Gempa Taiwan & Blog

Sejak siang kemarin (27 Desember) koneksi internet serasa lambat gak ketulungan. Dugaan awal ada yang tidak beres dengan komputer saya, atau ada masalah di server di ICT. Tetapi anehnya hasil ping ke Indosat IM2 normal. Sejak siang pengunjung blog setelah saya cek menurun jumlahnya. Mulai kecurigaan saya ke ISP. Demikian pula bila saya membuka blog lain juga sulit bahkan terputus. Beberapa kali Saya hubungi admin ICT tidak ada respon, rupanya yg bersangkutan sedang sakit.

Sempat juga mempos tulisan terakhir (Khayalan Belajar di Jepang) meskipun agak tersendat. Akhirnya setelah itu koneksi saya putus, dan tinggal tidur hingga sore hari. Begitu bangun ternyata hasilnya koneksi sangat lemot yah akhirnya diskonek lagi. Kebetulan pada saat nonton Metro TV ada berita pada teks berjalan, dikabarkan bahwa koneksi internasional sedang bermasalah. Penyebabnya adalah rusaknya kabel serat optik di daerah Taiwan dan Korea akibat gempa dahsyat di wilayah itu.

Seperti yang diberitakan bahwa kabel serat optik itu merupakan penghubung ke benua Amerika, maka jika kita coba buka email kita yg di yahoo pasti akan bermasalah. bisa sih bisa tapi ampun lamanya. Chatting pun dengan Yahoo Messenger gak bisa dilakukan.

Baru ngeh… itu masalahnya. Terus baca lagi berita di www.detikinet.com bahwa kondisi ini bisa berminggu-minggu, hingga kondisi normal dan serta optik itu diperbaiki. Masih beruntung koneksi domestik masih bisa berjalan normal. Jadi sempat baca-baca info.

Ternyata koneksi ke http://wordpress.com untuk membuka blog masih bisa lumayan lancar meski sedikit tersendat. Akhirnya yah sudah nyoba kirim pos ini. Sayang blog-blog yang biasa saya kunjungi dengan menggunakan domain lain sulit untuk diakses. Kebiasaan jalan-jalan ke blog terganggu.

27 responses

  1. iya nih bos..
    dari kemarin pagi sekarat
    WOAAAA….. katanya bisa mingguan lagi ya :((

  2. Kalo dipikir-pikir, kenapa koneksi ke wordpress.com masih tetep lancar ya? Padahal kan servernya ada di luar?

  3. Waduuuh, akhirnya ada juga yg bisa ku buka, setelah menggih-menggiihh.. Selamat siang pak Guru. Sama nih, kemarin aku sempet bingung. Tapi setelah ditelepon temen yg ngerti pimg-pimg an itu tadi aku jadi tau. Dan setelah baca kompas tadi pagi, katanya 3 minggu!! Waduh, nganggur dong.. Blogspotnya lelet banget.

  4. makasih infonya, Pak. Pantesan temen2ku yang di Indonesia nggak online, kirain lagi ada liburan nasional 😀
    Oz sementara koneksinya just fine. cuma kalau mau masuk ke website Indo yang time out terus 😦

  5. >> om7ock, zhanzhe, budhe, physicaholic
    🙂 selamat siang semua… yah apa boleh buat kita nikmati aja yg ada. tuk budhe, bikin blog lagi aja dhe… dengan wordpress.com. nanti kalo normal yg di blogspot tetep diisi dengan pos yg sama toh ada blog editor yg bisa untuk mempos 1 tulisan ke banyak blog, tinggal 2-3 klik saja. Saya udah coba pakai WLW. mantap dah.

  6. Laporan sore:
    Mail via web masih matot.
    Mail via POP3 lancar jaya.
    IM Gtalk matot.
    YM bisa 😀

    *penting gitu? :P*

  7. oke deeeehh daripada ngenteni 3 minggu. Coba tak bikin WP. Tapi konco2 ne akeh sing nang blogspot jeee…

  8. >> budhe
    Oke dhe… ditunggu info link-nya…

  9. saya malah gak bisa akses ke semua web di Indo
    kemana YM, Google dll bisa

    telponpun dari taiwan ke indo g bisa
    padahal ortu dah khawatir

    semoga cepat beres dech

    ma fan dau le :((

  10. Permisi Pak Helgeduelbek, ikut komen…

    Ngomong-ngomong… lebih seru berita bencana internet-nya ya daripada bencana gempanya?.. terakhir baca korbannya dua orang meninggal. Moga-moga gak bertambah… Amin.

    kembali mengenai internet, semoga bencana internet ini bisa dijadikan pelajaran untuk bikin sistem yang redundant oleh para pakar IT… Amin.

  11. Sama nih, kirain karena lokasi saya yang sejajar pak Helgeduelbek …
    Ampun kalo sampai bermingu-minggu …
    Syukurrr wp masih on air …
    btw, banner nyiur melambai di kebun sendiri ya
    🙂

  12. Kok kalau saya semuanya masih ok2 saja ya….hanya memang agak lambat untuk koneksi ke google, yahoo. Tetapi untuk yang lain tetap ok.
    Memang 2 hari kemarin YM tdk pernah bisa, dan kadang-2 paman google dan yahoo ngadat, tetapi stlh di refresh bisa lagi…

    Sepertinya saya tidak terlalu terganggu dengan adanya bencana itu.

  13. kayaknya memang yang ke Indo yang keganggu. disini semuanya ok ok aja, kecuali hub. ke link2 mobil di Indonesia. sempet seharian kemaren ‘ga nyambung sama sekali ke situ.

  14. Bener bozz gempa di taiwan buat internet kita jadi sekarat 😦 waduh gara² itu gw juga jadi kena semprot gara² gak bisa kirim/terima email

  15. >> Nur Aini Rakhmawati
    Loh emang saat ini tinggal di bagian mananya taiwan, ngerasahin gempa juga donk, tapi selamat kan? Image header itu saya ambil di belakang kebun, jadi yah miliki orang.

    >> prayogo
    Wah kok bisa yah, emang koneksi pakai apa?

    >> goio, fulan, telmark, wiznu,
    Kita mengeluh karena kita sudah merasa itu kebutuhan pokok.

  16. Ass.. enak bangett ya kalo punya aktivitas di luar negeri (KULIAH or kerja..) jadi pengin…. btw… sekarang ngenetnya udah bisa… see me at http://www.almuhandis.wordpress.com

  17. Hari ini udah lancar tuhh. WordPress tetep ngebut. Yahoo, google dah gak masalah. Friendster jalan terus… Padahal tadi pagi sudah aras-arasen bawa laptop ke kantor. Ok. hepi holide, long weekend, selamat bertahun baru, selamat puasa arofah, selamat idul adha, hati-hati, jaga tekanan darah, kolesterol dll…

  18. alhamdulillah selamat
    trims ..

  19. btw, saya masih penasaran mengapa WordPress tetap lancar saja diakses dari Indo, sementara banyak blog di blogspot yang gagal diakses.

  20. >> almuhandhis
    Selamat datang di helgeduelbek, sy juga pengin sih jalan2 ke LN. Salam untuk warga yogya.

    >> dewa
    Yah meskipun sedikit tersendat ditempat saya lumayan lancar, Makasih peringatannya.

    >> Nur Aini Rakhmawati
    Ikut senang mendengernya

    >> dirac
    Kalau mau jelas coba tanya ke yg punya wordpress atau di forumnya saja, saya mau tanya tapi gak bisa bahasa inggris je.

  21. wah…wah…gempa Taiwan bener2 kuat efeknya.
    Saya malah dapet email dari layanan Access Plus, kalo ga bisa ngirim email via HP ke Indo.

  22. Semoga cepat sembuh lah … btw,
    … Hari ini blogger.com bagus-bagus aja …

  23. kapan yah komputer bisa kembali normal seperti semula?aku kesepian nih!warnet jadi sepi,karna gempa yang terjadi.aku harap semua nya dapat kembali seperti semula dalam waktu yang cepat,dan gak 3 minggu dech thanks yah

  24. sekarang sudah mayan lancar deh. Warnet masih pada tutup? Tadi aku lewat warnet deket rumah sepertinya rame (kliatannya lowh)

  25. selama internet katanya down abis-abisan … saya memang sedang tidak bisa akses internet karena sedang pulang kota :B untung sekarang sepertinya keadaan sudah kurang lebih stabil ya.

  26. >> murniramli, maiden, susan, neeya
    Yah sekarang perlahan pulih tapi belum 100%

    >> kikie
    Yah… pantes sepi gak ada pos-posan yg baru di blog mu kie. Mana buah tangannya dari kota?