malah ribet. Akhirnya nyari alternatif bikin button yg cepat lewat button maker. Kalo mau coba cari aja dengan google pakai kata kunci button maker. Tinggal pilih saja.

Kebetulan saya sudah coba bikin button dan . Tidak lebih dari 1 menit untuk 1 button. Saya pakai Brillian Button Maker hasilnya bisa dilihat khan… Web ini tampilan antar mukanya sangat mudah dipahami.

Yang jelas prosesnya instan banget, tinggal masukkan kata, pilih opsi dan klik create jadi dah. Ukuran tombolnya emang standart yaitu 80×15 pixel. Selain itu kita juga bisa insert image yang selanjutnya akan di resize secara otomatis untuk dipampang di button. Ini mungkin yg tidak banyak dimiliki situs pembuat button lain.

Mau bikin tombol sebagai pintasan tapi tidak mau hanya text link saja cara ini bisa dicoba. Setelah klik create ada tawaran untuk menyimpan button itu mau di simpan di hardisk atau via email. Asyiknya lagi image tombol yang kita buat itu bisa disimpan di imagehack.us secara langsung dan sekaligus ditampakkan linknya. Jadi tinggal kopi paste untuk bisa ditempatkan di situs.

Silahkan coba jika tertarik, atau ada alternatif lain yg jauh lebih mudah… ayo dishare???!

8 responses

  1. Satu kancing berapa kilo? Sepuluh kancing? Boros benwit tidak ya?

  2. >> Wadehel
    Mungkin gak-lah kalo boros 1 button = 0,3 KB untuk yg standar (80x15px)
    seperti yg saya buat, jadi kalo dikalikan 100 kancing = 30 kilo-an 🙂

  3. […] Sebenarnya saya lebih suka menyebutnya colekan, karena memang bisa dicolek-colek (ceritanya pake layar colek). Tapi menurut Pak Helgeduelbek dan banyak blogger lain, benda itu namanya tombol. Jadi demi perdamaian dunia, saya ikut menyebutnya tombol. Bicara soal tombol, saya sudah memasangnya beberapa di blog ini. […]

  4. blog of the day itu buat apa ya?
    *nada pengin detected*

  5. \\om7ack
    Oh itu fasilitasnya wordpress.com untuk melihat 100 Top blog selama 24 jam terakhir.

  6. Saya kira kang Petruk mencoba alat atau formula untuk membuat kancing / benik yang bekerja secara otomatis je. Eh … ternyata ‘kancing’ alias button atau tombol to … Harap maklum karena saya ini eksperimenter ban barusan posting tentang alat-alat otomatis gitu loh …

  7. Yhanks youb66cd83684825ee31a819acd19cd9759

  8. susah-susah gampang….