Menumbuhkan Semangat Berbagi

Mulai dari bisnis hingga sekedar narsis.

Begitulah tujuan orang memiliki situs atau blog, tujuannya bermacam-macam. Tapi kalau kita renungkan ternyata lebih dari itu. Secara langsung maupun tidak langsung tujuan-tujuan itu selalu disertai semangat untuk berbagi.

Apa yang bisa kita bagikan?

Setiap individu sudah pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, baik itu pengetahuan, ilmu, pengalaman atau sekedar info. Kalau kita selalu melihat kekurangan terus maka semangat berbagi tidak akan pernah muncul. Maka janganlah itu dilakukan. Coba lihat apa “kelebihan” yang kita punya. Ini akan membuat percaya diri. Jangan perdulikan pikiran “apa kata orang jika saya menulis ini itu”. Jika kita sudah berani mengemukakan “kelebihan” ada kemungkinan itu akan bisa bermanfaat untuk orang lain, atau setidaknya untuk diri sendiri.

Kadang banyak orang yang tidak menyadari (lupa) “kelebihan” dirinya. Saat menulis untuk blognya seperti kehabisan ide mau nulis apalagi. Padahal pemikiran atau pengalaman sangatlah berpotensi untuk dijadikan modal berbagi lewat tulisan, sebab selama kita hidup pengalaman selalu ada. Jangan terlalu perdulikan apa komentar orang nanti. Jangan terlalu kuwatir tulisan kita basi. Semua bisa diungkapkan lewat tulisan di blog. Blog adalah salah satu media berbagi info, pengetahuan dan pengalaman yang cukup efektif dan media pendewasaan berpikir.

Dengan berbagi info, pengetahuan kita, ilmu kita, dan pengalaman kita akan semakin melekat pada diri. Demikian blog dan semangat berbagi.

18 responses

  1. betuul….menulis itu dengan hati πŸ™‚ dan karena dikelola secara pribadi maka gak perlu takut nulis yang kita mau, terserah mau basi ato agak2 gak mutu hehehe yang penting nulisss terusss….

    Helgeduelbek: Begitulah semangat blogger sejati… πŸ™‚

  2. Setuju …..
    Sesedikit apapun ilmu, bila dibagi akan bermanfaat, sebaliknya bila dikantongi bisa mambu, … jadi busuk.
    *berfilsafat nih*

    Helgeduelbek: Bener itu … Malah bisa lupa menguap dan tidak bisa berkembang… hukumnya sepertinya gitu

  3. Hemh ..blog simbah pendatang baru… sejak mulai suka baca2 blog orang dari tahun 2002. tapi baru 4 tahun kemudian belajar nulis itupun.. msaih gak bener.. kesalahan simbah adalah antara kecepatan pikiran yang tidak diikuti oleh kecapatan tangan untuk ngetik.. dan pd bahwa apa yang sudah di ketik tidak perlu di edit , maklum biasanya hanya noyontong
    Tujuan ngeblog adalah biar tidak gila..banyak pikiran yang di simpen dan tidak di komunikasikan atau di tuangkan, akan mengakibatkan proses otak yang hanya berputar-putar pada satu persoalan tanpa ada solusi…kalau dibiarkan terus menerus yang terjadi adalah proses berpikir yang muter2…yang berakhrir dengan senyum-senyum ,tertawa-tetawa , teriak-teriak… he he ho ho ha ah aha,, ha ha ha
    hik hik hik he he he he he he

    Helgeduelbek: Katarsis, Ngatarsis, bahkan Narsis pun bisa jadi obat agar tidak ha-ha hi-hi sendiri… biar ada temen untuk diajak ha-ha hi-hi khan mbah?!

  4. berbagi karena kita makluk sosial.. berbagi karena kita tidak sempurna..
    berbagi karena saya tidak punya… bagi dong kang duitnya… πŸ˜€

    Helgeduelbek: ngledek nih… duit itu tidak boleh dibagi (d=… u=… i=…t=…)

  5. Mas Petruk, helgeduelbek, kalau semangat semacam ini ada dalam diri banyak orang. Indonesia jadi luar biasa ya. Cilakanya, para pemimpin semangatnya malah ngrampok, njarah, terus disimpan sendiri.

    Hegeduelbek: yah yakin semangatnya tidak 100% ingin ngrampok kang. Sebab warganya semua bukan perampok khan… πŸ™‚

  6. klo di blog majang ‘barang dagangan’ laku gak ya…?? πŸ˜€

    tetap nulis!!!

    Helgeduelbek: Sepertinya kalau majang saja sih gak cukup… harus memprovokasi πŸ˜€ dan itu sya-sya saja khan yg majang pas-sya.

  7. kalau mbah Keman udah kasih komen, kita musti nunut biar tidak gila eh …kualat maksudnya. Ayo tetap semangat dan berbagi. merdeka!!!

  8. yak! kita berbagi bersama, bersama kita berbagi πŸ˜€

    Helgeduelbek: kok yoh pas c

  9. Bagi doooonnggg….

  10. Setuju Pak Guru. Kalau nggak bagi-bagi ngelmu ya bagi-bagi keruwetan pikiran. Apa pun itu, kalau dibagi akan membuat lebih enteng.

    Contohnya:
    Bolu kukus seglundhung kalau dibagi 8 masing-masing akan nampani potongan bolu kukus yang lebih enteng daripada bolu kukus wutuh.

    Duit sekoper kalau dibagi ke seratus orang, masing-masing akan menerima yang lebih enteng daripada sekoper duit yang jadi asalnya.

    Begitu pula keruwetan pikiran, kalau sudah dibagi biasanya menjadikan beban otak sedikit berkurang.

    Helgeduelbek: Bener blog adalah media penumpahan uneg-uneg. Kalau keruwetan pikiran kita gara2 gak punya duit siapa tahu ada yg mau ngasih/mijemin. πŸ˜€

  11. Nggak mau berbagi, ah… ntar “punyaku” habis dong…

    *kaboor* πŸ™‚

    Helgeduelbek: πŸ˜€ bisa saja….

  12. Waduh, Pak Guru ini jiaaan penyebar semangat (kayak judul majalah he..he..) tenan!! Hidup Pak Guru!!

    Helgeduelbek: Yah setidaknya bisaa menyemangati diri gitu dhe. πŸ™‚

  13. Ternyata kepikiran juga oleh Pak Urip, tapi semangat kita sama kan ? semangat berbagi, tidak bisa setiap hari saya bisa masukkan tulisan baru walaupun online bisa setiap hari. Ide berbagi selalu ada hanya selalu saya simpan dulu karena memang belum sempat di publish, beberapa pengalaman juga saya simpan dulu memang belum sempat di publish, ayo tetap semangat…

    Helgeduelbek: Yup bener sama…Wah mbok yah jangan ditahan-tahan gitu pak, saya jadi pingin mbaca nih. Ok ditunggu selalu dan terpantau kok lewat rss reader. Oh yah lupa title blog pak deni3wardana ini khan MARI BERBAGI

  14. wuah pak guru, di blog saya ngga ada yg bisa dibagi tuh, lah wong cuman coretan tentang anak anak balita saja πŸ˜€

    Helgeduelbek: Tidak ada yang dibagi?… Tidak terasa memang, itu akan lebih baik daripada merasa.

  15. Lewat blog kita bisa menembus batas,
    Tidak hanya mengajar di tempat kita sendiri
    Jadi guru untuk semua
    Jia You !!!

  16. Tentunya artikel ini bukan dimaksutkan menyindir tulisan sindiran yang menyindir artikel sindiran lainnya itu kah ?

  17. setuju pak guru…

  18. yACH…. Q.ta jangan berPRINSIP “SAYA INGIN BISA” πŸ™‚ , tAPI…. “SAYA HARUS BISA…!!!!!!” SEMANGAT,SPIRIT n’ JUS’T 4 NOW… YUCPP. CAA’__’YOO