Cara Menggunakan WinHTTrack (Httrack) untuk Donwload Isi Website

Berikut ini panduan ringkas atau cara untuk mem-back-up (mendownload) semua isi web atau blog dengan WinHttrack ( HTTrack di Windows).

  1. Download software HTTrack untuk windows, untuk Linux klik disini
  2. Install dan ikuti petunjuknya hingga finish.
  3. Jalankan WinHTTrack Website Copier (Klik start – Program – winhttrack – WinHTTrack Website Copier.
  4. Klik Next
  5. Isikan Nama Proyek di Project Name (terserah aja namanya)
  6. Biarkan standar penyimpanan proyek tersebut di C:\My Web sites, boleh diganti di folder lain, Klik Next
  7. Pada mirror mode, Isikan alamat URL weblog yg akan dikopi di kotak Web Address (URL), ini bisa dikopikan saja dari address url yang mau dikopi itu. Sebelumnya kita juga bisa menentukan Action-nya terlebih dahulu, kalau tidak biarkan default saja.
  8. Lakukan setting limitasi dengan klik Set options… Ini bertujuan agar apa yang kita unduh terbatas pada web yang kita kehendaki saja. Kalau tidak dibatasi maka semua tautan web yang ada pada web tersebut terunduh semua, dan bisa gak selesai-selesai. Saran saya untuk maximum mirroring depth, isikan 10 saja (biasanya gak sebanyak itu juga  link internal setiap web kan?) kemudian pada Maximum external depth isikan 0 saja, agar link keluar web yang kita ingin unduh tidak turut terunduh. Max transfer rate isikan sebanyak-banyaknya sesuai bandwidth yang kita gunakan. Kemudian klik tombol Ok yang ada di bagian bawah.
  9. Klik next.
  10. Klik finish.
  11. Pengkopian segera dimulai. Kalau sudah selesai klik Exit. Biasanya kalau ada link ke URL diluar WEB yg anda kopi ada konfirmasi apakah juga akan dikopi. Kalau tidak mau yah skip all saja.

Semua link yg ada dalam lingkungan weblog/website akan berjalan normal ketika dibuka secara offline.

Oh ya hampir lupa, WinHTTrack ini juga menyatu dengan Internet exsplorer, jadi kalau pas kita buka weblog/website tertentu, terus mau mengkopi-nya tinggal klik aja ikon HTTrack yg di toolbar itu. Jangan lupa untuk me-set option untuk mentukan tingkat kedalaman download dll kalau dikehendaki, kalau gak biarin saja default terus kalau ditanya saat proses pengkopian kita bisa pilih mau download link luar itu apa gak (seperti yg dilangkah ke 8 itu).

Tambahan dikit, secara default hasil kopian weblog/website disimpen di C:\My Websites, untuk melihat tampilan hasil kopian buka folder nama proyek itu, cari saja file index, klik dan crinnngg kebuka weblog kita.

Selengkapnya untuk panduan dapat dibaca sendiri di Documentation yang bisa diakses dari Start-program-WinHTTrack-Documentation. Tentu setelah WinHTTrack di-install di Windows.

*) Pos ini akan diedit jika diperlukan, kita bisa diskusikan kalau ada hal yg tidak jelas.

13 responses

  1. HTTrack ini bisa dipake ke halaman dinamis ga ? (.php)
    Kok kalo menurut logika saya cuma bisa dipake ke halaman statis ya.. kalo gitu berarti ga bisa dipake buat backup blog dong… kan kaga pake html 😀

  2. >> Zhanze
    Seperti bisa kok.

  3. yg di-back up database kah? klo mo restore bisa? output bentuk apa pak? sorry blom coba…

  4. >> passya
    Sebenarnya saya tidak yakin pakai kata backup, mungkin yg tepat mengkopi weblog. Sebab tujuan awalnya adalah menyelamatkan pos-posan dan juga seluruh isinya dengan tingkat link tertentu.
    Kalo bermaksud restore lebih baik seperti yg disarankan wadehel diekspor saja makai submenu ekspor dari dasbor, yg ini formatnya XML, tapi sayang saya coba import ke blog yg baru saya buat yg berbasis wordpress terjadi error. Belum dicoba lagi sih untuk mengecek dimana masalahnya.

  5. yes, wadehel was right!
    saya sudah coba, nih hasilnya, nih panduannya
    thanx, guys… WP IS BETTER!!!

  6. lho kok link back up-nya gak jalan? nih back up passya

  7. >> Passya
    Ok nanti mau coba juga ah… emang kelihatannya simpel, kalau antar blog dalam linkup WP.com dengan edulogs.org belum berhasil saya.

  8. Ok, TQ banget atas panduan untuk membackup blognya.
    Saya yakin ini akan sangat berguna….

  9. hmm blog ane masih seupil, semoga satu saat perlu di bek’ap juga 😉

  10. betul nih, bukan backup tapi copy post.
    Btw, how to back up DB dan file2 di wordpress.com

  11. Eh Bos….
    Setelah dibackup kan aman…
    Tapi gimana restorenya….
    Mohon bantuan…

  12. makasih yah atas infonya. bagaimana kalau kita downloadnya di internet (warnet), bisa copian webnya kita save di flasdiks nanti dirumah baru di open. mohon bantuannya