Edublogs.org vs WordPress.com

Sejak awal berniat membuat blog saya bimbang mau pakai layanan blog gratisan yg mana. Jumlah lumayan banyak. Yang menjadi incaran saya awalnya adalah edublogs.org dan wordpress.com ini. Setelah banyak mengunjungi blog-blog yg sudah eksis pilihan jatuh kepada wordpress.com.

Edublogs.org sebenarnya sangat tepat dengan misi saya mempunyai blog. Namun saat itu edublogs.org sangat sederhana dengan pilihan yg sangat terbatas. Jauh jika dibandingkan wordpress.com. Maklum saja karena edublogs.org memakai mesin wordpress.

Entah kenapa tiba-tiba pagi tadi saya ingin menengok edublogs.org lagi.
Harapan saya ada perubahan yg berarti pada Edublogs.org. Dugaan saya tidak meleset, rupanya sejak awal November 2006 sudah banyak perubahan dilakukan edublogs.org. Akhirnya hari ini saya coba untuk membuat blog baru dan url-nya di http://indo.edublogs.org.

Dari fasilitas yang disediakan memang tidak selengkap di WP.com. Namun ada hal lain tidak dimiliki WP.com justru disediakan edublogs.org. Beberapa di antaranya akan saya ceritakan di sini.

  1. Theme (tema)
    Jumlahnya relatif lebih banyak dibandingkan sebelum awal november. Dari kebanyakan theme itu yang menyediakan fasilitas sidebar widgets dengan kustomasi layaknya di WP.com hanya ada 1 (ini sependek yg saya tahu looo). Yah yang saya pakai di indo.edublogs.org itu (theme Freshy by Julien De Luca). Untuk theme lain sidebarnya banyak yg tidak disediakan, jadi kita harus puas defaultnya saja. Beberapa theme yg disediakan ada di WP.com terpampang di menu presentasi subsmenu theme.
  2. Rich Text editor pada edublogs.org secara default lebih lengkap dibandingkan miliknya WP.com. Bisa dilihat di gambar berikut.

    Pada pos-posan edublogs.org bisa disisipi file dengan ekstensi swf, dcr, youtube, Google Video, IFilm dengan sekali klik saja.
  3. Terdapat beberapa plugin yg bisa dipasang pada edublogs.org meskipun diantara plugin itu sudah menyatu kalau dalam WP.com. Plugin itu antara lain: Adsense-Deluxe, Akismet, Democracy Poll, Democracy Poll Sidebar Widget, Google Analytics, RockYou, Talkr Podcast, WP Flickr Post Bar.
  4. Pada menu dasbord Edublogs.org terdapat menu Wikispaces dimana kita bisa membuat beberapa tulisan tentang deskripsi suatu hal, layaknya wikipedia itu.
  5. Yang belum saya dapati pada Edublogs.org adalah widgets statistik blog yang di WP.com bisa ditambahkan ke dalam sidebar dengan drag and drop.
  6. Sementara itu dulu, nanti ditambah kalau nemui hal lain.

Edublogs.org aksesnya sangat cepat dibandingkan WP.com, saya tidak tahu apa alasannya, mungkin beberapa fitur pada WP.com tidak dipakai di Edublogs.org ini.

14 responses

  1. saya tetap cinta WP pak!
    file-file dengan ekstensi swf, dcr, youtube, Google Video, IFilm, bikin berat, boros bandwith org kantoran bisa2 ditimpukin admin tuh.., klo server gratisan aksesnya cepet, berarti user blom banyak bgt 🙂
    imho, sidebar yang parameterize kayak di wp emang bikin berat pass loading css… beda sama sidebar pada blog*spot atau blog*some yg statis..

  2. Hemh simbah terpaksa pakai domain.com tapi tetep pakai wp..dengan alasan …yang mudah aja dan simple.

  3. Makasih mas info edublogs-nya. Kebetulan kita punya misi yang sama. Hanya saya yang masih kucar-kacir blognya. Ohh…yaa, anda pernah berkunjung ke blog saya dan komentar tentang web gratis. Kebetulan saya nulis lagi 2 info. ISP dan email. Mungkin bermanfaat buat adik-adik kita yang mau belajar. Tolong bantu info tulisan saya untuk mereka di blog anda 🙂

    Hormat saya

  4. masih awam mas bisanya baru di blogspot he..he..
    but thanks banget buat infonya di edu blogs..

  5. Saya pikir bukan karen awan dan sudah mahir. Kalau di blogspot itu, kita pengguna di kasih kebebasan sepenuhnya untuk merubah template yang ada. Asal kita tahu bahasa2 pemrograman, maka kita bisa merubah tampilan blog sesuka hati kita.

    Kalau di WP (sependek yg saya tahu) kita tidak bisa melakuka itu (perubahan template).

    Buat mas urip, kalau saya kok punya blog satu aja ya. Soalnya satu saja tidak tiap hari saya update, bagaimana kalau punya lebih dari 1.

    Satu buat saya sudah cukup, tetapi kalau untuk sekedar coba-2 dan pengen merasakan apa bedanya tdk apa-2 sih….

    Selamat berpetualang…..

  6. >> passya
    Yah itu resiko yg harus dibayar, sebab kalau kiblatnya adalah blog2 luaran sana mereka banyak menyisip-nyisip file bertipe seperti itu. Dan itu sangat efektif sebagai media pembelajaran. Karena mereka bandwidthnya lebar banget selebar jalan tol. Di Indonesia bandwidth berebut dan harganya masih mahal. mungkin nunggu subsidi bandwidth untuk pendidikan dulu, baru bisa pakai blog dengan berbagai plugin yg memerlukan bandwidth lebih.

    >> mbah keman
    Sip dah… orang seperti kita emang emoh repot. Btw dimana belajar filsafat “sekarat”nya.

    >> ooyi
    Blog sampean wis bagus kok, hanya saja pilihan theme-nya perlu dipertimbangkan, karena beberapa blogger anti warna gelap yang katanya bikin mata agak kurang nyaman. Tapi isinya sudah siiip, Ok terus nulis yuk.

    >> laksono
    Hehehe barang lama, karena baru kenal yah tetep baru, seperti saya ngeblog di blogspot juga belum pernah, setelah ini mau nyoba wong gratis, dan mumpng lagi banyak nganggurnya.

    >> prayogo
    Wah gitu yah kalau di blogspot, mau nyoba ah… iyah iseng sekedar pingin tahu saja. Kalau saya yah sama, ngurusin banyak2 blog malah repot, nulis aja masih belajar. Fokus masih tetep di WP.com.

  7. hmm, jadi inget kalo punya akun di godonk.net ama blogwae.com

  8. sebenernya kalo mau. di WP pun kita bisa koq modif sedikit sehingga kita bisa dapet ‘pos-posan'(ikutan istilahnya pak guru : ) yang kaya punya edublog itu 🙂

    tapi yahh.. gak bisa yang di gratisan sih :p hehehe…

  9. Wah, “you must be logged in to comments?”
    Disana ga sebebas di WP.com ya?

  10. Wah Pak Urip nih bikin salut aja,… jadi ingat “inovasi tiada henti” hayoo… heheheheh Sip sip.. tapi masih setia di WP kan…

  11. >> Luthfi
    Yah kalau bisa di rawatlah,… pakai editor blog aja… support gak yah kira2

    >> om7ock
    Itu masalahya masih belum mau makai yg bayar.

    >> Wadehel
    Hehehe Itu mah bisa-bisanya yg punya blog atuh… nanti di buka untuk umum kok. itu wong iseng saja. saya tahu, banyak yg enggan masuk kalau harus log in. Mau kasih komen kok pakai daftar… emang apa-an… gitu yah. BTW saya akses blog sampean kok gak bisa yah?

    >> Syarif Winata
    WP.com akan terus jalan, hanya suatu saat harus milih juga. Kita cari yang paling sesuai dengan tujuan saja. But I Still love WP.Com (*alaaa sok keinggris-ingrisan salah pula strukturnya*) Blog sampean juga tak buka gak bisa je. gimana

  12. Pak Guru… aku punya rumah baruuuu… mampir yaaaa..

  13. Pak Guru, yang membedakan WP dengan Edublogs.Org adalah kelengkapan koleksi template-nya. Namun untuk statistik kita dapat menggunakan tool statistic dari web lain, saya menggunakan sendiri menggunakan Blog Patrol dan NeoStat untuk statistik blog saya.

  14. >> Gora
    Bener itu bedanya, Yah boleh juga tuh pada statistik luar. Oh ya referers-nya mirip dengan wp.com hanya formatnya beda dikit.