Kloning Komputer di Ubuntu

Multiseat computer with Ubuntu

Wah pagi-pagi barusan dapat informasi tentang hal yang selama ini saya cari. Tentang kloning Komputer, kalau bahasa benernya yah multiseat computer. Sayang telat dapatnya, tapi gak papalah. Jadi semangat nih makai ubuntu.

Saya dapat ini dari info di komentarnya Tri M S trims yah …

Konsep kloning komputer yang saya maksud di sini adalah menggunakan 1 CPU yang dipasangi 2 monitor, 2 mouse, 2 keyboard, 2 VGA card (bisa 1 vga card tapi yg dual head). Ini bisa lebih. Jadi menghemat biaya hardware terutama CPU dan juga perawatan. Setiap pengguna-nya tetap bebas melakukan aktifitas yang berbeda-beda meskipun menggunakan satu CPU saja. Spek komputer memang kalau bisa yah sedikit tinggi akan lebih baik.


Menurut pengalaman model kloning seperti ini adalah sangat cocok digunakan untuk sekolah yang kesulitan dana, karena dana yang bisa ditekan sampai 40%. Jadi kalau perlu komputer 40 unit, kita hanya perlu 20 CPU yg lainnya (monitor, keyboard, mouse, vga) tetap perlu 40 biji . Sebenarnya 1 CPU bisa digunakan lebih dari 2 monitor tapi untuk kenyamanan kecepatan lebih baik 2 saja cukup (seperti iklan Keluarga Berencana dulu).

duelseat

Selama ini saya sudah terbiasa menggunakan komputer yang dikloning semacam itu menggunakan windows + betwin. Semula softwarenya membeli di sini, eeee ternyata itu sofware ternyata hasil bajakan juga, harganya mahal lagi. Maklum saat itu belum bisa nyari sendiri jadi mesti bayar mahal. Software untuk pengkloningan itu ya Betwin itu. Sekarang dengan Ubuntu tidak perlu lagi program tambahan yang mesti bayar.

Bagaimana ubuntu bisa melakukan ini?

Duh saya belum bisa cerita lebih banyak saking senengnya… dan hehehe belum mencobanya, tapi saya yakin saya bisa meskipun harus berpeluh mempelajarinya (sebab newbie di linux sih). Nanti kalau belum ada yg mengupasnya saya akan tulis ceritanya deh.

Saya cuma kasih linknya saja di sini selanjut yg minat kita bisa diskusi lebih jauh, yah sama-sama belajar tentunya.

Info tambahan:
Untuk anda pengguna Mandriva 2007 kemungkinan besar Madriva 2007 juga bisa digunakan untuk Multiseat juga, kabarnya dari sini.

40 responses

  1. Aku ra ngerti blas, Pak Guru.

  2. Linux rules!!

    Jika ditanya, mengapa angka pembajakan software di Indo sangat tinggi? IMHO, karena guru/dosen/tentor di sekolah/kampus/kursus mengajari komputer dengan software propietary (bajakan lagi!). Padahal di lembaga itulah mayoritas orang Indo mengenal komputer untuk pertama kali. Jika sejak awal mereka dikenalkan Linux dan “dipaksa” terbiasa dengan Linux, cerita akan berbeda.
    Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Jika gurunya mbajak software, bagaimana dengan muridnya? jadi bandar keping CD bajakan?? Saatnya kita berubah ke arah yang lebih baik!

    Helgeduelbek: πŸ™‚ Kalau saya sih, masalahnya yang ngerti duluan pada gak mau ngajarin, apalagi yg diudik/ditengah hutan, yah akhirya barusan bisa akses internet ini baru melek deh. Wong tabloid komputer adanya barusan saja itupun sering gak sanggup beli. Paling yah plonga-plongo tok.

    Lagian dari awal dulu mana sadar bahwa yg dipakai itu illegal hayooo. lah wong kirain sah-sah saja. La wong menkominfo saja gak paham tentang linux dan opensource. Tapi sekarang udah sadar sih saya.

    Bagi yang ngerti linux, kenalkan yg gampang saja jangan ditakuti yg aneh2 untuk linux, biar gak kabur duluan. Kalau udah paham dengan sendirinya pasti mau belajar yg aneh2 itu… tentang command line itu lho… sopo sing gak pening/wegah belum2 disuruh belajar yg gituan. Pengalaman saya dulu dos gak tahu sama sekali karena merasa perlu tahu, akhirnya belajar dengan kesadaran tinggi akhirnya ngerti juga.

    Bagi kita yang sudah bisa dan sadar mari mengajak untuk menggunakan barang legal (seperti linux) ini, tapi mengajaknya dengan cantik… jangan main kasar malah usaha gak berhasil no.

    Saya malah nitip pesan untuk mentri yg akan ditemui mas RSW di koment blognya.

  3. *Jegrek!*
    Saya masih pake windows haram…
    Mau pake linux, da ada yg ngajarin, katanya kalo salah2 instal, file data bisa hilang semua ya?

    Helgeduelbek: Kalau gak ada yg mau ngajarin sebenarnya kalau tinggal di kota yah banyak bacaan untuk belajar. Saya juga gitu karena takut data hilang, yah mesti sabar sampai bisa beli hardisk lagi mesti sudah ngebet pingin nyoba, Nah sekarang saya sudah menikmati Ubuntu. Baru beberapa hari πŸ™‚ . Ada yang mau ngajari gak… jangan yg serem2 lah. Kadang kalau masuk di forum atau group gitu mereka agak gila… dikirain kita sudah tahu ini itunya… lah wong mulai dari nol jee. piye?!

  4. Mau pake linux, da ada yg ngajarin, katanya kalo salah2 instal, file data bisa hilang semua ya?

    Rizki :
    maksudnya data di Windows? Mau nginstall dual OS ya? Asal sebelumnya harddisk sudah di defragment trus dipartisi buat nginstall linux, ga bakal ada masalah kok sama data di Windows… Asal jangan diformat aja harddisknya.. hehe.. πŸ™‚ Soalnya file system di Linux berbeda dengan Windows.
    Kalo mau coba linux tapi belum berani nginstall, sekarang banyak kok distro linux yang Live CD, cocok buat belajar. Misalnya Knoppix (Live CD pertama).

    Sebenarnya sih gampang kok make linux, hampir sama kayak Windows, cuman beda-beda nama aja…
    Kalo soal command line, asal bisa bahasa inggris insya Allah cepet belajar command line…
    Misalnya, untuk menampilkan daftar file (kalo di DOS pakeknya dir) cukup dengan ls (diambil dari kata list). trus kalo mau bikin folder baru dengan mkdir (diambil dari kata make directory). Asalkan ada niat saya yakin, semua orang pasti bisa… πŸ™‚
    Sekedar masukan aja, kalo mo belajar linux, mo tanya-tanya ada forumnya di http://www.linux.or.id/
    Mari bersama-sama kita belajar linux… πŸ™‚

    Helgeduelbek: Yah ayoooo belajar. BTW kendala bahasa itu juga perkara mengapa orang indonesia yg gak bisa cepet ngerti, Lah wong windows/office tadinya juga lingak-linguk belajarnya seperti saya dulu. Yang membedakan adalah siapa yg dulu saja, mungkin kebetulan karena ada temennya yg ngenalkan, toh rata2 kita tadinya juga ngenyam windows haram. πŸ™‚

  5. Siiiip, guru MTsN di tengah Hutan yang udah belajar Linux dan family nya heheheheh.. emang ditengah hutan toh pak hayoooooo.. πŸ™‚

  6. Yup Betul, sebenarnya tidak hanya Ubuntu saja yang bisa begini, linux dari distro yang lainnya juga bisa lho…

  7. mantab…bisa dicoba nih xixixi….ty pak guru

  8. Jadi pengen nyoba… Tak siapin dulu jamu pegel linuux-nya…

  9. saya gak (belum) coba linux soalnya udah kesemsem sama windows: banyak dipake orang, banyak gamenya, software2 yang sering dipakai biasanya berjalan di windows + bisa ngebajak.. jadilah daerah kekuasaan microsoft.

    tapi kelak kalau sudah masuk ke institusi saya akan mempertimbangkan penggunaan linux karena alasan ekonomi dan kemampuan linux memang sudah mencukupi untuk pekerjaan ‘office’.

  10. sesuai slogannya Ubuntu = Linux for human being
    Insya Allah belajar ubuntu mudah kok

    bukannya promosi sich
    tapi kenyataan
    nginstallnya aja tinggal klak-klik

    yang belum pernah pake Linux
    coba linux yang live on CD
    jika tertarik baru diinstall

    sepertinya di kota-kota di Indonesia sudah ada KPLI
    bisa bertanya ke mereka cara installlinux

    saya terkecoh dengan judul blog ini
    saya kira kloning
    ternyata multiseat toh

  11. Bagus banget Pak Guru.
    Kalau boleh.. di posting juga dong di Planet Ubuntu ID.
    Please.

  12. jadi semangat belajar linux, ajarin ya pak guru!

  13. weleh buntu..gak ngerti saya…:p

  14. > de – Budhe : Wis dhe gak tahu juga gak papa, tapi anaknya dikenalkan yah biar tahunya bukan windows saja. πŸ™‚

    > Syarif Winata : Salah kang, saya bukan guru MTsN kok… Bener loh daerah saya di tengah hutan, kalau gak percaya lihat saja pakai google earth. πŸ™‚

    > Kang Deni : Berbagi donk… saya pingin belajar juga dari pengalaman kang deni. Please…

    > Oon & Dee : Silahkan, jangan lupa ceritanya jika sudah nyoba yah.

    > Winerwin : Boleh juga… gitu.

    > Nur Aini Rakhmawati: Installnya emang gampang dan kalau sekedar untuk ngetik2 gitu lebih dari cukup. Bisa bantu gak mbak cara konfigurasi network dengan Ubuntu, ditempat saya masih belum koneks internet nih. Ohya Multiseat itu tepatnya dia artikan apa yah. Sori tidak bermaksud mengecoh lho.

    > Arif Kurniawan: Hehehe… Kslo linux saya baru lahir kemarin sore kang… saya yakin sudah dibahas di saya kali.

    > Kang Adhi: Boro-boro ngajarin kang, untuk diri sendiri saja kesulitan, baru install beberapa hari lalu, dan masih ada sedikit masalah dengan setting jaringan di tempat saya.

    > Niken : Sama saya juga belum begitu ngerti makanya banyak tanya sana sini dan hasilnya… buntu juga :)) Tapi tetep maju perut pantat mundur…

  15. suatu saat saya pasti nyobain.. thx mas

  16. makin banyak aja yg pake linux…. jd ngiler pengen nyoba…

  17. yo linux-an rame-rame….
    buat sekolah bukannya lebih bagus edubuntu pak??

    Helgeduelbek: Iyah rencananya juga gitu, ini lagi ngoprek kompi sendiri dulu, Beberapa waktu lalu dah terima kiriman dari Canonical lumayan banyak, akan dibagi ke guru di daerah jika ada yg tertarik.

  18. makin banyak aja yg pake linux…. jd ngiler…. tp klo dirumah pake linux, org2 dirumah pasti pada ngamuk…. hiks… nasib2…

  19. Oh gtu pak Urip mo Be-Twin gak dijamin free nih kebetulan dapet dari warez. Yah kita bisa chat via Y!M klo bapak mau. Wah di milisnya ubuntu juga beberapa hari ngebahas MultiTerminal/multiseatnya ubuntu. Btw udah nyobain belom pak?? itu screenshotnya hasil ngoprek apa dari yg laen. Bagi-bagi yah klo udah nyoba πŸ˜€

    HElgeduelbek: πŸ™‚ makasih tawarannya, udah saya add, mudahan gak salah id. Saya belum nyoba, nunggu beresnya koneksi network. Itu gambar dari sumbernya langsung, khan ada di link sumber blog… itu.

  20. plg ngga, semangat legalisasi..
    ingin menghargai karya org lain..[jika ingin dihargai org lain pula..]
    banyak cara..banyak pilihan..banyak distro (turunan GNU/Linux)..
    bebas memilih..
    bebas belajar [dipelajari]..
    bersama komunitas..saling berbagi..

    tp kan ada program penting yg cuman jln di Windows..
    udah gampang, knapa dibikin susah..tanya knapa.. πŸ˜€

    Helgeduelbek: Untuk yg terakhir itu pasti ada yg bisa jawab pak… tunggu saja.

  21. weleh 2 ……
    berat ini pak guru …..

    *log out*

    Helgeduelbek: berat dipikul sama-sama, ringan bawak sendiri aja yah…

  22. *Nambahin Passya*
    Iya Edubuntu bagus tuh Pak, banyak package buat dunia pendidikan, ada tabel kimia dkk…
    Sempat make selama seminggu, akhirnya berhasil download Mepis jadi migrasi lagi deh.

    Helgeduelbek: BTW ada gak komparasi secara komprehensif untuk semua linux ditinjau dari berbagai kepentingan. pingin tahu nih.

  23. Selamat, linux migrans
    Saya setuju pak guru, usahakan tidak menceritakan yang sulit-sulit seperti bongso command-command, ndak wedhi.
    Btw, gambar kedua, yang satunya untuk ibu ya, biar bisa sambil nggol-senggol πŸ˜€

  24. Bagaimana dengan usb-nya?
    Kalau punya printer via usb gimana caranya?

  25. Asyik juga ya? Kalau notebook bisa dikloning juga ga? Kan di notebook juga sudah mendukung dual-monitor tapi tidak perlu graphic card tambahan. Jadi tinggal nambah monitor dan mouse gitu.

    Salam.

  26. Kloning komputer sebenarnya sudah banyak dilakukan. Cuma belum populer.

    Tentang Linux: Let’s do Open Source!

  27. Wah info ini yang saya cari selama ini, 1 CPU, 2 user.
    Thx untuk pencerahannya ya Pak.

    Helgeduelbek: Ok sama-sama, semoga bermanfaat, jangan lupa cerita pengalaman penggunaan multiseat di ubuntu ini.

  28. linux????????????????????
    asyyik banget…………….
    saya sudah pernah menginstallnya di sekolah pada saat praktek….yang sulit adalah partisinya karena ada 3 macam partisi…………
    aku salut ma guru bisa nyampe’in ke semuanya……
    biar semua tau………………
    tidak hanya orang komputer saja…
    makacih guru……………

  29. pak guru nyang atu nni hebat yach!!! klo saya nyang pendatang baru di jagad perlinuxan ngikut nimbrung boleh khannn?
    bisa diterangkan lebih lengkap spek kompie nyang dipake pak guru bwt kloning ubuntu (cpu, ram, hardisk, vga)???
    budgetnya abis berapa yach?
    skalian tanya masalah saya pribadi:
    klo buat nyang diskless bisa bantu pak?? apa klo diskless mesti sering hang?? saya baru bikin warnet linux diskless pake pcl, tapi ya itu saya nggak tau babar blas, wong saya cuman nrima beres, jadi rencananya mau saya bongkar trus instal ulang (skalian nyoba ubuntu) biar saya dong, nggak blong seperti sekarang. terima kasih pak sebelumnya, jawab ya pak…

    “Wah saya baru belajar nih, Speknya pentium 3 GHz, ram 512 MB, hardisk 40 GB, VGA on boar ma yg ecek-ecek saja. Yah coba cek harga di http://www.rakitan.com bisa jadi kisaran. Diskless memang sering bermasalah, kalau ada modal mending di kloning aja, pakai betwin untuk under windows lebih mudah kendalinya. Saya juga belum banyak punya pengalaman nih, mungkin yg lain yg bisa bantu?”

  30. sekedar mau numpang nanya, karena sampai saat ini belum mendapatkan informasi dari lain2 pihak.

    mohon kiranya keinginan saya bertanya emndapatkan infonya dari forum ini.

    bukannya merendahkan linux, btw karena belum mampu untuk belajar linux. :p

    so.. mohon kiranya dibantu, saya masih menggunakan Windows
    ingin mencoba Betwin, tapi sampai saat ini belum berhasil.

    saat melakukan Wizard, berhasil tampil di 2 monitor, but. setelah restart ulang sama sekali blank.
    saya menggunakan Windows XP Home dan Windows XP Pro, sama sekali tidak berhasil.

    pengen bayar jasa yg bisa kloning saja, tapi belum mampu jg mengeluarkan uangnya :p

    saya hanya berharap dapet informasi lebih dari tempat ini.
    sebelumnya banyak2 terima kasih.

  31. saya sudah memakai sistem kloning ini dengan 1 cpu untuk 3 monitor.
    ada yang saya tanyakan kebetulan di surabaya belum ada yang bisa sistem ini.
    saat ini monitor yang dikloning tidak jalan, yang hidup hanya monitor yang ada cpu nya.
    saya memakai 4 cpu dengan 12 monitor.
    saat ini program deepfreeze nya tidak jalan karena expired.
    saya mau memperbaiki program / sistem ini gimana ya… tolong diberi info nya…

  32. saya mau tanya Pak Guru, apa komputer cloning kalau dipakai untuk internet koneksinya tidak semakin lambat? dan jika dibikin warnet apa apa bisa diinstall program billing?

    #Yah sedikit melambat dibanding standalone. Saya belum pernah mencoba install program billing mas, sebab saya khan pakai di lab komp sekolah.

  33. wah kayaknya probelmnya sama aja ya ?
    saya udah pake betwin ini sekitar 1 tahunan, tapi ada satu masalah yang bikin bingung dan nggak jelas solusinya. Salah satu monitor kadang suka ngeblank gitu deh, komentar kesalahan dibetwin, katanya ada mous ama kibord yang invalid…
    mungkin bapak bisa bantu saya juga ?

  34. suwun infonya Pak, saya udah berhasil nyoba multiseat ini di macem2 distro dengan 1 cpu dibagai 4 monitor, mengikuti tutorial link di atas

    – Mandriva 2007.1 (mudah konfigurasinya, tapi kadang walaupun jarang sekali, setelah login apabila aktifitas mouse terlalu banyak akan keluar ke login screen lagi, layout keyboard ada 2-3 tombol yang gak sesuai, tapi gak begitu pengaruh karena tombol itu jarang dipakai)

    – PCLINUXOS 97 (problemnya sama dengan mandriva)

    – Zencafe 1.0 (konfigurasi sedikit ribet, keyboard layout 99% bener, tapi sayang problem keluar ke login screen masih terjadi walaupun jarang sekali

    – Ubuntu 7.04 (konfigurasi mudah apabila mengikuti step by step tutorial link di atas, stabil tapi problem keyboard layout masih terjadi)

    sekarang di warnet kecil adikku (5 user) udah pake multiseat ubuntu 7.04 1 cpu dibagi 4 user, billing pake cclfox…lumayan ngirit listrik..he..he

  35. Kalau bisa dijadikan satu paket Ubuntu Clonning. Dari awal sampai akhir secara detail, dan disiapkan di situs web untuk dapat di downloud atau bisa dibeli. Terimakasih (hr_alith@yahoo.com)

  36. Wow saya masih lom ngerti nih pak

    Masih asing ditelinga saya:D

    klo kloning 1 CPU 2 user mau bgt nyoba tuh
    ini lagi cari2 petunjuk hehehehe
    tp boleh donk jelasin apa ya Ubuntu itu?
    tolong di reply ke email saya jg y, biar saya bs check kapan aj hehehe
    thanx pak…:D

  37. oia pak satu hal lg nih…

    apa kloning yang dijelasin sebelumnya itu pke linux aj y?
    trus klo pke Windows xp dan sebangsanya bs ga?
    duh byk yg ga ngerti nih 😦
    tp harus tetap semangat
    Chayooooo…

    makasih lg pak

  38. ok thank’s trik for multi useer with one pc use ubuntu,good luck my friend

  39. ok lho multiseat,

    bisa nggak tanpa internet terkoneksi tu buat multiseat, ajari donk,
    di ubuntu 7.10 udah komplit belum tanpa repositori tuk buat multiseat

  40. Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

    boss saya tertarik banget nich

    bisa kirim penjelasannya lebih detail ga?

    makasih boss