Blog = Cring (Dalam Bahasa Indonesia)???

Lihat tulisan Cring di bagian atas blog ini khan (sewaktu pakai theme K2-Lite)? Apa coba artinya? Penasaran saya terhadap makna kata itu. Serasa asing di telinga saya. Setelah saya cari maknanya tidak ketemu.

Tapi ada tulisan tentang kata ini, entah benar atau tidak, sebab sepertinya kurang serius membahasnya. Katanya cring singkatan catatan jejaring. Dan wordpress pun mengadopsinya (pada theme tertentu untuk pemakai berbahasa Indonesia).

Jika default bahasa (pada menu pilihan dashboard) diubah ke bahasa inggris tulisan cring itu berubah menjadi blog. Kalau begitu bisa disimpulkan cring = blog? Jadi kalau itu benar, jika kita menulis kalimat “mari kita nge-blog” bisa diganti “mari kita nge-cring” ๐Ÿ˜€ lucu deh kedengarannya. Kategori “do-blog” saya itu perlu diganti “membuat cring”.

Semestinya setiap kata asing yang sudah familiar di telingga gak usahlah diterjemahkan. Apalagi kalau kata cring itu hasil penyingkatan kata “catatan jejaring”. Malah akan menjadi lucu. Atau para ahli bahasa kita emang suka melucu yah?

Jika diklik tombol cring itu kita dibawa menuju halaman awal dari blog itu. Jadi mungkin itu sama dengan tombol home lah…

Ada yang bisa menjelaskan tentang kata cring ini dengan meyakinkan…?

13 responses

  1. cring itu kedengarannya seperti suara koin ramerame di dalam dompet lalu dibawa-bawa..
    atau gantungan kunci dengan lonceng (itu klining ya?)..
    atau
    atau
    atau suara yang ditimbulkan para gantungan kunci besi di tas gebetan saya :D!
    ………

    jangan dibuat jadi cring, ah. nanti saya tidak bisa menyebutnya dengan baik (cadel).

  2. Hahahahaha, soal bahasa memang mengasyikkan, selalu ada tarik-menarik. Mau cring atau blog, itu tergantung pada “tingkat keberterimaan”.

    Salam cring!

    (seorang cringer eh pengecring)

  3. Hihihi… kalo begitu, blogger = cringer?
    Salam dari sesama cringer.. ๐Ÿ™‚

    Btw soal layanan blog gratis, masing2 punya kelebihan dan kekurangan. Tapi kalo menurut saya sih blogger.com dan wordpress.com yang pantas direkomendasikan..
    Kalo di antara 2 itu suruh milih satu.. wah susah, masalah selera jg sih..

  4. mendengar kata “cring”, asosiasi saya langsung tertuju pada uang recehan. ๐Ÿ˜€

    saya percaya bahasa itu adalah soal komunikasi. kalo sama-sama paham ya oke-oke saja. mau blog atau cring silahkan saja…

  5. @ faniez
    Bukan criger… itu paduan indonesia – inggris yang cocok yah seperti paman Tyo itu. pengeCRing… Ini asali indonesia.
    Saya belum pernah pakai blogger jadi gak bisa mbandingin, sebab langsung jatuh cinta ama wp.com.

    @ bangsari
    Iya setujuhh, tergantung kita mau makai atau mbudayakan yg mana, cring- cring-cring. Kalau saya teringat sewaktu tinggal di jawatimur ada tarian ngremo yang kakinya dikasih krincingan itu…

  6. cring…
    kaya ibu peri lagi bikin keajaban pake tongkatnya.
    ato bunyi yahoo messanger kalo teman chatting ngobrol ke kita.
    Ato alat musik dari kumpulan tutup botol yang dikumpulin trus dipakuin ke satu batang kayu.
    halah…

    blogger = cringer? ehm… gimana ya?
    blogger = pengecring? atawa pe-cring? duh, makin runyam.

    whatever lah.

  7. catatan jejaring lebih enak kalo disingkat taring ๐Ÿ˜€

  8. @faniez & helgeduelbek
    gimana kalo blogger = “Tukang Cring”?

    numpang promosi http://blogku.web.id itu juga pakai wordpress, bisa dicoba.. gratis!

    memang banyak kata di dunia TI yang berusaha untuk dibuatkan kata yang sepadan seperti:

    download = unduh
    joystik = tongkat kesenangan
    domain = … -> lupa ๐Ÿ™‚ habis kata padaannya aneh, jadi susah diingat :p

  9. bloger = pengecring, ntar malah disamain dengan pengepul ha…..
    tapi gpp, pengecring juga boleh, biar agak samar2 gitcu

  10. Blog itu bukannya dari weB LOG? Jadi log itu diterjemahkan ke catatan dan web diterjemahkan ke jejaring. Aku ingat spyder web = jaring laba-laba.

    Terlihat masuk akal sih.

  11. Bagaimana kalau diganti Crot aja?

    (** kabur **)

  12. cring

    saya selama ini penasaran dengan kata cring yang tampil di dashboard statistik wordpress:

    ternyata jawabannya ada pada peringkat kedua pencarian di google.co.id: artikel cring di blog nggedabrus. menurutnya, karena asal mula kata blog adalah weblog, m…

  13. wah………lam kenal yah……..