Analogi Pengadilan pada Kesetimbangan Kimia

Pengadilan adalah tempat mencari keadilan. Tapi bila seorang hakim bisa dipengaruhi maka kecondongan/keperpihakan akan terjadi. Yang semestinya tidak bersalah bisa saja menjadi teraniaya masuk bui. Jadi semua itu ada ditangan hakim.

Barusan saya menyelesaikan bab kesetimbangan kimia untuk kelas 2 IPA. Tepatnya membahas kesetimbangan kimia dalam industri. Kita manusia bisa mengendalikan kesetimbangan itu untuk maksud tertentu. Yang jelas untuk memenuhi ketamakan keinginan-nya.

Dalam industri, jelas berprinsip bagaimana menghasilkan produk yg maksimal dari bahan yang ada dengan mengatur berbagai faktor. Industri yang saya maksud seperti industri-industri penghasil amoniak, asam sulfat dan lain-lain. Sebab proses pembentukan zat-zat itu berlangsung dalam rekasi yang setimbang. Laju rekasi ke arah produk sama dengan laju rekasi ke arah pereaksi itu sendiri.

Nah agar hasil reaksi bisa maksimal tentu berbagai faktor di manipulasi sedikian rupa. Jadi semua bisa terkendali oleh kemauan manusia khan…

Jadi menurut saya, bahasan ini analog dengan pengadilan seperti di atas.

Iklan

5 responses

  1. Itinya.. Memaksakan berbagai cara asal semua tujuan tercapai begitu kan… ehm duh pusing kalau berbicara masalah kimia..maklum simbah IQ nya di bawah 100.. nafsunya di atas 150… lhooh piye iki

  2. wah aku jurusan IPS jee Pak Guru. Tapi yaaa, masuk akal juga. Kayaknya Pak Guru lagi geram nih..

  3. aponyo………………….

    kasih tahu manfaat kesetimbangan kimia dalam dunia industri dan kehidupan sehari-hari.

    hari ini, Rabu,3 Desember 2008

    baru gue salut ama elo………………….

  4. sorry buanet pak,
    tadi gak sopan

    harap maklum yah,
    lagi pusing mikir tugas n’ ujian semester

    trim’s……………

  5. ide bagus……………………….