100 Top Blog Pendidikan

Ada pengumuman tentang Top 100 Education Blogs yg dikeluarkan oleh OEDb (Online Education Database). Jelas itu blog berbahasa Inggris dan terdaftar pada Technorati. Membaca info tentang top blog pendidikan dengan beragam topik/kategori, saya iri. Sementara ini hanya bisa iri, sebab saya sendiri belum bisa banyak berbuat. Menulispun masih dalam tahap belajar, entah sampai kapan dalam tahap ini.

Mungkin ini (tentang top blog pendidikan itu) nanti bisa dicontoh Indonesia. Sulit mencari blog-blog di Indonesia yg mengkhususkan diri membahas pendidikan. Ah mungkin itu karena keterbatasan info dan saling menginfokan barangkali.

Oke kembali ke hal Top 100 Education Blogs itu, topiknya didasarkan kelompok:

College | E-Learning | Education News | Education Policy | Internet Culture | Learning | Library and Research | Specialty | Teaching | Technology

College, berisi tentang berbagai tips untuk pelajar.

E-Learning, seperti nama topiknya tentu berisi tentang pembelajaran berbantukan teknologi dan pembelajaran on line.

Education News, berisi berbagi berita-berita terbaru tentang seputar dunia pendidikan.

Education Policy, Berisi tentang kebijakan-kebijakan dari pelaku pendidikan dalam upaya memperbaiki sistem pendidikan di tempat masing-masing.

Internet Culture, tentang penerapan aplikasi internet, blog, pembudayaan blog yang bisa dimanfaatkan untuk lingkungan pengajaran/pembelajaran.

Learning, fokus utama-nya adalah tentang teori pembelajaran, pembelajaran informal, dan juga pengetahuan yang terkait dengan pembelajaran itu sendiri,

Library and Research, blog ini biasanya ditulis oleh para pustakawan dan juga para peneliti yang mengamati perblogan atau didasarkan studi literatur.

Specialty, blog dalam topik ini bahasan yg lebih spesifik untuk keilmuan tertentu seperti musik, sain, sejarah, dll

Teaching, ini terkait erat dengan kegiatan guru mulai dari rencana pembelajaran , bahan-bahan pengajaranm, metode-metode pengajaran, dan hal ihwal menyangkut nasib guru.

Technology, pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran dan pengajaran.

Sekarang saya bisa berhayal… andai ah… ah… !!!

34 responses

  1. *goyang-goyang helgeduelbek yg lg berhayal*
    Pak, bangun! Ayo bergerak lagi!!!

    😛

  2. IMHO, kadang kendala untuk meniru mereka adalah fasilitas internet yang masih mahal di Indonesia. Di negara maju, internet sudah menjadi kebutuhan pokok. Jadi ketika akses sudah ada, yang dipupuk tinggal niat dan semangat 🙂

  3. Saya mendambakan segala akses internet di Indonesia itu free, jadi siapapun bisa akses internent dari manapun. Asal ada peraturan mengenai situs-2 apa saja yang bisa di akses. Saya pikir ini teknis.

    Kalau mau kita maju, IT adalah salah satu faktornya…

  4. s7 ma prayogo.
    IT tuh emang salah satu faktor yg sangat penting buat akses informasi

  5. ku jadi konglomerat…(tak lanjutno lagune…)

  6. seandainya akses internet bisa seluas radio am. Mauuuuuu pak guru

  7. saya sangat terinspirasi dengan semangat bapak sebagai guru. memang pendidikan Indonesia harus brorientasi kedepan. kita tidak bolah hanya menyerah dengan berusaha membenarkan ketertinggalan melalui alsan klasik seperti: biaya, internet mahal, kurang sdm, kurang perhatian pemerintah, dan lain-lain.
    sudah saatnya kita mencoba untuk melakukan sesuatu dengan apa yang ada. seperti kata pepatah tiada rotan akar pun jadi.
    saya seorang guru fisika sma, dari karangasem, Bali. saya memang belum punya blog pendidikan khusus, namun saya telah mengelola blog mengenai pendidikan, khusunya tentang studi saya di Magister Manjemen Pendidikan. Setelah membaca artikel bapak diatas, saya berjanji pada diri saya sendiri, paling lambat akhir minggu depan saya akan membuka sebuah blog pendidikan, hanya saja saya masih memikirkan konsepnya.
    saya minta saran dari bapak, bagaimana membuat sebuah blog banyak dikunjungi orang?
    Maju Pendidikan Indonesia.
    Jangan Biarkan Arwah KI HAJAR DEWANTARA gelisah di alam kubur.

  8. Terima kasih atas kunjungannya. Saya rasa tidak perlu lah membuat kekhususan dalam membuat blog, yang penting nuansanya mengena saja ke bahasan pendidikan. Kalau tujuannya agar dikunjungi banyak orang terutama hanya blog pendidikan yah kita sediakan saja hal-hal apa yang bener-bener diperlukan oleh pelaku pendidikan, baik guru maupun siswa. Seperti di blog saya ini.
    Tapi saya yakin kedepan jaringan blog guru akan membesar sehingga harapan saya kedepan pengambil kebijakan akan memperhatikan pola seperti ini, karena banyak hal yg bisa kita lakukan untuk memajukan pendidikan dan demi penghematan. Dengan jaringan blog guru hubungan lintas batas antar daerah bisa terjalin tidak hanya bersifat lokal saja.
    Demikian dulu.

  9. Pak Urip,

    Mungkin kita perlu membuat blog khusus untuk hal khusus. Supaya fokus, baik bahasannya mau pun target audience-nya. Saya juga telah membuat beberapa blog khusus untuk beberapa hal khusus, misalnya:

    Blog Sisfo Kampus (sisfokampus.wordpress.com)
    Blog Energi Mandiri (energi.wordpress.com)
    Blog Kewirausahaan (usaha.wordpress.com)
    Blog Agama (agamaku.wordpress.com)
    Blog Kasih (emanuel.wordpress.com)
    Blog Dewo Pribadi (dewo.wordpress.com & setiodewo.wordpress.com)
    Blog Dewo dlm English (setiodewo.wordpress.com)

    Lho kok jadi banyak sekali ya? Biar fokus gitu. Pembacanya juga terfokus. Bisa jadi Pak Urip membuat blog khusus untuk guru, misalnya guru.wordpress.com.

    Salam.

  10. kayaknya sih kita harus fokus n rutin posting, giman caranya ya?

  11. pak urip ni pokoe rajanya blogging pendidikan

    go ahead

  12. OPTIMIS VERSUS PESIMIS

    ORANG OPTIMIS BUKANLAH ORANG YANG KARENA MELIHAT JALAN MULUS DI HADAPANNYA, TETAPI ORANG YANG YAKIN 100% DAN BERANI UNTUK MENGATASI SETIAP TANTANGAN YANG MENGHADANG.

    Ada 2 macam manusia dalam menyikapi hidup ini, satu sikap orang yang pesimis dan ke-dua adalah orang yang bersikap optimis.

    Tipe pertama orang pesimis, bagi orang pesimis kehidupannya lebih banyak dikuasai oleh pikiran yang negatif, hidup penuh kebimbangan dan keraguan, tidak yakin pada kemampuan diri sendiri, kepercayaan dirinya mudah goyah dan mudah putus asa kalau menemui kesulitan atau kegagalan, selalu mencari alasan dengan menyalahkan keadaan dan orang lain sebagai proteksi untuk membenarkan dirinya sendiri, padahal di dalam dirinya dia tahu bahwa betapa rapuh mentalnya, orang pesimis lebih percaya bahwa sukses hanyalah karena kebetulan, keberuntungan atau nasib semata.

    Tentu orang dengan sikap mental pesimis seperti ini, dia telah mengidap penyakit miskin mental, jika mental kita sudah miskin, maka tidak akan mampu menciptakan prestasi yang maksimal dan mana mungkin nasib jelek bisa dirubah menjadi lebih baik.

    Tipe ke 2 adalah orang optimis, bagi orang yang memiliki sikap optimis, kehidupannya didominasi oleh pikirannya yang positif, berani mengambil resiko, setiap mengambil keputusan penuh dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang mantap. orang optimis bukanlah karena melihat jalan mulus di hadapannya, tetapi orang yang mempunyai keyakinan 100% dalam melaksanakan apa yang harus diperjuangkan, orang optimis tahu dan sadar bahwa dalam setiap proses perjuangannya pasti akan menghadapi krikiil -krikil kecil ataupun bebatuan besar yang selalu menghadang!

    Orang optimis siap dan berani untuk mengatasi masalah atau kesulitan yang merintanginya, Bahkan disaat mengalami kegagalan sekalipun tidak akan membuat dia patah semangat, karena dia tau ada proses pembelajaran disetiap kegagalan yang dia alami.

    Tentu orang yang punya sikap mental optimis demikian adalah orang yang memiliki kekayaan mental. dan Hanya orang yang mempunyai kekayaan mental, yang mampu mengubah nasib jelek menjadi lebih baik.

    Jika anda, saya dan kita semua secara bersama-sama mampu membangun kekayaan mental dengan berkesinambungan, mampu menjalani hidup ini dengan optimis dan aktif, tentu secara langsung akan berpengaruh pada kehidupan kita pribadi serta kehidupan keluarga, dan dari kehidupan keluarga -keluarga yang semangat, optimis dan aktif akan mempengaruhi kehidupan masyarakat secara luas, yang pada akhirnya akan menjadi kekuatan sinergi sebagai kontributor dalam membangun Indonesia sekaligus mengembalikan jati diri bangsa! Kalau bukan kita yang membangun Indonesia, lalu siapa?

    http://www.lcc-ptc.com

  13. Wah, ternyata ramai juga nih blog seputar pendidikan. gabung ah…!

  14. halah halah, boro boro bikin blog pendidikan,
    pendidiknya saja masih susah untuk mengoperasikan komputer 😛

  15. tapi yang penting sudah muali, tinggal meningkatkan saja, ya ga

  16. Salut buat bapak…!!!!
    sudah saatnya guru apda ngeblog..saya sebagai calon guru mendukung guru-guru yang neBlog…Udah bukan jamnnya belajr cuma dari textbook..!!

  17. moga pendidikan kita makin jaya…. sukses selalu untuk orang-orang yang mengabdikan dirinya bagi orang lain.

  18. Sebuah karya merupakan sebuah luapan emosi kita. Terkadang emosi kita meluap-luap hingga kita dapat menghasilkan karya yang meluap pula. Tapi, adakalanya karya kita tidak pernah dianggap orang. Hingga terkadang kita putus asa dan enggan untuk berkarya untuk yang kesekian kalinya. Kita berpikir, buat apa kita berkarya kalau karya kita itu tidak dihargai orang lain. Than, salahkah kita jika kita berhenti berkarya hanya karena sebab-sebab yang kecil itu?

    Banyak orang besar yang mengawali karya besar mereka dengan kegagalan dan peremehan. Bahkan, karya mereka dibuang di tempat sampah. Tapi, coba kalau seandainya mereka putus asa dan berhenti berkarya. Pasti tidak akan kita kenal beberapa nama yang kini akrab di otak kita. Seperti Torey sang penulis novel psikologi yang karyanya diterjemahkan ke puluhan bahasa dunia.

    Melihat kenyataan seperti itu, kita seharusnya belajar bahwasanya keindahan karya kita itu tidak bisa langsung terwujud hanya dengan alakadabrak. Kebest selleran tulisan kita tidak bisa menjadi kenyataan tanpa peremehan. Saat ini mungkin orang bisa meremehkan kita, karya kita, tulisan kita, atau bahkan apa yang kita lakukan. Tapi, mari kita tanamkan dalam diri kita bahwa esok adalah hari kemenangan kita. Di mana tanda tangan kita diserbu pustakawan-pustakawan mancanegara untuk kenang-kenangan mereka.

    Kita akui, terkadang kita sering ngiler melihat para penulis yang menikmati masa-masa indahnya. Tapi, akankah hidup kita akan penuh dengan kekaguman semata. Tanpa usaha untuk menjadi seperti mereka. Atau bahkan lebih dari mereka. Kita harus yakin bahwasanya kitapun mampu lebih dari mereka. Jangan pernah sekali-kali berpikir bahwa suatu saat kita akan berkata kepada putra kita, “Nak, kalau sudah besar jadilah penulis seperti Habiburrahman el-shirazi.” Tapi, kita harus berpikir bahwa Habiburrahman akan berkata kepada putranya nanti, “Nak, jadilah seperti … (nama kita).” Karena itu yang terbaik buat kita.

    Untuk mencapai semua itu, di sinilah tempatnya. Sebuah ladang pengorbanan yang tiada batas. Yang terkadang diintimidasi dan dikekang kebebasannya. Yang tidak pernah merasakan fasilitas wah. Dan yang selalu mengalah demi kepentingan bersama.

    Seandainya kita egois dan hanya menginginkan keenakan serta kenyamanan. Dan terkadang banyak keluhan dan umpatan yang entah ditujukan kepada siapa. Maka, di sini ia akan merasakan neraka babak pertama.

    Tapi kalau seandainya kita menerawang ke depan. Dengan banyak mengambil i’tibar dari kenangan-kenangan orang besar. Dan menjadikan pengorbanan sebagai sahabat yang ada di setiap sisinya. Yang terus berkarya walau karyanya hanya menumpuk di lemaris usang. Yang selalu berprinsip bahwa pengorbanan hari ini adalah sebuah bekal menuju hari esok yang pastinya lebih menjanjikan. Yang terkadang disepelekan dan diacuhkan banyak orang. Dan yang ikhlas bila karya-karyanya dihentikan di tengah jalan. Maka, di sini ia akan merasakan indahnya nuansa pengorbanan.

  19. Sepertinya Blog Saya JUga Blog Pendidikan, namun Blog Lokalitas Seputar Pendidikan Kabupaten Cianjur..

    Salam Kenal

  20. Blog pendidikan memang perlu digiatkan ditengah-tengah banyaknya blok yang beraliran “adsense”.

    Salam.

  21. Memang benar blog ataupun website yang bersifat pendidikan harus di perbanyak.. ya.. mengingat sekarang internet sudah di kenal Anak SD ( Sekolah Dasar) ya khawatir mengakses yang tidak-tidak…” dan saran saya Para pencinta pendidikan mulai..merapatkan barisan dengn cara buat ikatan…he…he tapi dah ada belom ya ? kalau belum ada giman kalau diadain ? ya contohnya membuat “Ikatan Pencinta Pendidikan Dunia Maya) Mudah-muadahan ga norak..he..he gimana teman ?

    Salam Kenal
    Tri

  22. Oeyyy gw mau berbagi pengalaman , ada cara mengiklankan blog/web gratis serta free seo & meta tag yg dapat menaikkan traffic di http://www.e-tradezone.com

  23. Kapan Pendidikan Gratis ?

  24. Selamat mencoba untuk singgah di lecgarut.wordpress.com
    Lembaga pembina SMP Swasta di Kab. Garut
    YM : lecgarut

  25. Ada blog tentang guru nggak Pak, hehehe…

    Ditunggu tulisannya Pak..

  26. terimakasih informasinya
    silahkan kunjungi :
    http://taufiksabirin.wordpress.com

  27. Salam kenal mas…

    Kita berharap saja dan optimis… semoga kedepannya kemudahan pendidikan bisa diterapkan di indonesia. Jadi biar semua bisa belajar dan jadi cerdas bangsa kita ini.

  28. jika ada yang ingin download software LJK dengan fitur canggih juga ada analisisnya, silahkan kunjungi

    http://www.borneosoft.co.cc

  29. blognya benar-benar urip!!!
    tolong kasih saran & kritik di blog saya ya… maklum blogger baru…

  30. Jika Anda tertarik Untuk Belajar Internet Marketing Gratis, dengan di pandu oleh internet marketer handal (Anne Ahira) Anda bisa Belajar Di Asian Brain IMC

    Jangan Pernah Siasiakan Kesempatan Ini

    Salam

    Asian Brain Promo