Backup Blog untuk Antisipasi

Sudakah blog anda di backup? Kalau belum kenapa tidak? Apa tidak sayang jika semua tulisan anda suatu saat hilang?

Saya selama ini rutin melakukan backup blog ini 2 minggu sekali. Alatnya pakai yang gratisan WinHTTrack Webcopier, seperti yang saya pernah tulis sebelumnya. Waktu yang diperlukan untuk backup ini tidak terlalu lama, tergantung bandwidth juga.

Hal ini sangat penting untuk mengatisipasi hal-hal yang kita tidak duga. Seperti yg kita tahu dunia internet tidak lepas dari tindak kriminal atau perusakan isi situs.

Sangat disayangkan jika tulisan hasil pengkerutan jidat selama ini musnah begitu saja. Kita tidak akan bisa menuntut penyedia layanan blog semacam wordpress.com ini. Sebab seperti yg telah kita setuji sewaktu mendaftarkan diri untuk ngeblog di penyedia layanan ini. Lebih-lebih gratisan… Meskipun kita percaya penyedia layanan blog akan memberikan layanan sebaik mungkin. Tidak ada salahnya khan untuk antisipasi?!

Jika anda belum pernah melakukan backup blog, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Software untuk ini penggunaannya tidaklah terlalu rumit, sangat simpel. Banyak software yg bisa digunakan yg salah satunya sudah saya tulis di atas. Masih terdapat software semacam itu, yang bisa di cari dengan kata kunci web copier atau web offline atau kata kunci lain.

Saya telah mendapatkannya beberapa Offline Downloader, WebStripper, Web Site Extractor, Offline Explorer Pro!, WebCopier, dan masih banyak lagi.

28 responses

  1. mas , aku mohooooooooooooooooooooooo banget ajarin aku donk agar blogku penataannya , blogku masih standar banget plzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz, email aku landy_akbar@yahoo.com

  2. iya juga ya pak. Sempet ada blog ku tiba-tiba menghilang, gak bisa diakses sama sekali. Untungya baru aja nyoba, jadi posting blum banyak. Tapi kalo yang di wp ini tiba-tiba ilang…..

  3. Kalau saya biasanya menuliskan postingan di text editor dulu (biasanya pakai Gedit atau KWrite, semacam Notepadlah kalo di Window). Soalnya, meskipun di negri sebrang, koneksi internet di kontrakan sangat buruk. File selanjutnya di copy-paste ke Blogspot atau WordPress saat main ke kampus yang internetnya jauh lebih stabil. Jadi, semua postingan tetap tersimpan di komputer saya.

  4. wuaaah tulisanku urung pantes di backu iseh perlu di delete he he he.. GAN.. ada software yang untk mengetahui.. berapa kali..file kita di download orang… siap tau simbah mau kasih gratisan.. DATA2 Koruptor di INDONESIS

  5. >> landy
    Sepertinya ada sedikit perbedaan WP.com dengan blogspot, saya belum pernah pakai bloggspot, tadi udah coba dan belum banyak tahu. Rekan lain ada yg bisa bantu ?

    >> neeya
    Yah itu untuk jaga2 jangan sampai ada kejadian semacam itu. Blog saya ini kalau saya copi total 9 koma sekian MB. lengkap kecuali link luar WP.com, dan bisa dibaca secara offline

    >> dirac
    Kalau gitu yah lebih baik gak usah di backup segala. Sudah aman.

    >> mbah keman
    Weh ladalah, si mbah kok tanya saya, yang gak tau urusan software yg semacam itu. Lah wong biasa nyimpen file aja di virtual drive gratisan, jadi yah gak usah pakai software2an disitu saya sudah bisa melihat frekuensi file yg telh didownload.

  6. wah..tulisanku ra onok sing berbobot e Pak Guru, opo yo perlu di bek ap?

  7. >> budhe
    Weh ladalah… budhe mbok yah dihargai tulisan sendiri. Menurut saya tulisan di blog adalah sebagian bukti otentik tentang diri kita. Yah sekedar untuk mengaca diri. Mungkin untuk melihat kemajuan-kemajuan diri (tepatnya fluktuasi diri), agar otak kita tidak terlalu capek mengingat apa yg perlu kita lakukan.

  8. Pak Guru, pelajaran hitung cepat matematikanya so helpfuuuulllll. Suwun nggih. Iso ngajari anakku ngko. Tapi sempet bingung, ra ngerti artine add the carry he..he.. Tapi kok rumuse akeh men yo? Kudu apal kabeh laan Pak Guru?

  9. >> budhe
    Sami-sami de, itu semua laternatif, diperlukan pembiasaan, tidak harus dihafal, tapi untuk merangsang agar dapat mengamati suatu aturan agar bisa dimanfaatkan lebih praktis dalam berhitung. Sistem seperti itu mirip dengan metode berhitung horizontal-nya Indinesia.

  10. kalo ilang ya bikin lagi aja hel :))
    *wong gratis kok njaluk slamed πŸ˜›

  11. salam kenal Pak guru…

  12. Oye… Salam kenal balik bos biho, saya belum pernah sampai sangatta, paling banter sampai samarinda.

  13. hehehe…dah saya input ke feedback-nya wp, biar dia bikinin sekalian prosedur tuk backup database (output txt gak apa2 dah), jadi kita tinggal klik, beres! moga2 didengerin…
    *dasar gak mau repot*

  14. >> passya
    Siiplah tinggal tunggu perkembangannya saja. Kata wadehel dengan menu ekspor bisa untuk backup, tapi formatnya xml. lalu mbacanya pakai apa yah?

  15. caranya mbekap itu piye, pak guru? mbok aku diajari…

  16. bisa kok komentar di blogku.. gampang dan cepat.. hehe coba lagi mas..

  17. >>sahrudin
    Kalau saya pakai winHTTrack, caranya download dulu software itu, install, baca documentation-nya. Jalankan, praktik-kan, πŸ˜€

  18. Kalau saya mungkin agak beda ya, sepertinya saya tidak memerlukan backup. Karena sebelum saya posting di blog, terlebih dahulu saya menulisnya di ms.word kemudian saya simpen di folder khusus blog, baru abis itu saya posting di WP.

    Ini karena saya ada komputer (kantor man) sehingga semua postingan yang ada di WP saya sudah ada foldernya sendiri.

    Tetapi nggak ada salahnya kok kalau mau di backup, bukankan ada pepatah yang bilang “sedia payung sebelum hujan” halah kok jadi kayak orang tua aja….

    btw, backup yukkkkkkkkkkkkk

  19. >> prayogo
    Yah kalau gitu aman. Tapi kalau saya lebih enak di backup, ada kenang2an karena tampilannya sepenuhnya persis weblog kita, cuman offline, bukan hanya pos-posan saja tapi lengkap dengan komen dll.

  20. helgeduelbek: bisa tidak membuat semacam tutorial untuk mem-backup blog kita. Kalau sempet tolong di buat secara detail, kemudian di posting di blog ini. Saya yakin akan banyak manfaatnya untuk orang lain (termasuk saya).

    TQ ya…..

  21. >> prayogo
    Saya sudah coba buat, tapi belum bisa detail, sesuai pengalaman saja lah.

  22. aku bek ap nya pake ms word πŸ™‚

  23. wahh.. dari kemarin internet ancur jadi gak bisa komen..
    ikutan ya pak guru πŸ™‚

    1. di export ke xml beres. tinggal bukanya bisa pake feedreader atau kalo mau lebih ‘gampang’ buka aja pake notepad πŸ™‚
    bisa koq. xml itu sebenarnya cuma file biasa, tapi dia terstruktur gitu loh pak guru. rss itu kan sebenarnya termasuk keluarganya xml. jadi kalo mau, sebenarnya masukin aja ke feedreader atau feedburner. dah dijamin gak bakalan ilang. kecuali kalo tiba-tiba feedburner-nya di hack orang terus di hapusin semua data-datanya. tapi kayanya kemungkinan itu kueeeciiilll sekali ya πŸ™‚
    lagipula, kalopun dihack juga mereka pasti ada backupannya. (lah.. koq malah ngomongnya ngelantur kemana-mana πŸ™‚ )

    2. mbah keman. saya lagi bikin plugin-nya tuh mbah buat itung-itungan donlot itu. belum jadi abisnya belum sempet. tar mampir-mampir ke tempatku yo mbah, kalo udah jadi tak kabari wes..
    sebenarnya diluaran sana juga udah ada sih, tpai bukan plugin buat wordpress. tapi lebih ke file php yang harus di modifikasi gitu.. kalo mau yan gkaya gitu ya tinggal nannya aja sama mbah gugel pasti ada πŸ™‚

    3.pake htttrack atau wintrack bisa aja. tpai kalo tujuannya cuma ngebackup postingan, wahh.. sayang ya. kaya yang pakguru bilang sampe 9megaan itu wahh.. gwde banget. mending paling aman dan gampang dan gak perlu donlot gede-geedan. masukin aja rss-nya ke feedburner. dijamin beres dah πŸ™‚

    *pakguru sorry tulisannay amburadul abis gak pake edit-editan + baca ulang, orang mau cepet-cept munmpung bisa online hahaha :))*

    makasih yo pak guru udah boleh ikutan ngomen. panjang lagi, menuh-menuhin blognya pak guru aja πŸ™‚

    eh tapi koq ini blognya pak guru lancar-lancar aja ya di akses?
    punyaku aja macet je…

  24. >> om7ack
    Makasih udah nambahin kasih tips. Udah dapat pencerahan gratis.
    Saya sendiri gak tahu bisa lancar, mungkin jalurnya wordpress.com diluar dari kerusakan serta fiber optik yg di taiwan itu kali. Punya sampean blognya saya akses lancar kok.

  25. punya ku lancar ga pak?

  26. >> Anang
    Lancar CAK barusan ku klik langsung ting…. siiiip

  27. wah sip…. suwun…. sekarang bagi pengguna speedy dan sejenisnya… blogger dan google yang sebelumnya belum bisa diakses kini lancar jaya…. hehehehe

  28. Belum semua sih mas anang πŸ™‚
    yang di blogger saya masih belum bisa akses nih :((