Sumber Pembelajaran Kimia Berbasis Grafik

TIGER (Teachers’ Instructional Graphics Educational Resource)

Saya sudah lama mendapatkan banyak animasi dan gambar semenjak sekolah terkoneksi internet (bulan Juni 2006). Beberapa di antara link yang saya temui saya letakkan di bagian sidebar (sebelah kanan halaman blog ini) tepatnya di Link Kimia. Kadang link-link tersebut saya dan rekan saya manfaatkan sebagai alternatif media belajar kalau malas melakukan praktikum di laboratorium.

Setidaknya dengan melihat animasi dan gambar bahkan demonstrasi di komputer siswa saya sedikit mudah untuk memahami konsep-konsep kimia, yang sangat abstrak itu. Beruntung siswa kelas IPA di sekolah saya jumlahnya sekitar 20 orang saja. Sehingga dengan fasilitas seadanya saya bisa memanfaatkannya.

Diantara link-link yang saya tuliskan di Link Kimia itu saya akan membuat sedikit review-nya sesuai pemahaman saya. Link tersebut adalah TIGER. Ini merupakan bagian dari website North California School Science and Mathematics. Begitu kita membuka link Tiger tersebut kita bisa langsung mendapatkan kemudahan akses yg mudah dimengerti.

Untuk berbagai animasi dan gambar kita bisa mencarinya berdasarkan topik atau perhalaman yg keseluruhannya ada 9 halaman. Topik tersebut antara lain :

  • Basics (elements & measures)(Dasar-dasar Kimia)
  • Atomic Structure (Struktur Atom)
  • Periodic Properties (Sifat-sifat Periodik)
  • Nuclear (Kimia Inti)
  • Moles (Konsep Mol)
  • Stoichiometry (Stoikiometry)
  • Gases (Gas)
  • Bonding (Ikatan Kimia)
  • Phase Change (Perubahan Fase)
  • Colligative Properties (sifat Koligatif)
  • Thermodynamics (Termodinamika)
  • Equilibrium (Kesetimbangan Kimia)
  • Kinetics (Kinetika Reaksi)
  • Acid-Base (Asam-Basa)
  • Electrochemistry (Elektrokimia)
  • Molecular Structure/Geometry (Struktur/Geometry Molekul)
  • Complex Ions (Ion Kompleks)

Kita tinggal pilih topik yang kita mau, maka sesaat kemudian kita akan di suguhi banyak gambar dan atau animasi.

Beberapa format file yang ada disediakan cukup bervariasi sehingga kita bisa memilih sesuai kebutuhan, antara lain mulai dari format gif, jpg, mov, html, htm, exe. Gambar/animasi yang disajikan sangat bagus menurut ukuran saya yg tidak bisa membuat sendiri.

Jika kita memiliki keterbatasan akses internet sebaiknya disempatkan untuk mendownload semuanya selanjut bisa disisipkan pada materi pembelajaran untuk dilakukan penyesuaian.

Inilah kemudahan yang ada untuk memberikan sedikit variasi pembelajaran kimia agar tidak monoton. Kita tidak perlu repot membuatnya sendiri, apalagi kalau harus belajar dari nol untuk bisa hanya mmbuat 1 animasi yang mungkin hasilnya tidak akan lebih baik. Kecuali kita sudah terbiasa. Tapi suatu ketika kita perlu belajar untuk itu. Karena hanya kita yang tahu apa yang kita mau atau perlukan untuk pembelajaran kita.

Demikian semoga bermanfaat.

NB: Pada halaman web TIGER jika kita perlu juga bisa kita temu animasi, gambar untuk pelajaran matematika, biologi, dan ruang angkasa juga sejarah Amerika (ini tidak terlalu kita perlukan).

Iklan

10 responses

  1. wah Pak Urip ini benar-benar guru teladan!
    bahkan mungkin guru di sekolah terkenal di kota besar pun kalah dengan anda yang memiliki semangat mengajar dan belajar tinggi.

    Helgeduelbek: Bisa aja kang erwin ini. Yah gak bisa gitu, wong yang di kota besar yg diolah rata2 bahannya bagus. Sulit menyainginya. Wis sesuai kemampuan masing-masing sajalah.

  2. keren…keren…
    jadi, kapan nih launching jaringan blog guru-nya…pasti berguna pak, terutama untuk para siswa!!

    Helgeduelbek: Jaringan Blog Guru masih belum terlihat geliatnya tuh, punya saran?

  3. salam kenal…
    tentang multimedia-based learning kebetulan di tempat saya sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu…
    Memang sih yang dipakai ‘cuma’ macromedia (flash, director dll) tp pengaruhnya lumayan kok…

    Helgeduelbek: Salam kenal balik (udah 2 kali nih), oh yah mungkin bisa dibagi hasil pengembangannya untuk komunitas guru lebih luas?

  4. Saya pernah download yang 3 D, tapi perlu viewer untuk bacanya, dan dikhususkan untuk Chemistry, sayang saya cari cd backup sejak baca posting ini gak ketemu.
    Untuk yang diatas saya de King, Flash bukan cuma. Menurut saya yang penikmat flash, bisa dimanfaatkan apa aja. Misalnya untuk menjelaskan secara visual proses bounding, fragmentasi rasanya bisa, wong bikin pesawat tabrakan bisa koq. Jadi kalau ada sekolah pakai Flash, saya ikut bangga.
    Btw, ngajarnya udah pakai LCD dan format Flash ya ?

    Kembali ke pak Helgeduelbek.
    Tuh pak, ada tawaran flash, samber aja. Untuk Quiz, ngajar dll, asyiik, dijamin lah. *halah promosi*
    Tutorialnya ada di http://www.babaflash.com (kalau suatu saat tertarik)

    Helgeduelbek: 3D yang mana yah yang perlu viewer khusus itu? Barang kali bisa bantu. Tentang flash saya harus banyak belajar memang. Belum ada tawaran kok *nunggu* dari de King. Dari babaflash sudah sering denger tapi belum pernah mengunjunginya. Belum siap belajar nih. BTW makasih infonya

  5. Coba cari di:
    http://www.brothersoft.com/downloads/chemistry.html
    atau:
    http://pages2.inrete.it/mbiomed/freeware.htm
    dan:
    http://www.anachem.umu.se/cgi-bin/pointer.exe?Software

    maaf punya saya ketlisut, waktu itu saya gak merasa perlu.

    Helgeduelbek: Sori kang komen yg ini ketangkap sama akismet, yang diijinkan cuma 1 link saja.

  6. Sebenarnya saya tulis ‘cuma’ (dengan tanda petik) tentu saja bukan untuk menganggap rendah flash tapi karena mengakui keterbatasan kami. Mungkin banyak rekan2 yang lain yang menggunakan yang lebih dari flash.
    Maaf Pak Urip, tentang flash saya saja masih belajar…bahkan mungkin jauh dari kata belajar karena masih baru ‘membuka mata’ untuk itu…
    Terus terang selama ini saya terlalu fokus pada content yang saya geluti (matematika)…saya baru saja tersadar bahwa untuk membantu mengubah citra matematika bisa digunakan cara2 yang menarik…

  7. APAKAH BISA ANDA MEMBERIKAN CONTOH PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PELAJARAN MATEMATIKA

  8. saya rasa program adobe flash itu merupakan media yang lebih atraktif, tentunya para guru juga harus terbiasa merancang dan lebih paham, tidak hanya menggunakan metode konvensional saja

  9. Bapak, bagimana cara mendownload dari tiger?

  10. bapak minta tolong dicarikan link yang bisa didownload dalam atau luar negeri yang memuat tentang pemebelajaran materi pokok ikatan kimia untuk instrumen skripsi. tolong dikirim lewat email saya atau langsung dibalas
    terima kasih sebelumnya.