Perihal Ujian Nasional 2007

SKL SMP, SMA, SMK, Permen 45/2006, POS UN 2007

Berikut ini hal terkait ujian nasional 2007. Ini hanyalah link altenatif. Hari ini (16/12/2006) saya baru dapat dari milis puskur tentang ujian nasional ini. Hanya saja untuk SD tidak ada, yang ada untuk ujian SMP, SMA, SMK saja. Saya upload lagi namun dipisahkan antara SKL SMP, SMA, SMK, termasuk di dalamnya Permendiknas no 45 tahun 2006 dan POS UN 2007.

Klik saja link-link berikut untuk mendownloadnya. Jika belum tahu cara mendownloadnya silahkan baca caranya di sini.

Di postingan ini bisa didownload antara lain:

  1. Permen-diknas No 45 Tahun 2006 tentang ujian nasional 2007
  2. PROSEDUR OPERASI STANDAR (POS) UJIAN NASIONAL SMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB, DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2006/2007
  3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
  • SKL untuk SMA Bahasa (B. Indonesia, B. Inggris, B. Arab, B. Perancis, B. Mandarin, B. Jepang, B. Jerman)
  • SKL untuk SMK: (B. Indonesia, B Inggris, Matematika Teknik, Matematika Non Teknik 1, Matematika Non Teknik 2)

==========================================

Link alternatif yg bisa didownload secara langsung, berformat pdf/doc adalah sebagai berikut :

Permendiknas No 45 tentang UN (pdf)

POS Ujian Nasional 2007 (pdf)

SMP (pdf) B. Indonesia, B. Inggris, Matematika

SMA IPA (pdf) B. Indonesia, B. Inggris, Matematika

SMA IPS (pdf) B. Indonesia, B. Inggris, Ekonomi

SMA Bahasa (pdf) B. Indonesia, B. Inggris, B. Arab, B. Perancis, B. Mandarin, B. Jepang, B. Jerman

SMK (doc) B. Indonesia, B Inggris, Matematika Teknik, Matematika Non Teknik 1, Matematika Non Teknik 2

Harap dilaporkan pada bagian komentar jika ada link yg tidak berfungsi dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Iklan

241 responses

  1. Seandainya lebih banyak guru yang nge-blog.

    Betapa dahsyatnya!

  2. […] Jika memerlukan perihal terkait ujian nasional 2007 silahkan mengunjungi blog HelgeDuelbeK. […]

  3. walaaahh, anakku sik SD Pak Guru… Tahun ngarep ae yooo

  4. seandainya ujian sains ada,betapa serunya ?

    from:MTs Negeri kudus
    IX-D
    2006-2007

  5. #budhe: lah kalo tahun ngarep yo downloadane wis ganti budhe… 😀

  6. aku cuma mikir2: apa ujian nasional tahun depan akan makan korban karena ke-latah-an pemerintah yang cemburu dengan negara2 tetangga lainnya?

    nasibnya seperti KBK (kurikulum berbasis kompetensi). programnya ada, sarana di daerah anjrut-anjrutan 😦

  7. >> bloguebo
    Itu memang masih hayalan… mungkin berat di ongkos.

    >> budhe
    Sumonggo budhe, nanti kalau ada yg SD di kasih woro-woronya.

    >> yahya nur ifriza
    Untuk sains tergantung daerah masing-masing.

    >>Dian-chuk
    Maksud budhe mungkin tahun depan kalau ada lagi.

    >> Alex
    Sepertinya dijamin bakal makan korban.

  8. nuwun sewu pak/bu… ini blog punya cewek apa cowok? kenalan duluw dong… 😀

  9. >> bebek
    Lah jawabannya ada di About Me…
    Yo-lah salam kenal ae bek

  10. Mas urip, met kenal yah. Makasih loh ajakan n infonya di milis. Abis baca saya langsung join ngeblog juga. Masih belajar seh..rada bingung tapinya mo nulis apa.. Sekali lagi Thanks ya mas..smoga Allah memberikan karunia dan barokahnya buat bapak sekeluarga. Amin

  11. Bravo! … blognya oks banget … semoga makin mencerahkan warga negeri

  12. wah dah mau ujian lagi ya? moga gak ribut lagi kayak tahun lalu

  13. semua masih pada bingung kok, termasuk para petinggi lembaga pendidikan. kalo ada penataran mereka ngomongnya jg mash cas cis cus, ndak nggenah dan “sebatas pengetahuan saya” dadi ya ra isa pada. apalagi UN 2007, wong pelaksanaan KTSP aja ndak pada dong. Nilai di raport masih pada ngawur, wong harusnya ndak pake ujian semester kok , tapi masih aja pake ujian semester, pada mbikin bingung guru-guru untuk “memberi nilai” bukan menilai lho dab. wis sing penting tetep dha sekolah, embuh ra ngert sesuk apa hasile, mumeetttt tenan aku.

  14. buat pemerintah nyadar duonx orang indo tuch gmn? masa batas tuntasna 5.00, pdhl yg kmren ja msh bnyk yg g lulus. turunin dikit ngapa! klo g soalna yg gampang2 wae(standar orang2 indo dech. owkhay….!!!! ingat soalna jng brkode, dng soal berkode akn menambah pengangguran karna bnyk murid yg g lulus gara2 g bs ngrjain soal dr pemerintah. adil dikit ngapa???!!! toh pemerintah jg blm tentu bs ngrjaen tu soal….!!!??? cari uang tu g gmpang so mikir tu pake otak jng cm pake nalar doanx!!!

  15. cristiano roziqino gerrard

    walaupun standart kelulusannya 5,00 tapi bukankah ini buat kebaikkan bangsa ini. Inilah program pemeritah untuk memajukan bangsa indonesia, dan kita harus menghadapinya dengan lapang dada. contoh tuh negri inggris dan jepang mereka spirit untuk menjadikan bangsanya lebih maju

  16. seandainya ujian tidak ada
    asyik juga yaaaa

  17. SKL ini udah pasti atau mungkin nanti bakalan rubah lagi ya? Bingung juga ngeliat SKL Inggris ada Listening segala, padahal semester kemaren ga diajarin sedikitpun.

  18. @ zhanzhe
    SKL itu tidak akan diubah… tinggal pengembangan kisi-kisinya saja. Dan ini adalah sangat rahasia tidak akan ada bocoran, kecuali disengaja oleh oknum. Tapi setidaknya SKL adalah acuan buat siswa dan guru agar sedikit lebih fokus.
    Demikian

  19. di negara manapun pasti ada yang namanya alat ukur yang akan di gunakan sebagai barometer untuk mengukur suatu kemajuan begitu juga dalam lingkungan pendidikan Terlalu banyak yang mau mencampuri masalah Pendidikan terlalu banyak yng suerr begitu di beri tugas malah jadi momok pada bangsanya lebih amburadul Pelaksanaan Ujian Nasional Perlu ada dan perlu ditingkatkan Kondisi generasi kita belakangan ini dan kedepan sudah diambang kerusakan kemalasan lebih suka merampok karena para pejabat kebanyakan perampok uang negara hingga generasi mencontoihnya. Hukum di Indonesia Belum Adil yng punya Uang bisa lepas dari Jeratan Hukum. Jika kita belajar dengan baik sesuai dengan rambu-rambu materi.bentuk-bentuk soal mampu kita jawab dengan benar yaaa kenapa kita takut pasti anda lulus. Tapi jika yang terjadi malas-malasan cuma kerjanya nonton konser yng dapat duit dlm konser pimpronya penonton yaaa bodooooo gunakan akal rasioa berpikir jang terjebak dalam kehidupan yang tak menentuh okeee semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

  20. wah gimana ya rasanyaaaaaaaaaaaaaaaa
    tahun kemarim aja banyak yang ga lulus, kalau besok ???
    buat gue sih enjoy aja. kan pragram tsb buat kebaikan bangsa kita tercinta ini ya ga???
    doain aja moga2 kita semua yag kls 3 llus semua ya
    amimn
    heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  21. tuk mbah petruk,
    kalo tahu tentang UN SMP th 2007 tolong kasih tau dong………
    lha wong yang semesteran kemarin itu, nilainya juga sebatas ” memberi nilai ” lho, bukan ” menilai”. contoh : untuk nilai bahasa Indonesia ada 5 aspek yang dinilai( membaca, menulis, mendengarkan, berbicara , dan apresiasi sastra ), padahal di materi ulangan umum itu ndak ada yang masuk dalam kategori penilaiannya, karena nilai iotu di dapat dari hasil ulangan harian dan tugas2 lho. lha nilai ulangan umum kemarin mau dimasukin kemana ? lha rak dadi muspra / sis-sia to pelaksanaan ujian semester kemarin itu. ning yo embuh ding mengko ndak dadi malah sangsaya mumet.

  22. Kalau mau menerapkan kebijakan dan perubahan kurikulum harus pikir-pikir 2000x karena ketidak jelasan banyak anak bangsa yang menjadi korban dari isi raport asal-asalan sampai guru yang asal-asalan, akhirnya ujian nasional betapapaun ketatnya aturan tetapsaja kebocoran tetap ada lihat dong sekolah-sekolah yang kebanyakan siswa-siswanya menunggu bocoran dari gurunya karena tidak mau muridnya tidak lulus, akhirnya nilai yang semu yang didapatkan. dari pada menghayal lebih baik menetapkan kebijakan secara pasti terarah jangan ganti-ganti melulu………..

  23. ass………
    sbenarnya UAN adalah hal yang paling dibenci oleh pelajar yang belum siap dan tidak REALISTIS!!!
    mengapa demikian?? yeah tentu saja,UAN janganlah kita jadikan beban yang serasa langit mau runtuh ketika kita menghadapinya. Jalanilah apa adanya sebagai bahan uji coba atas apa yang telah kita pelajari ketika masih sekolah.
    BIARKAN PEMERINTAH TAU BAHWA ANAK-ANAK DI NEGERI TERCINTA INI JUGA MAMPU MENGHADAPI TANTANGAN UAN TERSEBUT.
    RAJIN-RAJINLAH BERDOA!!!!!! ALLAH PASTI AKAN MENDENGAR KELUH KESAH KITA DAN TIDAK AKAN PERNAH MENUTUP TELINGA SEPERTI YANG TELAH DILAKUKAN PEMERINTAH SELAMA INI.
    wss…….

  24. Ya ampyun…….. tuh ujian makin susah aza. aduh gue gak tau deh, tahun kemaren aja banyak tuh yg gak lulus. Trus sekarang klo nilainya dinaikan lagi standartnya apa gak banyak tuh yang gak lulus.

  25. doakan aq smg bisa lulus ujian nasional tahun 2007 nanti…
    dan doakan smg hasil ujianqu diatas standar..
    spy aq bisa masuk sma favorit yg aq inginkan….
    doakan aq iiaaaahh….
    doakan…..

    doakan

    doakan

    doakan

    doakan

    doakan

  26. guru2qu di smp 15 bogor,,
    aq mohon bantuannya u/ pemantapan nanti iiah…
    dan slalu doakan agar siswa-siswi smp 15 bogor nantinya lulus smua aliaz lulus 100%…
    tanpa kalian entah bagaimana nasib kami smua….

  27. UN adalah instrumen yang “mengamputasi” kewenangan guru dalam memberikan evaluasi terhadap siswa sesuai dengan amanat UU No 20/2003 Pasal 58 ayat (1). Padahal negara (baca : pemerintah/dinas) tidak pernah tahu proses belajar-mengajar (lebih tepatnya : prose pendidikan) yang ada disekolah.

    Bicara kualitas sementara pemerataan pendidikan masih memprihatinkan….!!!

  28. Tuk smua orang-orang yang aq cintai.yang da di sekitar q yang pasti smua oranggggg……. doakan aq yah biar smua anak anak 9bhe LULUS 100 % please bgt & bisa dapetin cita-citana???/ ni smua juga bwat kebaikan INDONESIA koq!!!!!BWAT PEMERINTAH klo bikin kurikulum yang memperhitungkan gizi, kesehatan, standartisasi pikiran para pelajarnya yah jangan memperhitungkan manfaatna doank!!!!kasihan kan anak-anak Indonesia, dah otakna diperes, ditambah berbagai penyakit melandana!!!!jadi sulit dah belajarna!!nach nih juga yang kayakna ngebikin pendidikan di Indonesia berjalan kiurang cepet!!thx

  29. nggak salah juga menunggu keajaiban baru dengan standar baru dan gaya “baru” UAN yang katanya bakal lebih “clear” dan produk yang dapat dipercaya…cuman buat sekolah pinggiran ini kerjaan berat!
    sudah sejak akhir 2006, kelas XII lebih mirip bimbingan test!
    bahkan untuk mensiasati waktu ujian yang dipercepat di bulan April itu, materi semester genap sudah banyak yang di “download” ke semester gasal

  30. Benarkan wacana yang berkembang saat ini, bahwa hasil UAN bukan satu-satunya alat penentuan kelulusan siswa, bagaimana yang tidak lulus?

  31. beneran..
    saia streess..
    *naq 9 SMP di SMPN 5 Bandung

  32. KALAU MEMANG DARI DIKNAS / PUSPENDIK MENGELUARKAN PANDUAN MATERI UN 2007 TOLONG SEGERA DI PUBLIKASIKAN. AGAR SEMUA MASYARAKAT DAPAT MEMPELAJARINYA.

  33. ya saya dukung itu, biar anak-anak kita mantap tap tap … mengikuti ujian nasional. Dengan segala pernak-perniknya ujian nasional kita ambil positifnya demi kemajuan bangsa ini. Namun Manajemen Berbasis Sekolah juga perlu dijabarkan lebih lanjut, termasuk kewenangan sekolah dalam hal ini guru menjadi bahan pertimbangan kelulusan siswanya. Karena diyakini betul merekalah yang tahu persis kondisi siswa di lapangan. Biarlah UN hanya untuk melakukan pemetaan dan sekaligus tindak lanjut penyediaan sarana prasarana yang memadai. Setuju…

  34. Tolong beritahu kami tetang info terbaru tentang Ujian Nasional

  35. Saya dari SMK Negeri 1 Grati pasuruan kami mohon bantuan tentang materi pelajaran yang akan diujikan antar lain Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

  36. makasih bgt lho?
    guru ku jga dah ngasih tau kok ke kita…
    (murid2nya)

  37. dear wordpress…

    saya salah seorang guru swasta di surabaya, tepatnya di jl. satelit indah Surabaya 60187, guru bidang studi bahasa indonesia.

    mengingat beberapa bulan lagi ujian nasional akan segera dimulai saya berpesan supaya siswa kelas IX tidak mengurangi jam belajar BInd memperbanyak belajar Bing atau Mat.

    karena pada unas tahun lalu rata-rata tidak lulus dari Bind yang dikatakan soalnya lebih njelime dan sulit dipahami secara cepat dan tepat seperti memahami Mat dan BInd.

    oleh karena itu, untuk menunjang kelulusan yang maksimal pada perserta unas nantinya, saya harapkan pembuatan materi lebih diperhatikan. karena bisa jadi jawaban antara guru yang satu dengan lainnya berbeda. ini disebabkan karena pel BInd itu sangat luas.

    mohon juga soal Bind lebih dipermudah seperti halnya soal tahun 2000 ke bawah. kita semua tidak menginginkan peserta unas nantinya ada yang tidak lulus hanya dikarenakan satu mata pelajaran saja. alangkah lebih baik lagi kalau kelulusan itu tidak menggunakan ujian nasional namun seperti ujian skripsi. toh, masa belajar juga sama lamanya tiga tahun. atau punya pendapat lain untuk mengganti Unas dengan test yang lebih berbobot.

    ok, sukses selalu

  38. oi…………………. depdiknas !!!!!!
    kalo ada tes spmb napain lagi mesti ada standar nilai uan
    sama aja dengan boong lo !!!!!

    >kalo memang mo naikin sdm indonesia dari gurunya dulu donk
    >> guru nya aja jarang datang … abis itu kalo mau tuntas harus bayar 200.00

    >>>> kalo smp itu ada uan knapa juga di sma di tes lagi
    >>>>> nih ga percaya ato apa sih ?
    bikin ribet aja

    >> setiap manusia itu memiliki keunggulan di bidang mereka masing2

    >>>> ga ada org yg bisa mendapat nilai 9 atau 8 semua mata pel dalam raport nya

    asu lo semua

    berani ga lo pemerintah ngadain debat / musyawarah ama anak skul smp/ sma

    kalo brani dateng ke jambi !!!!!!!

    dateng ke sma n 1 jambi

    fuck you politik !!!!!!!!!!!!

  39. nih satu lagi buat pemerintah nyang ngurusin bidang pendidikan

    >> napa komputer ga di anggap penting
    >> napa murid harus pake seragam
    >> napa mesti rambut ga boleh gondrong

    >> gue salut aja ama pendidikan indonesia,

    >>>> nih gue kasih tau buat mendidik masyarakat indonesia itu gimana

    1. mestinya di smp penjurusan sudah di bagi : ipa dan ips
    2. di sma penjurusan di bagi lagi :ipa, ips, bahasa, seni, teknologi informatik

    !!!>>>>> jadi,,,,,, kan enak belajar nya ga ganggu
    !!!>>>>>> saya sbgai salah seorang pelajar sma slama ini kluar2 rumah bukan cuman sekedar nongkrong …..
    kami membuat perkumpulan yg melakukan kegiatan2 yg kami anggap penting contoh nya ====>>>>
    >> olahraga
    >> belajar komputer
    >> mengetahui keadaan pasar
    >> masih banyak lagee yg laen nya

    so kenapa mesti harus di habiskan waktu kami dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore di sekolah?
    bagaimana kami bisa berbaur dengan masyarakat?
    bagaimana kami mengetahui keadaan lapangan yg sebenarnya ?
    kami hanya tau teori
    sarana sekolah aja kurang
    gimana mau maju masyarakat indonesia
    uang subsidi pendidikan habis di korupsi

    annnjiiinnngggg !!!!!!!!!!!!!!!

  40. yang jadi masalah terbesar bangsa indonesia sebenarnya adalah sifat malas bersaing. so, masa sama UN aja takuuut?! g banget khan??? buat UN 2007, hajar abeeeees!

    Helgeduelbek: Siiiip-lah…. ayo semangat….!!! begitu dooong

  41. kelulusan itu bukan hanya dilihat dari hasil ujian akhir yang dicaoai tetapi mestinya dilihat dari hasil yang didapat dari seluruh proses belajar dan untuk itu sekolah atau guru nya lah yang berhak mengatakan bahwa siswa ini lulus apa tidak. bukan semata2 dari hasil ujian nasianal

  42. Ya…! saya setuju itu. kita semua sedang menunggu goodwill pemerintah untuk merealisasikan apa yang telah disampaikan oleh Bapak-Bapak yang terhormat, begitupula dengan Bapak Mendiknas. Kelulusan siswa diserahkan ke sekolah. Sedangkan hasil ujian nasional digunakan untuk pemetaaan saja. Bukan berarti dengan kondisi ini sekolah akan terlena dan tidak memikirkan kualitas. Percayalah semuanya… karena kompetensi dan profesionalitas seluruh stakeholder sekolah akan bertanggung jawab.

    Helgeduelbek: Yup tul 😀

  43. bwt yg bikin soal UN,,
    jgn yg susah2 yagh!? jgn samakan sklh gw dgn sklh2 ternama.. kayak sklh2 d kota gede..
    kalo ga bisa,, do’ain gw+semua temen2 gw biar lu2s UN & dterima d prguruan tinggi negeri.. amien..

  44. gantiin menteri pendidikan aja Om 🙂

    Helgeduelbek: Saya siap asal sampean yg jadi presidennya gimana?

  45. kalau begitu caranya jangan doong. Toh dengan ganti menteri belum tentu masalah akan terselesaikan. Yang harus kita lakukan adalah bagaimana menyikapi Ujian Nasional agar sukses tanpa ekses. Semua berhasil dengan memuaskan. Buat anak-anaku siswa seluruhnya. pertama persiapkan segala sesuatunya mulai materi sampai dengan perangkat lainnya. Selalu berdo’a Sikapi ujian nasional dengan positive thinking. Biarkan para pakar, pejabat, siapapun bicara tentang serba serbi ujian nasional dengan segala kelebihan dan kekurangan. Yang penting anak-anaku belajar dan berdo’a itulah tugas Anda. ya… ya… ya

  46. ya bener buat si alien la kl kita belajar mulai jam 7 pagi- 5 pagi
    trus kapan kita mainya n kita gak bisa liat keadaan2x di lingkungan tempat kita hidup n kapan kita dapat pengalaman…bukan itu aja ya kl kita habisin waktu selama itu cuman buat belajar gak bakal kita2x sebagai murid akan menjadi pintar.untuk menjadi pintar bukan selalu di gantungkan pada waktu tapi jg pada saat kita bergaul bersama teman2x dan masyarakat.dari pergaulan itu kita mampu menangkap semua pelajaran2x yg perlu malahan belajar selama 10jam masih ada jg tuh yg bodo n ada jg tuh org gak sekolah jg pinter mereka cuman mengambil pelajaran2x saat mereka bergaul.Di luarnegri nggak ada yg namanya seragam mereka bebas n justru mereka semakin menikmati suasana sekolah mereka sehingga mereka lebih maju la kita indonesia kl kayak gitu belajar 7-5 pagi cuman 3 kali istirahat n 1 x istirahat cuman 15 menit itu namanya sama aja dgn di penjara malahan lebih bebas yg di penjara.aduh kl yak gini gmn indonesia mau maju la wong cara pendidikanya aja salah banyak kekerasan lagi
    saya sbg murid smp prihatin ama kehidupan negara indonesia yg amburadul ini banyak TKW/TKI padahal di negara kita kaya tapi malah mereka jadi TKW/TKI gara2x faktor ekonomi di indo yg semrawot gini saya jg berfikir maksud pemerintah itu apa sih sebenernya…!!!

  47. Siapkah kita mengikuti Ujian Nasional yang tinggal 2 bulan lagi hanya dengan mengandalkan materi dari buku paket saja ? Apakah Depdiknas sudah mendistribusikan SKL sesuai KTSP atau masih mengacu pada SKL yang lama ?

  48. assallalamualaikun.wr.w…
    gw salut ama pemerintah sekarang,maunya ningkatin mutu pendidikan cuman fasilitas yang diberikan tidak memadai,sepertinya yang berkembang hanya di kota2 besar saja,sedangkan NIM disamaratakan diseluruh indonesia.

  49. mohon standard UAN agar diturunkan

  50. ass..
    mnta bantuan bwt situs tntg uan smp taun 2007 donk..
    thx
    wass…

  51. semoga aku bisa lulus. mbayangin aja udah ngeri pa lgi waktu test besok. igh……….. takut…..!!!!1

    ya mudah-mudahan aja ga ada ujian nasional (ga mungkin bnget)

  52. Seharusnya pemerintah juga memikirkan nasib kami para siswa yang berada dalam Kurikulum Uji Coba..Kurikulum sekarang lebih menekankan aktifnya siswa dari pada pengajarnya.Klo begitu kinerja&kualitas para pengajar juga harus di perhatikan.Walaupun kurikulum yang sekarang lebih memihak kepada para pengajar,Tapi lantas para pengajar tidak boleh cuci tangan.

  53. ivo adi christianto

    kalau bisa soal ujian diberikan kepada saya agar saya bisa mempelajarinya dan akhirnya bisa lulus karena saya disekolah sangat bodoh jadi tolong soal uan yang sekarang diberikan sekarang juga.

  54. achmad rian m.jirin

    di sekolah saya sangat goblok,bahkan saya lebih bodoh dari ivo.saya mohon agar di berikan soal uan 2007.jika anda memberikan saya soal,saya akan bersumpah untuk belajar lebih giat di SMA nanti.
    tolong kirim sekarang juga

  55. gimana dengan ujian nasional 2007 depdiknas tidak hanya menghancurkan siswa yang kurang pandai tidak seharusnya uan di samakan standard kepintaran di indonesia minim lebih baik di galongkan dengan menurut tingkatan kepandaian bukan hanya lewat ipa,aps,dan bahasa yang lain juga bisa’

  56. krimin soal un smp 2007 d0unkz. ..

    plizZzz . . .

    thax . . .

  57. UN adalah hal yang paling menentukan kita untuk menjunjung kita ke scholl yang lebih tinggi???

    Permintaan :

    Bagi guru yang mau masuk surga tolong ‘Ndy kasih tau soal UN-nya

    Plice….!!!

    Help….!!! Me….!!!!

  58. saya ingin bilang????apa saja soal UNAS 2007 saat ini!!!!dan danem saat ini!!!terima kasuih

  59. saya cuma mo menanyakan?apakah penjelasan tuk uan bagi anak smk.kenapa harus di bedakan dengan anak sma????kenapa anak sma harus ada paket c bagi yang tidak lulus dan kenapa bagi anak smk tidak ada????kan itu tidak adil bagi anak smk…saya mohon penjelasannya…apalagi tahun ini…tingkat kelulusan sangat tinggi????terima kasih

  60. tolong kirimkan ke email saya panduan soal ujian nasional tahun 2006/2007 untuk SMK terima kasih

  61. mbah petruk,
    kapan lagi kita bisa tersenyum ya,
    anakku arep ujian, wis klas 3. tapi aku dewe mumet. arep diwulang dewe malah beda karo le nerangke gurune. arep njaluk soal sama gurunya , malah repoottt.
    gmn ya biar anakku itu gampang nggarap soal UN 2007 dan dapat nilai yang bagus ? padahal ya sudah disuruh sinau je, tapi kok ya masih susah dapat niali bagus, padahal anakku ya tidak bodoh-bodoh amat lho.
    Siapaaaaaaaaa yang punya materi soal mirip UN 2007, tolong kirim / tulis dong di sini ! he he he he…………..

    Helgeduelbek:
    Sewaktu kebahagian datang dan 🙂 ini. Gak papa beda yg penting isinya sama, toh yg bikin soal bukan gurunya, agar gak beda cari silabusnya saja pak, sekalian jadi guru untuk anak sendiri. 😀 . Dengan adanya SKL itu bisa dijadikan pedoman belajar pak. Mungkin soal2 latihan yg banyak dijual itu bisa dijadikan rujukan kemudian dicari yg sesaui dgn SKL. Masalah nilai tidak 100% mencerminkan kepandaian khan? Ok semoga anak sampaen bisa membuat sampean tersenyum dengan hasil yang diharapkan.

  62. maaf sebelumnya…
    saya mohon dikirimkan soal-soal atau panduan soal atau contoh-contoh soal yang akan diuankan pada UN 2007.tolong kirim ke email saya di
    tiar_poenya@yahoo.co.id

  63. ya ampun………..ujian sekarang susah ya? temen-temen n guru-guru kite minta doanye ye……….. moga kite smuanye, maksudnye yang pada mau ujian lulus smua. aaaaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmmmmmmiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  64. fachmi b (banyuwangi)

    UNAS !!!!!!!!!!! CAPEK DEH

  65. Permisi,leh ksh srn kn????????
    please deh standar kelulusan jangan dinaikin napa???
    g’ kshn pa ma qta2,jahat amat sich………………
    g’ tw po klo org indo tu bego2-nya aja stngh mati…
    coba aja tu,mntri pnddknya srh ngrjain soal2 UAN,yg mo
    diksh keqta2,plng2 jg langsung ngacir………..
    kasihan bgt sich,emangnya enak………

  66. UN…yA…………….. bikin masyarakat tambah sulit udh makan sekarang mahal apalagi ditambah anak2 dibikin kaya robot…. apa2 harus ikut program pemerintah yang bagi siswa memberatkan otak siswa itu sendiri… cobalah untuk membuat siswa merasa nyaman bukan menjadi stress…. apalagi UN pertahun meningkat tingkat kesulitannya… nanti bisa2 nilai SKBM 10…. nanti pasti bakal banyak siswa yang gagal dan jadi sampah di mata pemerintah….. apalagi hanya ditentukan dengan tiga pelajaran cape kali sekolah tiga tahun….. cuma buat nilai 5…. hahahahahahahaha B O d O H

  67. andaikan stiap guru di ujung negeri mau nge-blog, andaikan mau berbagi, andaikan mereka menuliskan kebebasan merek berpikir seperti kang urip….

    hehehe,salute pak guru!!!

    Helgeduelbek: Jadi trenyuh saya mbacanya… Tapi sekarang saya berpikir, barangkali guru sudah sangat banyak yang ngeblog tapi mungkin tidak mau menunjukkan identitasnya bahwa dirinya pengajar. Kalau bener kenapa yah?

  68. Hey pak menteri kalo buat aturan yang bener donk !!!!!!! jangan bikin stress para siswa, emangnya para pembuat kebijakan nggak pernah ngerasain susahnya makan bangku sekolahan

  69. duh mau ujian nih….pake standar2 5,00 lagi…do’ain yeee,biar lulus….AMIN.. \(^O^)/

  70. mizan ibnu khajar

    haallo sobat aq mizan dari sma negeri 1 kota mungkid magelang tho.yang pasti akub berharap semoga ujian nanti aq dapat mengerjakan dan mendapatkan nilai baek dan semoga kelas 12 ipa 02 sma negeri 1 kota mungkid kabupaten magelang lulus semua amien, doakan ya

  71. pemerintah ne yang bner aja, taun kmren aj udah pada banyak yang ga lulus skrang malah mo di tambah lg standart kelulusannya?? udah gitu kabar yang ada soal satu siswa sama siswa laen itu beda, apa itu ga terlalu berlebihan??? sekarang yang ada para siswa bukan mikirin blajar tapi malah pada pusing mikir aturan ujian yang bikin stress!!!!!!!!

  72. pemerintah hanya bisa membodohi anak bangsa dg mimpi2 yg indah,sedangkan kenyataannya hanya menyiksa pendidikan.????

  73. pak menteri pendidikan jangan jadikan kami sebagai kelinci percobaanmu, jangan suka iri ma negara tetangga ! terima apa adanya aja Pak !!!!!!!!!

  74. kalau bisa contoh soal-soal untuk kelas Billinggual di tampilkan juga dan kalau bisa kirim ke alamat koe ………….. …………maulana_elvina@yahoo.co.id

  75. assalamu’alakum Wr, Wb,
    Tolong Kami di kirim, SKL Ujian Sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK Segera. Karena Mau di Pakek Untuk Menyususun Soal Uian
    Sekolah. Tolong di Kirim Di ……..desca_arjuna@yahoo.co.id. Terima Kasih.
    wassalamu’alakum Wr, Wb,

  76. UAN?!!!!!!!!!!!!!
    Kenapa ada UAN? Kan cuma mo dpt sertifikat untuk kerja aZ kan? Seharusnya Indonesia g perlu dengan pekerja yang mengandalkan sertifikat. Karena, saya pikir Indonesia lebih baik hanya perlu orangnya tersebut. Sertifikat bisa dipalsukan. Tetapi, siapa yang bisa palsuin orang????? Pesan ini disampaikan dari anak SMA. N. 2 CIREBON yang mendengar jeritan para ahli-ahli dibidang yang mereka kuasai tetapi mereka tidak memiliki SERTIFIKAT untuk melanjutkan sekolahnya. Mereka bisa jadi lebih baik daripada orang yang sekarang sudah mendapat gelar S2…

    Salam DnA

  77. UN apa ?Jare kt c UN kuh ora usah ana maning gawe mumet c!mendinge Ebtanas bae.Spa c menteri pendidikane kuh ganjen banget c!Smpe Reang putus kro demenane reang.Dadi pribe kih coh?Wis mentri e diganti mamang e reang be tah?pribe kih!

  78. moHon sOaL tuK uAN jgN suSah” soALny kaCian oRangYua yg naKnya ga mAu bRusaha……

    kaCian kLo dah 3thun sKoLah aKhirNya ga LULUS…

  79. Pia n Ana SMK Telkom BJB

    Hm…………………………. ikut komentar.. aja menteri pendidikan kenapa sich nasib kita ditentukan hanya dnegan 3 hari gt…

    Yu

  80. Boleh minta panduan materi Matematika SMP UN 2007 ngga?

  81. Knapa kurikulum harus diganti-ganti? Padahalkembangin ja yang lama to ga jelek. Knapa soal UAN antara siswa kota n desa sama? Padahalkan fasilitas sekolah desa n kota beda jauh. Knapa nilai kelulusan setiap tahun meningkat? Tiap tahun da ja siswa yang ga lulus, apakah karena pemerintah merasa telah meningkatkan fasilitas, kualitas n kuantitas untuk seluruh sekolah? Pemerintah jangan terlalu menuntut yang tinggi-tinggi kepada para siswa, to pemerintah sendiri belum benar-benar mampu merubah dirinya.

  82. kenapa sey menteri pendidikan ga mikirin nasib anak anak SMA sekarang
    mpe sekarang lum da kejelasan tentang ujian nasional….
    gimana kita kita mau pda siap&semangat guru guru kita aja pada ga tau kejelasan dari pemerintah……
    katanya mau SDM yang berkualitas………..

  83. tolong, tolong banget klau pesan ini memang didengar
    karena masalahnya sangat gawat.!!!!!!

    UAN 2007 buat semua anak di negeri memang sangat ngeri!!, karena nilai meningkat menjadi rata – rata minimum 4,25
    dan itu saja ditambah ma’ pemerintah tidak ada ujian susulan

    tolong Pak Bambang Sudibyo( MENDIKNAS ) Yang Terhormat
    kalau buat standar pendidikan ya mbok jangan – jangan tinggi
    boleh aja buat, tapi tolong lihat keadaan dan kondisi anak – anak Indonesia.( Pak anda khan dipilih dari rakyat seharusnya anda ya merakyat, kalau anda hanya menjiplak pendidikan di negara maju mendingan bapak turun aja jadi menteri pendidikan jadi murid seperti kami biar ngerasain bagaimana menjadi murid. Terima kasih banyak

    Salam Hormat
    dari
    Sidoarjo

  84. Dwiyono Y. Prayitno

    Selamat untuk Jaringan Blog Guru !!!

    Mari manfaatkan Blog ini sebagai sarana komunikasi dan tukar informasi agar pendidikan di Indonesia segera bangkit.
    Terkait UN 2007 harapan kita sebagai guru sederhana saja yakni semoga pemerintah “Bisa Merasa” apa yang dirasakan, diidamkan dan dirindukan seluruh anak bangsa ini agar pendidikan dapat mengantarkan kita menjadi bangsa yang bermartabat seperti Jepang, Korea, Malaysia, Singapura yang telah jauah meninggalkan kita. Janganlah sekali-kali pemerintah bersikap “Merasa Bisa”. Dua kata yang dibolak-balik ini akan menentukan arah dan tujuan yang akan dicapai, jadi kita doakan kebijakan pemerintah ini didasari sikap “Bisa Merasa” dan bukan karena “Merasa Bisa”, semoga ya. Tapi saya termasuk yang ragu tuh, jadi kita lihat hasilnya 10 tahun ke depan kali ya! Eh.. 10 tahun lagi Indonesia masih ada nggak ya.

    Helgeduelbek: Mari kita muali dengan menulis, semoga suatu saat ada pihak berwenang mengambil kebijakan pendidikan membacanya. Optimislah… meskipun agak maksa hehehe

  85. Aq ikut nimbrug yachhhhhhhhhhhhh…. prediksi buat soal uanx donkkkk biar aq n teman2 pada lulus,trzzz klo bisa soalx jgn yang sulit untk d mengerti donkkk khan waktux g banyak apalagi klo matematikaaaaa SEREM dechhh.koq kurikulum g nentu sichhh trz knpa jg kt yg kls tiga yg di kasih tu kurikulum baru khan repot beradaptasi melulu….koq standar kelulusan selalu di naikkan yg kemarin aja bnyk yg g lulus.tapi moga2 aja taon ini kita semua pada lulus. GOOD LUCK yachhh Guys. jgn lupa bljr UAN dachh DEKAT.Keep Smile OK!!!!!!!!!!

  86. Angkatan Saya adalah angkatan yang pertama mengikuti ujian dengan sistem KBK saya mohon dengan sangat soal Ujian ini jangan terlalu sulit dan kalu bisa nilai minimum nya diperkecil lagi
    wassalam,

  87. menurut sayaa kok selama di smp cmn ditentukan hanya 3 hari,itu adalah waktu yang sangat menegangkan.mbok pemerintah pendidikan ojo ngundakke nilai nilai kelul;uisan to?????nyebahi bgt

  88. Assalam’mua;ailum Wr Wb

    Mohon kiranya dapat membantu kami dan anak2 didik kami untuk memberikan contoh2 soal ataupun prediksi soal UN SMK (bisnis & manajemen) atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih

    Hormat kami,
    M. Yusuf

  89. kalau ujian nasional tanpa adanya ujian ulang kayaknya akan buat banyak siswa stress,bukannya belajar dengan keras. dan saya yakin pemerintah kita juga bingung dengan peraturan yang mereka buat.

  90. makasih yeah tlah ngasih informasinya n, moga-moga informasinya dapat berguna untuk kamek.
    n, moga kamu- kamu dapat lebih bisa memeberikan informasi yang lebih banyak lagi. amin.

  91. huhuhu …. mau kisi” UAN 2007 untuk kelas bahasa dunk !!!!

  92. boy gimana nih ujian sekarang kok nilai nya ditambah“………ya..?Kenapa nilainya kagak diturunnin aja ya ,klo diturunin pasti seru kali ya

  93. enak ya klo sekolah mata pelajarannya sedikit apa lagi klo ga ada mata pelajaran >seneng tenan(wah indonesia bobrok)

  94. Kenap uan harus diadakan?Padahal Banyak orang yang tidak lulus kalau emang uan harus diadakan soalnya harus gampang2 biar bisa pada lulus 100%.Emangnya batas kelulusan gak bisa di kurangi.kami harap kepada pemerintah agar kelulusan dikurangi dan tidak di naikan emangnya mikir tuch gampang otak tuh di PERES tau gak?????Kita tuh menghadapi ujian tuch deg2an.Mending kalau PENGAWASNYA PADA BAIK2&MAU NGASIH TAU SEDIKIT AJA.TERS MUKANYA GAK GARONG G2 DECH…………..!!!!!!!!!!!!???????????????????

    THANKS YACH YUDADAH U BYE2
    BE YOUR MY SELF

  95. wwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaahhhhhhhhh un asyik bentar lagi kepriben iki enyong ora iso …..aaau ahh elab!!!!!!!

  96. Ujian NAsiona5tr fytki;89po;pasodtu,l;a cukbhy

  97. Pemerintah gak adil masa kita-kita dijadiin kelinci percobaan,gmn gue bisa jadi DOKTER.ya pokoke doa ae wes.

  98. ADAin ujian ulang dong!kn gak adil donk,tahun kmrin aja ada kenapa sekarang gk ada.trus soal nya jaangan susah puuuuusiiiiiiing buuuuuuaaaaaanget!!!!

  99. eh, kira – kira ada bocoran soal – soal UAN 2007 ga? he…….hehe klo ada prediksinya aja juga gpp. Coz dengan adanya POS di atas sudah lumayan membantu kok! klo ada soal / prediksi uan 2007 tolong send ke emailku yaw???thanks

  100. Maap ye sblmnya.Bntar lg kan aq mo ujian nee,so,doain aq y…aq bnr2 deg2an ni.Kyknya ujian itu ngeri bgt y?he’eh g si?stp kali dngr kt UJIAN lgsng deh merinding.aq merasa soal di ujian ntar tu susah2 bgt.Aq merasa blm siap gitchu deh..UNTUK SEMUA MAKHLUK DI MUKA BUMI INI,Tolong doaun aq ya..MMUUACCCHHHHHHHH……..Tengkyu

  101. Tolongin aq dzong..bntar lg ujian nee…aq merasa aq blm siap gitchu loh.gmn yo carane biar aq tu slalu siap kapanpun,dimanapun,.Aq tersiksa nee bntar lg ujian.hrs belajar deh.UNTUK SEMUANYA AJA DEH,DOAIN AQ YA PREND…………..?Tengkyu bgt.MMMUUUUAAAACCCCHHHHHHH………………….

  102. mudahan_q lulus ya Allah . . .

  103. Maaf, komentar saya pindah ke sini krn lbh banyak pengomentar. Sekedar urun rembug, dari ‘comment’ teman2 bisa saya simpulkan umumnya takut menghadapi UAN. Sumbernya adalah kesiapan. Banyak yang tidak siap. Kalau kita ‘well prepared’, kepanikan tidak terjadi. Sumbernya adalah pengelolaan waktu. Mari kita melakukan refleksi sejauh mana upaya yang telah kita lakukan. Teman saya mluangkan 3 jam sehari sejak kelas 1. Tahun kemarin Nilai Rata2 3 bidang studi 8, dan sekarang diterima di UI jurusan favoritnya. Saya ikuti jejaknya. Secara umum orang Indonesia punya sifat jiwa ‘nerobos'(cari gampangnya), enggan menghadapi kesulitan dan belum biasa kerja keras. Sampai Saya sekarang memiliki keyakinan otak kita memiliki kemampuan yang sama dengan bangsa maju spt Amerika dan jepang. Bedanya, ibarat tambang emas, mereka mampu menggali potensi maksimal tapi kita belum. Mudah2an çomment’saya menjadi inspirasi. (Salam, Lulu. Sekolah Indonesia Cairo)/luluamalia@yahoo.com

  104. bNer g ntar UAn na soaL nya samping kanan Kiri beda??

  105. boleh minta soal-soal prediksi un smp thn ini sama un yg taun kmren gk? klo bisa yang bilingual. yg bysa jg gk apa. krim k ey_rune@yahoo.com .thx.

  106. cape d………………………………..
    ngaDEPin Uan yg geeLA bgt………..
    p menTeRi,,,,,
    tukaRAn yuuuuuX poSISI Qt…………..
    biAR bPk ngRAsain gMn sSh nA Qt ckarAaaaaaaaaNG…….
    pasti duLu bapak jadi menteri dgn nilai uAn sma yg pas pasan bgt…..
    kLo soaL ny susah kyk sekarang psti baPak ga aKan jadi menTeri…….
    paLing bapak cuma memelas di pinggir jaLan……..
    ksian bgt y baPak……………..!!
    baPak ga miKir y nasiB anak baPak yg masih skuL…..
    atw baPak ga da anak……..
    atw blom laku kaLi yaaaaaa………!!
    kaciaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn bgttttttttttttttttt..!!
    ………
    tHnx…………!!

  107. tolong kasih saya situs yang bisa download naskah uan tahun 2006.
    terimakasih.

  108. UAN sekarang masih ebruntung, maybe taun 2008-2009 akan memakan banyak korban saking ganasnya ni pemerintah KBK aja blom bener udah dimasukin KTSP…padahal pemerintah dulu waktu masi kecil juga UANnya masih SKL juga 4,0…dasar pemerintah tak bisa mengerti keadaan BANGSA DAN NEGARANYA!

  109. bagaimana cara blog saya bisa terbaca di google search??????????????????????

  110. imut banget sich gue

    wah gini rasanya…tiap hari pulang sore cuma untuk les demi m’hadapi UAN 2007 cape deghhhh… seandainya saya jd orang yang berwenang terhadap pendidikan di negeri tercinta ini.. saya akan mempertimbangkan adanya UAN sekolah kita belajar 3 th di SMA tapi kelulusan kita ditentukan oleh 3 mapel,dlm waktu 3 hari.. seandainya tiap siswa boleh memilih mapel yg dikuasainya
    untuk diujikan dalam UAN yg menentukan kelulusan mereka. tentunya para siswa akan lebih fokus dan mencapai hasil maksimal.
    jadi lebih kreatif gitu… sering saya menengok ke negeri tetangga mengapa mereka tdk bosan belajar ? sedangkan kita,,t’kadang bosan belajar tanya ken apa ?? nuhun..

  111. Kalau ditempat saya, KTSP itu katanya Kerja Terus Sampai Pagi.kalau saja seperti itu, kapan mau majunya ? nyusun materi lagi, silabus lagi, KTSP lagi, RPP lagi, lagi…. lagi…. terus kapan mengajarnya, tunggu aja kurikulum baru tahun 2008, haaaaa…..

  112. iya..kayaknya lebih seru kalau semua guru bisa nge-blog 😀

  113. uan untuk tahun 2007 sangat membuat pusing kepala….
    khusus ny buat para siswa/i smk klas xii….. amit2 dach,,,,
    masa nasib sekolah 3 taun hanya ditentuin dalam waktu 3 hari….
    ga kebayang ngeri ny para siswa yang bklm hdepin uan,,,,

    singkat crita uan sangat memuakkan …wekssssss
    knapa pemerintah memberikan syarat kelulusan u para siswa smk itu dilihat dari hasil uji kompetensi ny,,, bukan dari UAN….

    :{{

  114. cape dech …………….UAN 2007
    denger2 sistem pelaksanaan uan 2007 itu sangat semakin rumit….
    dan soal ny jugga berbeda untuk setiap ank..??

  115. cara paling praktis mengahadapi UN 2007, silakan buat “Tim sukses” layaknya “Pilkada”, jangankan 100%, 2000 % dijamin lulus, tim independen ” kan manusia “.

  116. mas, punya spo ujian sekolah gak?

  117. pliss dong situs yang bisa download soal2 uan smk 2006

  118. bos tolong kirimkan saya soal uan smk ya…!!! tolong banget saya sangat perlu ni.

  119. !! tolong deh kalo ada yang bisa cari-cari celah tentang UAN 2007 ini ditunggu di E-mailnya aku! di dragon_raider@plasa.com!
    kita saling bekerja sama! bukan hanya memikirkan diri sendiri!
    toh kita orang sosial bukan individualis!

  120. Wah…….guru sekarang punya blog y???
    Tolong ya…pak-bu…….kirimin aq prediksi soal ujian..emailq:pr1ncezz_charming@yahoo.co.id
    Doakan saya lulus ya……..

  121. saya mnt tlng bri aq bocoran soal 2006/2007 doakan saya lulus ya………!

  122. Aq nimbrung lagi akhh..
    Ade-adeku semua…, panduan/pedoman untuk UN sudah ada tuh.
    Dari mulai SKL, contoh soal dan pembahasannya. Silahkan hubungi Bapak/Ibu Guru mata pelajaran yang di UN-kan. Kalau Bapak Ibu Gurumu belum punya KDL (kasian d loh)…
    Pelajari itu semua, saya yakin soal-soal UN tidak akan lepas dari pedoman tersebut. selamat mencari …sukses selalu … merdeka

  123. UAN tngl mnghtung hari.dan saya pun ingn mngthui prediksi UAN 2006/2007 agar kami dpt lu2s.Saya mohon kpda Bpk DEPDIKNAS agar prediksi UAN dpt dikrm ke Email saya

  124. f...n...a...cute

    aduuuh capek dech… masa skul 3th, kelulusan ditentuin cuma 3hr… nyiksa bangheeeththth… sopan ya sopan buanget… setelah ini PUAS…PUAS…PUAS…
    bwt anak2 Solo kita harus bisa berusaha oche. Cah SMA N COLOMADU MAJU TERUS…!!!!SEMANGAT…!!!!

  125. waaa…untung dah lulus…. ~>_

  126. SEMUA DO’AIN GUA LULUS UAN DG NILAI SEMPURNA 10 SEMUA,BIAR PEMERINTAH KAGOK.OK

  127. TIGA TAHUN KOK DITENTUKAN DALAM 3 HARI SAJA .
    TOLONG KISI KISINYA DAN CONTOH SOAL ,PLEASE …..

    FROM ; ali_mo007@yahoo.com

  128. UAN 2006-2007 sangat menyusakan apalagi yang jurusan smk teknik.aku berharap UAN bisa aku laksanakan tanpa ada halangan apapun.Trus tolong donk kirimin prediksi tentang UAN SMK khususnya matematika teknik . kirim donk ke email aku.Doain ya Aku dan temen2 smkn1 lulus Semua

  129. kenapa UAN harus selalu menaikkan nilai tiap tahun. Kenapa tidak memberi patokan, kalo udah patokan nilai 4, ya udah 4 aja. Gak usah tambah naik. Malah-malah rata-rata harus 5. Mohon bisa dipertimbangkan!!

  130. Sejak jaman Ortu Saya sekolah di negeri tercinta kita ini, Ujian Pendidikan Sekolah sudah berganti-ganti sistem/Cara ataupun nama/istilah. Pernah diberi nama Ujian Negara yang berarti lulusan sekolah belum mendapat pengakuan oleh negara sebelum Lulus Ujian Negara. Kemudian pernah diberlakukan Ujian Sekolah (saja) sehingga saat itu yang penting sekolah sudah meluluskan siswanya….beres…. Urusan mutunya ditanggung masing-masing sekolah sendiri sendiri, yang penting sekolah sudah menguji. Berikutnya muncul varian lain yatu Ebta/Ebtanas yang menggabungkan hasil Ebta(Ujian Sekolah) dan Ebtanas(Ujian Nasional) sebagai mutu kelulusannya. Berjalan secara simultan sampai dengan masa itu, batas kelulusannya disepakati oleh KITA SEMUA 6.00.
    SEPAKAT BULAT 6.00 (termasuk 6.00 hasil pembulatan dari 5,50 atau 5,49 menjadi 6,00 tergantung sekolahnya) KALAU NGGAK PERCAYA TOLONG LIHAT LAGI IJAZAH/STTB ANDA YANG LULUS DI TAHUN-TAHUN ITU!!!.Kalau nggak rata-rata 6.00 ya nggak lulus….masalah darimana bisa 6.00 itu masalah Guru-guru kita dulu saat rapat dengan kepala sekolah (diawasi oleh Pengawas sekolah atau pihak Pengurus Yayasan)meluluskan kita kita dulu……
    Nah sekarang ada Ujian Sekolah dan Ujian Nasional batas kelulusannya berubah-ubah setiap tahun, antara 3.00 sampai 4,25. Mau bukti? Tahun 2005/2006 yang lalu bagi yang tidak lulus Ujian (Ujian sekolah maupun Ujian Nasional) boleh mengikuti Ujian Paket B (setara SMP) atau Paket C(setara SMA “bukan setara SMK lho, jadi yang tidak lulus SMK silahkan mengulang tahun depan…itu yang benar”)DENGAN BATAS MUTU KELULUSAN 3.00 (TIGA KOMA NOL).
    Kesimpulannya batas mutu kelulusan tahun 2005/2006 yang lalu adalah 3.00.
    Mudah mudahan 8 orang anak bangsa yang duduk di BSNP tahu dan paham masalah ini, sehingga produk kebijakkannya berpijak pada bumi realita!!! bukan berdasar “menurut perasaan saya sebaiknya ….lalu disetor ke Mendiknas agar dijadikan produk hukum atas nama menteri”.
    Informasi pengalaman dan pikiran ini disampaikan kepada rekan sejawat yang berpegang teguh pada profesi “ke-Guru-annya”, agar menjadi renungan bersama demi perbaikan anak bangsa.
    Selamat bekerja kawan dan sukses!

    “Terimakasih atas paparannya pak sonny. Saya yakin pak soni tahu banyak tentang persoalan ujian yang pernah ada di negera ini. Sementara saya hanya menulis “sependek yang saya tahu sebagai guru muda”. Saya tetep berharap pak sonny sudi berbagi infomrasi dan pengalamannya. Maka sejak pak Sonny memberikan komentar di blog ini saya menyarankan bapak bersedia membuat blog, yang kemudian lewat itu saya lebih tahu banyak tentang informasi dari bapak. bagaimana pak?”

  131. Terima kasih banyak pada Bp Urip “Helgedelbek” atas sarannya, sementara saya ini “Tri S” (SSS) atau sudah sepuh sekali, sehingga Gagap Teknologi (Gatek) untuk bikin-bikin blok.
    Bisanya ya cuman memberi pitutur pengeling-eling untuk yang Guru-Guru Muda, agar jangan terperosok seperti yang dulu-dulu (ayem…diem, marem… karena janji dan janji sampek pangsion tinggal janji) yaaahhh nrima sajalah, Tuhan tidak tidur …..
    Nah saya mau jelasin untuk penanggap lainnya, terutama yang nulis “sekolah 3 tahun kok ujiannya cuman 3hari. He eh…mas, sampeyan nanti kalau sudah lulus sarjana S1 (kira kira sekolahnya sudah 6+3+3+4= 16 tahun sekolah dari SD sampai PT, tapi kalau pengin jadi PNS ujiannya ya cuman 2 atau 3 hari. Pengin jadi pegawai swasta bonafit, seleksinya dari HRD/psikolog mungkin cuman hitungan jam saja.
    Lha kalau sampeyan pengin sekolah 3 tahun lalu ujiannya juga 3 tahun juga ada. Nggak percaya silahkan mengunjungi sekolah under-achievement, disitu pengin lulus 8 atau 12 tahun juga boleh. Dan kita menghormatinya khan?, bukankah mereka juga saudara kita (mungkin satu etnis, satu keluarga besar, satu bangsa…yang jelas ya satu nenek moyang Adam-Hawa).
    MUSTINYA BP/IBU GURU DI SEKOLAH TELAH DENGAN SEKSAMA MENGAMATI DAN MEMBIMBING SERTA MEMFASILITASI SIKAP, PERILAKU SERTA CARA BERPIKIR DAN BERTINDAK SISWA YANG LAYAK IKUT UJIAN SELAMA BELAJAR DI SEKOLAH (3 TAHUN), ITU PRASYARAT!!. Sayang hal ini tidak banyak dimengerti oleh kita-kita.
    Temen saya yang orang “Solo kemringet” nitip pantun lagi “Waduk cengklik okeh lelene- Ojo kecelek karo pakdene”.
    Kalau pantun saya dari dulu cuman itu-itu doang ” Kalau ada jarum yang patah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada yang salah jangan disimpan di dalam hati”, ……..dan saya mohon maaf.
    Selamat bekerja demi masa depan bangsa, kawan!

  132. kak aku mau minta soal UN2007 kirim ke email aku
    riyanriyanto@yahoo.com

  133. Mo UAN ?? Masih bingung ?? buka aja di http://www.darulrizki.com
    Kamu bisa Download Gratis soal Ebtanas Digital 2004 – 005 bisa untuk latihan, ada pewaktunya, ada penilaiannya.
    http://www.darulrizki.com

  134. waduhhhhh.. psng bgt! qo’ soal ujian yg skrng ssh bgt c!!
    klo bs UN yg skrng (tuk’ smp) jgn ssh2 yaa

  135. Saya heran kenapa banyak orang yang bersikap aneh menghadapi UN sampai sampai pak Sonny itu meminta guru menyeleksi siapa yang pantas mengikuti Ujian Nasional. Seolah olah pak sonny menganggap selama ini guru guru itu bekerja buta menutup mata sehingga beliau harus berkata begitu.
    Kenapa semua orang masih pada pola pikir bahwa siswa SMA harus lulus 100%? Bukankah tidak semua mahasiswa bisa 100% lulus di sidang sarjana pada satu waktu? terkadang beberapa mahasiswa itu harus mengulangnya juga..
    dan itu tidak diributkan seperti UN ini. Kenapa kita tidak bersikap positif saja terhadap sebuah perubahan yang kita tahu insyaAllah akan membawa pada perbaikan mutu pendidikan di negara ini. Sebenarnya saya ingin minta penjelasan pak Sonny dengan kata katanya yang di tulis huruf besar semua itu…

    Terima kasih..

  136. Saya punya usul bagaimana kalo kita bikin koalisi nasional pemantau Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dimulai.. dimana melalui situs ini kita bisa bertukat informasi perihal Ujian Nasional sehingga menjadikan ujian nasional yang sesuai dengan tata aturan yang ada

    salam kenal dari teman-teman yang tergabung dalam
    Adfokasi For Education (AfE)
    Jl. Potlot III Rt.001/03 No.19 Kel.Duren Tiga, PANCORAN Jakarta Selatan. Tlp.(021) 79197354

  137. gwe seneng bgt niy…. semoga prediksine keluar semua…. ya gak bro… by ali yasiker purwokerto…. jangan lupa yang mau kunjungi fansers YASIKA di Felixzz@yahoo.com

  138. Diskusi ringan seputar UAN 2007

    Diskusi ringan seputar UAN 2007
    Tidak terasa sudah 15 hari menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN 2007) yg akan dilaksanakan tgl 17-19 April tahun ini. Tentunya para siswa saat ini sedang berjuang keras belajar dan mengikuti tes-tes try-out yg diadakan pi…

  139. AQ KEPINGIN LULUS PAK,MBOK!KANGGE BAPAK\IBU GURU KULO NYUWUN NILAI PRAKTIKUM INGKANG SA’E +TEMAN2 SEMUA OYO KITA USAHA SUPAYA KITA ANGSAL NILAI INGKANG SAE………OK BOOS

  140. bro bagi prediksi UN nya donk biar bisa lulus jd g malu2in indonesia
    please bagi donk……..!

  141. oya..nnt soal ujiannya jgn sulit2 ya?oya..tolong kirimin bank soal ujian 2007 ato soal2 ke emailku.

  142. oya..nnt soal ujiannya jgn sulit2 ya?oya..tolong kirimin bank soal ujian 2007 ato soal2 ke emailku.oya sekali lagi tolong kasih tau prediksi2 soal UAN yg bakalan kluar nnt klo bs secptnya coz UAN tinggal 21 hr lagi

  143. Ayo, tetep semangat buat semua Siswa/i SMK…
    pasti kita bisa….
    kita majukan Negeri Tercinta Ini…
    tolong kirimin soal2 Ujian Negara SMK dong,..
    tx bgt,,,…..

  144. Kalo bisa tolong kirimin contoh soal UAN SMK 2007, supaya belajarnya enak,kalo ada tolong kirimkan ke Email Saya

  145. UAN???? KEPALA SEKOLAH SAYA….DAN SEMUA ISI DI SEKOLAH SAYA TIDAK PERNAH SETUJU DENGAN ADANYA UAN!!! UAN ITU BENER2 SITEM YANG TIDAK ADIL…. 3 TAHUN HANYA DI TENTUKAN OLEH 3 HARI DAN 3 MATA PELAJARAN…. BENER-BENER GAK ADIL… SEMUA ORANG ITU PUNYA KEPINTARAN MASING2 DAN KEPINTARAN MEREKA MUNGKIN ADA YANG DI LUAR 3 MATA PELAJARAN ITU……….COBA LIAT DEH SISTEM BELAJAR DI LUAR NEGRI… BENER2 BEDA SAMA SISTEM DI INDONESIA INI… BANYAK TEMAN TEMAN SAYA YANG PINDAH KELUAR NEGRI DAN TERNYATA DI SANA MEREKA LEBIH PANDAI DI BANDING KETIKA DI INDONESIA.. MEREKA BILANG DI INDONESIA ITU ANAK2NYA SEBENERNYA PINTER-PINTER CUMA KARENA SISTEM PENDIDIKAN YANG TERLALU MEMBEBANKAN BANYAK MATA PELAJARAN YANG HARUS MEREKA KUASAI JADI MEMBUAT ANAK BANGSA MENJADI JENUH…. HADUUUUUHHHHHHHH……..APASIH SEBENERNYA MAU PEMERINTAH……MAU NGELIAT ANAK BANGSA JADI GILA KARENA MIKIRIN UAN……….HADUUUUUUUUUHHHHHHHHHHH PADAHAL KALO DIPIKIR2 SUSILO BAMBANG YUDOYONO DAN JUSUF KALA JUGA KALO DI KASIH SOAL UAN BELUM TENTU BISA LULUS!!!!! DAN COBAIN TUH PARA MENTRI YANG NGEDUKUNG ADANYA UAN DIKASIH SOAL UAN DULU… KALO TERNYATA MEREKA LULUS SEMUA BARU BOLEH NGOTOT BUAT NGADAIN UAN…. SAYA YAKIN BANGET KOK KALO MEREKA JUGA BELUM TENTU LULUS UAN………HADUHHHHHHHH……MAUNYA APAH SIH…………

  146. Kurikulum Sekolah kok berubah-rubah terus ya……….kemarin baru aja diganti KBK, sekarang udah diganti lagi jadi KTSP………jadi pusing ni……….. mau ngajarin adek belajar ga tahu kisi-kisinya…
    Bagi yang memiliki kumpulan soal latihan/prediksi Ujian Sekolah Dasar Daerah 2006/2007, kirimi aku dunk…pleaseeeeeeeeeeee……
    Tolong kirim ke Lestari_atun@yahoo.com
    Atas kesediaanya saya ucapkan banyak terimakasih semoga menjadi amal anda

  147. Gwa Henry pelajar SMA nech.Kalo ada yg punya soal UAN 2007 tolong kirim ke hen_she@telkom.net donk…Thanx bgt ya..

  148. wah…, enak bgt pemerintah main coba-coba ama pendidikan negeri ini.Tapi, yang jadi korban malah calon-calon penerus bangsa!

  149. hUh!!!
    UAn Nie!!!!!!!!
    nTR Lge!!

    sem,ioGA BpK” YAng Ada disOnO Noh!!
    dapEt mNGMbIL AlternAtP LAeN BUat yANg Ngak LuLUS Yia,,
    MAsa IyA ngULang setAon,,
    daH sKUL 3 TAon,,cuMa ditenTUiN Sama 3 HarI daLAm WaKTU 2 JAm SeHArI!!
    NGAk adIL BGD dUOnk!!!
    pAQ,,
    PLis YIa,,
    bntuIn Kita duONK,,
    LuLusiN anK” sKOLahAn YAng UjiAn TaOn Ini!!
    tHx YIa,,

  150. duh gimana… nih….. UN 2007 “killer” habis
    ada nggak sih, bocoran jawaban UN 2007 di Internet???
    kalo bisa kirimin donk ke email gw…pls
    panca_kacul@yahoo.com

  151. Tolong bagi semua pelajar di seluruh indonesia yang dapet Bocoran jawaban ataupun soal UN 2007 tingkat SMP tolong kirimin gw donk….
    satukan misi dan visi untuk lulus…………
    panca_kacul@yahoo.com

  152. tolong dong kasih kisi-kisi un 2007 smp….plese………..semoga tuhan membalas jasa anda…….

  153. tolong bagi semua yang dapat bocoran soal un 2007 kasi ke saya yah…..please

  154. Tolong kasih tahu prediksi soal-soal UNAS 2007 utk SMA/MA and prediksi soal-soal UNAS 2007 utk SMP/MTs….. THank a lot.

  155. Semuanya siapa yang tahu kisi-kisi /predisi un 2007 smp kasih tahu dong…….please……… kirim aja ke email ku zakia_nettel@yahoo.co.id

  156. HARAP KPD PEMERINTAH&DEPDIKNAS,UNTUK UJIAN NASIONAL TAHUN INI JANGAN MEMAKSAKAN UNTUK MENAIKAN NILAI STANDAR KELULUSAN,JIKA INGIN MENAIKAN NILAINYA,ADAKAN UJIAN PENGULANGAN KARNA TDK SEMUA PELAJAR MENYETUJUI SISTIM PENGUJIAN TSB.TRIMS”

  157. duh bingung, besok udah unas….. jujur nih aku takut banget.semoga deh besok lancar2 aja. dan lulus semua.amin

  158. duh gmana yah soal aun susah ga yah???mudah-mudahan gampang and pengawasnya ga galak,kan klo galak kitanya jdi nerves

  159. HARI INI SUDAH TIDAK PRAWAN LAGI
    kira-kira kita berani nggak ya kia mnenetapkan bahwa
    standar kelulusan kita berkisar antara 2,00 s/d 3,00. kita lihat aja hasil tryout atau yg kita kenal dengan sebutan prauan [PRAWAN]. hari ini sudah tidak prawan lagi, karena anak anak sudah melaksankan uan yg beneran.
    depdiknas mungkin gak salah, yg salah ya kita semua para guru. kalo diasumsikan guru adalah koki dan siswa adalah bahan mentah yg akan diolah, maka kita mesti sadar bahwa seandainya kita ikut uan mungkin rata-rata dibawah skl. Trus guru yang mana yg salah ??? ya sayalah contohnya. sering saya bangga dengan titel espede, logikanya kan mesti lulus ujian sma setiap tahun. ternyata bahasa inggrisku nol puthul, matematikaku jeblok apalagi bahasa indonesia.
    saya sering memberi laporan kepada atasan bahwa siswa-siswa semua tuntas. padahal nilainya PITU semua (pitulungan), dari pada bilang banyak yang tidak tuntas nanti dibilang saya gak bener ngajarnya. belum lagi kalo ngajar gak pernah di ajak praktik, ya alasan klasik “REPOT tu PANG”. pura-puranya alasan fasilitas gak lengkap atau iri dengan guru nonIPA yg gak pernah praktik gajinya sama atau bilang sama teman-teman guru praktik gak praktik siswa juga gak mudheng.

    siswa sebagai bahan mentah yg kita olah sering kita bodohin, seharusnya tidak tuntas saya bikin tuntas, seharusnya tidak naik kita bikin naik. logikanya kalo mereka yg sekarang sudah kelas 12 adalah mereka yg sudah tuntas materi kelas 10 dan kelas 11. kadang-kadang saya berpikir bahwa bahan mentah yg saya hadapi adalah telur tambuk dengan insruksi dari atasan supaya telur tambuk tadi dibuat jadi kue yg enak, murah, menarik dan disukai orang banyak.

    seandainya aku gak malu dengan diriku kegiatan uan di sekolahku tak shooting dan tak kasih tahu ke teman teman gimana caranya supaya anak-anak bisa lulus ujian. setelah tahu pasti kita akan menanntang mendiknas bahwa tahun depan skl nya jangan cuma 4,25 tapi 8,25 pasti teman-teman bisa tetap menjaga kelulusan antara 70-80%.

    seperti yg dibilang menteri dari negara tetangga, jangan percaya para blogger, karena pembohong.

    turnuwun kang urip

  160. ada bocoran soal ekonomi buat besok ga yah ???

  161. huhuhhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhu….sebentar lagi uan…doain ya.

  162. tolong dikirimkan sample soal Ujian Nasiaonal tahun 2006 untuk SD agar kami bisa jadikan latihan di tahun 2007 ini
    pada email kami warisbs@yahoo.com
    terima kasih

  163. Assalm..

    Cm mau ngomenteri soal ujian nasional….
    gak banyak..Saya cuma mau komentar.. “kok sekolah 3 tahun cm ditentukan dalam beberapa hari???, bahkan sebenarnya cm beberapa jam..????”
    Trus..Saya dah lulus 2 tahun lalu…waktu itu standar nilai kelulusan di tingkatkan dari tahun sebelumnya…tapi (ap karna perasaan saya saja??) kok soal malah jadi tambah mudah(GAMPANG),,,nilai kita di ujian itupun lebih baik dari tahun sebelumnya…Kalo demikian brarti pemerintah(Diknas) sama aj bohong…membohongi bangsa sendiri besar akibatnya…
    Lebih baik ujian nasional itu diadakan hanya untuk mengetahui kemampuan siswa/keberhasilan sekolah dalam mendidik anak2nya, bukan sebagai syarat kelulusan..
    Seharusnya yang harus diperbaiki bukan standar kelulusan yang demikian tetapi kurikulum dan bagaimana mengembangkan kemampuan bangsa ini dengan memperbaiki apa yang harus mereka pelajari…

    Sungguh mengecewakan jika ini terus berlanjut…
    Maaf jika kurang memberikan solusi….tapi semoga kritikan ini bermanfaat..

  164. hai semua anak klas 3? gimana kabarnya setelah uan selesai ? trus gimana soal uan yng kalian kerjakan ? memusingkan atau mudah ? kalo menurut aku soalnya agak sulit n ada mudahnya meskipun uan dah selesai aku tetep pusing nih mikirin pengumuman lulus. ya mudah – mudahan kita semua bisa lulus dengan nilai terbaikkkk AMIN……
    semoga cita – cita yang kita impikan bisa terwujud dan kita bisa menjadi penerus bangsa.semoga sukses OK!!!!!!!

  165. HHMMMMmmmm…… anak” smp kelas 3 terutama wat cewe” ^^ yang mau mita bocoran soal ujian smp add aj y4ndi_gokilz@yahoo.com. owh iy jangan lupa minta maaf sama sama temen” trus minta do’a restu sama orang tua itu yang paling penting, sama guru”, kita semua harus sama” berdoa agar kita semua bisa lulus, and mendapatkan nilai yang memuaskan doaink aku yaaaa aku juga doaink kalian semuaa…!!!

  166. kk kirimin ke sini dunk yg soal smp na.. picer_n_m@yahoo.com

  167. emng gila tu pmrntah.ngapain c pake uan sgala. tau ada uankan mending dr awal kita blajar 3 mata pel itu ajaa. soksokan bgd sii. diluar aja bljrnyaa cm mata pel yg diminatin. nahh disini segambreng. buseet daah. klpun ada uan itu jngn dibikin harga matii. yaa, cm syarat ajaa tp bkn yg utama. makanya gk heran ada bcoran, tim sukses yaa kyk semacmnyalaa. smua pd takut skoolanya jelek ato gk lulus. segala cara dihalalkan. bukannya makin bgs malah makin bobrok. yaa pikirin ajaa tuu smuasmuanya.

  168. Mendingan pemerintah memeratakan pendidikan dulu deh … msh banyak daerah2 yg sgt ketinggalan pendidikannya

  169. Tp slasa UAN neeh kiriman prediksinya dooong ke Dhee_45@yahoo.com

  170. kalo mao nilai bagus yg penting mah belajar ama ibadah salat tahjud,itu paling penting,kalo ga mao usaha sendiri donkzz

  171. aduuuuuuuuuuuuuuuwww… yampun ga nyangka uan dah tinggal besok pagi… huh.. napa c soalnya pake dibwat a b a b ??? bikin tambah pusing aj dech..
    eh eh eh,, yang pd bc, doain ya biar besok gw bs ngerjain, n dpt nilai baguz trz lulus deh..hehehehe.. thx pren.. :p

  172. […] Lengkapnya lagi seh, ada di blognya guru semua orang ini. […]

  173. the time for tast national tomoro morning
    you oredy spirit for tast tomoro morning…….
    we dont now for wat my goverman have tast

  174. Perkenalkan aku seorang gguru silat boleh gabung nggak nich?

  175. Menurut aku UNAS itu sebaiknya tdk hanya tiga mata pelajaran, tetapi semua mata pelajaran yang bersifat mayor pada masing-masing program studi. Sehingga kalau remuk ya remuk sekalian kalau berhasil ya sukses semua. Jadi tdk kayak sekarang, mosok anak SMK tidak lulus hanya karena bahasa Indonesia nilainya kurang- nggak lucu tuh!
    Untuk penentuan kriteria kelulusan minimal dilakukan secara gradual, nggak perlu buru-buru. Kita kan masih negara terbelakang jadi santai sajalah yang penting arahnya jelas. Tidak asal ganti menteri ganti kebijakan! Gitulah!

  176. Sebenarnya saya masih bingung, apasih gunanya UN itu sendiri?sedangkan saat ini sudah di terapkan sis.KBK yang katanya melakukan penilaian terhadap keseharian siswa, misalkan kehadiran,keaktifan siswa di kelas,dll…Lalu apa gunanya KBK dari sikap siswa jika yang di ambil untuk kelulusan hanya dari tes buta dan hanya 3 mata pelajaran,dan tanpa memperhitungkan perilaku siswa.terus terang saya kecewa dan binggung dengan maksud dan tujuan depdiknas saat ini.Jika anda bisa menjawab pertanyaan saya ini,atau ada yang mampu menjawabnya, saya minta tolong balas di alamat saya:
    jester_104@yahoo.co.id

  177. […] UAN 2007 April 25, 2007 at 3:39 adalah | In situs | Informasi UAN 2007 mungkin dapat diperoleh dari situs sederhana tapi menarik ini. Klik di sini […]

  178. Mentri Pendidikan itu lulusan mana sih…?
    Tau tentang pendidikan ga sich….?
    Seharusnya mentri pendidikan itu yang mengerti tentang pendidikan gitu…!!!

  179. ujian nasional lbih bnyak menimbulkan kontrasepsi.ehh kontrofersi deng!

  180. Uan Oh no……harus lulus ujian naswional

  181. aduh aku bingung…..wan kawan…ada yang bisa bantu masalahku ngak? masalahku aku posting disini http://isrona.wordpress.com .

    Buat kang utip punten kang aku posting disni yah.

  182. ralat: Buat kang Urip……(aku tulis Utip)

    makasih

  183. wah ujian nk gak ono piye critane???tapi di pikir2 nek ujian ndak bisa di jadikan patokan sebagai layak tidak nya siswa lulus krna saya berpedoman WONG PINTER KALAH KARO WONG BEJO!!!!setuju ndak nek stuju kirim E-mail ke aim_sidewinder@yahoo.com

  184. halosudar2 yan tahu nilai hasil ujian nasional tolong beritahu aq ya di email crosdever@yahoo.com

  185. tolong dong buat pemerintah dipertimbangkan lagi soal nilai SKL,soalnya saya ngga nmau mengecewakan kedua ortu saya karena telah membiayakan saya ntuk sekolah yang cukup besar dan saya juga ingin cepat mencari kerja supaya bisa membahagiakan kedua ortu dengan hasil gajian saya,tolong mengerti.terima kasih.kalo ada kesalahn saya dalam menulis saya minta maaf

  186. tolong dong masukan hasil ujian tahun 2007 biar saya ga was-was dan tolong dipertimbangkan lagi tentang nilai SKL supaya ngga banyak korban yang putus asa lalu bunuh diri klo ga kuat iman gara-gara tidak lulus ujian.terima kasih pak,terima kasih atas perhatiannya

  187. kenapa sih, pemerintah kok ikut-ikutn ma negara tetangga? kan klo jd diri sendiri kita pede.kita bingung coy, mo ngikutin sape!

  188. eh kok susah bgt ya mo msk kuliah. ribet bgt tes d sma. q jd bingung, kenape kurikulumnye ganti-ganti. ada yang tau?
    tanya keee napa?

  189. semisal ujian nasional!kita bakalan goblok trus!ujian nas ini buat pelajaran kita supaya kita belajar jujur and disiplin!aku juga termasuk orang yang dirugikan dalam ujian nasional tapi aku ga nyalahin pemerintah!ini malah buat aku terpacu belajar!

  190. eh.knapa sich pemerintah tahun ini kok gak ngadain ujian paket B kan kasihan anak2 yg gak lulus di smp ku banyak anak yang komplen tentang soal ujian bhs inggris.tolong deh tahun ini semua anak di smp aku di lulusin semuanya..please aku anak SMP 1 GEBOG.

  191. ASSALAMUALAIKUM.WR.WB
    eh aku anak kudus aku mau minta doa restu biar aku lulus dengan nilai yang ku inginkan.buat siapa aja kapan aja dan dimana aja aku minta doa restu agar aku lulus.TERIMA KASIH.
    WASSALAMMUALAIKUM.WR.WB.

  192. ya ampun kita sebagai generasi bangsa cuma dibuat kelinci percobaan. kurikulum 2004 belum juga klar udah mau diganti lagi dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan bisa disebut KaTeSiaPe bingung Q giman ntar jadinya padahal standar ketuntasan semakin naik sungguh keterlaluan

  193. tetapi kurikulum 2004 belum juga di laksanakan dengan baik kalo boleh dibilang campur aduk seperti gula dengan air. mungkin pemikiran mentri kita ini mau cepat masuk dalam tingkat pendidikan yang internasional tetapi dia tidak mau melihat bagaimana anak mau berusaha dengan serius tetapi dia mau melihat hasil yang baik anak belum mampu untuk menghadapi sistem pembelajaran ini dengan sepenuhnya karena belum mengetahui standar nya.

  194. Pak/buk info daftar penilaian unas 2007 kok belum ditampilkan untuk kabupaten pasuruan

  195. wah kayaknya UN kemaren susah bgt.Harusnya pemerintah menurunkan stendar kelulusanya…

  196. hasil ujian nasional telah kita ketahui bersama bahwa KALTENG PERINGKAT 1 NASIONAL.
    YANG HEBAT SIAPA????????? DINAS KALTENG, DINAS KAB, KEPSEK, GURU, SISWA???
    Yang jelas saya jadi malas, ngapain MGMP, ngapain bikin perangkat yg lengkap? kan kita dah juara diatas juara. pangggil saja guru-guru itu dengan BENTO-BENTO-BENTO asyiik.
    lhawong olimpiade sain aja bisa bicara di tingkat nasional, guru-gurunya aja gak banyak yg bisa lolos ke 4B kok bisa juara 1

  197. Detik2 Pengumuman Kelulusan SMA/SMK dan SMP 2007

    Pengumuman kelulusan SMA/SMK tgl 16 Juni dan SMP 23 Juni tahun ini membuat cemas teman2 pelajar seluruh tanah air. Pengumuman kelulusan dilakukan dengan mengirimkan surat ke masing-masing rumah para pelajar dan diumumkan melalui situs sekolah masing-ma…

  198. seandainya aku lulus ujian langkah yang insya Allah akan aku ambil, aku ingin mencoba menjadi yang terbaik dan yang berguna bagi keluarga, bangsa, dan masyarakat. aku ingin diriku menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. do’a kan aku ya shobat……..!!!!

  199. assalmu’alaikum wr.wb

    wahai shobat….,dimanapun anda berada…
    mungkin hari inui adalah hari yang engkau nanti-nantikan, suatu hari yang bisa menentukan masa depan mu yaitu hasul ujian nasional, yang menentukan lulus atau tidaknya kalian. wahai shabat ku satu hal yang perlu kita ketahui, bahwasanya kelulusan tidak menentukan kita untuk menjadi seseorang yang sukses, kesuksesan seseorang bisa di lihat dengan kegigihannya dalam bekerja, dan bisa menghadapi situasi yang sangat menyulitkan. ingat saudaraku kesuksesan bukan dilihat dari sekarang. tapi kesuksesan itu dilihat nanti kedepannya. harapannya jangan bersedih jika kalian belum di ijinkan unutk lulus ujian, mungkin tuhan berkehendak lain untuk kebaikan kalian. trus semangat, awali harimu dengan kebahagaiaan….

    wassalamu’alaikum. wr.wb

  200. eSthY_eLyn dLapAn -june 21,2007

    scuL 3th cma dtentuin ma 3hri……mkan ati ath euyZ

    mga z luluz smwLh,

    pmerintah,,ksianin kta dnx,,pliZ

    y…4JJI mga kmi lulus sw dgn nlai yg b9uez..aMieenn

    eiGht juNioR hiGh sChooL..cHayoow iiaPzz

  201. tolong hasil un di bagikan hari jumat ke smp 5 bks.

  202. AlHamDuLiLAh AQ lu2s dG nILAi yg bAgUS(LuMAyaN lAH…^^)
    aQ sEneNG bgd Bs lU2S…..
    ThANx yH gaYS,kalian dah NGeduKunG Shella SmpE Lu2s..
    sHeLLa GA akan lUpain KeBAIKaN kALian KO….
    ThANx……,,,mMuUuUUUAAAAcccchhhhhHHHH……..

    FROM: SHEILLA DIAN A(MAntan nak smp1 POrdjo)
    Sekarang dI SMANTIE(3)PoRdJo
    klas:X-2

  203. UnAS tahun 2008 SK nya kok gak turun-turun sie ?

  204. eh Qta pengen numpang nulis n ngasih comment ttg UN . klo dpkr2 UN itu mulai g realistis n g adil. Qta udah susah2 belajar 3 thn dgn 12 mapel lebih yang nntnya hanya ditentuin o/ 4 mapel??????????????
    truz apa gunanya kita susah2 belajar n dpt nilai rapot klo nnt yg dipake hanya ijazah? pdhal semw itu untung2an!!!!!!!!!!

  205. ya tuch q jg ngrsa gtyu.q jg tkyut mw mnghdpi ujian.q pkir2 bner jg ap kta u.qlo yg dpke ijazah doank ngapain jg rpot2 ikt ulngan smster sgala.kya’ny g’pnting bgt yach…..!!!!!!!

  206. Buat Bapak mentri pendidikan ni siswa dari smk negeri 5 madiun.kami semua sangat berharap agar ujian nasional yang akan datang jangan sulit2.soalnya sangat kasihan banget dengan yang tidak lulus.bagaimana dengan nasib mereka?pasti akan menderita banget gitu?dan saya sangat kwatir tahun depannya lagi gak ada yang mau sekolah karena putus asa!

  207. buat menteri pendidikan yang guuanteng nd puuuuuiiiinteeeer plizzzZZZzzzz dunk ‘tuk uan thn 2007/2008 for SMK jgn sulit – sulit yaaaa… nd nilai standart kelulusan jgn dinaikkan terus menerus Q-lo mo naikin liat dulu dunk SDM kita-kita and liat dulu fasilitas & sarana disekolah terpencil itu bisa menjangkau or menunjang soal yang dikeluarkan dari pemerintah pusat or tidak? ya Q-lo ank anda fasilitasnya di rumah udah lengkap?pasti bisa lulus kan ank menteri nd bisa school ke luar negeri!!!!!PlizzzZZzzzz ya dipikirin dulu????

  208. kebijakan mengenai ujian nasional dari pemerintah memang baik, namun terkesan terburu-buru dan mudah berubah-ubah gak jelas, sehingga siswa yang menjalani ujian nasional menjadi bingung dan tidak dapat fokus 100% terhadap soal yang didapatkan. memang ujian nasional dianggap penting dan dapat menjadi standar kemampuan siswa.
    pemerintah sebaiknya membuat kebijakan dan pemikiran ke arah ujian nasional tiap tahunnya jauh hari sebelum dilaksanakan sehinggga siswa tidak merasa dibebankan dan merasa tidak adil.
    pemerintah tidak boleh menjadikan pendidikan sebagai alat politik yang berarah kepada siswa sebagai kelinci percobaan tiap tahunnya.

  209. mKsh pemerintah !!!!

    blh ngsh saran gagg ?
    nPa ujian nx gagg smua mata pljaran aj,
    kmi sbg pelajar menjamin pasti LULUS smua !!!

  210. imam stress mikirin ujian

    waaaahhhh gilaaaa….

    tambah puyenk dah, standar kelu2san ditaekin…

    mata pelajaran pun di tambahin…
    pak menteri…plzzz lu2sin smua anak sma se-indonesia…

    i luv u pa menteri…wekzzz

  211. Mohon beri kami info ttg unas 2007/2008. Khususnya: Permen No. 34 Th. 2007. Terima Kasih.

  212. Bagi Bapak/Ibu/Saudara2,
    Dimana ya saya bisa dapatkan:
    Permen No. 34 Th. 2007.
    Terima Kasih.

  213. Note for Teacher & Student:
    Katanya mapel ujiannya ditambah?
    tapi apa kita bisa lihat legalitasnya?
    So, kalo di tiap sekolah sampai sekarang
    belum dapat Permen No. 34 Th. 2007.
    Yang katanya aturan yang baru ttg UN,
    maka Pemerintah memang tidak bisa kerja
    dengan benar penuh dengan orang2 kolot
    yang tidak bisa bekerja dengan cepat.
    Masih pentium 1 bahkan mesin ketik..
    Tapi kalo hari ini kita bisa liat
    wujud dari legalitas aturan baru itu,
    maka memang harus mengikuti dan bersiap
    diri untuk kemajuan.
    Memang saya setuju, demi kemajuan kita
    jangan mau merasa nyaman dalam ketenangan.
    Tapi, Ingat! kalo sampai pemerintah lamban
    menindaki PERMEN baru ini dengan santai
    maka sangat dimungkinkan banyak terjadi
    kegagalan dan huru-hara.
    Dan para pejabat mulai dari Pak Menteri
    Sampai Pak Tukang Ketik akan menanggung
    dosa yang tidak akan bisa mudah diampuni
    bahkan sampai anak cucu mereka.. karena
    telah menggrogoti bangsa sendiri.

    Sesungguhnya kamu (Rasulullah) diturunkan
    dimuka bumi ini untuk menyempurnakan akhlaq..
    (kurang lebih begitu salah satu hadits mengatakan)
    Bukannya untuk gengsi Politik Pemerintah yang
    menaikkan standar nilai dg berbagai birokrasinya.
    Lihat sekitar kita.. banyak kendaraan canggih
    HP canggih, acara di TV canggih.. tapi liat pula
    Kriminalitas, Bencana Alam, Perselingkuhan, dan
    Anak2 yang gaul seks bebas dll.. termasuk saat
    Ujian Nasional Contekan atau malah dibantu gurunya.

    BAPAK MENTERI ATAU SIPAPUN ANDA
    SAYA TIDAK PEDULI..
    KARENA KALIAN PUN
    TIDAK PEDULI DENGAN INI. TIDAK?

  214. to : mentri pendidikan dan pembuat standar kelulusan

    hal;ooooooooo pak ,sebelum nya pak apa benar un di tambah lagi 3 pak kalau benar berarti ada 6 dan un 2007 ada ujian susulan ngak pak dan kalau ngak lulus gi mana pak
    bapak bisa di cari massa yang tidak lulus itu pak bapak ngak bisa tidur kalau indonesia 2008 banyak yang ngak lulus

    rumah bapak bisa – bisa tinngal abububu……

    thank ya pak coba bapak bisa baca ini ya jangan cuma orang biasa aja yang baca pasti tau pini2dari rakyat yang mengalami dan menjalani.

  215. hore………..
    standar kelulusan dinaikin…!
    mata pelajaran ditambahin…!

    Sangat menyenangkan…!
    klo tidak lulus..,
    Sangat menyedihkan…!

    Sukseskan penganguran masa depan !!!!!!

  216. kayaknya uan th 2008 bakalan lulus semua dech..! amin…..!!!

  217. BENTAR LG KAN UN NICH…YUKK QT SM2 B’DOA SMOGA QT SEMUA LULUS & DG NILAI YG BAGUS….AMIEEEEN…:-)

  218. hay…….browww!!!mendingan UAN ga usah ada yach!!!! (duh…duh… ga mgkin bgt GITU LHO)

  219. Pak mentri kalo naikin standar UAN jgan tinggi2 donk!!!! G ksihan pa ma murid2 yg pd mumet.Aku wedi GITU pak.Pak mentri dlu jg ngrasain ndri TOWWW susahnya & mumetnya mkir ujian>>>>>>> N Knp sich thun Ajaran ini kurikulum gnti2 tyuzzzz??? man jdiin anak2 Schol klinci PERCOBAAN Yachhhhhh> Duh Gusti Allah mnga2 L U LU S!AMINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

  220. Pak mentri, kalau naikin standart nilai jangan tinggi-tinggi, pakai ancang-ancang dulu. ntar kalau mendadak para siswa bisa pingsan. kalau bikin soal jangan sulit-sulit.

    Doa’in juga semoga semuanya LULUS, AMIEN

  221. tolong dong skl untuk ujian smp tapel 2007/2008

  222. seharus nya batas tuntas nilai harus 4,25

    terlalu sulit

  223. aku seh asik-asik aja selama dia gak nyenggol gue iya gak….ajibbbb

  224. sorry man ane lupa kalo ente ngerasa gak sanggup sama kemampuan ente berarti ente-ente neh dah pada suudzon sama Allah SWT. mang ente gak yakin apa sama Allah SWT nilai ujian mah cemen ente kudu sabar and banyak do’a asal ente-ente pada tau yah? Allah entu gak bakal nguji umatnya kalau umatnya sendiri gak sanggup iya nggak ajibbbb

  225. saya etuju ada un. lha klo ga da un mau nentuin lulus pa ga pake apa.lagian sesuatu tu kan pasti ada pro dan kontra.klo misal ga da un dan diganti kebijakan yang lain pasti juga ada yang protes lagi .orang mang ga puasnya.
    q kelas 3 lo tapi q setuju

  226. Salam,
    Mengapa Unas sekarang 6 matpel? Karena tahun kemarin hanya 3 matpel itu diprotes tidak adil oleh guru-guru khususnya yang berhubungan dengan spesialisasi jurusan. Karena ditambahkan dengan matpel sesuai dengan jurusan makan ditambah 3 jadilah 6 matpel. Gitu critanya? Knp diprotes lagi?
    Optimis sajalah. Saya yakin pemerintah gak berani tidak meluluskan siswa banyak. Bisa jadi booooooooomerang balik pada pemerintah lho.
    Perkiraan saya kelulusan siswa di berkisar 95% (hanya asumsi saya). Tinggal yang 5% yang gak pantas lulus.
    Karena itu blajar giat spy tdk bodo-bodo amat yang akhirnya masuk yang 5%. (Alamat gak lulus dah).
    Jadi optimis lulus dan belajar giat. Pemerintah gak mungkin setegaaaaa itu. Kriteria itu (mungkin) hanya sebatas wacana supaya giat belajar.

    Wassalam,
    http://www.smart-unas.blogspot.com

  227. gw setuju bgt klo dinaikin nilai nasional sebabb sementara ini kita terlena dengan kalimat lulus saja tampa ada kualitas ,memang ada resiko itu sudah konsekuensi yang harus diterima,ohh iya standar 2008 brpa yach

  228. Cari tauh nih untuk cerita lanjutan un 2008.

  229. tenag ajha . . UN gak Sesulit yg dbyangkn! jagn kalah ma negara ttgga! Indonesia negeri besar! UN bkan utk ditakuti,, tpi untuk djalani! sukses pemerintah,, sukses siswa negeri,, sukses Indonesia!

  230. hayoooo
    UAN kadang malah buat bingung, nih…
    kok pelajarannya tambah banyak aja???
    padahal secara logis UAN tuh nggak adil banget!!!
    Apalagi bagi anak SMA.
    Masa’ perjuangan kami hanya ditentukan dalam waktu beberapa hari???
    kenapa nggak punya solusi laen, pemerintah???
    kok kita harus UAN???
    Piye toh???

  231. soal UAN SD ga ada ya?

  232. mana nih skl ujian nasional buatsmp tahun 2008.please kirimin yach!!!!!!!

  233. gmn nich pemerintah gw 3 soal aj dah pning koq malah d tmbah 3 lg n jd 6.
    bknnya gw pmales n g mw blajar tapi kepala gw penig klw udah susah berfikir.

  234. bwt pemerintah knp nich kt mesti maksain ikut2an negara ttnggabwt soal koq makin banyak .
    bknnya aq male bljar tapi kepala aq klw susah berfikir lgsung pening …
    mlah pelajarannya yg bwt aq sering pening pula lagi…………

  235. gw minta dong kisi2 soal un 2008
    klw ada kirim ke email gw ya……..
    P
    L
    E
    A
    S
    E

  236. hey..
    ayo lah..
    rata-rata ga usah di naikin..

    pelajaran udah nambah rata-rata juga naek lagi..
    adow..
    belum guru-guru mempersulit ..

  237. Berita bagus…. BOCORAN !!!

    Bagi siapa yang ingin dapat soal ujian UAN 2008/2009 untuk SMU dan SMP se indonesia.

    hubungi st.riviera@gmail.com

    harga 1,5jt tiap satu mata pelajaran yang diminta.
    harga 7,5jt untuk enam mata pelajaran (semua).

    syarat untuk membeli : fotocopy ktp + fotocopy/scan bukti pembayaran lewat rek bank.

    dan soal bocoran akan dikirim ke alamat email anda dalam format pdf. terima kasih.

    buruan patungan sama teman2 untuk membeli soal bocoran ini.

  238. biar bagaimanapun ujian nasional harus dihadapi. hanya saja pelaksanaannya harus terus menerus diperbaiki

  239. PAK MENTRI,,
    WEBSITE’E HASIL UNAS IKU OPO ???

    BALES Ge Pe eL……………….

  240. BUAT ARIEN…..Goblok lo dasar otak udang cuma bsa mikir buat kepentingan lo

    cuma bsa nglunjak mnta ni mnta tu Dsara manja

    sini lo lkl mo debat ma GW
    Gw mhasisw aayo kita debat

    Dasar cuma bsa bacot aja!!! bdain politik ma pendidikan ja blm bsa kok coment

    Otak…lu tu harus dibenahin